Kesehatan

KESEHATAN
17 Januari 2021

9 Manfaat Air Rebusan Nanas, Bisa Menurunkan Berat Badan Lho, Moms!

Moms yuk simak manfaat air rebusan nanas untuk tubuh
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms mungkin sangat menyukai nanas. Buah ini sangat enak dikonsumsi dengan berbagai cara. Selain rasanya enak, nanas merupakan salah satu buah tropis yang enak dan sehat. Buah asal Amerika Selatan ini sangat terkenal dengan kandungan antioksidan dan senyawa bermanfaat, seperti enzim yang dapat melawan peradangan dan penyakit.

Selain dimakan secara utuh, Moms juga bisa merasakan manfaat air rebusan nanas untuk kesehatan. Karena kandungan senyawa yang terdapat dalam buah bermahkota ini dipercaya dapat membantu melancarkan pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercepat pemulihan pasca operasi.

Buah nanas kaya akan vitamin C dan mangan. Dalam satu buah nanas terdapat 131 % vitamin C dan 76 % mangan untuk kebutuhan harian.

Vitamin C sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan, sistem kekebalan tubuh yang sehat dan membantu penyerapan zat besi dari makanan. Sementara, mangan adalah mineral alami yang membantu pertumbuhan, menjaga metabolisme yang sehat dan memiliki sifat antioksidan.

Tak berhenti sampai disitu, nanas juga merupakan sumber antioksidan yang baik dan dapat menurunkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes dan berbagai jenis kanker.

Baca Juga: Reaksi Setelah Makan Nanas Muda Bagi Ibu Hamil, Berbahayakah?

Khasiat Air Rebusan Kulit Nanas

Selain daging buahnya, kulit nanas juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Hanya saja, kulit buah nanas tidak dapat langsung Moms konsumsi dan harus diolah salah satunya dengan cara direbus. Berikut khasiat air rebusan kulit nanas yang perlu Moms ketahui.

1. Mengandung Enzim untuk Melancarkan Pencernaan

XX manfaat air rebusan nanas

foto: freepik.com

Moms yang memiliki masalah pencernaan dapat mencoba khasiat kulit nanas. Karena ramuan ini mengandung enzim yang baik untuk pencernaan yang disebut bromelain.

Alternative Medicine Review: A Journal of Clinical Therapeutic menjelaskan enzim tersebut berfungsi sebagai protau yang memecah molekul protein menjadi asam amino dan peptida kecil.

Setelah molekul protein dipecah, mereka lebih mudah diserap di usus kecil. Hal ini dapat sangat membantu bagi Moms yang dengan insufisiensi pankreas, suatu kondisi di mana pankreas tidak dapat membuat cukup enzim pencernaan.

Selain untuk tubuh, enzim bromelain juga sering digunakan secara komersial untuk memecah protein pada daging, sehingga lebih empuk saat dikonsumsi.

2. Dapat Menurunkan Risiko Kanker

XX manfaat air rebusan nanas

foto: freepik.com

Kanker merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Perkembangannya biasanya terkait dengan stres oksidatif dan peradangan kronis.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa nanas dan senyawanya dapat mengurangi risiko kanker. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, nanas mengandung enzim bromelain.

Selain dapat melancarkan pencernaan, enzim bromelain juga disebut dapat membantu melawan kanker. Dalam penelitian menggunakan tabung yang dipublikasikan dalam jurnal Cancer Letter menunjukan bahwa bromelain dapat membantu melawan sel kanker.

Penelitian lain menunjukan bahwa bromelain dapat menekan pertumbuhan kanker dan dapat menstimulasi kematian sel. Studi tabung reaksi lainnya menunjukkan bahwa bromelain menekan kanker di kulit, saluran empedu, sistem lambung dan usus besar.

Selanjutnya, penelitian yang dilakukan pada tabung reaksi dan hewan menunjukan bahwa bromelain juga dapat merangsang sistem kekebalan untuk menghasilkan molekul yang membuat sel darah putih lebih efektif dalam menekan pertumbuhan dan menghilangkan sel kanker.

Baca Juga : Mitos dan Fakta Seputar Nanas, Benarkah Berbahaya untuk Ibu Hamil?

3. Dapat Meningkatkan Imunitas dan Menekan Peradangan Pada Anak

XX manfaat air rebusan nanas

foto: freepik.com

Khasiat air rebusan kulit nanas telah dipercaya untuk pengobatan tradisional sejak berabad-abad yang lalu. Buah yang satu ini mengandung berbagai jenis vitamin, mineral dan enzim seperti bromelain yang dapat meningkatkan imunitas dan menekan peradangan.

Sebuah penelitian menunjukan bahwa anak yang rutin mengkonsumsi nanas memiliki risiko infeksi virus dan bakteri yang lebih rendah. Selain itu, anak-anak yang rajin konsumsi nanas juga memiliki empat kali lebih banyak sel darah putih dua kali lipat dibandingkan yang tidak.

Studi lain menemukan bahwa anak-anak dengan infeksi sinus pulih secara signifikan lebih cepat saat mengonsumsi suplemen bromelain, dibandingkan dengan pengobatan standar.

4. Dapat Meringankan Gejala Radang Sendi

XX manfaat air rebusan nanas

foto: freepik.com

Kandungan enzim bromelain yang ada di dalam air rebusan nanas memiliki sifat anti inflamasi yang dapat meredakan nyeri bagi penderita radang sendi.

Faktanya, penelitian sejak tahun 1960-an menunjukkan bahwa bromelain digunakan untuk meredakan gejala artritis rheumatoid yang disebabkan oleh penyakit autoimun. Beberapa penelitian terbaru telah melihat keefektifan bromelain untuk

5. Mempercepat Pemulihan Luka Pasca Operasi

XX manfaat air rebusan nanas

foto: freepik.com

Konsumsi air rebusan kulit nanas dapat mempercepat proses penyembuhan pasca operasi. Hal ini dikarenakan oleh sifat anti inflamasi dalam bromelain.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bromelain dapat mengurangi peradangan, bengkak, memar, dan nyeri yang sering terjadi setelah operasi.

Satu penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi bromelain sebelum operasi gigi secara signifikan mengurangi rasa sakit dan merasa lebih bahagia daripada mereka yang tidak. Faktanya, kandungan yang ada di dalam nana ini memberikan efek yang sama dengan obat anti-inflamasi pada umumnya.

Baca Juga: Nanas dan Durian adalah Makanan Pemicu Kontraksi, Mitos atau Fakta?

Manfaat Minum Air Rebusan Nanas

Selain rasanya enak, nanas juga sangat rendah kalori dan sarat dengan nutrisi serta antioksidan.

Nutrisi dan senyawa yang ada di dalam nanas telah memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti melancarkan pencernaan, menurukan risiko kanker, meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi gejala radang sendi dan pemulihan yang lebih baik setelah operasi dan olahraga berat.

Selain mengkonsumsi air rebusan nanas, Moms juga bisa merasakan khasiat dari air rebusan nanas agar tubuh semakin sehat. Nah, Moms yuk simak manfaat minum air rebusan nanas berikut ini. Banyak sekali manfaatnya nih Moms. Jangan ragu untuk mencoba ya.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

XX manfaat air rebusan nanas

foto: freepik.com

Kandungan serat yang tinggi di dalam nanas dapat membantu Moms merasa kenyang lebih lama. Sehingga dapat membantu program penurunan berat badan bagi Moms yang sedang menjalankannya.

Minum air nanas di pagi hari mencegah keinginan akan gula dan lemak. Tiamin membantu meningkatkan metabolisme tubuh Anda dengan mengubah karbohidrat menjadi energi.

7. Membersihkan Parasit dari Hati dan Usus

XX manfaat air rebusan nanas

foto: freepik.com

Nanas mengandung enzim bromelain yang bersifat anti parasit. Beberapa sumber menyatakan bahwa konsumsi nanas selama tiga hari akan membunuh cacing pita.

Baca Juga: Konsumsi Nanas Tingkatkan Peluang Hamil? Ini Kata Ahli

8. Memperkuat gusi dan Dapat Membantu Memutihkan Gigi Secara Alami

infused water nanas untuk diet.jpg

foto: orami photo stock

Penelitian menemukan bahwa enzim bromelain dalam nanas bertindak sebagai penghilang noda alami pada gigi. Bromelain juga membantu memecah plak secara efektif. Sehingga dapat menjaga kesehatan gigi dan gusi.

9. Meningkatkan Kesehatan Mata

Apakah aman anak mengonsumsi nanas 4.jpg

foto: orami photo stock

Nanas mengandung beta-karoten dan vitamin A yang baik untuk penglihatan. Data yang dilaporkan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Ophthalmology menunjukkan bahwa makan 3 atau lebih porsi nanas per hari dapat menurunkan risiko degenerasi makula terkait usia (ARMD), penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang dewasa yang lebih tua.

Baca Juga: Nanas Muda Bisa Membuat Keguguran? Simak Penjelasannya, Yuk!

Moms demikian penjelasan mengenai manfaat air rebusan nanas. Ternyata, selain daging buah, kulit dari nanas juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan ya Moms. Semoga pembahasan di atas bermanfaat untuk Moms dan keluarga ya.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait