Pasca Melahirkan

10 Desember 2020

Coba 7 Makanan Ini untuk Mempercepat Penyembuhan Luka Operasi Caesar

Ikan Salmon adalah makanan mempercepat penyembuhan luka operasi caesar
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Intan Aprilia

Bedah caesar adalah salah satu operasi yang paling umum di dunia dan membutuhkan perawatan khusus untuk pemulihan. Ini dikarenakan bedah sesar termasuk bagian dari operasi besar.

Dengan konsumsi makanan mempercepat penyembuhan luka operasi sesar, maka Moms akan memastikan pemulihan yang cepat dan meningkatkan kesejahteraan Si Kecil dengan mendukung produksi ASI yang optimal.

Menurut American Journal of Obstetrics & Gynecology, pemulihan ini salah satunya adalah sembuhnya luka sayatan bedah sesar sepanjang 4-6 inci di bawah perut dan berbentuk horizontal.

Biasanya, penyembuhan luka operasi caesar ini tergantung pada masing-masing orang dan diharapkan dapat cepat pulih agar lebih maksimal dalam bergerak dan merawat Si Kecil.

Baca Juga: Daftar Persiapan Mental untuk Ibu Hamil Sebelum Operasi Sesar

Karena itu, makanan bergizi seimbang untuk mempercepat penyembuhan luka operasi caesar adalah sesuatu yang penting dan harus diperhatikan.

Biasanya hal ini direncanakan oleh ahli gizi atau Moms sendiri dapat merencanakannya dengan berbagai pertimbangan.

Berikut ini adalah penjelasan tentang kandungan dari makanan, jenis makanan, dan pantangan makanan untuk Moms yang telah melakukan bedah caesar, sehingga tepat dalam merencanakan pemilihan makanan yang mempercepat penyembuh luka operasi caesar.

Baca Juga: Semua Persiapan Melahirkan Caesar yang Perlu Moms Ketahui

Gizi Makanan yang Mempercepat Penyembuhan Luka Operasi Caesar

Apa pun proses lahiran yang Moms pilih, nutrisi yang optimal mempercepat pemulihan dan meningkatkan energi.

Menurut studi yang diterbitkan oleh National Institute of Child Health and Human Development, ibu baru yang sedang menyusui, mungkin memerlukan tambahan asupan harian hingga 450-500 kalori.

Ini untuk asupan kalori untuk wanita di rentang usia 19-50 tahun. Semakin banyak aktivitas yang dilakukan, maka asupan kalori yang dikonsumsi juga semakin tinggi.

Itu artinya, makanan mempercepat penyembuhan luka operasi caesar yang Moms konsumsi juga membutuhkan tambahan jumlah vitamin dan mineral.

1. Konsumsi Cairan

air hangat untuk dikonsumsi setelah operasi caesar.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Sebagai permulaan, pastikan Moms mengonsumsi banyak air. Air tidak memiliki dampak langsung sebagai sumber makanan mempercepat penyembuhan luka operasi caesar, tetapi secara signifikan meningkatkan produksi ASI.

Selain itu, cairan memiliki banyak manfaat kesehatan bagi Moms yang baru saja operasi caesar, seperti mencegah sembelit dan tekanan berlebih pada perut.

Agar lebih ampuh, coba konsumsi air hangat dan peppermint tea.

Ini bisa menjadi pilihan Moms agar merasa lebih rileks setelah operasi caesar, sesuai anjuran studi yang dilakukan Kaiser Foundation Health Plan of Washington.

2. Protein

Makanan mempercepat penyembuhan luka operasi caesar yang baik adalah makanan yang mengandung protein tinggi. Protein dipercaya dapat membantu dalam pertumbuhan jaringan sel baru pada kulit.

Makanan yang kaya akan protein, memfasilitasi perbaikan jaringan dan mempertahankan kekuatan otot, terutama setelah Moms melakukan operasi.

Dikutip dari Harvard Health Publishing, tidak hanya menyembuhkan luka operasi caesar.

Makanan dengan protein berkualitas tinggi juga akan menjadi sumber asam amino esensial yang penting bagi Moms dan Si Kecil.

Baca Juga: 6 Manfaat Minyak Ikan Sarden untuk Kesehatan Tubuh

3. Kalsium

Susu untuk Makanan mempercepat penyembuhan luka operasi caesar

Foto: Orami Photo Stock

Kalsium dapat membantu relaksasi otot, memperkuat tulang dan gigi, dan membantu pembekuan darah.

Kekurangan kalsium berdampak pada kepadatan tulang dan juga dapat menyebabkan perkembangan osteoporosis.

Karena itu, penting untuk memasukkan sumber kalsium yang baik ke dalam daftar makanan mempercepat penyembuhan luka operasi caesar yang Moms susun.

Dikutip dari National Institute of Health AS, asupan kalsium harian yang direkomendasikan untuk wanita menyusui adalah 1.000 mg per hari.

Moms harus tahu bahwa selama menyusui, 250-350 mg kalsium dipindahkan ke tubuh Si Kecil yang baru lahir.

4. Zat Besi

Kebutuhan zat besi selama menyusui ternyata lebih sedikit dibandingkan saat masa kehamilan.

Lantas, kenapa zat besi baik sebagai salah satu sumber makanan mempercepat penyembuhan luka operasi caesar?

Dikutip dari Happy Family Organics, zat besi penting setelah operasi caesar, terutama jika Moms menderita kehilangan banyak darah.

Memilih makanan kaya zat besi dapat membantu menghasilkan hemoglobin dan mengurangi risiko anemia defisiensi besi.

Penyimpanan besi yang cukup bahkan dapat membantu mengatasi kelelahan.

Tetapi, sedikit berhati-hatilah karena kelebihan zat besi dapat menyebabkan sembelit. Ini patut lebih diperhatikan ketika di minggu-minggu awal setelah operasi.

National Institute of Health AS menginformasikan bahwa jumlah diet yang direkomendasikan untuk konsumsi zat besi adalah 10 mg per hari pada wanita usia 14-18 tahun, dan 9 mg per hari untuk mereka yang lebih tua dari 19 tahun.

5. Vitamin C dan D

Jeruk sebagai Makanan mempercepat penyembuhan luka operasi caesar

Foto: Orami Photo Stock

Vitamin C masuk dalam daftar sumber makanan mempercepat penyembuhan luka operasi caesar karena dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Moms dan juga Si Kecil.

Kadar vitamin C yang optimal, penting untuk Moms setelah melahirkan. Vitamin C dapat mendukung penyembuhan yang cepat dengan meningkatkan produksi kolagen.

Tidak hanya itu, vitamin C penting untuk meningkatkan bioavailabilitas zat besi.

Jadi, menggabungkan makanan kaya vitamin C bersama dengan makanan kaya zat besi adalah hal yang baik saat pasca operasi caesar.

Berdasarkan National Institute of Health AS, tunjangan harian vitamin C yang direkomendasikan adalah 120 mg untuk wanita di atas 19 tahun.

Baca Juga: Berapa Banyak Vitamin C yang Dibutuhkan Tubuh Dalam Sehari?

Sementara itu, vitamin D juga penting untuk meningkatkan bioavailabilitas kalsium.

Oleh karena itu, memasukan makanan yang mengandung vitamin D dalam daftar makanan untuk mempercepat penyembuhan luka operasi caesar adalah sesuatu yang bijaksana.

Selain dengan makanan, Moms juga bisa mencoba berjemur sebagai salah satu cara efektif lain untuk meningkatkan kadar vitamin D.

6. Serat

Pembedahan perut, obat penghilang rasa sakit, dan vitamin prenatal cenderung menyebabkan terjadinya kontipasi atau sembelit.

Serat berperan penting mengurangi konstipasi, sehingga tidak menyebabkan tekanan yang tidak semestinya pada sayatan yang dibentuk setelah operasi caesar.

Jadi, serat sangat dianjurkan sebagai sumber makanan mempercepat penyembuhan luka operasi caesar.

Namun, saat Moms meningkatkan serat dalam makanan, ingatlah untuk mempertahankan asupan air yang optimal.

Untuk itu, setidaknya Moms dianjurkan mengonsumsi serat sebanyak 25 gram perhari.

Baca Juga: Kekurangan Kalsium saat Hamil Bisa Picu Osteoporosis, Waspada!

Jenis Makanan untuk Mempercepat Penyembuhan Luka Operasi Caesar

Ketika Moms sudah tahu gizi makanan mempercepat penyembuhan luka operasi caesar yang baik, tentu Moms juga bisa membayangkan jenis makanan apa yang bisa dihasilkan dari sumber-sumber terbaik itu.

Berikut adalah makanan terbaik atau makanan mempercepat penyembuhan luka operasi caesar yang bisa Moms konsumsi dengan aman di rumah:

1. Sup Ayam

Resep Sup Ayam sebagai Makanan mempercepat penyembuhan luka operasi caesar

Foto: Orami Photo Stock

Sebagai ibu baru yang telah menjalani operasi caesar, Moms dianjurkan untuk menjadikan air sebagai bagian wajib dari apa yang selalu Moms konsumsi.

Ini karena Moms bahkan akan terus mengeluarkan banyak keringat pada minggu-minggu pertama setelah lahiran.

Di mana tubuh masih menyesuaikan diri dengan fluktuasi hormon dramatis.

Meskipun Moms mungkin diberikan cairan infus selama persalinan, tetapi dikhawatirkan Moms masih mengalami konstipasi dan ini bisa berefek pada luka jahitan pasca operasi.

Jika tidak bisa selalu minum air, sup ayam adalah makanan mempercepat penyembuhan luka operasi caesar yang sempurna bagi Moms. Kaldu dan rasa asin mampu menjadi sumber elektrolit secara alami.

2. Daging Sapi

Daging sapi yang kaya akan protein bisa membantu pertumbuhan jaringan sel baru pada luka caesar di perut Moms. Moms bisa mengolahnya sebagai abon, sup, dendeng, dan menu lainnya.

Melansir Health Page, daging sapi kaya akan protein yang dapat menjadi makanan mempercepat penyembuhan luka operasi caesar.

Daging sapi tanpa lemak bisa menjadi pilihan ibu untuk mendapatkan kualitas ASI yang cukup untuk bayi.

Daging sapi mengandung zat besi untuk menambah energi pada tubuh ibu dan Si Kecil.

Jika dikonsumsi secara rutin, daging sapi menjadi makanan mempercepat penyembuhan luka operasi caesar.

3. Oat Buah

oatmeal sebagai Makanan mempercepat penyembuhan luka operasi caesar

Foto: Orami Photo Stock

Kebutuhan serat bagi Moms yang baru melakukan operasi memang merupakan hal yang penting.

Dikutip dari Healthline, konstipasi adalah masalah umum bagi setiap wanita yang melahirkan karena merupakan bagian dari hormon kehamilan dan usus cenderung memperlambat aktivitas mereka selama beberapa jam setelah operasi.

Oatmeal adalah karbohidrat lembut yang relatif lunak untuk mengisi kembali cadangan glikogen yang sudah usang dan sumber terpercaya untuk mengatasi konstipasi.

Moms bisa memberinya topping buah segar atau kering untuk hasil yang lebih menyehatkan.

Buah-buahan seperti stroberi, anggur, dan jeruk adalah pilihan yang tepat karena kaya akan vitamin C dan membantu melawan infeksi.

Jadi, jangan lupa masukan oatmeal buah dalam list makanan mempercepat penyembuhan luka operasi caesar.

Baca Juga: Cari Olahan Daging Sapi? Ini 5 Resep Sei Sapi yang Bisa Dicoba di Rumah

4. Telur

Asupan protein jelas sangat dibutuhkan oleh Moms yang baru saja operasi dan berharap penyembuhan luka jaitan dengan cepat. Protein dipercaya membantu pertumbuhan jaringan baru dan menenangkan otot-otot yang sakit.

Semua itu bisa didapatkan dari telur. Selain mengandung protein, telur juga mengandung asam amino yang baik untuk mencegah kerusakan pada otot.

Oleh karena itu, makanan yang mudah didapatkan dan murah ini menjadi salah satu makanan mempercepat penyembuhan luka operasi caesar yang bisa Moms pilih.

5. Sayuran

sayuran Makanan mempercepat penyembuhan luka operasi caesar

Foto: Orami Photo Stock

Seperti buah, aneka sayuran juga bisa dikategorikan sebagai makanan sehat untuk mempercepat penyembuhan luka operasi caesar.

Dikutip dari FirstCry Parenting, sayuran seperti labu, ubi, bayam, kacang, dan wortel rupanya mengandung vitamin, serat, protein, kalsium, serta antioksidan yang dapat membantu memperbaiki jaringan parut baru, ligamen dan kulit.

Sayur-sayuran mengandung serat yang menjadi makanan mempercepat penyembuhan luka operasi caesar.

Meminum setidaknya 25 gram serat setiap hari dapat mempercepat pemulihan luka di perut.

Baca Juga Kenali Sumber Protein Penting Bagi Ibu Hamil!

6. Ikan

Untuk mendapatkan gizi protein, ikan adalah makanan mempercepat penyembuhan luka operasi caesar.

Ikan kaya akan zat besi, protein, asam lemak, omega-3 dan bisa dikonsumsi 2-3 porsi per minggu setelah operasi caesar.

Asam lemak dan omega-3 yang ditemukan pada ikan berminyak seperti salmon, sangat penting dikonsumsi baik ibu dan kebutuhan nutrisi anak.

Melansir Futurity, Selain penting untuk pertumbuhan otak dan mata bayi, mereka juga dapat membantu perkembangan pembuluh darah, jantung, dan sistem kekebalan yang sehat.

Dengan kaya akan manfaat ini, tak heran ikan menjadi makanan mempercepat penyembuhan luka operasi caesar andalan Moms, ya.

7. Yogurt

Yogurt untuk Makanan mempercepat penyembuhan luka operasi caesar

Foto: Orami Photo Stock

Yogurt kaya akan kalsium untuk mempercepat penyembuhan luka operasi caesar.

Untuk ibu menyusui, setidaknya memerlukan 4 gelas susu rendah lemak atau jus yang diperkaya kalsium.

Yogurt bisa menjadi alternatif selain susu untuk menambah kualitas ASI dan mempercepat penyembuhan luka operasi caesar.

Yogurt juga memasok tubuh dengan kalsium dan zat besi. Jika Moms tidak toleran laktosa atau vegan, bisa mencoba sumber kalsium lain seperti asparagus, kubis Brussel, brokoli, kangkung, dan biji wijen.

Selain rasanya enak dan gurih dan menaikkan stamina tubuh, ini juga menjadi makanan mempercepat penyembuhan luka operasi caesar.

Baca Juga: Memberikan Salmon Kalengan untuk Bayi? Ketahui 3 Faktanya!

Pantangan Makanan untuk Mempercepat Penyembuhan Luka Operasi Caesar

Jika Moms enggan mengatur pola makan, penyembuhan luka operasi caesar bisa saja akan menjadi lebih lama karena tidak diikuti dengan konsumsi gizi seimbang.

Secara umum, Moms harus menghindari makanan olahan dan tinggi lemak, karena aktivitas fisik Moms yang masih rendah pasca operasi caesar.

Berikut beberapa makanan yang menjadi pantangan dalam mempercepat penyembuhan luka operasi caesar:

1. Minuman dan Makanan Bersoda

Pantangan Makanan dalam mempercepat penyembuhan luka operasi caesar

Foto: Orami Photo Stock

Minuman berkarbonasi jelas dapat menyebabkan gas dan perut kembung. Maka jangan pilih sayur yang menyebabkan gas di perut seperti kol dan brokoli.

Memang, minuman bersoda membuat tenggorokan menjadi lebih segar seketika. Namun ini tidak cukup sehat untuk mempercepat penyembuhan luka operasi caesar.

Dikutip dari Mom Junction, Moms bisa memilih kacang merah, buncis, kacang hitam, dan kacang hijau dalam jumlah kecil dan satu varietas sekaligus sebagai makanan mempercepat penyembuhan luka operasi caesar.

2. Makanan yang Sebabkan Sembelit

Konstipasi atau sembelit adalah musuh paling berat Moms yang baru melahirkan dan operasi caesar.

Konstipasi akan membuat usus Moms tegang dan terasa sakit karena merasa sulit untuk buang air besar.

Mengutip Being The Parent makanan yang sebaiknya dihindari adalah makanan cepat saji, makanan beku, makanan tinggi karbohidrat, dan gula. Salah satunya gorengan, daging merah lemak, dan produk olahan susu.

3. Makanan Pemicu Batuk

Makanan mempercepat penyembuhan luka operasi caesar

Foto: Orami Photo Stock

Batuk akan menjadi sangat mengesalkan ketika Moms memiliki luka caesar.

Betapa tidak, saat Moms batuk maka luka akan tertarik dan itu menyebabkan perih luar biasa.

Makanan pemicu batuk yang menjadi pantangan penyembuhan luka antara lain yaitu makanan yang mengandung pemanis dan pewarna buatan.

Moms bisa menggantinya dengan buah-buahan yg alami dan sudah pasti lebih sehat.

Baca Juga: Moms, Inilah Hal yang Harus Diperhatikan Saat Kembali Hamil Setelah Operasi Caesar

4. Makanan Pedas

Jika Moms suka mengonsumsi makanan pedas, maka sebaiknya hentikan dulu untuk sementara waktu.

Mengonsumsi makanan pedas berlebihan dapat membuat perut Moms mulas dan memungkinkan terjadinya diare.

Bukan menjadi makanan mempercepat penyembuhan luka operasi caesar, makanan pedas justru akan membuat Moms sering ke toilet dan terus mengejan atau memberi tekanan pada perut.

Ini membuat penyembuhan luka operasi caesar menjadi lebih lama dan tentu bukan hal yang mudah dilakukan saat luka di perut Moms belum pulih dengan benar.

5. Minuman Berkafein

Hindari kafein untuk mempercepat penyembuhan luka operasi caesar

Foto: Orami Photo Stock

Minuman berkafein seperti kopi tentu nikmat untuk diminum pada pagi hari.

Namun, tahukah Moms bahwa minuman berkafein menjadi salah satu minuman pantangan bagi Moms yang baru saja melakukan operasi caesar?

Sebuah studi di National Library of Medicine dengan judul Effect of Coffee on Distal Colon Fuction, menemukan bahwa 29% dari orang yang minum secangkir kopi, akan pergi ke kamar mandi dalam waktu 20 menit setelahnya.

Kafein adalah stimulan alami yang membantu seseorang tetap waspada. Departemen Pertanian AS menyebutkan satu cangkir kopi yang diseduh, memberikan sekitar 95 mg kafein.

Meskipun kafein adalah penambah energi yang baik, kafein juga dapat merangsang keinginan untuk buang air besar.

Penelitian dalam jurnal National Institute of Health menunjukkan bahwa kopi atau minuman berkafein dapat mengaktifkan kontraksi pada otot usus dan usus.

Kontraksi di usus besar mendorong isi perut ke arah rektum, yang merupakan bagian akhir dari saluran pencernaan manusia.

Bisa Moms ketahui bahwa efek dari mengonsumsi minuman berkafein hampir mirip dengan efek mengonsumsi makanan pedas.

Oleh karena itu, minuman berkafein harus Moms hindari karena bukan bagian dari makanan yang mempercepat penyembuhan luka operasi caesar.

Melainkan sebaliknya, ini justru bisa menunda penyembuhan luka di perut Moms.

Baca Juga: Moms, Inilah Hal yang Harus Diperhatikan Saat Kembali Hamil Setelah Operasi Caesar

Itu dia Moms, daftar makanan mempercepat penyembuhan luka operasi caesar.

Ingat, penyembuhan luka memang tiada yang instan atau cepat, namun selama apa yang dikonsumsi sesuai anjuran, luka operasi caesar akan berangsur membaik.

Produk Rekomendasi

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait