Kesehatan

25 April 2021

Ini 15 Manfaat Beras Hitam, Cocok untuk Diet

Yuk simak apa saja manfaatnya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Beras hitam merupakan salah satu bahan makanan yang saat ini tengah diminati oleh pelaku diet. British Journal of Clinical Pharmacology menjelaskan warna hitam berasal dari kandungan antosianin yang memiliki sifat antioksidan yang kuat.

Masyarakat Tiongkok kuno menganggap beras ini unik dan bergizi tinggi dan dilarang untuk dikonsumsi, kecuali oleh bangsawan.

Dibandingkan dengan jenis beras lainnya, beras hitam mengandung protein yang sangat tinggi. Dalam 100 gram beras hitam mengandung 9 gram protein. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan beras merah, yaitu sebanyak 7 hra.

Beras hitam merupakan sumber zat besi yang baik. Zat besi adalah mineral yang penting karena berfungsi untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

Selain itu, beras hitam juga mengandung serat yang sangat tinggi, tetapi rendah kalori sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh Moms yang sedang diet rendah kalori.

Selain untuk diet, masih banyak manfaat beras hitam yang bisa Moms rasakan untuk tubuh.

Baca Juga : Manfaat Air Beras untuk Perawatan Rambut Alami, Bikin Berkilau!

Manfaat Beras Hitam

XX manfaat beras hitam

Foto : pinterest.com

Salah satu jenis beras hitam yang banyak ditemui adalah beras ketan hitam. Banyak sekali jenis olahan ketan hitam yang bisa ditemukan di Indonesia, mulai dari bubur ketan, ketan, ketan tapai, hingga kue bolu.

Selain enak untuk dikonsumsi, manfaat beras hitam jenis ini juga dapat dirasakan oleh tubuh. Menurut beberapa penelitian, beras ketan hitam dapat dikategorikan sebagai superfood atau makanan yang padat nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

Bahkan, beras ketan hitam juga disebut sebagai makanan anti kanker.

Lalu, apa saja manfaat beras ketan hitam? Simak artikelnya berikut ini ya Moms.

1. Kaya Akan Antioksidan

Warna hitam yang ada di dalam beras ketan hitam berasal dari kandungan antosianin yang tinggi. Antosianin memiliki antioksidan yang kuat, sehingga tak heran kalau beras hitam disebut sebagai makanan yang kaya akan antioksidan.

Kandungan ini membuat manfaat beras hitam dipercaya memiliki kemampuan seperti: menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker akibat radikal bebas, meningkatkan fungsi otak, membantu mengurangi peradangan, dan masih banyak lagi.

2. Melancarkan Pencernaan

Manfaat beras hitam adalah melancarkan pencernaan. Beras ketan hitam memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, bahkan paling tinggi dibanding beras lainnya.

Kandungan serat inilah yang dapat membantu mencegah terjadinya sembelit, perut kembungm dan juga menyerap racun di saluran pembuangan.

Konsumsi olahan beras ketan hitam dapat menjadi pilihan Moms yang kesulitan buang air besar. Pencernaan yang lancar dapat membantu proses metabolisme tubuh, sehingga Moms akan selalu sehat.

3. Bebas Gluten

Beras ketan dikenal bebas gluten, sehingga sering direkomendasikan sebagai makanan sehat. Gluten adalah jenis protein yang ditemukan dalam biji-bijian sereal, seperti gandum, barley, dan gandum hitam.

Orang dengan penyakit celiac perlu menghindari gluten, karena memicu respons kekebalan dalam tubuh yang merusak usus kecil. Gluten juga dapat menyebabkan efek samping gastrointestinal negatif, seperti kembung dan sakit perut, pada individu dengan sensitivitas gluten.

Disaat banyak biji-bijian mengandung gluten, tidak demiian dengan beras hitam. Beras hitam bebas gluten yang bergizi dan alami yang dapat dinikmati oleh Moms sedang menjalani diet bebas gluten.

Dalam setengah cangkir beras ketan hitam mengandung 3 gram serat. Serat membantu mengikat racun dan limbah di dalam saluran pencernaan, dan membuang semuanya keluar dari sistem setelah menyelesaikan siklus pencernaan.

Baca juga : Selain Beras, Ini 4 Makanan yang Sering Dipalsukan

Manfaat Beras Hitam Organik

XX manfaat beras hitam

Foto : pinterest.com

Produk organik saat ini sudah menjadi pilihan masyarakat, termasuk untuk beras hitam.

Moms yang sedang menjalani program hidup sehat, pasti akan lebih memilih beras hitam organik untuk dikonsumsi. Karena dianggap lebih sehat karena tidak mengandung bahan kimia selama proses penanaman.

Selain bebas bahan kimia, masih banyak manfaat beras hitam organik untuk kesehatan lho Moms. Yuk simak artikelnya.

4. Membantu Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam beras ini membuat manfaat beras hitam dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan beras hitam mengandung senyawa flavonoids yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Journal of Translational Medicine menjelaskan dalam percobaan yang dilakukan pada hewan dan manusia menunjukan bahwa antosianin dapat membantu meningkatkan kolesterol baik dan trigliserida.

Sebuah studi menunjukan bahwa kandungan kolesterol di dalam orang dewasa dapat berkurang setelah konsumsi dua kapsul antosianin selama 12 hari.

Studi tersebut menunjukan bahwa dengan konsumsi antosianin, kadar HDL (kolesterol baik) akan naik dan secara signifikan mengurangi kolesterol jahat (LDL).

Penelitian lain yang dilakukan dengan kelinci menunjukan bahwa, menambahkan beras hitam ke dalam menu makanan dapat mengurangi penumpukan plak hingga 50% lebih sedikit dibandingkan yang mengkonsumsi nasi putih.

5. Memiliki Sifat Antikanker

Antosianin dari beras hitam mungkin juga membuat manfaat beras hitam memiliki sifat antikanker yang kuat.

Sebuah tinjauan studi berbasis populasi menemukan bahwa asupan makanan kaya antosianin yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko kanker kolorektal yang lebih rendah.

Penelitian lain yang menggunakan tabung reaksi menunjukan bahwa antosianin dari beras hitam dapat mengurangi jumlah sel kanker payudara manusia, serta memperlambat pertumbuhan dan kemampuannya untuk menyebar.

Meskipun menjanjikan, diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia untuk memahami sepenuhnya kemampuan antosianin dalam beras hitam untuk mengurangi risiko dan penyebaran jenis kanker tertentu.

6. Meningkatkan Kesehatan Mata

Manfaat beras hitam organik juga dapat meningkatkan kesehatan mata. Penelitian menunjukkan bahwa beras hitam mengandung lutein dan zeaxanthin dalam jumlah tinggi. Dua jenis karotenoid yang berhubungan dengan kesehatan mata.

Senyawa ini bekerja sebagai antioksidan untuk membantu melindungi mata Moms dari radikal bebas yang berpotensi merusak mata. Lutein dan zeaxanthin telah terbukti membantu melindungi retina. Karena dapat menyaring gelombang cahaya biru dari gadget yang berbahaya.

Penelitian menunjukan bahwa antioksidan memilki peran penting dalam melindungi mata dari degenarasi makula karena usia yang menjadi penyebab utama kebutaan di seluruh dunia.

Kedua jenis karetenoid ini juga dapat menurunkan risiko katarak dan retinopati diabetik atau kebutaan karena diabetes.

Journal of Veterinary Science menjelaskan bahwa sebuah penelitian selama 1 minggu pada tikus menemukan bahwa mengonsumsi ekstrak antosianin dari beras hitam menghasilkan kerusakan retina yang jauh lebih sedikit saat hewan terpapar cahaya fluoresen.

7. Menurunkan Kadar Gula Darah

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa manfaat beras hitam dan makanan lain yang mengandung antosianin dapat membantu mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

Selain itu, indeks glikemik dari beras hitam juga lebih rendah, sehingga dapat membantu mengontrol gula darah Moms.

Baca Juga : Wajib Dicoba, 5 Olahan Beras Merah Ini Bisa Bikin Ketagihan

Manfaat Beras Hitam untuk Diet

XX manfaat beras hitam

Foto : pinterest.com

Semakin gelap warna beras, seperti beras hitam diketahui semakin tinggi antioksidan yang dikandungnya. Beras hitam juga mengandung nutrisi seperti folat, vitamin B6, seng, fosfor, dan niasin.

Beras hitam juga dikenal ringan di perut. Secangkir nasi hitam mengandung sekitar 280 kalori. Jumlah ini sangat tepat untuk dikonsumsi Moms yang sedang menjalani diet rendah kalori dan program penurunan berat badan. Berikut manfaat beras hitam untuk diet.

8. Memberikan Efek Kenyang Lebih Lama

Beras hitam adalah sumber protein dan serat yang baik, makanya jangan heran manfaat beras hitam dapat membantu menurunkan berat badan.

Serat yang tinggi dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Selain itu, konsumsi beras hitam juga dapat menurunkan nafsu makan.

9. Menurunkan Persentase Lemak di Tubuh

Sebuah penelitian yang dilakukan kepada hewan menunjukan bahwa kandungan antosianin yang ada di dalam beras merah dapat membantu mengurangi berat badan dan persentase lemak di dalam tubuh.

Manfaat beras hitam untuk diet akan semakin tinggi efeknya jika dicampurkan dengan beras merah. Dalam sebuah penelitian selama 6 minggu pada 40 wanita dengan berat badan berlebih, mereka yang makan campuran beras merah dan hitam hingga 3 kali sehari dan membatasi makanan, lemak tubuhnya berkurang secara signifikan dibandingkan dengan mereka yang konsumsi nasi putih.

Moms yang memang ingin diet bisa mengganti beras putih menjadi beras hitam. Karena manfaat beras hitam untuk diet akan lebih cepat terlihat hasilnya.

Baca Juga : Kriteria Beras Sehat Layak Konsumsi untuk Si Kecil

Manfaat Beras Hitam untuk Wajah

XX manfaat beras hitam

Foto : pinterest.com

Beras hitam juga dapat dirasakan manfaatnya untuk kecantikan. Kandungan protein peptida yang ada di dalam beras hitam dapat mencerahkan kulit wajah. Tak heran, kalau beras hitam sering diolah menjadi masker.

Moms, berikut manfaat beras hitam untuk wajah yang wajib diketahui. Bisa dicoba di rumah ya Moms.

10. Memutihkan Kulit Wajah

Moms pasti ingin memiliki wajah yang putih dan cerah. Moms dapat mencoba manfaat beras hitam agar wajah Moms terlihat semakin putih.

Kandungan protein peptida yang ada di dalam beras putih dapat memberikan efek cerah pada kulit, sehingga terlihat semakin putih.

11. Mengatasi Jerawat

Manfaat beras hitam untuk wajah adalah mengatasi jerawat. Seperti yang diketahui, jerawat merupakan salah satu masalah wajah yang sering dihadapi ya Moms.

Kandungan alatonin yang ada di dalam beras hitam dapat membantu mengatasi masalah jerawat. Karena kandungan tersebut memiliki sifat anti inflamasi sehingga dapat mengurangi peradangan pada wajah.

12. Mengencangkan Kulit

Seiring bertambahnya usia, kandungan kolagen yang ada di kulit pun akan semakin menurun. Hal ini menyebabkan elastisitas kulit semakin menurun dan kulit menjadi kendur.

Moms dapat mencoba manfaat beras hitam yang dapat mengencangkan kulit.

13. Mengecilkan Pori

Pori-pori yang membasar dapat menyebabkan kulit lebih banyak memproduksi minyak di wajah. Sehingga, wajah terlihat kusam dan mudah tumbuh jerawat.

Selain itu, Moms juga akan kesulitan saat mengaplikasikan riasan di wajah. Untuk mengurangi hal ini, Moms dapat memanfaatkan masker beras hitam, karena salah satu manfaat beras hitam adalah mengecilkan pori di wajah.

14. Menghilangkan Flek Hitam

Masalah kulit wajah lain yang sering terjadi adalah timbulnya flek hitam. Biasanya, flek hitam muncul karena terlalu sering terkena sinar matahari.

Moms yang memiliki masalah flek hitam dapat mencoba manfaat beras hitam sebagai scrub untuk mengurangi masalah ini. Selain itu, Moms juga tetap perlu mengaplikasikan sunscreen saat akan keluar rumah di siang hari.

15. Mudah Dimasak Menjadi Berbagai Hidangan

XX manfaat beras hitam

foto : pinterest.com

Memasak beras hitam itu mudah dan mirip dengan memasak beras yang lain. Moms bisa memasaknya hanya dengan air atau kaldu saja.

Baca Juga : 5 Jenis Beras yang Ada di Indonesia, yang Mana Favorit Moms?

Beras Hitam Mudah Dimasak dan Disiapkan

XX manfaat beras hitam

Foto : pinterest.com

Selain manfaat beras hitam yang banyak, memasak jenis beras ini juga mudah dan mirip dengan memasak nasi dalam bentuk lain.

Untuk menyiapkannya, cukup campurkan nasi dan air atau kaldu dalam panci dengan api sedang-besar.

Setelah mendidih, tutupi dan kecilkan api hingga mendidih. Masak nasi selama 30-35 menit, atau sampai empuk, kenyal, dan semua cairannya terserap.

Angkat wajan dari api dan diamkan nasi selama 5 menit sebelum membuka tutupnya. Gunakan garpu untuk membantu mengembang nasi sebelum disajikan.

Kecuali ditentukan lain pada kemasannya, untuk setiap 1 cangkir (180 gram) beras hitam mentah, gunakan 2 1/4 cangkir (295 ml) air atau kaldu.

Agar nasi tidak bergetah saat dimasak, disarankan untuk membilas nasi dengan air dingin sebelum dimasak untuk menghilangkan sebagian pati ekstra di permukaannya.

Setelah nasi siap, Moms dapat menggunakannya di hidangan apa pun yang menggunakan nasi merah, seperti di mangkuk biji-bijian, tumis, salad, atau puding nasi.

Moms, sudah tahukan manfaat beras hitam apa saja? Moms yang ingin hidup lebih sehat bisa mengganti beras putih dengan beras hitam ya Moms.

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait