Kesehatan

30 Juli 2021

7 Manfaat Air Lemon untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya, Cocok untuk Moms yang Sedang Diet!

Air lemon diklaim baik untuk dikonsumsi setiap hari di pagi hari
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Akhir-akhir ini, air lemon sangat populer untuk dikonsumsi sebagai minuman kesehatan. Banyak restoran menyajikan air lemon secara rutin dengan berbagai variasi dan beberapa orang memulai hari mereka dengan air lemon, bukan kopi atau teh.

Tidak ada keraguan bahwa lemon itu enak, tetapi apakah menambahkannya ke dalam air benar-benar akan membuat seseorang lebih sehat?

Banyak bukti yang mendukung manfaat kesehatan air lemon, tanpa ada dasar fakta yang tepat. Penelitian ilmiah secara khusus pada air lemon hanya sedikit, tetapi ada sukurlah penelitian tentang manfaat lemon dan air secara terpisah rupanya masih ditemukan.

Beberapa khasiat air lemon yang banyak disebutkan adalah kandungan vitamin C yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Tidak hanya itu, air lemon menjadi salah satu menu minuman detoks yang membantu pencernaan, membuang racun, dan membersihkan hati.

Dikutip dari I Food Real, air lemon hangat juga diklaim dapat membantu mengurangi rasa sakit pada lutut dan sendi. Air lemon memang bukan obat untuk segalanya, tetapi beberapa khasiat memang bisa didapatkan dari air lemon.

Baca Juga: 4 Manfaat Lemon Untuk Kecantikan

Manfaat Air Lemon

air lemon

Foto: prevention.com

Bukan rahasia umum bahwa lemon adalah buah yang kaya akan sumber vitamin C serta antioksidan kuat. Faktanya, satu lemon yang diperas menyediakan sekitar 21 persen dari nilai kebutuhan harian seseorang.

Seperti buah sitrus lainnya, lemon adalah senyawa yang membantu meningkatkan kesehatan dan melawan penyakit. Berikut ini adalah beberapa manfaat air lemon lainnya yang mungkin belum Moms ketahui.

1. Membantu Tubuh Tetap Terhidrasi

Menurut Food and Nutrition Board, pedoman umum mengatakan bahwa wanita harus memenuhi asupan air setidaknya 2,6 liter per hari dan pria harus mendapatkan setidaknya 3,7 liter. Ini termasuk air dari makanan dan minuman.

Air adalah minuman terbaik untuk hidrasi, tetapi beberapa orang tidak menyukai rasanya sendiri. Menambahkan lemon meningkatkan rasa air, yang dapat membantu seseorang minum lebih banyak air.

2. Sebagai Sumber Vitamin yang Baik

Buah jeruk seperti lemon kaya akan vitamin C, antioksidan utama yang membantu melindungi sel dari kerusakan radikal bebas. Moms mungkin pernah mendengar bahwa vitamin C dapat membantu mencegah atau membatasi durasi flu biasa pada beberapa orang. Akan tetapi, penelitian akan hal ini masih saling bertentangan.

Tidak hanya itu, vitamin C dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan stroke, serta menurunkan tekanan darah. Meskipun lemon tidak termasuk dalam daftar buah jeruk yang kaya akan vitamin C, lemon tetap merupakan sumber yang baik.

Menurut United States Department of Agriculture, air lemon dari satu buah lemon menyediakan sekitar 18,6 miligram vitamin C. Perlu Moms tahu bahwa jumlah harian yang disarankan untuk orang dewasa adalah 65 hingga 90 miligram.

Baca Juga: 7+ Cara Mengatasi Batuk pada Anak yang Alami, Salah Satunya dengan Jus Lemon!

3. Mendukung Penurunan Berat Badan

Penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan polifenol yang ditemukan dalam lemon secara signifikan mengurangi penambahan berat badan pada tikus yang diberi makan berlebihan untuk menginduksi obesitas.

Dalam studi tikus ini, senyawa antioksidan juga mengimbangi efek negatif pada kadar glukosa darah dan meningkatkan resistensi insulin, dua faktor utama dalam perkembangan diabetes tipe 2.

Sementara hasil yang sama perlu dibuktikan pada manusia, agar fakta kuat bahwa air lemon mendukung penurunan berat badan bukanlah sekedar mitos. Apakah ini karena orang hanya minum lebih banyak air dan merasa kenyang atau jus lemon itu sendiri, hingga saat ini informasi manfaat air lemon untuk penurunan berat badan masih kurang jelas.

4. Meningkatkan Kualitas Kulit

Vitamin C yang ditemukan dalam lemon dapat membantu mengurangi kerutan kulit, kulit kering akibat penuaan, dan kerusakan akibat sinar matahari.
Bagaimana air memperbaiki kulit masih kontroversial, tetapi satu hal yang pasti. Jika kulit Moms kehilangan kelembapan, ia menjadi kering dan rentan terhadap kerutan.

Sebuah studi laboratorium tahun 2016 yang diterbitkan jurnal Food Chemistry, menunjukkan bahwa minuman berbasis jeruk membantu mencegah perkembangan kerutan pada tikus yang tidak berbulu.

5. Membantu Pencernaan

Beberapa orang minum air lemon sebagai pencahar pagi setiap hari atau membantu mencegah sembelit. Minum air lemon hangat atau panas saat bangun tidur dapat membantu melancarkan sistem pencernaan.

Pengobatan Ayurveda atau tradisional India mengatakan rasa asam lemon membantu merangsang "agni" seseorang. Dalam pengobatan Ayurveda, agni yang kuat dapat membantu menjaga sistem pencernaan atau memungkinkan seseorang mencerna makanan dengan lebih mudah dan membantu mencegah penumpukan racun.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Jeruk untuk Ibu Hamil, Bisa Mencegah Sembelit!

6. Menyegarkan Nafas

Pernahkah Moms menggosok lemon di tangan Moms untuk menghilangkan bau bawang putih atau bau menyengat lainnya? Obat tradisional yang sama mungkin berlaku untuk bau mulut yang disebabkan oleh makan makanan dengan bau yang kuat seperti bawang putih, bawang merah, atau ikan.

Moms dapat menghindari bau mulut dengan minum segelas air lemon setelah makan dan juga di pagi hari. Lemon diduga merangsang air liur dan air juga membantu mencegah mulut kering, yang dapat menyebabkan bau mulut yang disebabkan oleh bakteri.

7. Membantu Mencegah Batu Ginjal

Asam sitrat dalam lemon dapat membantu mencegah batu ginjal. Sitrat, komponen asam sitrat, secara paradoks membuat urin kurang asam dan bahkan dapat memecah batu-batu kecil. Minum air lemon tidak hanya memberi Moms sitrat, tetapi juga air yang Moms butuhkan untuk membantu mencegah atau menghilangkan batu.

Baca Juga: Waspada Penyakit Batu Ginjal, Ketahui Penyebab dan Bentuk Pencegahannya

Cara Membuat Air Lemon

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari air lemon, Moms perlu meminumnya secara konsisten, dan Moms membutuhkan lebih dari sekadar irisan lemon di cangkir.

Saat membuat air lemon, selalu gunakan lemon segar daripada lemon buatan dari botol. Berikut ini adalah beberapa resep air lemon yang bisa Moms buat sendiri di rumah:

1. Air Lemon Sederhana

air lemon

Foto: Lose Weight by Eating

Berikut ini adalah resep air lemon yang harus dikonsumsi segera dan harus diminum hangat! Meskipun demikian, menyajikan air lemon untuk pesta atau meminum air lemon sepanjang hari adalah cara yang menyegarkan untuk tetap terhidrasi.

Bahan:

  • 1/2 Lemon
  • 1/4 Cangkir air dingin
  • 1/3 Cangkir air mendidih

Cara Membuat Air Lemon:

  1. Dalam gelas, peras jus lemon dengan alat peras lemon genggam atau alat peras lemon gelas. Buang bijinya jika perlu.
  2. Tambahkan air, aduk dan minum selagi hangat.
  3. Untuk membuat air hangat, Moms bisa mencampur air mendidih dan air dingin. Moms juga bisa mematikan ketel sebelum air mendidih. Moms hanya perlu menunggu di dekat katel dan mematikannya tepat waktu.

2. Air Lemon Madu

air lemon

Foto: Tarladalal.com

Air lemon madu adalah obat rumahan yang dipercaya mampu menurunkan berat badan. Air lemon madu paling baik diminum saat perut kosong segera setelah bangun tidur. Setiap bahan dalam ramuan ini memiliki peran untuk dimainkan.

Pertama, air hangat membantu meningkatkan metabolisme dalam membakar kalori lebih cepat untuk aktivitas yang sama. Jus lemon dalam minuman ini menunjukkan sifat anti-inflamasi dan melakukan pekerjaan antioksidan untuk membuat Moms tetap energik.

Sebenarnya, madu adalah bahan yang opsional di sini karena memberikan beberapa kalori, meskipun beberapa percaya bahwa madu membantu dalam proses pembakaran lemak.

Bahan:

  • 1 Sendok makan jus lemon
  • 2 Sendok makan madu
  • 1/2 Cangkir atau lebih air panas

Cara Membuat Air Lemon Madu:

  1. Masukkan madu dan jus lemon ke dalam cangkir atau cangkir teh.
  2. Tambahkan air panas dan aduk.
  3. Tambahkan lebih banyak jus lemon, madu, atau air panas secukupnya untuk rasa sesuai yang diinginkan.

Baca Juga: Ini Manfaat Infused Water Lemon, Serta Cara Membuat dan Resepnya!

3. Air Lemon Cinnamons

air lemon

Foro: Clean Eating Kitchen

Air lemon cinnamons atau air lemon kayu manis, air cinnamons biasa, atau teh cinnamons adalah cara mudah untuk mendapatkan dosis harian bumbu penghangat ini. Selain enak, kayu manis juga menawarkan berbagai manfaat kesehatan.

Bahan:

  • 177ml Air hangat
  • 1/2 sdt Cinnamon bubuk
  • 1/2 Lemom, peras
  • 1 sdt Madu mentah

Cara Membuat Air Lemon Cinnamons:

  1. Dalam cangkir, campurkan air, kayu manis bubuk, jus lemon, dan madu.
  2. Aduk rata.
  3. Minum hangat sebagai teh atau biarkan campuran turun ke suhu kamar. Moms juga dapat mendinginkan campuran untuk menikmati air lemon cinnamons secara dingin.

Catatan:

  • Moms harus mengggunakan air hangat untuk membantu bubuk cinnamon larut. Jika Moms ingin menyajikan air cinnamon sebagai teh cinnamon, gunakan air yang sangat panas, bukan air hangat.
  • Resep ini sangat serbaguna. Jika ingin air lemon cinnamon yang lebih manis, tambahkan satu sendok teh madu. Jika Moms ingin membuatnya bebas gula, gunakan alternatif gula seperti stevia atau pemanis buah biksu.
  • Perlu Moms ingat juga bahwa wanita hamil harus berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan mereka untuk memastikan bahwa air lemon cinnamon aman untuk diminum

4. Air Lemon Jahe

air lemon

Foto: Minimalist Baker

Air jahe sering digunakan sebagai ramuan untuk menghangatkan tubuh. Lalu bagaimana jika jahe dicampur dengan air lemon? Air lemon jahe adalah cara sempurna untuk memulai hari Moms dan terutama menghibur di bulan-bulan yang lebih dingin.

Moms bisa membuat ini sepanjang hari ketika sedang merasa sakit. Dan bahkan sesekali menikmati secangkir air lemon di malam hari juga sangat disarankan untuk bersantai sebelum tidur.

Bahan:

  • 1 Lemon besar (cuci bersih)
  • 1 Potong jahe segar 2 inci (dibilas, dikupas opsional)
  • Sejumput kunyit bubuk
  • Sejumput lada hitam segar (opsional)
  • Sejumput cabai rawit (opsional)
  • 2 Gelas air mendidih

Cara Membuat Air Lemon Jahe

  1. Didihkan satu teko air (Moma membutuhkan sekitar 2 gelas atau 480 ml).
  2. Iris lemon menjadi dua dan peras masing-masing setengah ke dalam cangkir saji (setiap cangkir mendapat setengah dari lemon).
  3. Pastikan untuk menempatkan bagian lemon yang telah dijus ke dalam cangkir juga untuk menanamkan lebih banyak rasa.
  4. Tambahkan irisan jahe dan sejumput kunyit bubuk. Lada hitam dan cabai rawit adalah opsional, tetapi dua bahan ini membawa lebih banyak keseimbangan dan panas. Lada hitam juga meningkatkan bioavailabilitas kunyit.
  5. Tuangi air mendidih dan tunggu beberapa menit hingga bumbu meresap.
  6. Nikmati air lemon jahe yang dapat menyegarkan ini. Air lemon jahe dapat dinikmati hingga 24 jam kemudian, jika disimpan di lemari es dan dipanaskan kembali.

5. Air Lemon Detox Mentimun

air lemon

Foto: Lose Weight by Eating

Resep air lemon yang terakhir adalah resep air lemon detox mentimun. Rasa mentimun dan lemon sangat cocok, di mana keduanya memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa.

Membuat air lemon dan mentimun adalah perpaduan yang sempurna untuk resep penurunan berat badan.

Mentimun dikemas dengan potasium, menjadikannya cara alami untuk membantu menurunkan tekanan darah. Mentimun dapat membantu mengurangi kembung dan bengkak. Dipasangkan dengan air lemon, minuman detox ini dapat membantu meningkatkan metabolisme.

Bahan:

  • 1 Mentimun sedang dikupas dan diiris
  • 1 Lemon diiris menjadi cincin
  • 1 Galon air

Cara Membuat:

  1. Mulailah 6-12 jam, sebelum mengkonsumsi air lemon detox mentimun ini.
  2. Campurkan bahan-bahan dalam teko air infus buah.
  3. Simpan di lemari es sampai Moms siap meminumnya. Moms bisa membuat malam dan meminumnya keesokan hari. Air lemon detox mentimun ini tahan hingga 2 hari di dalam kulkas.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Minum Air Lemon?

Bahaya Konsumsi Air Lemon Berlebihan

air lemon

Foto: edisoninst.com

Sesuatu yang berlebih, pasti tidak akan baik. Termasuk air lemon, konsumsi berlebih rupanya bukan hal yang tepat atau disarankan. Air lemon umumnya aman untuk diminum, tetapi ada beberapa potensi efek samping yang harus diwaspadai. Lemon mengandung asam sitrat, yang dapat mengikis email gigi. Untuk membatasi risikonya, minumlah air lemon melalui sedotan dan bilas mulut dengan air biasa setelahnya.

Ketika merasa mulas, air lemon bisa menjadi penyebabnya. Asam sitrat dapat menyebabkan mulas pada beberapa orang. Yang lain mengalami kelegaan dari mulas, karena jus lemon menjadi basa dan mengurangi keasaman dalam pencernaan. Namun, hanya eksperimen yang dapat memberi tahu efeknya pada setiap orang.

Beberapa orang melaporkan lebih sering pergi ke kamar mandi saat minum air lemon. Meskipun vitamin C sering diyakini sebagai diuretik, sesuatu yang meningkatkan jumlah urin yang dihasilkan, bukti tidak menunjukkan bahwa vitamin C dari sumber alami seperti lemon memiliki efek diuretik.

Air lemon baik untuk setiap orang karena Moms tidak akan makan setengah lemon sendiri setiap hari, jadi menambahkannya ke air adalah alternatif yang bagus.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait