Kesehatan

KESEHATAN
28 Oktober 2020

Meski Sehat, Pahami Dulu Manfaat dan Bahaya Olahraga Malam Berikut!

Selain bermanfaat, ternyata ada juga bahaya jika berolahraga di malam hari.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Entah itu karena jadwal kerja, pekerjaan rumah, atau preferensi pribadi, mungkin Moms atau Dads memilih untuk melakukan olahraga di malam sebagai cara terbaik untuk tetap konsisten dengan rutinitas olahraga.

Baik itu olahraga outdoor atau indoor seperti di pusat kebugaran, ada cukup banyak keuntungan yang mungkin bisa didapatkan jika kita memilih melakukan olahraga di malam hari.

Apa lagi kini olahraga malam juga tampaknya menjadi cukup populer dan beberapa pusat kebugaran bahkan sengaja mengadakan kelas olahraga di malam hari, seperti latihan kekuatan, bersepeda dalam ruangan, atau latihan dansa kardio.

Jika Moms atau Dads tertarik untuk melakukan olahraga malam, maka sebaiknya pahami dulu manfaat dan bahaya yang mungkin terjadi berikut ini:

Baca Juga: 9 Cara Menurunkan Berat Badan Saat Tidur Malam

Manfaat Olahraga Malam Hari

Manfaat Olahraga Malam Hari

Foto: popsugar.com

Biasanya seseorang memilih berolahraga di malam hari karena memang tidak ada waktu di siang atau pagi hari, atau karena beberapa pusat kebugaran menjadi terlalu penuh saat pagi hari sehingga bikin tidak nyaman. Namun, apapun alasannya, berikut ini adalah beberapa manfaat olahraga malam hari:

Meningkatkan Performa

Jika Moms dan Dads merasa latihan kurang efisien di pagi hari, ternyata ada alasan ilmiah di baliknya. Sebuah studi yang dipublikasikan Journal of Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism tahun 2013 menganalisis empat penanda aktivitas fisik, termasuk pengambilan oksigen dan kapasitas anaerobik, di antara 20 pria sehat dan menemukan bahwa peserta dapat berolahraga 20 persen lebih keras dan lebih lama di malam hari dibandingkan pagi hari.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa suhu tubuh yang lebih tinggi di malam hari kemudian berkontribusi pada fleksibilitas dan kekuatan otot yang lebih besar. Dengan begini, olahraga bisa semakin memaksimalkan pembakaran lemak, terutama buat yang sedang program menurunkan berat badan.

1. Olahraga Menjadi Lebih Efektif

Nyatanya fungsi otot dan kekuatan memuncak pada saat malam hari. Menurut penelitian, hormon yang berfluktuasi dapat membuat latihan malam hari jadi jauh lebih efektif. Kadar kortisol yang tinggi di pagi hari dapat mencegah pertumbuhan otot, sementara saat malam hari testosteron akan meningkatkanya.

2. Bisa Mencoba Peralatan Baru dan Lebih Fokus

Jika kita berolahraga lebih lama di malam hari, seperti setelah jam 10 malam, kemungkinan besar kita akan berada sendirian atau hanya ada segelintir orang saja di gym.

Kita pun jadi bisa memanfaatkan klub kosong untuk mencoba peralatan baru dan menggunakan beberapa alat tanpa perlu antre.

Apalagi jika Moms atau Dads pernah gugup untuk mencoba alat baru untuk di sekitar orang lain, inilah saat yang tepat untuk mencobanya. Selain itu, dengan gym yang sepi pun kita bisa jadi jauh lebih fokus.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Berlawanan dengan kepercayaan populer, nyatanya berolahraga sebelum tidur tidak selalu mendatangkan masalah saat tidur, selama kita melakukan olahraga ringan, seperti lari atau bersepeda.

Faktanya dalam Journal of Sports Medicine disebutkan bahwa olahraga ringan sebelum tidur dapat meningkatkan tidur gelombang lambat, dan kemudian bisa membantu untuk bisa ke tahap tidur terdalam.

Kuncinya adalah menghindari aktivitas yang sangat intens dan menjaga intensitas aktivitas dalam kisaran sedang.

4. Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Sama seperti teori latihan sebelum tidur, gagasan bahwa makan di malam hari menyebabkan penambahan berat badan sebagian besar telah dibantah selama makanan sebelum tidur kecil, padat nutrisi, dan terdiri dari makronutrien tunggal.

Sebuah penelitian dari Nutrients tahun 2015 menemukan bahwa individu muda dan aktif yang minum minuman berprotein setelah berolahraga dan sebelum tidur memiliki konsentrasi asam amino yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi di siang hari. Ini berarti protein akan lebih baik diserap dan dicerna selama tidur.

Baca Juga: Jika Anak Susah Tidur, Ikuti 4 Langkah Ini Agar Dia Cepat Mengantuk!

Bahaya Olahraga Malam Hari

Bahaya Olahraga Malam Hari

Foto: polar.com

Tidak seperti berolahraga di pagi hari, salah satu aspek paling menantang dari berolahraga di malam hari adalah kita sudah menjadi terlalu lelah dengan aktivitas harian, sehingga kemudian menjadi alasan kita tidak berolahraga.

Selain itu, ada juga beberapa bahaya olahraga malam hari yang mungkin terjadi, sehingga perlu dipertimbangkan. Beberapa bahaya tersebut antara lain:

1. Olahraga Malam Bisa Mengganggu Tidur

Meskipun olahraga Foto: polar.comringan dapat bermanfaat bagi tidur, namun saat kita melakukan sesuatu yang lebih intens, seperti latihan interval intensitas tinggi (HIIT), kurang dari satu jam sebelum waktu tidur dapat berdampak negatif pada efisiensi tidur dan menyebabkan kita jadi lebih sering terbangun selama tidur.

Jika malam hari adalah satu-satunya waktu Moms atau Dads bisa berolahraga, maka pertimbangkan untuk mencoba olahraga yang tidak terlalu berat, seperti jogging ringan atau yoga.

2. Lebih Sulit Membangun Konsistensi

Sebuah studi dari Obesity Society tahun 2018 menemukan bahwa orang yang berolahraga di pagi hari kemungkinan besar akan tetap konsisten dengan latihannya dibandingkan dengan mereka yang berolahraga di sore atau malam hari.

Temuan ini mungkin disebabkan fakta bahwa ketika kita berolahraga di sore hari, ada lebih banyak waktu untuk membuat fokus hilang dan kemudian memilih melakukan aktivitas lain seperti berkumpul dengan teman atau menonton televisi. Namun, rutinitas sehari-hari setiap orang berbeda.

Jika Moms atau dads lebih suka olahraga malam, kalian dapat membangun konsistensi dengan menjadwalkan latihan dan berpegang pada komitmen yang telah dibuat.

Baca Juga: 4 Olahraga untuk Lancar Melahirkan, Yuk Coba!

Ini Rekomendasi Olahraga Malam

Ini Rekomendasi Olahraga Malam

Foto: planetfitness.com

Nyatanya tidak semua olahraga sama dalam hal pengaruhnya terhadap tidur. Itu sebabnya, jika kita ingin berolahraga di malam hari, penting untuk memilih aktivitas dengan bijak. Pertimbangkan juga waktu yang tepat untuk berolahraga.

Secara umum, jika Moms dan Dads akan berolahraga di malam hari, sebaiknya lakukan aktivitas dengan intensitas ringan hingga sedang. Tingkat aktivitas ini dapat membantu kita tertidur lebih cepat dan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Penting juga untuk menyelesaikan latihan setidaknya 1 jam sebelum waktu tidur. Jika memungkinkan, usahakan untuk menyelesaikan setidaknya 90 menit sebelum pergi tidur. Ini akan memberi tubuh cukup waktu untuk beristirahat.

Beberapa jenis olahraga yang direkomendasikan untuk dilakukan malam hari antara lain:

  • Yoga.
  • Peregangan.
  • Jalan santai.
  • Berenang.
  • Bersepeda santai.
  • Angkat besi ringan sampai sedang.

Ingat, olahraga berat harus dihindari di malam hari. Aktivitas fisik yang berat dapat menstimulasi sistem saraf dan meningkatkan detak jantung terlalu banyak, sehingga kita jadi jauh lebih sulit untuk tertidur.

Beberapa jenis olahraga malam yang perlu dihindari antara lain:

  • Latihan interval intensitas tinggi (HIIT).
  • Berlari.
  • Renang hingga beberapa lap.
  • Lompat tali atau skipping.
  • Balap sepeda.
  • Angkat beban berat.

Baca Juga: 5 Olahraga Terbaik Untuk Tingkatkan Kesuburan Pria

Berolahraga siang atau malam hari, pada akhirnya program olahraga terbaik adalah yang dapat kita ikuti. Ingatlah bahwa banyak penelitian menghasilkan jawaban yang saling bertentangan tentang waktu terbaik untuk olahraga, jadi sulit untuk menentukan pilihan yang lebih baik.

Jika Moms atau Dads berolahraga di sore dan malam hari, penting untuk berhati-hati. Jangan sampai olahraga terlalu berat dan pastikan melakukannya di tempat dengan pencahayaan yang baik.

Dan yang paling penting jangan memaksakan diri, jika terlalu lemah untuk berolahraga karena pekerjaan kantor sedang berat, tak apa untuk menggeser olahraga ke hari berikutnya.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait