Trimester 1

TRIMESTER 1
5 Oktober 2020

15 Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil, Baik untuk Janin!

Alpukat dikenal sebagai salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Amelia Puteri

Rasanya bukan hal yang baru untuk didengar bahwa setiap ibu mengandung harus memerhatikan setiap nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya.

Nutrisi saat kehamilan memegang peranan penting bagi perkembangan janin, komposisi ASI di masa yang mendatang, dan tentunya kesehatan bayi serta ibunya.

Buah-buahan dan sayuran yang kaya nutrisi sering dianggap sebagai makanan terbaik yang dikonsumsi saat hamil.

Avokad atau alpukat menjadi buah yang disebut-sebut baik untuk kesehatan saat hamil. Ada ragam manfaat alpukat untuk ibu hamil yang mungkin belum Moms ketahui.

Namun, ada juga yang beranggapan bahwa buah satu ini mengandung lemak tinggi sehingga ibu hamil harus membatasinya. Benarkah demikian? Ini ulasan selengkapnya ya, Moms.

Baca Juga: Cara Menanam Avokad dari Biji dan Langkah Merawatnya dengan Benar

Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil

Manfaat Avokad bagi Ibu Hamil-2.jpg

Foto: newsweek.com

1. Baik untuk Perkembangan Janin

Manfaat alpukat untuk ibu hamil yang pertama yaitu baik untuk perkembangan janin. Buah ini menjadi salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Jurnal kesehatan Nutrients menyebutkan bahwa alpukat memiliki kandungan folat dan kalium yang tinggi, di mana kandungan tersebut sangat baik untuk perkembangan janin di dalam kandungan.

Saat hamil, kebutuhan asam folat untuk ibu hamil meningkat karena pembentukan sel dan jaringan baru. Dengan mengonsumsi alpukat, kebutuhan asam folat Moms dapat tercukupi.

Asam folat dapat mencegah kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, dan mencegah cacat jantung serta cacat tabung saraf pada janin.

2. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Sedangkan kandungan kalium di alpukat baik untuk kesehatan ibu hamil karena dapat mencegah tekanan darah tinggi pada ibu hamil. Ini juga menjadi manfaat alpukat untuk ibu hamil.

Moms perlu waspadai bahwa kandungan natrium yang terlalu tinggi bisa mengakibatkan preeklamsia yang akhirnya membahayakan kesehatan ibu dan bayi yang dikandungannya.

Baca Juga: Vitamin B6 untuk Ibu Hamil, Ketahui Manfaat, Dosis, dan Sumber Alaminya

3. Mengatasi Anemia

Beberapa wanita mengalami anemia selama kehamilan karena kekurangan zat besi. Manfaat alpukat untuk ibu hamil juga dapat mengatasi anemia.

Selain bayam dan sayuran hijau lainnya, alpukat merupakan makanan yang kaya akan zat besi. Jadi, coba biasakan makan alpukat sebagai salah satu pilihan buah selama hamil, ya.

Untuk menghindari kekurangan zat besi saat hamil, Moms harus menghindari mengonsumsi terlalu banyak kopi, teh, dan soda.

4. Mencegah Masalah Pencernaan

Gangguan pencernaan yang umum dialami oleh ibu hamil adalah sakit perut dan sembelit. Makan alpukat untuk cegah sembelit sebagai manfaat alpukat untuk ibu hamil.

Nah, alpukat mengandung banyak serat, sehingga cocok untuk mengatasi masalah pencernaan selama hamil.

“Alpukat juga memiliki senyawa non-esensial dalam jumlah yang lebih tinggi, seperti serat, lemak tak jenuh tunggal, antioksidan yang larut dalam lemak. Kandungan-kandungan tersebut baik untuk peningkatan kesehatan ibu hamil dan dapat menjaga kualitas ASI ketika sudah menyusui nantinya,” ujar ahli gizi Dr. Andrew Orr dari Australia.

Baca Juga: Coba Rajin Konsumsi, Ternyata Begini Manfaat Madu untuk Ibu Hamil

5. Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Dilansir dari University of New Hampshire, manfaat alpukat untuk ibu hamil juga akan meningkatkan penyerapan nutrisi makanan lain yang Moms konsumsi sepanjang hari.

Contohnya, alpukat bisa menyerap vitamin di dalam ubi, sayuran hijau, dan wortel.

6. Menurunkan Kolesterol Jahat

Manfaat alpukat untuk ibu hamil lainnya adalah menurunkan kadar kolesterol jahat.

Journal of the American Heart Association melakukan penelitian pada 5 orang obesitas dengan 3 metode penurun kolesterol yang berbeda, salah satunya mengonsumsi 1 alpukat per hari.

Partisipan yang mengonsumsi 1 alpukat per hari berhasil menurunkan level kolesterol jahat sebanyak 2 kali lipat dibanding mereka yang tidak makan alpukat.

7. Mengontrol Kadar Gula

Menjaga gula darah dan lemak darah pada tingkat optimal dapat membantu Moms mendapatkan kehamilan yang sehat dan aman.

Manfaat alpukat untuk ibu hamil dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung tertentu dan mengatur kadar gula darah, sehingga mengurangi risiko komplikasi kehamilan.

Alpukat rendah karbohidrat dan kaya serat dan lemak sehat, menjadikannya pilihan tepat untuk orang hamil dengan gula darah tinggi atau diabetes.

Makan alpukat dapat membantu menurunkan kadar gula darah pasca makan pada orang dengan kadar gula darah tinggi.

Ditambah, jurnal dalam U.S. National Library of Medicine menyebutkan alpukat dapat membantu meningkatkan kolesterol HDL (baik) pelindung jantung dan menurunkan kolesterol LDL (jahat).

Hal ini yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan selama kehamilan.

Baca Juga: Ini Dia 4 Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil yang Luar Biasa

8. Alpukat Kaya akan Serat

Serat sangat penting untuk kesehatan optimal selama kehamilan. Faktanya, manfaat alpukat untuk ibu hamil penting untuk mempromosikan gerakan usus yang sehat.

Menurut jurnal Food Science & Nutrition, menambahkan makanan kaya serat seperti alpukat ke dalam makanan kita selama kehamilan dapat membantu mengurangi risiko diabetes gestasional dan preeklamsia.

Sayangnya, banyak orang hamil yang tidak mendapatkan cukup serat dalam makanannya.

Tapi kabar baiknya, hanya setengah buah alpukat (100 gram) menyediakan 7 gram sumber serat, atau sekitar 25 persen dari rekomendasi harian minimum 28 gram untuk serat selama kehamilan.

9. Alpukat adalah Sumber Lemak Bergizi

Lemak, sangat penting selama kehamilan. Manfaat alpukat untuk ibu hamil dapat Menambahkan sumber lemak ke dalam makanan dan kudapan dapat membantu meningkatkan kepuasan, karena lemak membuat makanan terasa lezat.

Alpukat sarat dengan lemak sehat, yaitu lemak tak jenuh tunggal. Lemak yang ditemukan dalam alpukat dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, mengatur kadar gula darah, dan membantu kita tetap kenyang di antara waktu makan.

Terlebih lagi, asupan makanan kaya lemak tak jenuh tunggal yang lebih tinggi seperti alpukat selama kehamilan dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan karenanya meredakan insomnia kehamilan.

10. Kaya akan Antioksidan yang Kuat

Antioksidan adalah senyawa bermanfaat yang membantu melindungi dari kerusakan sel dan dapat membantu meningkatkan kesehatan dalam banyak hal.

Alpukat sangat kaya akan lutein karotenoid. Menurut jurnal dalam Current Developments in Nutrition, lutein memiliki sifat antioksidan yang kuat dan sangat penting untuk perkembangan mata dan fungsi otak bayi kita.

Karena lutein adalah senyawa yang larut dalam lemak, lutein diserap lebih efisien dari alpukat dibandingkan dari buah atau sayuran lain yang mengandung lutein dengan kandungan rendah lemak.

Selain lutein, manfaat alpukat untuk ibu hamil mengandung berbagai antioksidan lain, di antaranya: zeaxathantin, beta karoten, dan vitamin C.

Antioksidan karotenoid, termasuk beta-karoten, lutein, dan zeaxathantin, ditemukan dalam ASI. Kadar mereka secara langsung bergantung pada asupan ibu. Makan lebih banyak alpukat selama menyusui dapat membantu meningkatkan kandungan karotenoid ASI Moms, yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Baca Juga: 13 Makanan dengan Kandungan Antioksidan Tinggi

11. Buah yang Mengenyangkan

Saat Moms hamil, memberi energi pada tubuh kita dengan benar sangat penting untuk mendapatkan yang terbaik.

Ketika Moms lapar, menyiapkan makanan atau camilan yang mengandung alpukat adalah cara cerdas untuk menjaga diri kita untuk tetap kenyang dan mencegah makan berlebihan.

Manfaat alpukat untuk ibu hamil kaya akan serat dan lemak sehat, nutrisi yang telah terbukti dipercaya dapat meningkatkan perasaan kenyang.

Memilih makanan yang mengenyangkan dan padat nutrisi seperti alpukat selama kehamilan dapat membantu Moms tetap berenergi sepanjang hari dan juga dapat membantu kita mempertahankan berat badan yang sehat.

Ini merupakan yang penting untuk kesehatan ibu hamil dan bayi dalam kandungan.

12. Mengurangi Risiko Penambahan Berat Badan

Manfaat alpukat untuk ibu hamil mengandung banyak serat yang membantu pencernaan dan membantu mengontrol penambahan berat badan.

Minum jus alpukat selama kehamilan adalah praktik yang bagus untuk dipatuhi jika Moms mencoba menghindari penambahan berat badan yang tidak perlu.

13. Membantu Penyerapan Nutrisi

Alpukat sendiri mengandung banyak sekali nutrisi, tetapi yang membedakannya dari buah dan sayuran sehat lainnya adalah kecenderungannya untuk membantu tubuh dalam menyerap nutrisi ini dari makanan yang kita konsumsi.

Misalnya, untuk sayuran berdaun atau ubi jalar, alpukat menyerap antioksidan karotenoid darinya, yang kemudian dengan mudah berasimilasi ke dalam tubuh. Alpukat membantu penyerapan vitamin yang larut dalam lemak.

14. Membantu Ibu Hamil Mencapai Kebutuhan Nutrisi

Selain protein dan kalori secara keseluruhan, kebutuhan Moms akan vitamin dan mineral tertentu meningkat selama kehamilan. Misalnya dalam jurnal Macronutrient and Micronutrient Intake during Pregnancy, dikatakan bahwa ibu hamil membutuhkan lebih banyak folat, magnesium, dan vitamin C daripada orang yang tidak hamil.

Manfaat alpukat untuk ibu hamil adalah sumber dari banyak nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah tinggi selama kehamilan termasuk vitamin C, folat, dan magnesium.

Kebutuhan folat meningkat secara signifikan selama kehamilan karena peran penting nutrisi ini dalam perkembangan janin.

Menikmati setengah buah alpukat (100 gram) akan memenuhi sekitar 14 persen dari kebutuhan folat harian Moms selama kehamilan.

Baca Juga: 6 Makanan Pencegah Anemia untuk Ibu Hamil, Tengok di Sini

15. Membantu Meringankan Kram Kaki Ibu Hamil

Semua wanita hamil pernah menderita kram kaki satu kali atau yang lain.

Kalium dan kalsium dapat membantu meredakan kram kaki. Alpukat kemudian menjadi pilihan yang bagus karena proporsi kedua mineralnya yang besar, dan ini menjadi manfaat alpukat untuk ibu hamil.

Batasan Alpukat untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Manfaat Avokad bagi Ibu Hamil-3.jpg

Foto: news.com

Meskipun manfaat alpukat untuk ibu hamil tidak perlu diragukan, Moms tetap tidak boleh berlebihan mengonsumsinya.

Buah yang satu ini adalah pilihan terbaik untuk dikonsumsi saat sarapan.

“Sebaiknya tidak mengonsumsi terlalu banyak dan bisa dipadukan dengan makanan atau minuman lainnya, seperti smoothie, yoghurt. Bisa dikatakan alpukat adalah salah satu buah yang penuh dengan lemak baik, protein, enzim, asam amino, dan vitamin,” ahli gizi Dr. Andrew kembali menjelaskan.

Selain itu, dalam menjaga kesehatan ibu hamil, sebaiknya menyajikan alpukat tidak bersamaan dengan makanan pendamping lainnya yang mengandung gula terlalu banyak.

Misalnya, mencampurkan alpukat dengan es krim atau susu kental manis.

Ya, walaupun mengonsumsi makanan manis untuk ibu hamil sebenarnya tidak masalah, tapi Moms tetap harus memantau kadar gula darah selama kehamilan agar tidak melonjak naik. Caranya, dengan memerhatikan pola makan agar tetap bernutrisi.

Baca Juga: 6 Manfaat Bunga Saffron untuk Ibu Hamil dan Cara Mengonsumsinya

Sajian Alpukat yang Bisa Dicoba

Manfaat Avokad bagi Ibu Hamil-4.jpg

Foto: cooking.nytimes

Alpukat sebenarnya menjadi salah satu buah yang bisa disajikan dengan berbagai cara agar tetap terlihat menarik, di antaranya adalah:

  • Pancake alpukat: tambahkan beberapa potong alpukat menjadi topping pancake, yang bisa dicampur dengan buah lainnya agar baik untuk kesehatan.
  • Salad alpukat: jadikan salad dengan cita rasa dengan tambahan alpukat di dalamnya. Moms bisa memilih perasan lemon atau minyak kelapa sebagai dressing-nya.
  • Roti dengan alpukat: menu satu ini bisa dicoba untuk sarapan. Caranya, alpukat yang sudah diblender dijadikan selai untuk roti bakar. Tambahkan telur atau tomat sebagai pelengkapnya.

Itulah manfaat alpukat untuk ibu hamil dan cara penyajiannya. Jadi, penuhi nutrisi untuk janin dengan mengonsumsi alpukat, ya!

Artikel Terkait