Kesehatan

NaN undefined NaN

Manfaat Beras Kencur untuk Kesehatan

Beras kencur bagus diminum oleh anak-anak untuk meningkatkan napsu makan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Orami

Kencur atau jahe aromatik adalah salah satu tanaman herbal umum yang biasa dicampur dalam masakan Indonesia dan dipakai dalam bahan minuman tradisional, jamu. Kencur ini merupakan tanaman dalam keluarga jahe yang ditemukan terutama di daerah terbuka di Indonesia, Cina selatan, Taiwan, dan Kamboja.

Beberapa masakan tradisional Indonesia menggunakan kencur sebagai ramuan utamanya. Seperti urap (masakan campuran sayuran dengan kelapa parut), pecel, rempeyek, dan tumisan lainnya.

Baca Juga: Hati-hati, Tidak Semua Pengobatan Tradisional Cocok Untuk Anak

Selain rasanya yang nikmat, kencur juga mengandung banyak nutrisi, seperti sumber seng, pati, etil aster, paraeumarin, borneol, mineral, asam sinamat, dan nutrisi lain yang menjadi alasan mengapa kencur banyak digunakan sebagai obat tradisional sejak lama, terutama di Asia Tenggara.

Bahkan manfaat dari kencur untuk kesehatan juga sangat banyak lho Moms. Berikut manfaatnya.

Membantu Merangsang Nafsu Makan

manfaat beras kencur

Foto: parenting.firstcry.com

Mengutip dari drhealthbenefits.com, manfaat beras kencur yang pertama adalah membantu membangkitkan nafsu makan.

Khusus untuk anak kecil, kencur adalah stimulan yang efektif untuk nafsu makan mereka. Rasa kencur menyenangkan untuk anak-anak. Kandungan minyak atsiri dalam kencur dapat membantu merangsang nafsu makan pada anak-anak.

Membantu Menebalkan Dinding Perut

manfaat beras kencur

Foto: medium.com

Jika dikonsumsi sehari-hari, manfaat beras kencur selanjutnya dapat membantu menebalkan dinding perut, yang terdiri dari mukosa luar dan dalam, muscularis externa, dan serosa. Jadi, beras kencur bermanfaat untuk pasien gastritis yang menderita kerusakan dinding lambung.

Baca Juga: 4 Manfaat Bayam untuk Kesehatan

Dikutip dari berbagai sumber, obat gastritis dapat menyebabkan dinding perut manusia menjadi lebih rentan.

Meningkatkan Energi

manfaat beras kencur

Foto: eatright.org

Dilansir dari laman Indo Indians, manfaat beras kencur sangat baik untuk meningkatkan energi tubuh.

Rebus 2 cm kencur dengan satu gelas air, dan minum setiap malam sebelum tidur. Di pagi hari, tubuh kita akan terasa lebih segar dan energik.

Bahkan Tibet dan Jepang memakai beras kencur terutama dalam formula untuk meningkatkan energi dan kesadaran, mengatasi kelelahan, dan menciptakan lingkungan internal yang damai dan kontemplatif.

Obat Batuk

manfaat beras kencur

Foto: health.com

Jika Si Kecil sedang batu, Moms bisa menggunakan beras kencur untuk menyembuhkan gejala awal batuk. Cukup cuci akar kencur, kupas, dan parut.

Baca Juga: 6 Cara Alami Obati Batuk Pada Balita

Letakkan kencur parut di atas kain, dan peras untuk mendapatkan jusnya. Tambahkan sedikit jeruk nipis dan madu secukupnya, dan minum minuman beras kencur ini tiga kali sehari sampai gejalanya mereda.

Meningkatkan Vitalitas

manfaat beras kencur

Foto: pontemedireland.com

Untuk konsumen pria, manfaat beras kencur adalah untuk meningkatkan vitalitas dan memulihkan stamina. Dengan demikian, pria tidak akan mudah lelah setelah melakukan aktivitas yang intens.

Itu dia manfaat beras kencur bagi kesehatan tubuh kita. Jika Moms tidak suka mencampurkannya dalam hidangan, Moms bisa meminum beras kencur yang dijual tukang jamu tradisional.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait