Fashion & Beauty

10 Mei 2021

7 Langkah Make Up Natural untuk Pemula, Ringan dan Tahan Lama!

Cocok untuk diaplikasikan sehari-hari
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kebanyakan perempuan ingin selalu tampil menawan di setiap suasana. Namun terkadang, ada yak takut dikatakan terlalu menor. Oleh sebab itu, banyak yang mengunakan make up natural sebagai kunci untuk tetap terlihat cantik dan segar.

Sebab, pada dasarnya perempuan ingin selalu terlihat cantik, salah satunya dibuktikan dengan penelitian yang dipublikasikan oleh Journal PLOS One.

Make up natural ini dianggap sebagai jawaban bagi kaum hawa yang ingin berdandan namun tidak terlalu mencolok. Sebab, tidak ada lipstik yang menyala, eye shadow yang mencolok atau shading yang berlebihan.

Baca Juga: Kenali Tanda-Tanda Makeup yang Sudah Kedaluwarsa

Langkah Make Up Natural untuk Pemula

kesalahan makeup

Foto: Orami Photo Stock

Lalu, bagaimana menyiasati agar tampil cantik tanpa menor? Ikuti langkah-langkah mengaplikasikan make up natural berikut ini yuk!

1. Bersihkan Wajah Terlebih dahulu

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum menggunakan make up adalah memastikan wajah Moms bebas debu dan kotoran serta sisa sel kulit mati yang masih menempel. Pertama, bersihkan wajah menggunakan milk cleanser atau susu pembersih.

Selanjutnya, untuk mengangkat sisa kotoran yang masih menempel, bersihkan dengan menggunakan facial foam. Keringkan, lalu gunakan toner untuk mengembalikan kesegaran kulit. Pastikan Moms memilih milk cleanser, toner, dan sabun yang sesuai dengan jenis kulit.

2. Gunakan Pelembap 

Agar minyak alami wajah tidak hilang, sebaiknya gunakan pelembap terlebih dahulu. Pelembap berfungsi menghidrasi dan merangsang produksi minyak alami yang akan menjaga tekstur kenyal kulit.

Pakai pelembap secukupnya, jangan terlalu banyak supaya tidak menimbulkan minyak berlebih. Tunggu beberapa menit hingga pelembab meresap ke dalam pori-pori kulit sebelum mengaplikasikan foundation.

3. Pakai Foundation

Setelah pelembab masuk ke dalam pori kulit, Moms bisa mulai menggunakan foundation untuk membuat riasan wajah bertahan lama sekaligus untuk menutupi noda-noda yang ada.

Agar kesan make up natural terlihat, pilihlah foundation sesuai warna kulit. Memilih foundation dengan warna lebih terang akan membuat wajah terkesan lebih tua.

Jika Moms ingin menutupi bekas jerawat, lingkaran hitam di bawah mata, dan kemerahan, jangan lupa memakai concealer setelah mengaplikasikan foundation.

Baca Juga: Inspirasi Makeup Natural untuk Hijabers

4. Pilih Bedak Sesuai Jenis Kulit

Apabila kulit Moms cenderung berminyak, gunakan bedak tabur yang dapat menempel lebih baik dan mengikat minyak berlebih. Bedak tabur juga cocok digunakan wajah berjerawat dan berkomedo.

Bagi Moms yang memiliki jenis kulit normal atau kering, bedak padat lebih cocok diaplikasikan untuk memastikan make up lebih awet menempel.

5. Kenakan Eyeshadow yang Tepat

Memilih eyeshadow dengan warna dominan cokelat atau beige bisa membuat wajah terkesan natural. Make up natural juga akan memberikan kesan yang tepat saat memilih eye shadow yang tepat.

Untuk hasil riasan yang lebih cantik, aplikasikan eyeshadow dengan teknik gradasi agar warna pada kelopak mata terkesan lebih alami. Moms juga boleh bermain-main dengan eyeshadow dengan warna lebih cerah seperti pink atau ungu, asal jangan poleskan terlalu tebal supaya tidak tampak menor.

6. Tambahkan Blush On dan Highlighter

Agar wajah Moms terlihat segar namun tetap natural, sapukan blush on berwarna peach atau pink muda. Usapkan mengikuti bentuk tulang pipi kemudian ratakan menggunakan kuas. Apabila ingin hasil merona yang lebih alami, Moms juga bisa meratakan blush on dengan jari tangan.

Moms juga bisa menambahkan sedikit highlighter di area puncak tulang pipi, batang hidung, dan area kening untuk mempersegar tampilan wajah. Namun jangan terlalu banyak ya, Moms!

7. Pilih Lipstik dengan Warna Nude

Saat memilih lisptik dengan warna nude, ada satu hal yang perlu Moms hindari yakni jangan sampai warnanya terlalu muda dan menimbulkan kesan pucat.

Apabila Moms memiliki kulit putih, lipstik berwarna nude brown bisa dijadikan pilihan sempurna. Namun, untuk Moms yang berkulit lebih gelap, lipstik nude pink atau nude peach bisa dipilih untuk memberikan kesan lebih fresh.

Baca Juga: Punya Wajah Bulat? Ini dia Trik Makeup yang Tepat

Rawat Kulit dengan Cara Alami

Makeup Natural -2

Foto: Orami Photo Stock

Tampil dengan make up natural tentu akan terlihat jauh lebih baik saat memiliki kulit wajah yang bagus dan terawat.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk merawat kulit wajah. Baik dengan menggunakan skincare ataupun dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Kulit yang sehat dan bercahaya biasanya dilihat sebagai tanda kesehatan dan vitalitas. Berikut ini adalah produk dan perubahan gaya hidup yang bisa di terapkan sebagai bagian dari rutinitas kecantikan dan perawatan kulit.

Bagian terbaiknya adalah Anda mungkin sudah memiliki semua yang Anda butuhkan di dapur atau lemari obat.

Baca Juga: 5 Tips Makeup Untuk Kulit Sawo Matang

  • Menyembuhkan kulit dengan minyak kelapa. Ini karena Minyak kelapa murni memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan penyembuhan. Tetapi ini mungkin tidak berhasil untuk semua jenis kulit. Jangan gunakan jika memiliki alergi terhadap kelapa.
  • Gunakan lidah buaya untuk menjaga kesehatan kulit. Karena lidah buaya memiliki khasiat penyembuhan dan dapat merangsang pertumbuhan sel baru. Ini juga menenangkan dan melembabkan tanpa menyumbat pori-pori. Untuk menghindari alergi, uji terlebih dahulu dengan mengoleskan sedikit pada lengan bawah.
  • Pakai pelembap dengan benar setelah mencuci muka. Cari pelembap yang mengunci kelembapan, mempercepat penyembuhan, dan memiliki sifat antioksidan untuk membuat kulit tampak bercahaya dan awet muda. Oleskan pelembab ke kulit saat masih terasa basah setelah mandi atau saat membilas wajah. Ini akan mengunci kelembapan ekstra dan membuat wajah Anda terasa halus.
  • Pakai tabir surya setiap hari. Pilih yang memiliki SPF 15 atau lebih untuk mencegah kanker kulit. Menjaga kulit terlindung dari sinar UV juga melindungi dari photoaging, yang merupakan proses penuaan kulit. Pastikan untuk menggunakannya setiap pagi, bahkan saat sering hujan atau mendung.
  • Cek waktu mencuci wajah. Kelembapan kulit akan hilang saat mencucinya terlalu sering,dan pori-pori akan menghasilkan terlalu banyak minyak ekstra untuk mengimbangnya. Mencuci wajah setelah mengeluarkan keringat, di pagi hari, dan sebelum tidur biasanya merupakan waktu yang pas untuk kulit yang sehat.
  • Hindari asap rokok. Saat kulit terpapar asap rokok, aka nada segala jenis racun kimiawi di atas kulit. Ini akan meningkatkan stres oksidatif di sel kulit yang menyebabkan kulit menua sebelum waktunya.
  • Minum lebih banyak air. Sebab, kulit terdiri dari sel-sel yang membutuhkan air agar berfungsi dengan baik. Hubungan dengan air minum dan memiliki kulit yang sehat masih berlangsung, tetapi setidaknya satu studi 2015 dari Clinical, Cosmetic and Invetigational Dermatology menyimpulkan ada hubungan yang kuat antara minum lebih banyak air dan kulit yang lebih sehat.
  • Nutrisi kulit dengan makan. sebab, memakan makanan yang kaya nutrisi seperti buah dan sayuran akan meningkatkan vitamin dan antioksidan dalam tubuh. Menurut Mayo Clinic, mengonsumsi lemak sehat, seperti minyak ikan, dan menjauhi makanan olahan dengan banyak pengawet mungkin memiliki hubungan langsung dengan kulit yang tampak lebih sehat.
  • Persingkat waktu mandi. Uap dan panas dapat membuka pori-pori dan membantu membuang racun. Tetapi mengalirkan air panas ke kulit selama lebih dari beberapa menit sekaligus dapat menghilangkan minyak dari kulit, dan membuatnya tampak lelah dan kusam.

Mulai sekarang, Moms bisa tampil cantik setiap saat tanpa perlu khawatir takut terlihat menor. Namun ingat ya, tetap berikan kesempatan pada wajah untuk bernapas dengan membersihkan seluruh make up di malam hari dan mengaplikasikan moisturizer sebelum tidur.

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6075765/
  • https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/home-remedies-for-glowing-skin
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4529263/
  • https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/skin-care/art-20048237
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait