Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Perilaku Anak | Feb 5, 2018

Ternyata Ini 4 Manfaat Jika Anak Berbagi Kamar dengan Saudaranya

Bagikan


Apakah anak-anak Moms tidur di kamar yang sama? James Crist, psikolog klinis dan pengarang buku Siblings: You’re Stuck With Each Other, So Stick Together, tidak masalah jika para orang tua membiarkan anaknya memiliki kamar masing-masing, apalagi jika memang ada ruang yang cukup di rumah.

Namun, menempatkan anak dalam satu kamar juga memiliki beberapa manfaat untuk mereka. Apa saja kah manfaat berbagi kamar pada anak?

1. Anak jadi lebih berempati

Jarang ada anak yang senang berbagi, namun itu merupakan kemampuan penting yang harus mereka pelajari. Salah satunya dengan berbagi kamar. “Anak yang berbagi kamar dengan saudaranya akan belajar cara menghargai orang lain. Ia menjadi lebih sabar, peduli, dan empati,” ujar Joanna Seidel, terapis anak dan keluarga.

Meskipun begitu, Joanna mengatakan, jalan menuju rasa empati itu akan dibumbui dengan pertengkaran. Untuk mengurangi konflik, sebaiknya Moms membantu memisahkan area masing-masing anak di kamar dan biarkan itu menjadi daerah kekuasaannya. Misalnya, si kakak bebas mendekor dinding di sebelah kanan, sementara adik untuk sisi yang sebelah kiri.

Baca juga: Ini Cara Kompak Mendidik Si Kecil Bersama Suami

2. Melatihnya untuk tenggang rasa dengan orang lain

Entah tinggal di asrama saat sekolah, atau ketika menikah, anak pasti akan berbagi kamar dengan seseorang ketika mereka dewasa nanti. “Anak-anak yang sedari kecil tidur satu kamar dengan saudaranya akan lebih terbiasa ketika harus berbagi ruangan dengan orang lain di masa depan nanti,” terang Joanna. Mereka belajar berbagi atas apa yang mereka miliki dan juga menghargai privasi orang lain.

3. Mendapat tidur yang cukup

Ketika anak terbangun di malam hari, mereka menginginkan kenyamanan dan kepastian. Jika tidur sendiri, ia pasti akan lari ke kamar Moms saat takut. Namun, jika berbagi kamar, ia bisa bergantung pada saudaranya dan merasa aman jika ada yang menemani di kamar.

“Bahkan, anak-anak dengan gangguan kecemasan mengaku mereka jadi tidur lebih nyenyak ketika tahu ada saudara kandungnya di kamar atau tempat tidur yang sama dengan mereka,” jelas James.

Baca juga: Ternyata Ini 5 Alasan Kenapa Anak Suka Mengadu

4. Memiliki ikatan yang lebih kuat

Bukankah setiap orang tua ingin anak-anaknya akur? Kakak adik yang berbagi kamar secara alami menghabiskan lebih banyak waktu bersama. Mereka memiliki kesempatan untuk menjadi lebih dekat dan memiliki ikatan yang kuat.

“Saudara kandung akan mencari kenyamanan dan keamanan dari satu sama lain ketika mereka merasa kecewa atau resah sebelum tidur. Ini memungkinkan mereka untuk membangun koneksi dan persahabatan. Juga memiliki kesempatan untuk mengobrol dan bermain bersama lebih banyak,” papar Joanna.

Nah, bagaimana Moms? Setelah mengetahui manfaat-manfaat di atas, apakah tertarik menempatkan anak di kamar yang sama?

(GLW)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.