Kesehatan

16 Juni 2021

Punya Bau Menyengat, Simak Manfaat Belerang untuk Kulit dan Wajah

Belerang ternyata memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Amelia Puteri

Moms, simak apa saja manfaat belerang berikut ini.

Bau belerang yang menyengat membuat siapa pun tak mampu berlama-lama di dekatnya. Bahkan, tak jarang banyak orang merasa pusing dan mual saat mencium bau belerang.

Tapi, belerang ternyata memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan. Tak jarang, belerang dijadikan sebagai salah satu bahan pokok dalam pengobatan alami. Seperti perawatan kulit wajah dan tubuh.

Baca Juga: Walau Berbau Kurang Sedap, Ini 11+ Manfaat Belerang

Selain itu, belerang adalah unsur kimia yang ada di semua jaringan makhluk hidup.

Selain kalsium dan fosfor, belerang adalah mineral paling melimpah ketiga dalam tubuh manusia. Pada tumbuhan, kandungan sulfur atau belerang juga dapat ditemukan di dalam bawang putih, bawang merah, dan brokoli.

Banyak orang menggunakan belerang untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit rambut, tubuh, dan wajah seperti ketombe hingga iritasi kulit akibat tungau (kudis). Hal ini juga diterapkan pada kulit untuk jerawat dan kulit kemerahan (rosacea).

Nah, di dalam artikel ini, akan dijelaskan lebih lanjut mengenai manfaat belerang untuk kulit, wajah, hingga pengertian dan istilah 'sulfur'. Yuk, Moms, simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: 5 Cara Alami Mengatasi Ketombe Menggunakan Lemon, Yuk Dicoba!

Manfaat Belerang untuk Kulit

belerang

Foto: Orami Photo Stocks

Manfaat belerang menawarkan banyak hal baik bagi kulit tubuh, seperti mengobati gatal-gatal, kudis, hingga ketombe. Hal ini karena belerang memiliki sifat anti-penuaan dan antimikroba.

Sehingga dapat menjadi alternatif pengobatan untuk berbagai permasalahan kulit. Berikut ini sejumlah manfaat belerang untuk kulit.

1. Membantu Meredakan Eksim

Siapa sangka jika manfaat belerang dapat digunakan sebagai pengobatan alami untuk meredakan eksim. Sulfur memiliki sifat obat dan terapeutik yang dapat membantu meringankan gejala, seperti peradangan dan bercak kering dan gatal pada kulit.

Melansir dari National Eczema Association, eksim kadang-kadang disebut dermatitis atopik. "Atopik" mengacu pada alergi. Orang dengan eksim sering mengalami alergi atau asma diiringi dengan gatal dan kulit merah.

Eksim dapat disebabkan dalam oleh banyak hal dan pemicunya pun berbeda-beda. Beberapa gejala umum eksim ialah kulit kering bersisik, kemerahan, dan rasa gatal yang intens.

Jika Moms atau anggota keluarga lainnya memiliki riwayat penyakit kulit eksim, cobalah untuk mandi menggunakan sabun yang mengandung unsur belerang di dalamnya.

Hal ini bisa dijadikan pengobatan rumahan untuk menghilangkan eksim dan psoriasis.

Baca Juga: Ketahui 3 Penyebab Eksim pada Bayi

2. Mengobati Kulit Kepala yang Berketombe

Ketika berbicara ketombe, banyak orang hanya fokus pada serpihan putih yang terlihat dan keluar ketika menggaruk kulit kepala.

Padahal, serpihan putih dan kulit kepala yang gatal serta bersisik adalah gejala utama ketombe. Serpihan putih ini merupakan minyak yang mengering dan menumpuk di kulit kepala serta rambut.

Pada Indian Journal of Dermatology dijelaskan bahwa sifat pengelupasan pada belerang membantu mengurangi penumpukan dan mengeringkan minyak berlebih pada kulit kepala.

Sehingga manfaat belerang ini menjadikannya pengobatan yang efektif untuk masalah kulit kepala, seperti ketombe.

Moms bisa menggunakan sampo dengan campuran asam salisilat dan belerang untuk mengatasi permasalahan kulit kepala berketombe.

Sebab, dua kombinasi ini bertujuan untuk mencegah kulit kepala kering, mengurangi serpihan yang diakibatkan oleh ketombe, dan menghilangkan rasa gatal.

Baca Juga: 5 Cara Alami Mengatasi Ketombe Menggunakan Lemon, Yuk Dicoba!

3. Melawan Bakteri

Belerang memiliki sifat anti bakteri, dan menurut dokter kulit bersertifikat Jessie Cheung, MD, dari Cheung Aesthetics and Wellness, belerang favorit dokter kulit karena bisa membunuh bakteri, jamur, dan berbagai parasit.

Menurut jurnal yang diterbitkan oleh Journal of Experimental Medicine, dijelaskan bahwa larutan jenuh belerang dalam alkohol (alkohol-sulfur) bila dicampurkan dengan kaldu daging, akan menghambat pertumbuhan berbagai bakteri Gram-positif dan C. hominis.

Hal ini tentunya menjadi manfaat belerang lain yang tak kalah menakjubkan.

Baca Juga: Manfaat Lulur dan Minyak Zaitun untuk Kesehatan Kulit

Manfaat Belerang untuk Wajah

Belerang

Foto: Orami Photo Stocks

Selain untuk kulit, manfaat belerang juga ada banyak untuk kulit wajah. Mulai dari permasalahan jerawat, rosacea, hingga penuaan dini. Yuk, simak penjelasan lebih lanjut terkait manfaat belerang untuk kulit wajah.

Baca Juga: Jerawat di Punggung? Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya

1. Mengatasi Jerawat

Sebenarnya, cara kerja belerang dalam mengatasi permasalahan jerawat mirip dengan benzoil peroksida dan asam slisilat, tetapi kelebihan pengobatan belerang pada jerawat adalah ia lebih lembut di kulit.

Sulfur membantu mengeringkan permukaan kulit dan membantu menyerap kelebihan minyak (sebum) yang dapat menyebabkan jerawat. Belerang juga mengeringkan sel-sel kulit mati untuk membantu membuka pori-pori.

Pengobatan manfaat belerang ini bekerja paling efektif untuk untuk jerawat yang terbentuk karena kombinasi sel kulit mati dan sebum berlebih, seperti komedo putih dan komedo hitam. Namun, penting untuk diingat efektivitas hasilnya akan bervariasi setiap orang.

Perawatan ini mungkin berhasil pada beberapa jenis jerawat, tetapi tidak pada yang lain.

Sebelum melakukan perawatan belerang, ada baiknya untuk menentukan lebih dulu jenis jerawat apa yang Moms miliki. Kemudian, Moms bisa berkonsultasi dulu dengan dokter kulit untuk perawatan belerang yang tepat.

Baca Juga: 5 Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat

2. Bekas Jerawat

Jika Moms memiliki riwayat permasalahan kulit berjerawat, kemungkinan juga punya beberapa bekas jerawat membandel dan sulit dihilangkan.

Bekas jerawat biasanya memiliki bentuk, warna, dan ukuran yang beragam, tetapi bekas jerawat memiliki satu kesamaan: mereka sulit dihilangkan.

Dengan menggunakan perawatan belerang secara rutin, terbukti ampuh menghilangkan bekas jerawat membandel. Hal ini karena belerang mengering dan mengangkat sel kulit mati, secara teori bisa mengurangi munculnya bekas luka juga.

Tapi, belerang tidak boleh menjadi pengobatan lini pertama. Untuk bekas luka yang membandel, pertimbangkan untuk menggunakan serum pencerah kulit dalan rutinitas perawatan kulit.

Baca Juga: 7 Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah Agar Kulit Makin Mulus

3. Mengecilkan Pori-pori

Belerang adalah mineral alami yang ditemukan di mata air panas, tanah liat, abu vulkanik, juga mineral dalam tubuh manusia. Manfaat belerang diketahui memiliki sifat antibakteri yang baik untuk perawatan kulit berjerawat.

Menurut penelitian 2017 yang diterbitkan dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, belerang bertugas ganda untuk membunuh bakteri dan mengeluarkan minyak pada pori-pori sehingga pori-pori mengecil.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatasi Kulit Gatal Selama Hamil?

4. Pengelupasan Kulit

Seperti asam salisilat, belerang bersifat keratolitik, yang berarti menyebabkan pengikisan ringan pada lapisan atas kulit. Ini membantu membersihkan sel-sel kulit mati yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat, berjerawat, tekstur tidak rata, dan kusam.

Moms bisa mengoleskan masker perawatan wajah dengan kandungan 10 persen sulfur untuk mengelupas sel kulit mati, menyerap minyak berlebih dan menghilangkan jerawat.

Baca Juga: Pipi Anak Berbintik Kemerahan? Jangan-jangan Itu Gejala Rosacea

5. Menenangkan Kulit yang Kemerahan

Manfaat belerang dapat membantu mengobati rosacea, suatu kondisi kronis yang menyebabkan kemerahan pada wajah pada sekitar 10 persen populasi masyarakat di Amerika Serikat.

Menurut American Academy of Dermatology, belerang bekerja dengan mengurangi peradangan dan membunuh bakteri, yang dapat membantu mengendalikan gejala rosacea. Meski begitu, untuk mengobati rosacea atau kulit kemerahan pada wajah haruslah melalui resep dokter.

6. Anti Penuaan

Belerang merupakan bagian penting dari produksi kolagen alami. Ini juga menjadi manfaat belerang lain yang patut Moms ketahui.

Tetapi seiring bertambahnya usia, belerang yang ada di dalam tubuh berkurang sehingga membuat kulit rentan terhadap kerusakan akibat radikal bebas.

Jika kulit wajah terlalu sering terpapar radikal bebas maka dapat mengakibatkan kerutan dan elastisitas kulit berkurang.

Selain itu, bakteri berbahaya juga dapat merusak kulit dan mempercepat proses penuaan. Menjaga kebersihan kulit membantu mengurangi bakteri, membantu mencegah penuaan dini.

Moms bisa menggunakan krim malam dengan kandungan belerang yang akan mengembalikan kelembaban dan elastisitas kulit agar tidak cepat keriput.

Baca Juga: Hindari Penuaan Dini, Lakukan 4 Tips Kecantikan Ini

Manfaat Air Belerang

Belerang

Foto: Orami Photo Stocks

Manfaat air belerang sudah diakui sejak lama. Bahkan, khasiatnya pun sudah dirasakan oleh banyak orang.

Menurut jurnal Sulphurous Mineral Waters: New Applications for Health, menyatakan bahwa manfaat belerang dalam bentuk air ini telah banyak digunakan untuk berbagai pengobatan alternatif terutama dalam mengatasi permasalahan gangguan kulit, pernapasan, dan muskuloskeletal.

Nah, berikut ini sejumlah manfaat air belerang untuk kesehatan.

1. Melancarkan Peredaran Darah

Air belerang terbukti mampu melancarkan peredaran darah. Sebab, air belerang mengandung mineral seperti kalsium dan natrium, bikarbonat.

Saat Moms berendam di air belerang maka tubuh akan menyerap kandungan mineral di dalam air tersebut sehingga meningkatkan sirkulasi darah dan aliran oksigen pun lancar.

Selain itu, kandungan belerang juga dapat membantu proses detoksifikasi racun pada liver. Menghirup uap air belerang pun juga bermanfaat untuk mengobati masalah pernapasan seperti asma, sinus, hingga alergi.

Baca Juga: Apa Perbedaan Peredaran Darah Besar dan Kecil?

2. Menyembuhkan Masalah Kulit

Manfaat air belerang lainnya ialah sebagai terapi pengobatan atau balneoterapi. Metode ini telah dikenal dan dipraktekkan sejak berabad-abad silam untuk mengobati berbagai permasalahan kulit kronis dan kondisi muskuloskeletal.

Tak hanya itu, kandungan mineral silika pada air belerang juga membantu mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit lebih lembut serta melindungi kulit dari racun.

Baca Juga: 17 Manfaat Masker Pisang untuk Berbagai Masalah Kulit dan Efek Sampingnya

3. Meredakan Stres dan Lelah

Menikmati mandi air hangat terutama yang mengandung belerang dapat meredakan rasa lelah dan mengurangi stres. Suhu panas yang dihasilkan oleh air belerang bisa merelaksasikan otot juga persendian.

Sehingga, tak hanya tubuh yang terasa lebih bugar, tapi pikiran juga jadi lebih tenang dan stamina terjaga. Berendam air belerang juga dapat membantu Moms meredakan masalah sulit tidur.

Baca Juga: Stres di Masa Kanak-Kanak Ternyata Bisa Pengaruhi Kesuburan Perempuan

Mengenal Lebih Dalam Tentang Sulfur

Belerang

Foto: Orami Photo Stocks

Moms sudah mengetahui ragam manfaat belerang.

Sulfur atau belerang merupakan unsur kimia bukan logam yang termasuk dalam golongan oksigen dan merupakan salah satu unsur paling reaktif. Sulfur murni umumnya padat, tidak berbau, rapuh, berwarna kuning pucat, dan tidak larut dalam air.

Belerang bereaksi membentuk unsur nonlogam. Jutaan ton belerang diproduksi setiap tahun, sebagian besar untuk pembuatan asam sulfat, yang banyak digunakan dalam industri.

Sulfur adalah kumpulan komponen dari banyak mineral umum seperti galena (PbS), gipsum (CaSO4 · 2 (H2O), pirit (FeS2), sphalerite (ZnS atau FeS), cinnabar (HgS), stibnite (Sb2S3), epsomite (MgSO4 · 7 (H2O)), celestite (SrSO4) dan barite (BaSO4).

Baca Juga: Deposito dan Logam Mulia, Efektifkah untuk Jadi Investasi Dana Pendidikan Anak?

Sebanyak 25 persen sulfur yang diproduksi di dunia diperoleh dari pemurnian minyak bumi dan produk sampingan dari ekstraksi bahan lain. Sulfur yang mengandung pasir, tanah, atau bebatuan yang diolah menjadi barang ekonomi.

Selain itu, sebanyak hampir 40 juta ton asam sulfat yang digunakan untuk membuat pupuk, baterai, dan timbal-asam. Tak hanya itu, asam sulfat juga digunakan dalam banyak industri.

Sedangkan unsur sulfur yang lebih kecil digunakan untuk vulkanisasi karet alam, sebagai insektisida untuk mencegah hama dan pembuatan bubuk mesiu.

Baca Juga: 3 Pertolongan Pertama Bila Bayi Tersiram Air Panas

Itulah serba serbi manfaat belerang mulai dari manfaatnya untuk kulit tubuh, kulit wajah, hingga manfaat air belerang dalam meredakan berbagai permasalahan kulit.

Apakah Moms pernah mandi air panas yang mengandung belerang? Yuk, ceritakan pengalaman Moms saat mandi air belerang!

  • https://www.britannica.com/science/sulfur
  • https://www.thehealthy.com/beauty/face-body-care/benefits-of-sulfur/
  • https://www.byrdie.com/sulfur-for-skin-4783625
  • https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/sulfur-for-acne#products
  • https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1527/sulfur
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/sulfur-for-acne#how-can-it-help
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2135706/
  • https://nationaleczema.org/eczema/types-of-eczema/seborrheic-dermatitis/
  • http://www.e-ijd.org/article.asp?issn=0019-5154;year=2010;volume=55;issue=2;spage=130;epage=134;aulast=Ranganathan
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5397653/
  • https://www.aad.org/public/diseases/rosacea/treatment/acne-like
  • https://www.hindawi.com/journals/ecam/2017/8034084/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait