Kesehatan

5 Agustus 2021

7 Dampak Malas Mandi pada Kesehatan, Mudah Terserang Penyakit!

Hindari malas mandi ya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Ketika cuaca dingin atau tubuh sedang tidak dalam keadaan fit, Moms mungkin akan merasa malas mandi. Biasanya, Moms akan melewatkan mandi di pagi hari dan menggabungkannya pada sore hari. Bahkan, ada beberapa orang yang betah untuk tidak mandi hingga beberapa hari.

Menurut ahli, malas mandi di pagi hari tidak memberikan risiko apapun terhadap kesehatan. Hanya saja, jika tubuh berkeringat akan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Hal ini tentu akan membuat Moms tidak nyaman, selain itu keringat juga bisa membuat gangguan pada kulit Moms.

Baca juga: 3 Tips Mandi untuk Bayi Berkulit Sensitif

Syndrome Ablutophobia

Sindrom malas mandi

Foto: Orami Photo Stock

Asal tahu saja Moms, ternyata malas mandi bisa menjadi salah satu tanda gangguan mental. Syndrome menghindari mandi disebut sebagai ablutophobia. Kondisi ini merupakan bentuk kecemasan yang luar biasa terhadap kebiasaan mandi.

Moms yang mengalami syndrome ini mungkin membutuhkan waktu untuk berani menyiram badan dengan air. Namun, para ahli menilai tidak mandi dalam waktu lama tidak berdampak terhadap kesehatan fisik Moms.

Baca juga: Tips Memilih Produk Mandi Bayi Baru Lahir

Dampak Malas Mandi

Walaupun beberapa ahli mengatakan, malas mandi tidak berpengaruh apapun terhadap kesehatan, tetapi Moms yang memiliki kulit sensitif mungkin akan mengalami beberapa gangguan pada kulit.

Karena seberapa sering Moms mandi, tergantung pada jenis kulit dan aktifitas masing-masing. Sangat penting untuk mengetahi kapan dan bagaimana membersihkan diri baik untuk tubuh dan gaya hidup Moms.

Moms yang memiliki waktu kerja panjang, mungkin tidak disarankan untuk malas mandi. Sementara, Moms yang memiliki kulit super kering, sebaiknya tetap menjaga kelembapan setiap hari.

Lalu, apa saja dampak malas mandi bagi tubuh? berikut penjelasannya.

1. Perubahan Jumlah Bakteri Baik dan Jahat

Dampak malas mandi

Foto: Orami Photo Stock

Tubuh memiliki bakteri baik dan jahat. Kulit merupakan penghalang penting antara dua jenis bakteri ini. Mandi merupakan salah satu cara mencegah kuman masuk ke dalam tubuh. Tak hanya itu, mandi juga bisa meningkatkan bakteri baik di dalam tubuh.

Jadi, saat Moms malam mandi, tandanya bakteri jahat atau kuman akan tumbuh di dalam tubuh Moms. Hal ini tentu bisa membuat berbagai penyakit mudah masuk ke dalam tubuh.

Bayangkan saja, ada berapa juta bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh jika Moms tidak mandi dalam satu hari. Ahli menjelaskan, tubuh yang jarang dibersihkan akan mempermudah terjadinya infeksi di kulit dan pernasapan.

2. Mudah Terserang Penyakit

Mudah terserang penyakit

Foto: Orami Photo Stock

Mandi merupakan salah satu cara Moms untuk membersihkan kuman di dalam tubuh. Seperti yang diketahui, virus dan bakteri akan masuk melalui mata, hidung dan juga mulut.

Jika Moms malas mandi, kuman mungkin akan lebih mudah berkembang biak di dalam tubuh, sehingga Moms cepat terkena penyakit.

Ahli menjelaskan, Moms yang jarang mandi akan mudah terkena infeksi virus seperti influenza. Jurnal Influenza menjelaskan influenza merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus pada manusia.

3. Timbul Jerawat

jerawat akibat malas mandi

Foto: Orami Photo Stock

Ketika Moms rajin membersihkan diri dengan mandi, minyak di kulit akan lebih mudah terkontrol. Sebaliknya, jika Moms tidak mandi, kandungan minyak di kulit akan menumpuk karena keringat berlebuh.

Ketika kandungan minyak di kulit menumpuk, jerawat akan mudah tumbuh. Karena bakteri yang hidup di kulit dapat menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga muncul jerawat. Saat Moms malam mandi, jerawat tidak hanya tumbuh di wajah, tetapi juga di tubuh.

Baca juga: Bayi Tidak Suka Mandi, Apa yang Harus Dilakukan?

4. Bau Badan

bau badan.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Banyak orang belum tahu, bahwa bau badan tidak disebabkan oleh keringat, tetapi sebenarnya hasil dari gas yang dikeluarkan bakteri saat mereka mengonsumsi protein dan asam lemak tubuh, menurut sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Microbiome.

Selain itu, bau badan juga bisa membuat mental seseorang terganggu. Bahkan, sebuah penelitian 2015 ada seseorang yang harus dijauhi rekan-rekannya karena bau badan.

Moms perlu tahu, menggunakan deodorant, parfum atau tissue basah tidak dapat membantu menghilangkan bau di tubuh. Moms tetap perlu mandi untuk menghilangkan bakteri penyebab bau badan.

5. Kulit Menjadi Kering

Kulit mudah kering

Foto: Orami Photo Stock

Moms yang memiliki kondisi kulit seperti eksim, jangan pernah malas mandi ya. Karena salah satu mencegak timbulnya penyakit kulit adalah mandi.

The National Eczema Organization merekomendasikan mandi sekali dapat membantu meningkatkan kelembapan kulit Moms.

Namun, pastikan saat mandi dengan air yang tidak terlalu panas. Selain itu, berikan sedikit pijatan saat mandi dengan sabun yang mengandung pelembap.

Ahli juga mengatakan, kulit mati dan lemak akan menumpuk di lapisan atas kulit. Jika tidak dicuci, penumpukan ini akan membuat kulit terasa gatal dan kering.

6. Rambut Lepek dan Berminyak

Rambut lepek

Foto: Orami Photo Stock

Malas mandi juga bisa membuat rambut Moms menjadi lepek dan berminyak. Kelenjar sebaceous melepaskan zat erminyak yang disebut sebum.

Kandungan ini membuat rambut bersinar alami, tetapi ketika zat ini menumpuk secara berlebihan rambut tidak akan berkilau indah, sebaliknya akan terlihat lepek dan tidak bagus.

Rambut secara alami dapat membantu menjaga kelembapan pada kulit kepala. Jika tidak mencuci selama beberapa hari, lemak, sel-sel kulit kotor dan mati akan menumpuk sehingga membuat kulit kepala gatal dan kering.

Baca juga: Rambut Anak Tipis, Begini Cara Merawatnya Agar Tak Lepek

7. Kotoran Menumpuk di Kulit

malas mandi dapat membuat kotoran menumpuk di kulit

Foto: Orami Photo Stock

Dermatitis neglecta adalah kondisi kulit langka yang dapat berkembang sebagai akibat dari tidak menjaga kebersihan di mana sel-sel kulit mati menumpuk dan menyebabkan bercak pada kulit. Kondisi ini bisa terjadi ketika kotoran menumpuk di kulit Anda karena keringat tidak dibersihkan dengan benar.

Kondisi ini memang jarang terjadi, tetapi bagi Moms yang malas mandi kemungkinannya akan semakin tinggi. Gejala timbulnya dermatitis negleta adalah mulai timbul bintik-bintik cokelat pada kulit dan perlu menemui dokter untuk mendapat perawatan secara topikal.

Baca juga: Apa Bedanya Dermatitis Seboroik dan Dermatitis Atopik?

Moms, mulai sekarang pikir-pikir lagi kalau ingin melewatkan mandi ya. Karena banyak sekali dampak negatif pada tubuh jika Moms malas mandi. Semoga artikelnya bermanfaat ya.

  • https://www.bustle.com/wellness/weird-things-that-happen-to-your-body-if-you-dont-shower-for-2-days
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait