Fashion & Beauty

11 Juni 2021

13 Manfaat Air Mawar bagi Kesehatan yang Sayang untuk Dilewatkan

Salah satu manfaatnya membantu mengencangkan kulit wajah.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Karla Farhana

Manfaat air mawar banyak dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan. Minuman ini dapat meningkatkan metabolisme dan energi hingga bagus untuk perawatan kulit.

Namun, tidak hanya digunakan dalam bentuk bunga mawar begitu saja. Tanaman satu ini biasa diracik dalam bentuk air bernama rose water.

Jenis produk perawatan kulit yang juga dikenal dengan nama air mawar ini mungkin sudah sering Moms dengar.

"Air mawar dibuat dengan cara merendam kelopak mawar dalam air dan membiarkan bahan aktifnya terinfusi ke dalam air," jelas Dr. Joshua Zeichner, ahli dermatologi di Mount Sinai Hospital, New York.

Melansir Pharmacological Effects of Rosa Damascena yang diterbitkan oleh National Center for Biotechnology Information, air mawar mengandung 10-50% minyak mawar. Air mawar paling berkualitas diproduksi di Kashan, Iran, dan biasa digunakan untuk upacara keagamaan.

Baca Juga: 6 Mitos Soal Perawatan Kulit Wajah yang Selama Ini Dipercaya

Di samping itu, manfaat air mawar adalah memiliki sifat antiinflamasi yang dapat meredakan iritasi pada kulit, serta diperkaya dengan antioksidan untuk melawan radikal bebas pada tubuh.

Bila digunakan maupun dikonsumsi secara rutin, air mawar ini mampu mengobati berbagai masalah kesehatan lho.

Manfaat Air Mawar untuk Kesehatan

Air mawar telah digunakan secara tradisional dalam produk kecantikan dan produk makanan serta minuman. Lalu apa manfaat air mawar lainnya untuk kesehatan? Mari simak ulasannya!

1. Mempertahankan Keseimbangan pH Kulit

air mawar, manfaat air mawar

Foto: Orami Photo Stock

Jika pH kulit turun di antara 4,5 hingga 6,2 hal ini akan membuatnya sedikit asam. Penggunaan sabun, pembersih wajah, dan produk yang berlebihan dapat mengganggu keseimbangan ini dan menyebabkan pertumbuhan bakteri, yang menyebabkan masalah seperti jerawat.

Dengan tingkat pH 5,5 pada air mawar, akan membantu membawa tingkat pH kulit kita kembali pada keadaan yang normal.

2. Mengurangi Jerawat

Manfaat air mawar yang satu ini cocok untuk kulit yang cenderung mudah berjerawat. Air mawar membantu menghilangkan kelebihan minyak dari wajah kita.

Produk ini juga membantu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat dengan sifat penyeimbang pH-nya. Selain mengurangi jerawat juga mampu mencegah tumbuhnya jerawat.

Baca Juga: 8 Khasiat Es Batu untuk Kecantikan Wajah, Bisa Mengurangi Jerawat Lho!

3. Mengencangkan Kulit

air mawar, manfaat air mawar

Foto: Orami Photo Stock

Saking fokusnya pada jerawat, terkadang kita lupa bahwa menjaga kekecangan kulit itu dibutuhkan.

Apa yang kebanyakan orang tidak sadari bahwa menjaga kekencangan kulit juga merupakan salah satu bagian terpenting dari rutinitas perawatan kulit kita.

Nah, manfaat air mawar selanjutnya adalah sebagai toner! Air mawar adalah toner yang sangat baik, berkat sifat penyeimbang pH-nya. Ia dapat menghilangkan minyak dan kotoran dari kulit.

"Air mawar bisa menenangkan kulit sensitif dan bermanfaat untuk penuaan kulit. Air mawar akan melawan radikal bebas," kata Dr. Zeichner.

4. Menghidrasi Kulit Wajah

Banyak yang beranggapan bahwa toner akan membuat kulit wajah kering. Tentu hal ini salah.

Menjadikan air mawar sebagai toner dan face spray, akan membantu menyegarkan kulit dan memberikannya hidrasi ringan.

"Air mawar akan melembapkan kulit tanpa rasa berat, juga membuat rileks akibat wanginya," ujar Dr. Ranella Hirsch, ahli dermatologi asal Boston.

Hal ini sangat membantu dalam memperbaiki tekstur kulit kita. Selain itu air mawar juga mudah meresap pada kulit.

5. Mengurangi Bengkak

air mawar, manfaat air mawar

Foto: Orami Photo Stock

Tidak hanya menghidrasi kulit, manfaat air mawar berikutnya adalah menghilangkan bengkak.

Sifat antiinflamasi dan dingin dari air mawar tidak hanya membuat kulit terasa segar tetapi juga mengatasi bengkak, terutama di bagian bawah mata.

Dengan meletakkan dua kapas yang penuh dengan air mawar dingin di area lingkaran bawah mata, Moms dapat mengatasi sembap dalam beberapa menit.

6. Meredakan Sakit Tenggorokan

Manfaat air mawar juga bisa meredakan penyakit, seperti sakit tenggorokan. Air mawar secara tradisional telah digunakan untuk meredakan sakit tenggorokan. Hal ini dikarenakan sifat antiseptik dan antibakteri yang ada di dalamnya.

Baca Juga: Ketahui Tanda Kulit Dehidrasi, Beda dengan Jenis Kulit Kering

7. Mengurangi Kemerahan pada Kulit

wajah merah

Foto: Orami Photo Stock

Ruam kulit merupakan sebuah kondisi di mana kulit mengalami iritasi yang menimbulkan kemerahan disertai rasa gatal dan nyeri akibat adanya radang kulit.

Air mawar telah digunakan sebagai produk kecantikan selama ribuan tahun, sehingga tidak heran jika dapat memperbaiki corak dan mengurangi kemerahan pada kulit. Sifat anti-inflamasi dapat mengurangi kemerahan dan bengkak pada kulit.

8. Membantu Mencegah dan Mengobati Infeksi

Air mawar memiliki sifat antiseptik kuat, yang dapat mencegah dan mengobati infeksi. Karena itu, manfaat air mawar sering kali dimasukkan dalam berbagai perawatan alami dan pengobatan.

Melansir Journal of Inflammation, air mawar dapat dijadikan obat tetes mata untuk mengobati kasus konjungtivitis, sifat antiseptik, dan analgesiknya yang membantu dalam mengobati penyakit mata.

9. Mempercepat Penyembuhan Luka Bakar

Luka Bakar

Foto: Orami Photo Stock

Air mawar memiliki khasiat antiseptik dan antibakteri yang dapat membantu menyembuhkan luka lebih cepat. Kandungan ini dapat membantu membersihkan dan melawan infeksi luka dan luka bakar.

Manfaat air mawar dapat membantu luka, luka bakar, dan bahkan bekas luka sembuh lebih cepat.

10. Meningkatkan Mood

Manfaat air mawar selanjutnya, yaitu meningkatkan mood. Air mawar memiliki khasiat antidepresan dan anti kecemasan yang kuat. Tak hanya itu, kelopak mawar dapat mengendurkan sistem saraf pusat yang dapat menghasilkan efek antidepresan dan antianxiety.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan dan Kecantikan

11. Meredakan Sakit Kepala

sakit kepala

Foto: Orami Photo Stock

Air mawar dan minyak esensial mawar biasanya digunakan dalam aromaterapi untuk membantu meredakan sakit kepala. Hal ini karena efek dapat menghilangkan stres yang dibahas pada bagian di atas.

Uap air mawar dapat meredakan sakit kepala. Moms juga bisa mengoleskan kompres yang direndam dalam air mawar ke kepala selama 45 menit untuk hasil yang efektif.

12. Memiliki Sifat Anti Penuaan

Air mawar sering ditemukan pada produk kecantikan yang bertujuan untuk mengurangi kerutan. Sebab, air mawar memiliki efek anti-penuaan. Selain menenangkan kulit yang teriritasi, dapat mengurangi munculnya kerutan saat dioleskan.

Jika menggunakannya secara teratur, kulit wajah Moms akan tampak muda dan bersinar.

Baca Juga: 11 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan yang Harus Moms Ketahui

13. Menenangkan Masalah Pencernaan

sakit perut

Foto: Orami Photo Stock

Dalam pengobatan tradisional, air mawar telah digunakan untuk membantu pencernaan dan mengurangi gangguan pencernaan.

Melansir Pre-Feasibility Study, ada beberapa bukti bahwa air mawar dapat mempengaruhi pencernaan secara positif dan meredakan gangguan pencernaan. Ini juga dapat meningkatkan sekresi empedu, yang selanjutnya dapat membantu pencernaan.

Nah, sekarang Moms sudah tahu kan jika manfaat air mawar itu sangat banyak. Moms tertarik untuk mencoba?

  • http://moip.gov.pk/moip/userfiles1/file/Rose%20Water.pdf
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3586833/
  • https://www.researchgate.net/publication/51717480_Antioxidant_and_potential_anti-inflammatory_activity_of_extracts_and_formulations_of_white_tea_rose_and_witch_hazel_on_primary_human_dermal_fibroblast_cells
  • https://www.healthline.com/health/rose-water-benefits#contains-antioxidants
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait