Kesehatan

KESEHATAN
15 Agustus 2020

Benarkah Dandan Bisa Bikin Lebih Percaya Diri?

Selain dapat mempercantik diri, dandan ternyata bisa bikin lebih percaya diri, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Mau pergi bekerja ke kantor atau datang ke acara-acara tertentu, wanita banyak menggunakan makeup sebagai penunjang penampilannya.

Industri kecantikan juga sekarang semakin berkembang, bisa Moms lihat sendiri makeup sudah dikenal luas dan bisa diaplikasikan oleh siapa saja.

Memakai makeup atau berdandan sering hanya dianggap sebagai hobi semata, padahal manfaatnya jauh lebih dari dalam daripada itu.

Berdandan ternyata mampu meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Benarkah demikian? Coba simak ulasan berikut ini, ya, Moms!

Manfaat Berdandan untuk Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Alasan Dandan Bisa Bikin Lebih Percaya Diri-1.jpg

Foto: freepik.com

Moms, tidak dapat dipungkiri bahwa makeup sudah menjadi standar kecantikan dari berbagai budaya.

Melalui berdandan, wanita memang dapat menonjolkan bagian-bagian dari wajahnya dan menyembunyikan bagian yang mungkin dianggap kurang menarik.

Bibir merah dengan lipstik, kulit yang mulus, pipi merona alami menjadi daya tarik tersendiri bagi wanita.

Psychology Today mengungkapkan, berdandan mengubah kesan tentang seorang wanita.

Wanita yang berdandan dianggap lebih percaya diri daripada yang tidak memakai makeup.

Disebutkan juga bahwa wanita yang berdandan memiliki pekerjaan lebih bergengsi dibandingkan bagi mereka yang tidak memakai makeup.

Baca Juga: Iritasi karena Makeup, Ini Penyebabnya Moms

Manfaat berdandan sebenarnya sama dengan ketika Moms memakai pakaian yang rapi dan trendi.

“Ketika seseorang memakai makeup atau berpakaian sesuai tren, maka mereka mampu meningkatkan suasana hati. Saat mampu mengendalikan suasana hati, maka hal tersebut membawa kesejahteraan untuk mereka,” ungkap Dr. Stewart Shankman, kepala psikologi di Northwestern Memorial Hospital.

Indian Journal of Psychiatry juga mengungkapkan, wanita yang berdandan ternyata berpengaruh pada kepercayaan diri bahwa mereka memiliki daya tarik yang positif di depan orang lain.

Secara tidak langsung, berdandan mampu mengubah dirinya secara pribadi yang akhirnya meningkatkan rasa percaya diri.

Semua Bergantung pada Penilaian Diri

Alasan Dandan Bisa Bikin Lebih Percaya Diri-2.jpg

Foto: freepik.com

Manfaat berdandan bisa menjadi maksimal ketika seseorang memiliki self-esteem (harga diri) yang positif.

Jurnal Social Forces menyebutkan, self-esteem adalah bentuk evaluasi yang diberikan kepada diri sendiri, berhubungan dengan kompetensi dan nilai.

Sederhananya, ketika Moms menganggap diri sendiri sebagai sesuatu yang bernilai, maka Moms memiliki self-esteem yang positif.

Sebaliknya, ketika Moms memiliki penilaian diri atau tidak menghargai diri sendiri, maka artinya Moms memiliki self-esteem yang negatif. Lantas, apa hubungannya hal ini dengan berdandan?

Studi oleh Department of Fashion Design, Pukyong National University, Busan, Korea, mengungkapkan kepuasan memakai makeup bergantung pada penilaian diri Moms sendiri.

Baca Juga: Perhatikan 3 Hal Ini saat Anak Mulai Suka Berdandan

Manfaat berdandan bisa dirasakan ketika memiliki self-esteem yang positif.

Berdandan menjadi kegiatan yang menyenangkan, dapat meredakan stres atau ketegangan, dan membuat menjadi lebih percaya diri.

Namun, ketika dari awalnya sudah memiliki self-esteem negatif, maka tidak akan ada yang namanya kepuasan dalam berdandan.

Moms akan terus-menerus merasa kurang, tidak percaya diri, mood tidak stabil, dan sering merasa cemas.

Tidak peduli seberapa bagus makeup yang digunakan, seseorang dengan self-esteem negatif akan selalu melihat dari kacamata negatif tentang dirinya.

Self-esteem negatif harus segera diatasi, karena kalau tidak akan memengaruhi kesehatan mental. Cara paling mudah untuk memperbaiki self-esteem adalah menuliskan hal-hal positif tentang diri sendiri.

“Coba mulai tulis hal-hal positif tentang diri sendiri, dan tuliskan hal-hal baik yang orang lain katakan tentang kamu. Cara sederhana ini akan membangun penilaian diri lebih positif,” ungkap Dr. Chris Williams, Profesor Psikiatri Psikososial di University of Glasgow.

Baca Juga: 4 Zodiak yang Paling Percaya Diri, Ada Zodiak Moms?

Nah, jadi yuk mulai sekarang berikan penilaian positif terhadap diri sendiri. Selain itu, tidak ada salahnya untuk berdandan demi meningkatkan rasa percaya diri.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait