Kesehatan Umum

8 November 2021

Segudang Manfaat Baca Komik, Baik untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Hobi membaca komik tak ada salahnya, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Sudiyanti
Disunting oleh Amelia Puteri

Siapa sih yang tidak suka membaca komik? Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa suka dengan bacaan ini. Tak heran jika komik begitu digandrungi. Kabar baiknya lagi, ada segudang manfaat baca komik!

Komik bisa menjadi penghibur. Apalagi kalau dibaca saat jenuh melanda.

Tidak hanya anak-anak yang jenuh saat dihadapkan oleh banyak tugas. Orang dewasa pun bisa merasakan hal yang sama saat terlalu banyak mengerjakan pekerjaan.

Komik pun jadi solusinya. Selain menghibur, ada manfaat baca komik yang perlu Moms ketahui.

Baca juga: 7 Cara Membacakan Dongeng untuk Anak dengan Menyenangkan

Manfaat Baca Komik pada Anak-anak

manfaat baca komik

Foto: Orami Photo Stock

Berdasarkan informasi dari National Museum of American History komik muncul pada tahun 1930. Pada masa itu komik-komik tersebut hadir dalam bentuk potongan-potongan di koran.

Namun, seiring berjalannya waktu, komik hadir dengan konten yang lebih unik.

Manfaat baca komik pada anak-anak dan dewasa pasti berbeda. Pada anak-anak, manfaat baca komik biasanya bagus untuk tumbuh kembangnya.

Apalagi jika komik yang dipilih ada komik dengan unsur pendidikan. Komik bisa memberikan pengetahuan baru pada anak-anak.

Berikut beberapa manfaat baca komik pada anak-anak!

1. Menciptakan Kebiasaan Senang Membaca

Kadang anak sulit sekali untuk diajak belajar, terutama membaca buku pelajaran. Untuk mengatasi hal ini Moms bisa memberikan komik pendidikan.

Sebab, melalui komik anak bisa lebih mudah memahami karena dikemas dalam tampilan yang menarik. Gambar-gambarnya yang berwarna, ilustrasinya menarik dan bacaannya lebih ringan.

Pada komik pendidikan, ada banyak penjelasan seperti sains. Manfaat baca komik pun semakin terasa karena pengetahuan anak pun bisa bertambah.

2. Imajinasi dan Kreativitas Anak Bisa Meningkat

Warna yang ditampilkan pada komik bisa meningkatkan imajinasi dan kreativitas anak, lho! Sebab, komik tampil dengan banyak warna sehingga anak bisa memvisualisasi informasi yang didapat.

Manfaat baca komik ini bisa menciptakan imajinasi sehingga kreativitas anak pun ikut berkembang. Anak pun ikut tertarik latihan menggambar.

3. Anak Lebih Mudah Menyerap Ilmu

Manfaat baca komik lainnya adalah anak lebih mudah menyerap ilmu yang ada di dalam komik. Hal ini karena informasi yang disampaikan melalui komik terasa begitu ringan.

Pengetahuan yang biasanya sulit dipahami oleh anak pun jadi lebih mudah dimengerti. Saat membaca komik, anak tidak merasa seperti membaca buku pelajarannya.

4. Daya Ingat Lebih Meningkat

Ilustrasi dan informasi yang ada pada komik begitu ringan. Manfaat baca komik ini bisa meningkatkan kemampuan daya ingat pada anak.

Saat membaca komik anak lebih mudah memahami sehingga ia mudah menceritakan informasi yang sudah dibaca. Komik bagus dalam merangsang daya ingat.

Bahkan berdasarkan Jurnal Aplikasi Komik sebagai Media Pembelajaran menyebutkan komik sains yang dikembangkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Baca juga: 9 Tips Belajar Membaca untuk Anak 5 Tahun yang Bisa Moms Coba!

Manfaat Baca Komik secara Umum

manfaat baca komik

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat baca komik yang terasa pada anak bisa memberikan pengalaman naratif. Mulai dari latihan membaca dan memberikan kosa kata baru.

Selain itu, manfaat baca komik juga bisa membuat anak jadi lebih pintar. Komik menyampaikan informasi secara visual.

Berdasarkan informasi dari Entertainment Times, penyampaian yang dilakukan lewat visual lebih mudah dicerna oleh anak. Selain bagus untuk meningkatkan keterampilan membaca, komik juga bagus untuk meningkatkan komunikasi dan fungsi kognitifnya.

Ada manfaat baca komik lain secara umum dari Reading Eggs, beberapa diantaranya sebagai berikut!

  1. Manfaat baca komik yang dirasakan adalah jadi lebih rajin membaca. Seseorang yang mulanya malah membaca, jadi rajin dan semangat membaca. Sebab, membaca komik terasa lebih menyenangkan dibanding membaca buku biasa. Ini bisa mendorong anak-anak kecil yang kurang minat jadi memiliki minat membaca.
  2. Komik tidak memiliki banyak halaman jadi pembaca yakin bisa menyelesaikan cerita dari komik tersebut.
  3. Komik memiliki cerita yang ringan dan mudah dipahami. Ditambah dengan visualisasi dari gambar ataupun kalimat.
  4. Bermanfaat bagi anak yang sulit membaca dengan mengidentifikasi emosi lewat gambar.
  5. Komik memiliki beragam kosa kata yang dikombinasikan dengan isyarat konteks. Informasi gambar dan isyarat ini membantu anak dalam memahami kata-kata asing.
  6. Manfaat baca komik juga bisa dijadikan pendamping ilmu lainnya. Sebab, ada beragam tema yang diangkat seperti sejarah, kisah klasik, satwa liar, alam dan banyak lagi.
  7. Adanya kata-kata dan ilustrasi, anak-anak memiliki gambaran yang lebih mudah karena tidak hanya menggunakan buku teks saja.

Baca juga: 10 Adab Membaca Alquran yang Baik Menurut Islam

Sejarah Komik

manfaat baca komik

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari Bookriot, komik pertama muncul dipasarkan untuk anak-anak karena humor dan alur ceritanya yang pendek.

Komik terus dibuat dan diilustrasikan oleh seniman. Kemudian berubah setiap tahunnya dengan konsep dan alur cerita yang lebih segar.

Kemudian di tahun 1933, mulai muncul komik dengan karakter superhero dan merilis Action Comic No. 1 yaitu Superman.

Dahulu komik tampil dengan warna hitam putih. Sekarang, komik tampil dengan ilustrasi yang menarik dan penuh warna.

Kemudian muncul superhero Captain America di tahun 1941. Captain America merupakan pahlawan fiktif yang dibuat oleh Marvel Comics.

Selanjutnya muncullah pahlawan super lainnya seperti Wonder Woman dan Superman. Mulai saat itu, komik terjual dalam skala besar.

Masih banyak orang yang memiliki pandangan bahwa komik hanya bercerita tentang superhero. Padahal komik memiliki banyak genre yang bisa dinikmati oleh semua orang.

Untuk anak-anak, ada komik pendidikan. Ada juga komik dengan genre alternatif, manga, fiksi ilmiah, fantasi, komedi, action, petualangan, horor, humor, roman, anak-anak, dan dewasa.

Sedangkan komik superhero paling populer berasal dari Amerika Serikat.

Moms, dukunglah saat anak suka membaca komik. Manfaat baca komik baik untuk tumbuh kembangnya.

Terpenting, pilihlah komik yang sesuai dengan usianya. Pilih juga komik yang memiliki unsur edukasi didalamnya!

  • https://americanhistory.si.edu/superheroes/comic-books
  • https://bookriot.com/a-very-brief-history-of-comic-books/
  • https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/books/features/comic-books-the-way-to-a-smarter-brain/articleshow/75697030.cms
  • https://readingeggs.com.au/articles/2015/09/04/benefits-of-comic-books/
  • http://eprints.umpo.ac.id/1864/2/Kompilasi%20Artikel%2051%201.pdf
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait