Kesehatan

8 September 2021

Kaya Nutrisi, Simak Ragam Manfaat Asparagus Bagi Kesehatan

Asparagus merupakan sayuran kaya asam folat yang baik untuk kehamilan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Asparagus merupakan sayuran yang kaya nutrisi sehingga baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh, terutama bagi sistem reproduksi. Selain itu, manfaat asparagus juga bagus untuk menutrisi selama kehamilan karena gizinya dibutuhkan bagi tumbuh kembang janin.

Asparagus biasanya berwaran hijau, putih, dan terkadang keunguan. Biasanya, diolah bersama pasta atau ditumis bersama sumber protein hewani, seperti daging, ayam, atau udang.

Asparagus juga rendah kalori, tetapi kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting bagi sistem kekebalan tubuh.

Kandungan kalorinya yang rendah membuat asparagus sering dijadikan sebagai menu diet untuk menurunkan berat badan sehingga mencapai berat ideal dan sehat.

Baca Juga: Jangan Remehkan, Ini 11 Manfaat Buncis yang Tak Terduga!

Kandungan Nutrisi Asparagus

Asparagus Baik Untuk Kesuburan? Ini Faktanya 1

Foto: Orami Photo Stock

Menurut situs Very Well Family, asparagus adalah makanan yang kaya akan nutrisi, termasuk beberapa di antaranya sangat baik untuk kesuburan.

Dalam setengah cangkir berukuran 90 gram, asparagus yang dimasak mengandung nutrisi berikut:

  • Kalori: 20 kkal
  • Protein: 2,2 gram
  • Lemak: 0,2 gram
  • Serat: 1,8 gram
  • Vitamin C: 12%
  • Vitamin A: 18%
  • Vitamin K: 57%
  • Folat: 34%
  • Kalium: 6%
  • Fosfor: 5%
  • Vitamin E: 7%

Asparagus juga memiliki sejumlah kecil mikronutrien lainnya, termasuk zat besi, seng, riboflavin, vitamin K, hingga asam folat. Oleh karena itu, asparagus sangat kaya manfaat.

Baca Juga: Simak Sayuran yang Dilarang untuk Ibu Hamil, Catat Ya!

Manfaat Asparagus untuk Kesehatan Tubuh

Inilah beberapa manfaat asparagus bagi kesehatan yang perlu Moms ketahui.

1. Sumber Antioksidan yang Penting Bagi Tubuh

Asparagus Baik Untuk Kesuburan? Ini Faktanya 2

Foto: Orami Photo Stock

Selain kaya akan nutrisi, menurut Healthline, asparagus juga kaya akan antioksidan, termasuk vitamin E, vitamin C, dan glutatjione serta berbagai flavanoid dan polifenol.

Antioksidan adalah senyawa yang membantu melindungi sel-sel dari efek berbahaya radikal bebas dan stres oksidatif.

Di mana berdasarkan sebuah studi dalam jurnal Reproductive Biology and Endocrinology, stres oksidatif dapat mempengaruhi proses reproduksi wanita secara keseluruhan.

Bahkan peneliti menemukan bahwa sebagian besar penyakit reproduksi juga disebabkan oleh stres oksidatif dan peradangan pada organ reproduksi, seperti endometriosis, PCOS dan sebagainya.

Baca Juga: 7 Manfaat Asparagus untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

2. Asparagus Baik Untuk Kesehatan Sperma

Asparagus Baik Untuk Kesuburan? Ini Faktanya 3

Foto: Orami Photo Stock

Tidak hanya untuk wanita, manfaat asparagus untuk kesuburan juga berlaku bagi pria. Manfaat tersebut didapatkan dari kandungan seng, selenium dan juga vitamin C pada asparagus.

“(Asparagus) sangat tinggi vitamin C, yang memiliki berbagai efek positif pada sperma Anda. Ini melindungi sel-sel testis Anda dan melawan radikal bebas, memungkinkan produksi sperma yang lebih banyak dan sehat,” kata Sharmila Majumdar, PhD, sexologist yang berspesialiasi pada Disfungsi dan Psikoanalisis Seksual wanita dan pria, seperti dikutip dari Practo.

Baca Juga: 11+ Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan, Enak dan Berkhasiat!

3. Asparagus Mendukung Produksi Hormon Seks

Asparagus Baik Untuk Kesuburan? Ini Faktanya 4

Foto: Orami Photo Stock

Menurut sebuah studi dalam International Journal of Reproductive BioMedicine, asparagus diketahui dapat mendukung produksi hormon seks dan perkembangan sel telur pada wanita.

Bahkan ekstrak akar asparagus dapat meningkatkan kadar GnRH, FSH, LH, estrogen, dan hormon progestin secara signifikan.

Baca Juga: Fungsi Hormon Testosteron pada Pria dan Wanita Plus Dampaknya Jika Tidak Seimbang

4. Asparagus Kaya Akan Asam Folat

Asparagus Baik Untuk Kesuburan? Ini Faktanya 5

Foto: Orami Photo Stock

Penelitian dalam Journal of Plant Biochemistry & Physiology, menemukan bahwa manfaat asparagus mengandung asam folat dalam jumlah tinggi.

Sebagaimana diketahui, asam folat sangat baik untuk mendukung produksi sel darah merah dan mencegah cacat lahir jika dikonsumsi sejak sebelum hamil.

Selain itu, peneliti juga menyebutkan bahwa asparagus mengandung asparagine, arginin, tirosin, flavanoid, resin, dan tanin.

Adapun manfaat dari kandungan-kandungan tersebut termasuk antikanker, antioksidan, antijamur, antibakteri, anti disentri, anti inflamasi, anti oksitosin, antiulcer, hipertensi dan antikoagulan.

Baca Juga: 15+ Makanan yang Mengandung Asam Folat, Menyehatkan Janin!

5. Melancarkan Peredaran Darah Ke Organ Reproduksi

Asparagus Baik Untuk Kesuburan? Ini Faktanya 6

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip situs Cooking Light, berbagai kandungan yang ditemukan dalam asparagus bukan hanya berfungsi untuk merangsang sistem kekebalan tubuh dan bertindak sebagai anti inflamasi, tetapi juga dapat meningkatkan sirkulasi darah ke organ reproduksi.

Salah satu faktor yang dianggap penting untuk menjaga kesehatan organ reproduksi dan meningkatkan kesuburan.

Tidak heran bila ini menjadi manfaat asparagus lainnya yang menakjubkan.

Baca Juga: 10 Sayuran Penambah Darah, Cocok untuk Penderita Anemia

6. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

manfaat asparagus untuk pencernaan

Foto: Pexels/Burst

Manfaat asparagus yang berikutnya, yakni dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Pasalnya, asparagus kaya akan kandungan serat yang berperan dalam sistem pencernaan.

Dalam setengah cangkir asparagus mengandung 1,8 gram serat yang dapat memenuhi 7% dari kebutuhan serat harian yang direkomendasikan.

Manfaat asparagus sangat tinggi serat tidak larut yang menambah jumlah tinja sehingga mendukung buang air besar secara teratur.

Selain itu, asparagus mengandung sejumlah kecil serat larut, yang larut dalam air dan membentuk zat seperti gel di saluran pencernaan.

Serat larut tersebut akan memberi makan bakteri ramah di usus, seperti Bifidobacteria dan Lactobacillus. Meningkatkan jumlah bakteri menguntungkan ini berperan dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menghasilkan nutrisi penting seperti vitamin B12 dan K2.

Mengonsumsi asparagus merupakan salah satu cara terbaik untuk membantu memenuhi kebutuhan serat dan menjaga sistem pencernaan tetap sehat.

Menurut Journal of Clinical Hypertension, menunjukkan bahwa diet tinggi buah dan sayuran kaya serat juga dapat membantu mengurangi risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan diabetes.

Baca Juga: 5 Manfaat dan Kegunaan Serat untuk Tubuh, Moms Wajib Tahu!

7. Menurunkan Tekanan Darah

manfaat asparagus untuk menurunkan tekanan darah

Foto: Pexels/Burst

Manfaat asparagus lainnya yang perlu Moms ketahui, yaitu dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi mempengaruhi lebih dari 1,3 miliar orang di seluruh dunia dan merupakan faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke sehingga Moms perlu berhati-hati.

Asparagus adalah sumber potasium yang baik, menyediakan 6% kalium dari kebutuhan harian dalam porsi setengah cangkirnya sehingga bisa digunakan sebagai makanan penurun darah tinggi.

Menurut American Journal of Physiology kalium menurunkan tekanan darah dengan dua cara, yakni dengan merelaksasi dinding pembuluh darah dan mengeluarkan kelebihan garam melalui urin.

Selain itu, penelitian pada tikus dengan tekanan darah tinggi menunjukkan bahwa asparagus mungkin memiliki sifat penurun tekanan darah lainnya.

Dalam satu penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menunjukkan bahwa, tikus diberi makan dengan diet asparagus 5% atau diet standar tanpa asparagus. Setelah 10 minggu, tikus yang diberi diet asparagus memiliki tekanan darah 17% lebih rendah daripada tikus yang diberi diet standar.

Para peneliti percaya efek ini disebabkan oleh senyawa aktif dalam asparagus yang menyebabkan pembuluh darah melebar.

Namun, penelitian pada manusia diperlukan untuk menentukan apakah senyawa aktif ini memiliki efek yang sama pada manusia.

Meski demikian, makan lebih banyak sayuran kaya kalium, seperti asparagus, adalah cara yang bagus untuk membantu menjaga tekanan darah Moms dalam kisaran yang sehat.

Nah, itu dia Moms manfaat asparagus untuk kesehatan tubuh. Sudahkah Moms mengonsumsi asparagus?

  • https://www.healthline.com/nutrition/asparagus-benefits
  • https://rbej.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12958-018-0391-5
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4869160/
  • http://www.longdom.org/open-access/review-on-therapeutic-and-pharmaceutically-important-medicinal-plantasparagus-officinalis-2329-9029-1000180.pdf
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26826021/
  • https://www.verywellfit.com/asparagus-nutrition-facts-calories-and-their-health-benefits-4118017
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/16467502/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23647085/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait