Kesehatan

21 Juli 2021

10 Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan, Tak Disangka!

Khasiatnya dijamin bikin Moms lebih rajin minum air
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Amelia Puteri

Moms pastinya sudah tahu bahwa air putih itu sangat penting bagi kesehatan. Tanpa air, manusia memang tidak bisa bertahan hidup. Nah, apakah Moms sudah tahu manfaat air putih secara keseluruhan?

Ada beragam minuman yang dapat dikonsumsi untuk mencukupi asupan cairan harian. Namun, jenis minuman yang paling baik dikonsumsi adalah air putih karena bebas kalori dan gula sehingga lebih menyehatkan.

Dengan memahami apa saja manfaat air putih bagi kesehatan, Moms bisa jadi lebih terdorong untuk mencukupi kebutuhan air setiap harinya.

Moms disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter setiap harinya. Sementara untuk wanita hamil disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 2,5 liter per hari dan wanita menyusui 3 liter per hari.

Moms akan dianjurkan untuk mengonsumsi air putih lebih banyak jika mengalami beberapa kondisi, seperti setelah berolahraga, saat cuaca panas, atau ketika mengalami demam, diare, dan muntah-muntah.

Lalu apa saja manfaat air putih lainnya? Berikut ini adalah penjelasannya, disimak yuk Moms!

Baca Juga: Cegah Lemas Akibat Dehidrasi, Ikuti 4 Kiat Ampuh Agar Anak Moms Suka Minum Air Putih

Manfaat Air Putih

Yuk, cari tahu dalam penjelasan di bawah ini apa saja manfaat air putih bagi kesehatan Moms dan keluarga.

1. Menjaga Tubuh Tetap Bugar dan Bertenaga

ini-gerakan-senam-lansia-yang-membantu-tubuh-tetap-bugar.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Menurut seorang dokter spesialis ginjal dari Stanford Medical School, dr. Stephen Guest, sel-sel otot sangat membutuhkan air agar bisa berfungsi dengan baik. Dengan sel otot yang sehat dan bekerja optimal, tubuh pun jadi lebih bebas bergerak.

Sebuah penelitian dalam British Journal of Nutrition tahun 2011 juga menguak bahwa orang yang kurang minum air cenderung merasa lemas, lesu, dan tidak bertenaga.

Menjaga asupan cairan dengan minum air putih penting untuk mencegah tubuh dari kekurangan cairan atau dehidrasi.

Meski terlihat ringan, kondisi dehidrasi yang tidak segera ditangani dapat menyebabkan gangguan pada fungsi ginjal, kejang, dan bahkan syok yang dapat membahayakan nyawa.

Maka agar tubuh lebih bugar dan bertenaga untuk menjalani aktivitas Moms sehari-hari, pastikan Moms minum setidaknya 8 gelas air putih sehari.

2. Mendorong Fungsi Otak

3 body teks career&money kerja abis libur sisternet

Foto: Orami Photo Stock

Masih dari penelitian yang sama dalam British Journal of Nutrition, para ahli menemukan bahwa minum air yang cukup dapat meningkatkan kemampuan berkonsentrasi serta mendorong daya ingat.

Beberapa studi lainnya bahkan membuktikan bahwa minum air putih juga dapat membantu memperbaiki suasana hati (mood).

Melansir Healthline, bahwa bahkan dehidrasi ringan, seperti kehilangan 1-3% dari berat badan, dapat merusak banyak aspek fungsi otak.

Dalam sebuah penelitian pada wanita muda, para peneliti menemukan bahwa kehilangan cairan sebesar 1,4% setelah berolahraga mengganggu mood dan konsentrasi. Itu juga meningkatkan frekuensi sakit kepala.

Penelitian serupa juga dilakukan pada pria muda. Hasilnya, peneliti menemukan bahwa kehilangan cairan sebesar 1,6% merusak memori kerja dan meningkatkan perasaan cemas dan lelah.

Banyak penelitian lain, dengan subjek mulai dari anak-anak hingga orang dewasa yang lebih tua, telah menunjukkan bahwa dehidrasi ringan dapat merusak suasana hati, memori, dan kinerja otak

Baca Juga: Perbedaan 6 Jenis Sakit Perut, Bagaimana Cara Mengatasinya?

3. Melancarkan Pencernaan

enzim pencernaan

Foto: Orami Photo Stock

Seperti yang dijelaskan oleh ahli gizi dari Beverage Institute di Amerika Serikat, Joan Koelemay, RD, asupan air dan serat yang seimbang merupakan kunci pencernaan sehat.

Menurutnya, kedua asupan ini bekerja layaknya sapu yang membersihkan usus dan mengeluarkan kotoran hingga tuntas.

Terlebih lagi, bila Moms kekurangan cairan, usus akan menarik air dari feses sehingga feses akan mengeras. Hal inilah yang biasanya menyebabkan sembelit alias susah buang air besar.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

manfaat minum air putih - 4

Foto: Orami Photo Stock

Kabar baik bagi Moms yang sedang ingin menurunkan berat badan. Sebuah studi dalam jurnal Obesity (Silver Spring) tahun 2011 menguak bahwa mereka yang minum 500 mililiter air putih sebelum makan mengalami penurunan berat badan hingga sebesar 44 persen.

Akan tetapi, hal ini hanya bisa terjadi apabila Moms disiplin minum air putih sebelum makan. Pasalnya, penelitian ini menunjukkan hasil yang mencengangkan tersebut setelah peserta penelitian menjalani kebiasaan ini selama 12 minggu.

Manfaat air putih juga diketahui dapat meningkatkan metabolisme, sehingga memudahkan tubuh dalam membakar lemak serta membuang kotoran melalui keringat, urine, dan tinja. Hal ini tentunya berdampak pada menurunnya berat badan.

Selain itu, minum air putih sebelum makan diketahui dapat memberikan efek kenyang, sehingga porsi makanan yang dikonsumsi pun menjadi lebih sedikit. Dengan demikian, asupan kalori ke dalam tubuh tetap terjaga dan berat badan tetap terkontrol.

Baca Juga: Jus Seledri untuk Diet, Mitos atau Fakta?

5. Memaksimalkan Penyerapan Nutrisi dalam Tubuh

Body goals perlu gaya hidup sehat

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu manfaat air putih yang jarang disadari yaitu air mengoptimalkan penyerapan nutrisi dari makan ke dalam tubuh Moms.

Berbagai vitamin dan mineral penting bersifat larut air.

Nah, minum air putih yang cukup dapat membantu zat-zat gizi tersebut agar terikat dalam air dan diteruskan ke seluruh bagian tubuh yang membutuhkan secara merata.

6. Membantu Mengendalikan Tekanan Darah

menurunkan tekanan darah.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Kekurangan air bisa membuat darah mengental. Jika dibiarkan terus-menerus, darah yang mengental atau sampai menggumpal bisa membuat tekanan darah naik.

Bila angka tekanan darah terlalu tinggi, Moms jadi lebih berisiko mengalami hipertensi.

Baca Juga: 7 Masker Wajah Alami dari Alpukat untuk Kulit Sehat Bersinar

7. Menyuplai Oksigen ke Seluruh Sel-Sel Tubuh

Jeruk kasturi menyehatkan organ pernapasan

Foto: Orami Photo Stock

Air mencakup lebih dari 90 persen dari komponen penyusun darah. Kandungan oksigen di dalam air pun sangat dibutuhkan oleh darah.

Darah inilah yang lantas menjadi pengantar oksigen, nutrisi penting, dan zat kimia lainnya ke seluruh sel-sel tubuh.

Kalau Moms cukup minum air putih, maka sirkulasi darah pun jadi lebih lancar. Seluruh sel dalam tubuh juga kemudian akan mendapatkan suplai oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan.

Baca Juga: Tidak Hanya Minum Air Putih, Ini 6 Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

8. Merawat Kulit dan Kecantikan

manfaat minum air putih - 8

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat air putih yang sayang dilewatkan yaitu menjaga kelembapan dan kehalusan alami kulit Moms.

Kulit sebenarnya mengandung banyak sekali air yang berfungsi untuk mencegah hilangnya cairan tubuh berlebihan. Akan tetapi, jangan harap kalau kelebihan cairan tubuh bisa jadi cara ampuh menghilangkan kerutan dari garis pada kulit.

Dengan minum air putih yang cukup setiap hari, kulit pun mampu mempertahakan tesktur yang sehat. Maka kulit tidak kering, bersisik, atau tampak kusam.

9. Membangkitkan otot

olahraga mengecilkan perut

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat air putih selanjutnya adalah untuk membangkitkan otot. Sel-sel otot yang tidak memiliki cairan yang cukup tidak akan mampu mempertahankan cairan dan elektrolit, sehingga otot akan kelelahan. Otot tidak akan berfungsi dengan baik dan kemampuannya akan berkurang.

Maka Moms juga air yang banyak saat berolahraga, menurut jurnal American College of Sports Medicine. Beberapa ahli dari kampus tersebut merekomendasikan untuk minum setengah liter air 2 jam sebelum mulai berolahraga.

Baca Juga: 4 Tips Membiasakan Diri Rutin Minum Air Putih

10. Memelihara Fungsi Ginjal

Bolehkah Hamil Jika Hanya Memiliki Satu Ginjal? 4

Foto: Orami Photo Stock

Cairan tubuh merupakan "alat transportasi: limbah yang keluar masuk sel. Racun utama dalam tubuh yaitu nitrogen urea darah, sejenis cairan yang bisa melewati organ ginjal untuk kemudian diproses dan dikeluarkan dalam bentuk urine.

Saat cairan tubuh mencukupi, urine yang normal akan mengalir bebas, jernih, dan bebas bau. Ketika tidak cukup, konsentrasi urine, warna, dan baunya akan lebih kentara karena ginjal harus menyerap cairan ekstra untuk menjalankan fungsinya.

Itulah mengapa kalau kita jarang minum air putih, risiko Moms terkena batu ginjal akan meningkat apalagi jika tinggal di daerah beriklim panas atau hangat.

Semua manfaat air putih tersebut nantinya akan berpengaruh pada massa tubuh. Bila ingin hasil lebih optimal, jadikan kebiasaan minum air putih sebagai gaya hidup harian.

Banyak sekali bukan manfaat air putih untuk kesehatan kita? Mari perbanyak minum air putih setiap hari, Moms!

  • https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/how-much-water-should-you-drink
  • https://www.healthline.com/nutrition/7-health-benefits-of-water#2.-Significantly-affects-energy-levels-and-brain-function
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19661958/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22716932/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/9303999/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait