Kesehatan

KESEHATAN
7 Februari 2021

7+ Manfaat Akar Bajakah untuk Kesehatan, Bisa Jadi Obat Kanker!

Salah satu manfaat akar bajakah bisa mencegah penuaan dini lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Banyak sekali tumbuhan dan tanaman tradisional yang dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan di Indonesia. Salah satunya adalah akar bajakah yang diklaim memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk mengobati kanker.

Beberapa waktu lalu, manfaat akar bajakah begitu booming lho Moms, bahkan hingga menyebabkan harganya naik tinggi. Hal ini salah satunya karena penelitian akar bajakah yang dilakukan oleh tiga siswa SMAN 2 Palangkaraya yang menjuarai kompetisi Life Science internasional di Seoul, Korea Selatan.

Dalam penelitiannya tentang bajakah, bajakah digunakan untuk menyembuhkan kanker pada tikus. Bajakah juga berhasil diteliti untuk penyembuhan luka pada tikus pada 2018 dalam Jurnal Ilmiah Ibnu Sina.

Baca Juga: Hati-hati, Tidak Semua Pengobatan Tradisional Cocok Untuk Anak

Mengenal Akar Bajakah

8 Manfaat Akar Bajakah -1.JPG

Foto: Biologi-art.com

Spatholobus Littoralis Hassk atau yang disebut ‘Bajakah’ di Indonesia. Merupakan tumbuhan yang menurut pengguna tradisional di Asia, memiliki efek positif bagi kesehatan. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Spatholobus Littoralis Hassk mengandung antioksidan tinggi yang dapat menangkal radikal bebas.

Kandungan antioksidan bajakah dikatakan ribuan kali lebih tinggi dibandingkan jenis tanaman lainnya. Bubuk bajakah yang menurut pengguna tradisional di Asia memiliki efek positif bagi kesehatan. Dari hutan alam Kalimantan Tengah, ramuan tersebut mengandung banyak antioksidan dan banyak zat baik lainnya.

Menurut Universitas Lambung Mangkurat, tanaman tersebut mengandung 40 zat yang dapat membunuh sel kanker dalam tubuh. Zat tersebut antara lain saponin, fenol, stereida, terpenoid, tanin, alkonoid dan terpenoid.

Ada juga tanin, flavonoid, dan senyawa fitokomis sehat lainnya seperti steroid. Fitokimia atau Phythonutrients memaksimalkan sistem kekebalan tubuh, memenuhi kebutuhan vitamin A, membunuh sel kanker, memperbaiki struktur DNA yang rusak dan mendetoksifikasi senyawa karsinogenik.

Bajakah secara tradisional digunakan oleh suku Dayak. Suku tersebut menggunakan bajakah sebagai obat tradisional melawan kanker. Ini juga telah berkontribusi pada banyak perhatian yang diberikan pada ramuan ini dalam beberapa tahun terakhir.

Dilansir Kraatje, bagian tertentu dari tanaman Bajakah seperti akar kaya akan flavonoid yang tepat dan senyawa fitokomis sehat lainnya. Ada beberapa jenis bajakah, dikutip DetikHealth, yakni:

  • Bajakah Tampala (Spatholobus Littoralis Hassk). Sering digunakan oleh masyarakat pedalaman Kalimantan Tengah karena zat yang terkandung di dalamnya dapat mempercepat pertumbuhan kolagen, dan pembentukan epitel baru. Sehingga sering digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan luka.
  • Bajakah Lamei. Dikutip dari laman Institut Pertanian Bogor (IPB), ini merupakan tanaman hutan hujan tropis yang tumbuh merambat di daerah lembab. Cairan dari pohon ini dipercaya dapat menyembuhkan diare.
  • Bajakah Kalalawit (Uncaria gambir Roxb). Memiliki kandungan phenol dan antibacterial, tanaman ini dipercaya memiliki kandungan katekin yang tinggi. Katekin disebut bisa mencegah penyakit jantung, kelebihan berat badan, dan membantu pembentukan kolagen.

Bajakah Tampala (Spatholobus Littoralis Hassk) merupakan tumbuhan merambat dengan ketinggian bisa mencapai 50 meter. Tanaman ini biasanya merambat pada pohon kayu dari suku Phaseoleae. Tanaman ini pertama kali ditemukan oleh Justus Karl Hasskarl, seorang ahli Botani asal Jerman pada 1842.

Tanaman bajakah memiliki 29 spesies yang kebanyakan tumbuh di hutan tropis Indonesia. Daun tanaman bajakah tampala memiliki warna kuning, putih dan coklat, dengan bentuk tajam. Sedangkan bunganya berwarna ungu, putih dan pink dengan bentuk kecil.

Manfaat akar bajakah untuk pengobatan herbal baru populer belakangan ini. Hal ini karena terdapat beberapa senyawa baik yang terkandung di dalam kayu bajakah, di antaranya:

  • Antioksidan
  • Flavonoid
  • Fenolik
  • Saponin
  • Terpenoid
  • Tannin
  • Steroid
  • Fenol

Baca Juga: Mengenal Ayurveda, Pengobatan Tradisional India untuk Tubuh dan Pikiran yang Sehat

Manfaat Akar Bajakah

8 Manfaat Akar Bajakah -2.JPG

Foto: Honestdocs.id

Setiap bagian dari tanaman bajakah memiliki manfaat yang besar. Salah satunya adalah manfaat akar bajakah untukk kesehatan yang diklaim dapat mengobati beberapa penyakit berikut ini:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat akar bajakah yang pertama terkait dengan daya tahan tubuh. Hal ini berkat kandungan antioksidannya yang tinggi, sehingga Moms tidak gampang sakit jika mengkonsumsinya.

Antioksidan yang terkandung dalam dalam kayu ini sangat beragam. Di antaranya fenolik, tanin, steroid, alkaloid saponin, terpenoid, hingga alkaloid.

2. Menangkal Radikal Bebas

Antioksidan menjadi senyawa utama yang memberikan manfaat akar bajakah bagi kesehatan. Radikal bebas bisa saja menumpuk di dalam tubuh karena asupan makanan yang tidak bergizi, polusi, kebiasaan merokok, minum-minuman beralkohol, dan lainnya yang akan berubah menjadi racun.

Akar bajakah bisa bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan membuang segala racun melalui proses detoksifikasi alami.

3. Mengobati Disentri

Masyarakat Kalimantan percaya bahwa manfaat akar bajakah dapat dirasakan bagi orang yang menderita disentri. Disentri adalah adanya infeksi atau radang pada usus yang menyebabkan diare. Jika tidak diobati, disentri akan mengakibatkan dehidrasi yang bisa berubah menjadi kondisi yang fatal.

Penyembuhan disentri pada saluran pencernaan akan lebih cepat dengan adanya kandungan anti bakteri yang ada pada akar bajakah. Dengan mengonsumsi akar bajakah, penderita disentri bisa sembuh lebih cepat karena kandungan antibakterinya yang dapat memulihkan saluran penceranaan yang mengalami peradangan.

Baca Juga: Yuk Atasi Perut Kembung Saat Menstruasi dengan 5 Ramuan Tradisional Ini!

4. Meringankan Rasa Pegal

Selain mengobati disentri, manfaat akar bajakah lainnya yang dipercaya oleh masyarakat Kalimantan adalah meringankan rasa pegal. Orang-orang yang mudah merasa pegal akibat pekerjaan di lapangan maupun kegiatan lain disarankan meminum air rebusan atau olahan teh dari akar bajakah.

5. Menjadi Obat Tumor dan Kanker

Manfaat kayu bajakah yang booming beberapa waktu lalu di Indonesia adalah soal efektivitasnya dalam menyembuhkan penyakit tumor dan kanker. Penelitian kayu bajakah yang diaplikasikan di tubuh tikus putih oleh Laboratorium Universitas Lambung Mangkurat memang menunjukkan hilangnya sel tumor dalam waktu 2 minggu.

Kandungan senyawa antioksidan dan fitokimia dalam kayu bajakah dinilai bisa melawan sel tumor dan kanker.

6. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka Luar

Dalam budaya Kalimantan, khususnya suku Dayak, manfaat akar bajakah yang paling dapat dirasakan adalah kemampuannya untuk menghentikan pendarahan dan menyembuhkan luka. Kandungan senyawa flavonoid, tannin, dan fenolik dianggap mampu menyembuhkan luka luar lebih cepat.

Inilah kenapa kayu dan akar bajakah dikenal sebagai obat tradisional turun-temurun pada masyarakat Kalimantan. Dan penelitian membenarkan hal ini. Ketiga senyawa tersebut bersifat angiogenesis yang membantu pembentukan pembuluh darah baru untuk mempercepat penyembuhan luka.

Oleh karena itu, manfaat akar bajakah yang diolah menjadi salep dengan ekstrak kayu bajakah maupun tetesan air rebusan akar bajakah bisa menjadi obat luka yang efektif.

7. Mencegah Penuaan Dini

Antioksidan adalah senyawa penting yang dibutuhkan oleh tubuh dan kesehatan kulit. Asupan antoksidan yang tinggi diketahui dapat mencegah kulit keriput lebih dini, dan membuat kulit terasa lebih kencang dan halus.

Penuaan dini pun bisa dihindari sebagai manfaat akar bajakah yang bisa Moms nikmati berkat tingginya kandungan senyawa antioksidan dan fitokimia. Senyawa tersebut dapat memicu produksi kolagen dalam tubuh. Kadar kolagen dalam tubuh yang terjaga dengan baik bisa mencegah penuaan dini.

Baca Juga: Pas Untuk Berbuka, Ini 10 Minuman Segar Tradisional Indonesia

8. Bersifat Sebagai Antibakteri

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin, kayu dan akar bajakah ternyata bersifat sebagai antibakteri alami. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa kayu bajakah mengandung flavonoid, saponin, dan tannin.

Ketiganya yang mampu menghadang hingga menghancurkan bakteri yang masuk ke dalam tubuh dan bersifat sebagai antibakteri. Berkat kandugnan tersebut, manfaat akar bajakah akan dirasakan karena memiliki potensi untuk menangani berbagai penyakit infeksi.

Meski membutuhkan lebih banyak lagi penelitian tentang kefektivannya terhadap kanker, manfaat akar bajakah yang dipercaya turun temurun dapat Moms rasakan salah satunya saat mengolahnya menjadi minuman herbal.

Apakah ada manfaat akar bajakah lainnya yang Moms tahu? Yuk share di kolom komentar!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait