Parenting Islami

10 Desember 2021

Malaikat Izrail, Malaikat yang Bertugas Mencabut Nyawa

Berikut ini fakta tentang malaikat Izrail yang jarang diketahui
placeholder

Foto: freepik.com/vectorpouch

placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Salah satu malaikat yang dikenal oleh masyarakat adalah malaikat Izrail sebagai malaikat pencabut nyawa.

Sebagai makhluk ciptaan Allah SWT, ada banyak versi mengenai malaikat. Misalnya dilansir penelitian Academia, menurut “Saderiah”, malaikat bukan makhluk Allah SWT yang bersifat gaib, tapi hanyalah simbol-simbol atas perilaku manusia sendiri.

Dalam keyakinan kelompok ini, siapapun yang mampu memahami konsep malaikat dengan sempurna, niscaya akan menjadi sosok yang tenang, bahkan akan mampu mengayomi kehidupan di sekitarnya.

Baca Juga: Isra Miraj, Kisah Perjalanan Suci Nabi Muhammad SAW Menerima Perintah Salat dari Allah SWT

Nama Izrail Sebagai Malaikat Pencabut Nyawa

ayat-alquran-tentang-kematian.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Meski populer dengan nama malaikat Izrail, menurut pakar tafsir Prof. Quraish Shihab, tidak diketahui secara jelas asal nama itu karena tidak ada keterangan dalam Alquran ataupun sunnah yang shahih.

Syaikh Al-Albani dalam Ta’liqnya terhadap perkataan Al-Thahawi menyatakan: “Adapun penamaannya dengan ‘Izrail sebagaimana yang tersebar di tengah-tengah manusia, maka itu tidak ada landasannya. Itu termasuk dari atsar Israiliyat.”

Namun, ada juga keterangan mengenai jumlah malaikat pencabut nyawa. Dalam ayat Alquran disebutkan bahwa malaikat pencabut nyawa tidak hanya satu, tapi berjumlah banyak.

قُلْ يَتَوَفّٰىكُمْ مَّلَكُ الْمَوْتِ الَّذِيْ وُكِّلَ بِكُمْ ثُمَّ اِلٰى رَبِّكُمْ تُرْجَعُوْنَ

(Qul yatawaffākum malakul-mautillażī wukkila bikum ṡumma ilā rabbikum turja'ụn)

Artinya: “Katakanlah, ‘Malaikat maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa)mu akan mematikan kamu, kemudian kepada Tuhanmu, kamu akan dikembalikan,” (QS As-Sajadah: 11).

Menurut Prof. Quraish Shihab, malaikat maut tidak hanya berjumlah satu, melainkan banyak. dan tugas malaikat Izrail disebut sebagai pemimpin dari banyaknya malaikat pencabut nyawa tersebut.

Keterangan lain juga didapatkan tentang jumlah malaikat pencabut nyawa.

وَهُوَ الْقَاهِرُ فَوْقَ عِبَادِهٖ وَيُرْسِلُ عَلَيْكُمْ حَفَظَةً ۗحَتّٰٓى اِذَا جَاۤءَ اَحَدَكُمُ الْمَوْتُ تَوَفَّتْهُ رُسُلُنَا وَهُمْ لَا يُفَرِّطُوْنَ

(Wa huwal-qāhiru fauqa 'ibādihī wa yursilu 'alaikum ḥafaẓah, ḥattā iżā jā`a aḥadakumul-mautu tawaffat-hu rusulunā wa hum lā yufarriṭụn)

Artinya: “Dan Dialah Penguasa mutlak atas semua hamba-Nya, dan diutus-Nya kepadamu malaikat-malaikat penjaga, sehingga apabila kematian datang kepada salah seorang di antara kamu, malaikat-malaikat Kami mencabut nyawanya, dan mereka tidak melalaikan tugasnya,” (QS Al-An’am: 61).

Ayat ini menggunakan kata ‘Rusul’ yang berarti para utusan dalam bentuk jamak. Para utusan malaikat yang berjumlah banyak ini bertugas mencabut nyawa seorang manusia.

Artinya, kematian seseorang tidak hanya ditangani oleh satu malaikat saja, tapi bisa jadi kematian seseorang ditangani oleh malaikat pencabut nyawa yang berjumlah banyak.

Baca Juga: Sebaiknya Dihindari, Ini Waktu Tidur yang Dibenci Allah SWT

Fakta Malaikat Izrail yang Bertugas Mencabut Nyawa

9+ Ciri-ciri Orang Mau Meninggal, Wajib Diperhatikan, Jangan sampai Menyesal!

Foto: Orami Photo Stock

Menurut Register Jurnal Sejarah, ada beberapa fakta tentang malaikat Izrail yang bisa diketahui oleh kaum muslimin. Misalnya seperti:

1. Wujud Malaikat Izrail

Malaikat Izrail memiliki wujud yang serupa dengan malaikat Mikail. Baik wajahnya, ukurannya, kemampuannya, lisannya dan sebagainya.

Wujud tersebut memiliki empat wajah; satu di muka, satu di kepala, satu di punggung dan satu di telapak kaki.

Malaikat Izrail mengambil nyawa para nabi dari wajah kepalanya, nyawa orang mukmin dengan wajah mukanya, nyawa orang kafir dengan wajah punggung dan nyawa jin dengan tapak kakinya.

2. Mengurus Kematian

Malaikat Izrail diberi kemampuan yang luar biasa oleh Allah SWT hingga dapat mencapai seluruh bagian dunia. Dia juga sanggup membolak-balikkan dunia seperti membolak-balikkan uang.

Saat malaikat Izrail mencabut nyawa makhluk-makhluk dunia, dia akan turun ke dunia bersama-sama dengan dua kumpulan malaikat yaitu Malaikat Rahmat dan Malaikat `Azab.

Malaikat Izrail bersama Jibril, Israfil dan Mikail pernah ditugaskan ketika Allah SWT membentuk Nabi Adam. Izrail di antara Malaikat yang sering turun ke bumi dan sering bertemu dengan para nabi di antaranya Nabi Ibrahim dan Nabi Idris.

3. Kematian Orang Mukmin

Orang mukmin saat meninggal akan disambut oleh para malaikat yang berwajah putih. Mereka membawa kafan dan parfum dari surga. Mereka duduk di samping calon mayat.

Para malaikat mulai mencabut nyawa dari kaki sampai lutut, kemudian diteruskan oleh malaikat lainnya sampai ke perut, kemudian diteruskan sampai ke kerongkongan, kemudian malaikat maut duduk di samping kepala calon mayat dan berkata: "Wahai jiwa yang patut, wahai jiwa yang tenang, keluarlah menuju ampunan dan ridha dari Allah.”

Karenanya, keluar roh dengan lembut seperti air yang menetes dari bibir tempat air. Malaikat maut- mengambilnya dan segera di masukkan dalam kafan yang diberi parfum dari surga itu. Keluarlah dari ruh itu bau yang sangat wangi seperti bau parfum yang sangat wangi di bumi.

كَلَّآ اِنَّ كِتٰبَ الْاَبْرَارِ لَفِيْ عِلِّيِّيْنَۗ

(Kallā inna kitābal-abrāri lafī 'illiyyīn)

Artinya: “Sekali-kali tidak! Sesungguhnya catatan orang-orang yang berbakti benar-benar tersimpan dalam ’Illiyyin.”

وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا عِلِّيُّوْنَۗ

(Wa mā adrāka mā 'illiyyụn)

Artinya: “Dan tahukah engkau apakah ’Illiyyin itu?”

كِتٰبٌ مَّرْقُوْمٌۙ

(Kitābum marqụm)

Artinya: “(Yaitu) Kitab yang berisi catatan (amal),”

يَّشْهَدُهُ الْمُقَرَّبُوْنَۗ

(Yasy-haduhul-muqarrabụn)

Artinya: “Yang disaksikan oleh (malaikat-malaikat) yang didekatkan (kepada Allah),” (QS Al-Muthaffifiin: 19-20).

4. Kematian Orang Kafir

Saat orang kafir atau fajir (banyak dosa) yang meninggalkan dunia menuju akhirat, turun sebagain malaikat dari langit yang berwajah hitam sambil membawa kain yang kasar dari neraka.

Para malaikat duduk disamping calon mayit dan mulai mencabut nyawa dari kaki sampai ke lututnya, kemudian diteruskan oleh para malaikat lainnya sampai ke perut, dan diteruskan kembali oleh malaikat lainnya sampai ke kerongkongan.

Kemudian datang malaikat maut, duduk di samping kepalanya dan berkata: "Wahai jiwa yang busuk keluarlah menuju murka dan kebencian dari Allah". Roh itupun terkejut.

Malaikat mencabut rohnya seperti mencabut alat pemanggang yang banyak cabangnya dari kain yang basah, sehingga terputuslah urat-urat dan ototnya.

Malaikat mengambil rohnya dan memasukkannya ke dalam kain kasar. Keluar dari ruh itu bau yang sangat busuk seperti yang pernah ada di muka bumi.

Para malaikat yang membawa roh dan malaikat lain bertanya: "Roh siapa yang busuk ini?" Malaikat yang membawanya menjawab: "Ini rohnya Fulan bin Fulan", dengan menyebut panggilan-panggilan buruknya ketika di dunia.

Malaikat yang membawanya menyebutkan keburukan-keburukanya selama di dunia dalam hubungan dengan Allah SWT, sesama manusia bahkan dengan alam semesta.

Rohnya dilempar dari langit sehingga terjatuh ke bumi, kemudian Rasulullah SAW membacakan ayat lainnya:

وَمَنْ يُّشْرِكْ بِاللّٰهِ فَكَاَنَّمَا خَرَّ مِنَ السَّمَاۤءِ فَتَخْطَفُهُ الطَّيْرُ اَوْ تَهْوِيْ بِهِ الرِّيْحُ فِيْ مَكَانٍ سَحِيْقٍ

(Hunafā`a lillāhi gaira musyrikīna bih, wa may yusyrik billāhi fa ka`annamā kharra minas-samā`i fa takhṭafuhuṭ-ṭairu au tahwī bihir-rīḥu fī makānin saḥīq)

Artinya: "Dan barangsiapa menyekutukan Allah, karenanya seolah-olah beliau jatuh dari langit lewat disambar oleh burung, atau diterbangkan angin ke tempat yang tidak dekat," (QS Al-Hajj: 31).

Begitulah sosok malaikat Izrail dengan tugasnya di dunia. Semoga dapat menjadi ibrah bagi umat muslim yang memahaminya.

  • https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/48188082/TAWIL_SEPULUH_MALAIKAT-with-cover-page-v2.pdf?Expires=1638270515&Signature=I3-7vYAWY4lEc3B0HxYA18r1XzoEaf1A79iFyrKOuMyGgIXia2pUFlI8Q0PNwIxFS-H3PUpRWK68LHvnWY8gtFJLuEg7kN0skrRt9BZTtwOBy-VoSlZP5jZ1MP2oPYzclasMzW3cAKSsbmAGAu8nmvuqNUtX3pPl3sS5KuquNUh0vIAi9nnsamjhxuRJRM0G1uM33x-4griGmz6tC3bzIqZd6J4LPSmcgu75hWdevMvm4rv7M2HdBo0Be3wkctQYnFNAFCYD2MfkBFvHgZ5zJvCMgMT65reR81jsvHHcj1JHtnHGjEpNWmHtl~8YiWmnJWbOPphS~4AK3xnZ-PKJbA__&Key-Pair-Id=APKAJLOHF5GGSLRBV4ZA
  • https://islami.co/malaikat-pencabut-nyawa-tidak-hanya-satu-jumlahnya-ada-banyak/
  • https://umma.id/post/benarkah-nama-malaikat-pencabut-nyawa-itu-izrail-46913?lang=id
  • http://register.jurnal-sejarah.com/ind/2-2327-2219/Izrail_32518_mikom-fisipumj_register-jurnal-sejarah.html
  • https://worldquran.com/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait