Pernikahan & Seks

PERNIKAHAN & SEKS
12 Januari 2021

9 Manfaat Berhubungan Setiap Hari, Semakin Mesra dan Sehat!

Apakah hubungan seks yang rutin dapat memberikan manfaat?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Amelia Puteri

Sesi hubungan intim Moms dan Dads adalah waktu yang spesial untuk dihabiskan berdua.

Hubungan intim, seperti namanya, dapat mempererat hubungan fisik maupun emosional bagi pasangan. Seberapa sering Moms dan Dads berhubungan intim?

Berhubungan intim dengan pasangan boleh menjadi waktu yang paling ditunggu-tunggu dan mungkin direncanakan oleh Moms dan Dads.

Mungkin Moms atau Dads ingin selalu mencoba posisi seks baru, atau sekedar ingin bercinta setiap hari tanpa merasa bosan. Hal ini pun memberikan ragam manfaat berhubungan setiap hari.

Yuk, cari tahu apa saja manfaat berhubungan seks setiap hari bersama pasangan berikut ini!

Baca Juga: Sering Anyang-anyangan Setelah Berhubungan Seks? Ini Penyebabnya!

Ragam Manfaat Berhubungan Setiap Hari

Tidak hanya menjadikan hubungan Moms dan Dads makin mesra, simak apa saja manfaat lain jika berhubungan setiap hari berikut ini.

1. Membangun Keintiman

Hubungan seks dapat meningkatkan keintiman

Foto: Orami Photo Stocks

Tidak hanya secara fisik, namun manfaat berhubungan setiap hari juga dapat membangun keintiman antara Moms dan Dads secara emosional.

Hubungan seksual tidak hanya tentang keintiman secara fisik, tetapi juga dapat membantu memperkuat ikatan emosi antara pasangan.

Memiliki hubungan yang sehat berarti diperlukan kedua pihak untuk saling mengerti secara emosional. Berhubungan seksual adalah salah satu cara untuk dapat membantu meningkatkan keintiman emosional.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat berhubungan setiap hari juga berkaitan dengan kesehatan jantung, terutama bagi Moms.

Studi Is Sex Good for Your Health? menunjukkan potensi manfaat kesehatan yang muncul dari kegiatan seksual yang dilakukan bersama pasangan.

Hasilnya, wanita yang aktif secara seksual memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah di kemudian hari.

Namun, bagi Moms dan Dads yang memiliki masalah jantung, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat rekomendasi seberapa sering dan intensitas hubungan seksual yang dapat dilakukan.

3. Meningkatkan Imunitas

Orgasme meningkatkan kekuatan imun tubuh

Foto: Orami Photo Stocks

Memiliki level antibody immunoglobulin A (IgA) yang meningkat jumlahnya merupakan manfaat berhubungan setiap hari.

Artinya, tubuh Moms dan Dads dapat melawan penyakit seperti pilek dan demam lebih baik.

Dilansir dari Medical News Today, penelitian Sexual Frequency and Salivary Immunoglobulin A (IgA) menemukan hubungan antara meningkatnya level IgA dalam sistem tubuh responden wanita yang rutin berhubungan seksual sebanyak sekali atau dua kali per minggu.

Untuk menjaga kekuatan imun, sebaiknya tetap menjalankan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan yang sehat, tetap aktif, dan tidur yang cukup.

Baca Juga: 5 Makanan Peningkat Gairah Seksual yang Wajib Dicoba

4. Mengurangi Stres

Mencapai kepuasan seksual atau orgasme, membuat tubuh merilis hormon oxytocin, endorphins, dan hormon lainnya yang dapat membuat Moms dan Dads merasa bahagia.

Manfaat berhubungan setiap hari ini didukung oleh penelitian terhadap 183 pasangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mengekspresikan keintiman dengan pasangan, secara seksual maupun tidak, dapat menurunkan kadar kortisol ke level normal.

Hormon kortisol adalah hormon yang timbul secara alami sebagai respon tubuh terhadap stres.

Keintiman dengan berhubungan seksual dapat memicu tubuh memproduksi hormon-hormon oksitosin, endorfin, dan lain-lain untuk menyeimbangkan level kortisol dalam tubuh, sehingga dapat disimpulkan, berhubungan seksual adalah cara untuk mengurangi stres secara alami.

5. Mengurangi Rasa Sakit

Orgasme dapat merilis hormon-hormon bahagia

Foto: Orami Photo Stocks

Hormon oksitosin dan endorfin akan diproduksi oleh tubuh lima kali lipat ketika Moms dan Dads akan mencapai klimaks, sehingga manfaat berhubungan setiap hari dapat mengurangi bahkan menghilangkan rasa sakit.

Salah satu efek dari hormon endorphin adalah mengurangi rasa sakit pada tubuh.

Jadi jika Moms dan Dads merasakan sakit kepala, kram perut akibat menstruasi, atau sakit pada bagian tubuh lainnya, bukanlah penghalang untuk berhubungan intim dengan pasangan, ya!

6. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Aktivitas seksual membuat jantung berdetak lebih kencang seperti saat berolahraga. Karena jantung memompa darah lebih cepat, manfaat berhubungan setiap hari juga baik untuk sirkulasi darah.

Darah yang segar mengalir ke organ dan sel tubuh, menggantikan sel darah yang sudah lama, bersamaan dengan itu, darah juga membuang racun dan material lain yang dapat menyebabkan tubuh terasa lelah.

Penelitian lain juga menunjukkan hubungan seksual yang rutin dapat menurunkan tekanan darah sistolik.

Baca Juga: 4 Manfaat Seks dalam Pernikahan, Luar Biasa!

7. Tidur Lebih Nyenyak

Orgasme dapat membuat tidur lebih nyenyak

Foto: Orami Photo Stocks

Merasa tidur lebih nyenyak setelah mencapai klimaks? Ternyata manfaat berhubungan setiap hari juga berpengaruh terhadap kualitas tidur.

Setelah mencapai orgasme, hormon prolactin akan dirilis dalam tubuh, hormon ini membuat tubuh merasa rileks dan mengantuk.

Efek ini akan dirasakan oleh Dads lebih cepat, karena setelah mencapai orgasme, tubuh pria akan memicu produksi hormon-hormon yang membuat perasaan bahagia.

Dampaknya, tubuh merasa bebas dari stres dan beban pikiran, otak Dads juga secara otomatis akan mengirim sinyal untuk tidur.

Tidur yang cukup adalah hal penting yang dapat mempengaruhi kesehatan manusia secara keseluruhan, sehingga manfaatkanlah efek dari berhubungan seksual sebagai pengantar tidur yang lebih alami.

8. Meningkatkan Level Hormon

Selain meningkatkan detak jantung, manfaat berhubungan setiap hari juga berkaitan dengan menjaga level hormon estrogen dan testosterone agar tetap seimbang.

Alasannya, jika salah satu hormon ini turun, maka kesehatan juga akan terpengaruh, misalnya saja menjadi lebih rentan terkena osteoporosis atau penyakit jantung.

Pada pria, hormon testosteron mengontrol gairah seksual, membangun otot dan tulang yang kuat, menjaga kesehatan jantung, dan menjaga level kolesterol.

Pada wanita, hormon estrogen melindungi tubuh dari penyakit jantung dan menentukan wangi tubuh secara alami.

Baca Juga: Catat, Ini Cara Aman Berhubungan Intim Setelah Operasi Besar

9. Mengurangi Risiko Kanker Prostat

Kurangi risiko kanker prostat dengan sering ejakulasi

Foto: Orami Photo Stocks

Pada 2004, dilakukan penelitian yang menemukan hubungan antara frekuensi ejakulasi dengan risiko kanker prostat pada 30.000 orang pria.

Hasilnya, ditemukan pada mereka yang ejakulasi sebanyak 21 kali dalam sebulan memiliki risiko kanker yang lebih kecil dibandingkan dengan pria yang berejakulasi hanya 4-7 kali dalam sebulan. Berselang 10 tahun kemudian, di tahun 2016 penelitian lanjutan dilakukan dan masih mendukung hasil kesimpulan penelitian yang sama.

Nah, Dads jadi tidak ragu dengan manfaat berhubungan setiap hari, kan?

Baca Juga: Kanker Prostat VS Infertilitas Pria

Apakah Berhubungan Setiap Hari Normal?

Hubungan intim tidak hanya dengan hubungan seksual

Foto: Orami Photo Stocks

Hubungan seksual tidak hanya memenuhi kebutuhan fisik, tetapi juga membangun koneksi emosional pada pasangan.

Hubungan seksual antara Moms dan Dads tidak harus menjadi sebuah kewajiban atau rutinitas yang dipaksakan.

Frekuensi hubungan seksual dapat ditentukan berdasarkan kesepakatan Moms dan Dads dan tanpa paksaan salah satu pihak.

Hubungan seksual yang berlebihan memiliki beberapa tanda, misalnya mengganggu kehidupan sehari-hari dan pekerjaan, melupakan tanggung jawab finansial dan rumah tangga, atau menyebabkan iritasi atau inflamasi pada genital.

Membangun keintiman tidak hanya dengan hubungan seks saja, sekedar ciuman dan berpelukan setiap hari juga dapat menggantikan peran hubungan seks untuk membangun koneksi fisik dan emosional dalam hubungan suami istri.

Inilah manfaat berhubungan setiap hari bagi Moms dan Dads. Apakah tertarik untuk memasukkan hubungan seksual dalam jadwal harian?

Artikel Terkait