Gizi

5 November 2021

9 Manfaat Ampas Tahu, Jangan Langsung Dibuang Ya!

Ampas tahu dapat diolah menjadi banyak masakan dan bernutrisi tinggi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ada banyak olahan dengan bahan dasar tahu, salah satunya adalah ampas tahu. Meski terdengar tidak meyakinkan, namun ternyata makanan ini juga banyak penggemarnya.

Ampas tahu merupakan salah satu masakan yang cukup terkenal di beberapa daerah di Indonesia, seperti Jawa Tengah dan beberapa daerah lainnya.

Ini merupakan zat sisa yang diperoleh selama proses produksi tahu. Caranya, kedelai rebus akan didiamkan sebentar, lalu digiling.

Dan kemudian, ekstrak tahu dari kedelai giling akan disimpan ke dalam tahu. Sedangkan sisa kedelai yang digiling akan menjadi ampas.

Baca Juga: 5 Varian Resep Tahu Bulat Buatan Rumah, Yuk Coba!

Kandungan Ampas Tahu

Ternyata-Begini-cara-Simpan-Tahu-di-Kulkas.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Karakter ampas identik dengan tahu yang memiliki warna lebih putih dan lembut. Ini dapat diolah menjadi berbagai macam masakan yang memiliki kandungan gizi yang cukup untuk tubuh.

Ini sering diolah menjadi berbagai macam masakan dan rasanya tidak jauh berbeda dengan tahu atau olahan kedelai lainnya. 100 gram Ampas tahu mengandung:

  • Energi: 400 kkal
  • Protein: 26 gram
  • Karbohidrat: 18,9 gram
  • Lemak: 12 gram
  • Kalsium: 16 mg
  • Besi: 3 mg
  • Fosfo: 28 mg
  • Vitamin B1: 0,5 mg

Baca Juga: Alasan Tahu dan Tempe Menjadi Makanan Terbaik untuk Kehamilan

Ampas tahu adalah bagian kacang yang berserat. Ini terdiri dari bagian kedelai yang tidak larut yang tersisa setelah kedelai yang dihaluskan disaring untuk menghasilkan susu kedelai dan tahu.

Umumnya berwarna putih atau kekuningan. Ini kaya nutrisi yang mengandung serat tidak larut dan larut, kalsium, protein dan mineral lainnya.

Karena kandungan serat yang tinggi, ini lebih bergizi dibandingkan dengan tahu dan susu kedelai. Ini digunakan dalam masakan tradisional Korea, Jepang dan Cina.

Ampas tahu mengandung dengan kalsium, potasium, niasin dan kalsium. Ada juga isoflavon serta Vitamin B dan faktor nutrisi yang larut dalam lemak termasuk asam linoleat, lesitin kedelai, pitosterol, asam linolenat, vitamin D dan tokoferol.

Beberapa faktor antinutrisi juga terkandung seperti saponin, inhibitor tripsin dan hemagglutinin yang tidak dapat dicerna dengan mudah.

Dilansir Food Review International, ini mengandung sekitar 50% serat makanan, 25% protein, 10% lipid, dan nutrisi lainnya.

Baca Juga: 7 Olahan Tahu yang Enak dan Praktis Dibuat di Rumah

Manfaat Ampas Tahu

Ampas Tahu -2.jpg

Foto: Weblogtheworld.com

Ampas tahu awalnya hanya menjadi hidangan rumahan yang kurang disukai. Karena nilai gizi dan mudah diolah, banyak yang kini menyukainya. Selain enak, inilah beberapa manfaat yang terkandung dalam ampas tahu:

1. Dapat Diolah Menjadi Tempe

Salah satu jenis olahan ampas tahu yang banyak ditemukan di wilayah Jawa Tengah adalah tempe gembus.

Tempe ini diolah dari ampas tahu yang diolah dengan ragi seperti pada pembuatan tempe kedelai. Proses pembuatan ampas tahu sangat mudah, bahan lebih sedikit, dan produk lebih banyak.

Tempe gembus dapat diolah menjadi berbagai masakan. Di wilayah Jawa Tengah, tempe gembus biasanya dijual dengan harga yang lebih murah. Ini tidak hanya sehat tetapi juga kaya nutrisi.

2. Diolah Menjadi Oncom

Moms tentu sudah tidak asing kan dengan hidangan satu ini. Oncom juga ternyata terbuat dari ampas tahu lho Moms.

Cara membuatnya juga tidak rumit. Moms hanya perlu menyiapkan ampas tahu, tepung tapioka, biang oncom, dan air bersih.

Meskipun tergolong sebagai limbah karena merupakan sisa pembuatan tahu, tapi ampas tahu ini masih punya kandungan gizi yang cukup baik lho.

3. Makanan Sapi

Ini juga sering dimanfaatkan oleh peternak sapi sebagai sumber pakan sapi. Ampas tahu mengandung jumlah kalori yang tinggi sehingga dapat menjadi sumber energi bagi sapi.

Nutrisi lain pada ampas tahu dapat menjadi makanan yang baik untuk sapi. Sapi yang diberi makan ampas tahu biasanya lebih cepat gemuk dibandingkan yang tidak.

Biasanya para peternak mencampurkan ampas tahu dengan perasan kedelai rebus sehingga sapi sangat menyukainya.

4. Sumber Pakan Ikan

Ini juga dapat diolah menjadi sumber pakan ikan. Kandungan protein yang tinggi mampu mempercepat pertumbuhan ikan.

Cara pengolahan ampas tahu menjadi pakan ikan adalah dengan menyimpan ampas tahu di tempat terbuka.

Kemudian ampas tersebut diberi beberapa bahan tambahan seperti putih telur atau sisa pakan ikan untuk mengembangkan mikroorganisme tersebut.

Setelah beberapa hari dan banyak ditemukan mikroorganisme maka ampas tahu dapat menjadi pakan ikan. Ikan lele menjadi ikan yang sangat menyukai pakan ini.

5. Produksi Nata de Soya

Ini juga dapat diolah menjadi masakan lain dan memiliki nilai gizi yang tinggi. Nata de Soya adalah jenis masakan yang dihasilkan dari fermentasi ampas tahu.

Nata de soya merupakan salah satu hasil pengolahan ampas tahu, sehingga menjadi bahan makanan yang berwarna putih, kenyal dan lezat.

Pengolahan Nata de Soya menggunakan bakteri bacillus amyloliquefaciens. Pengolahan ampas tahu menjadi Nata de Soya dapat meningkatkan nilai gizi dan memiliki banyak peminat.

Baca Juga: 3 Resep Olahan Tahu untuk Anak yang Pasti Disuka

6. Diolah Menjadi Pupuk Organik

Tidak hanya berguna untuk pakan, ini juga dapat digunakan sebagai pupuk. Banyak yang kini mengelaborasi tanaman organik sehingga pupuk pun semakin dicari.

Ampas tahu sebagai bahan limbah pengolahan tahu ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber pupuk organik.

Ampas tahu mengandung beberapa mineral seperti nitrogen, fosfat dan kalsium dan kalium. Ketiga jenis senyawa ini sangat penting untuk menyuburkan tanaman.

Ampas tahu dapat dibentuk menjadi pupuk organik cair atau padat. Senyawa organik yang terdapat pada ampas tahu juga lebih banyak sehingga sangat aman untuk dikonsumsi manusia.

7. Diolah Menjadi Tepung

Olahan lainnya adalah menjadi tepung. Ampas tahu mengandung kalori dan protein dalam jumlah yang cukup tinggi. Jadi, ini dapat diolah menjadi tepung beras maupun tepung terigu.

Tepung ini dapat digunakan untuk pembuatan kue dan masakan lainnya. Dalam penelitian yang dikembangkan terbukti bahwa tepung ampas sangat baik untuk menunjang tumbuh kembang anak.

8. Untuk Pakan Burung

Ampas tahu telah diolah menjadi berbagai macam masakan untuk manusia. Kini juga sudah banyak dimanfaatkan sebagai bahan pakan khusus ternak. Ayam dan bebek menjadi hewan yang menyukainya.

Perpaduan ampas tahu dengan sisa gilingan kelapa terbukti dapat meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan burung.

9. Menjadi Olahan Kerupuk

Ini bisa menjadi pilihan lain bagi pecinta kerupuk yang bukan berbahan dasar ikan. Ampas tahu akan diseleksi dan disaring untuk dihilangkan kotorannya.

Kemudian setelah benar-benar bersih, akan dicampur dengan tepung dan dengan jenis rasa lainnya. Ini dapat menjadi sumber antioksidan yang cukup tinggi dalam pengolahan kerupuk.

Baca Juga: 5 Resep dari Tahu Kuning yang Lezat dan Mudah Dibuat

Olahan Ampas Tahu

Ampas Tahu -3.jpg

Foto: Myrecipes.com

Pengolahan ampas tahu dapat menjadi salah satu inovasi produk untuk memenuhi kebutuhan pangan. Salah satunya dilakukan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB)

Mahasiswa IPB berinovasi dengan memproduksi daging nabati super dari ampas tahu. Ini dilakukan untuk meningkatkan nilai produk dari ampas tahu.

Produk yang bernama Sota daging nabati itu terdiri dari tiga rasa, yaitu Sota ayam (merah), Sota daging sapi (hijau), dan semua varian Sota bumbu pusaka spesial (emas).

Karena memiliki rasa yang hambar jika tidak diolah kembali, terdapat pula olahan lain dari ampas tahu, yakni:

  • Digunakan dalam bubur dan semur seperti biji-jjigae Korea.
  • Ditambahkan dalam makanan yang dipanggang seperti kue, roti, dan muffin.
  • Digunakan dalam unohana, lauk di Jepang yang terdiri dari okara yang dimasak dengan irisan wortel, mirin, kecap, jamur shiitake, dan akar burdock.
  • Digunakan untuk membuat tempe.
  • Di Cina Timur, ini dikonsumsi dalam masakan Shandong dengan mengukus campuran basah ampas tahu yang telah dibentuk menjadi balok.
  • Ini juga digunakan sebagai bahan dalam roti burger vegetarian.
  • Digunakan sebagai pembungkus untuk kroket, sup dan casserole.
  • Bisa digabungkan menjadi roti, saus pasta atau burger kedelai.
  • digunakan sebagai pengganti telur untuk memberikan kelembapan pada produk yang dipanggang.

Selain karena kandungan dan rasanya, banyak Moms yang akhirnya berkreasi dengan ampas tahu ini. Resep apa yang jadi favorit Moms dan keluarga?

  • https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/87559129.2011.595023
  • https://ipb.ac.id/news/index/2019/7/sota-healthy-vegetable-meat-made-of-tofu-dregs-by-ipb-university-students/aaad350e03a4e2b062c7803e3565ce9c
  • https://drhealthbenefits.com/food-bevarages/processed-food/health-benefits-of-tofu-dregs
  • https://www.healthbenefitstimes.com/okara/
  • https://discover.hubpages.com/health/Okara-Japanese-Food-for-Healthy-Diet-and-Weight-Loss
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait