Kesehatan Umum

28 Juli 2021

15+ Manfaat Biji Nangka untuk Kesehatan, Salah Satunya Meningkatkan Kenikmatan Seksual!

Biji nangka juga bisa mencegah anemia dan bagus untuk kesehatan kulit, tulang hingga rambut lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms dan Dads mungkin pernah mendengar tentang manfaat buah nangka. Ya, nangka adalah buah pohon terbesar di dunia, mampu tumbuh besar dan berat juga memiliki protein dan nutrisi seperti vitamin B termasuk kalium. Tapi, tahukah kalian manfaat biji nangka juga ada?

Biji ini kaya akan thiamin dan riboflavin yang membantu mengubah makanan yang Anda makan menjadi energi dan menjaga kesehatan mata, kulit, dan rambut.

International Journal of Food Science juga mengungkap manfaat biji nangka yaitu sejumlah kecil mineral seperti seng, besi, kalsium, tembaga, kalium, dan magnesium. Biji nangka mengandung senyawa yang memiliki efek antimikroba, yang dapat membantu mencegah kontaminasi bakteri penyebab penyakit bawaan makanan.

Manfaat Biji Nangka

Manfaat biji nangka telah digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok sebagai afrodisiak dan pengobatan untuk masalah pencernaan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini manfaat biji nangka yang perlu Moms dan Dads ketahui:

1. Membantu Pencernaan

Ilustrasi pencernaan sehat

Manfaat biji nangka yang pertama adalah miliki sifat antipasmodik berguna untuk mengurangi pelepasan gas berbahaya diperut sehingga melegakan diri dari perut kembung, diare, sakit perut, dan sindrom iritasi usus besar.

Biji nangka juga kaya akan serat sehingga meningkatkan penyerapan nutrisi dan meningkatkan kemampuan dari pencernaan. Serat dari manfaat biji nangka ini akan melewati saluran pencernaan dan membantu menormalkan gerakan usus.

Terlebih lagi, serat dianggap sebagai prebiotik, yang berarti membantu memberi makan bakteri menguntungkan di usus. Sejumlah penelitian yang diterbitkan oleh World Journal of Gastroenterology, mengungkap serat telah menemukan bahwa meningkatkan asupan serat dapat membantu meringankan sembelit .

2. Mencegah Anemia

Mencegah anemia

Kehadiran konsentrasi zat besi yang sangat baik, merupakan komponen penting untuk sintesis hemoglobin, manfaat biji nangka sangat penting untuk mengobati dan mencegah anemia dan kelainan darah lainnya. Tak hanya itu, biji nangka juga bisa meningkatkan kekebalan, meningkatkan produksi sel darah merah dan mencegah penyakit.

Cobalah minum segelas air hangat yang diresapi dengan bubuk biji nangka untuk mengatasi anemia dan infeksi lainnya.

Baca Juga: 8 Buah untuk Menenangkan Kram Perut saat Haid

3. Meningkatkan Imunitas

Menjaga imunitas

Sarat dengan sifat anti-bakteri dan anti-virus dan nutrisi seperti Vitamin A dan C, manfaat biji nangka membantu menghindari infeksi dan bertindak sebagai perisai pelindung dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Jacalin, protein yang berasal dari biji nangka bahkan telah terbukti secara ilmiah efektif dalam memperkuat kekebalan terhadap strain virus HIV. Ini juga mencegah penyakit bawaan makanan dan mengobati berbagai jenis infeksi jamur, bakteri dan virus.

4. Bisa memiliki efek antimikroba

Mencegah bakteri E.Coli

Dalam pengobatan tradisional, manfaat biji nangka terkadang digunakan untuk meredakan diare. Faktanya, penelitian International Journal of Food Science telah menunjukkan bahwa biji nangka mungkin memiliki efek antibakteri.

Satu studi menemukan bahwa permukaan biji nangka ditutupi dengan partikel kecil yang bertindak sebagai agen antibakteri. Ini menguji partikel-partikel ini terhadap bakteri umum, seperti E. coli, dan menyimpulkan bahwa biji nangka memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi agen terapeutik untuk mencegah penyakit bawaan makanan.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menyelidiki manfaat biji nangka sebagai antimikroba selanjutnya.

Baca Juga: 5 Resep sayur Nangka Rumahan, Dijamin Enak dan Mudah Dibuat!

5. Bagus untuk Kulit dan Rambut

Baik untuk kulit

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat biji nangka ini kaya akan antioksidan dan vitamin C yang artinya bisa melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas yang disebabkan oleh sinar matahari. Tak hanya itu, manfaat biji nangka ini juga bisa mengobati tanda penuaan seperti kerutan, bintik-bintik, garis halus, lingkaran hitam dan lainnya.

Selain itu, konsumsi biji nangka juga membantu dalam pembentukan kolagen dan mengobati berbagai masalah kulit seperti jerawat, infeksi dan memberikan efek kulit yang halus serta bercahaya.

Selain kulit, manfaat biji nangka juga bermanfaat untuk rambut karena sifat anti-mikroba bijinya mengobati berbagai infeksi kulit kepala dan rambut. Ini memelihara folikel rambut dengan nutrisi penting, meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat rambut dari akar. Ini juga mencegah rambut rontok dan patah karena stres dan kecemasan.

6. Dapat menurunkan kadar kolesterol

kadar kolesterol LDL - 1.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Penelitian juga menunjukkan bahwa manfaat biji nangka dapat meningkatkan kadar kolesterol. Efek ini kemungkinan besar dikaitkan dengan kandungan serat dan antioksidannya yang tinggi.

Peningkatan kadar kolesterol LDL (jahat) dikaitkan dengan tekanan darah tinggi, diabetes, dan peningkatan risiko penyakit. Sebaliknya, kadar kolesterol HDL (baik) yang lebih tinggi ternyata memiliki efek melindungi jantung.

Sebuah penelitian International Journal of Biological pada tikus menemukan bahwa mereka yang makan lebih banyak biji nangka telah mengurangi kadar kolesterol LDL (jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (baik), dibandingkan dengan tikus yang makan lebih sedikit biji nangka.

Penelitian di bidang ini terbatas pada penelitian pada hewan, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut pada manusia.

7. Meningkatkan Penglihatan

Untuk penglihatan

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat biji nangka selanjutnya adalah miliki vitamin A yang bagus untuk meningkatkan penglihatan. Asupan biji nangka rebus atau bubuk biji secara teratur mencegah penyakit mata seperti rabun senja dan xeropthalmia.

8. Tingkatkan Kenikmatan Seksual

Tingkatkan seksualitas

Foto: Orami Photo Stock

Sumber-sumber tertentu menyatakan bahwa zat besi dalam biji nangka dapat merangsang kenikmatan seksual. Bahkan, manfaat biji nangka telah digunakan dalam pengobatan tradisional Asia untuk mengobati gangguan seksual. Bijinya dapat dipanggang seperti kastanye dan dianggap sebagai afrodisiak oleh beberapa ahli.

Baca Juga: 5 Tips Foreplay Agar Bercinta Lebih Tahan Lama

9. Membangun Otot

sakit otot

Foto: Orami Photo Stock

Protein dalam biji nangka dapat membantu dalam membangun otot. Tapi belum diketahui mereka bisa menjadi pengganti sumber protein biasa. Namun, dapat menambah asupan protein dengan menambahkan biji nangka ke dalam makanan .

10. Sarat dengan Kalium

Kalium rendah

Foto: Orami Photo Stock

Biji nangka memiliki jumlah potasium yang besar. Nutrisi semacam ini dikenal dapat membantu menurunkan risiko tekanan darah, gangguan ginjal, bahkan meredakan kecemasan dan stres. Jadi, Moms dan Dads perlu mengonsumsi makanan kalium ini karena memberi kalian mineral untuk mendapatkan manfaat kesehatan terbaik.

11. Pilihan Menu Diet

biji nangka untuk menu diet

Foto: Orami Photo Stock

Padahal, untuk mendapatkan tubuh yang sehat, kita harus melakukan beberapa cara jitu. Punya pengetahuan tentang gaya hidup sehat tentu akan sangat membantu.

Salah satu gaya hidup sehat yang menjadi perhatian sebagian besar masyarakat adalah tentang diet. Salah satu menu yang bisa Moms coba adalah biji nangka. Serat dalam manfaat biji nangka membantu menyeimbangkan kesehatan tubuh.

Baca Juga: 7 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

12. Camilan Sehat

Ilustrasi buah nangka

Foto: Orami Photo Stock

Sebagian besar orang ingin makan camilan sehat. Namun, mereka cenderung bingung karena camilan mungkin bukan pilihan yang baik untuk meningkatkan kesehatan.

Siapa sangka jika biji nangka adalah salah satu pilihan camilan sehat. Biji nangka ternyata punya rasa yang enak dan mengandung nutrisi yang bermanfaat.

Selain itu, biji nangka juga rendah kalori dan lemak lho Moms. Jadi, setiap kali merasa lapar, makanlah biji nangka rebus untuk mendapatkan camilan yang sehat dan enak.

13. Mencegah Kanker

Ilustrasi kanker

Foto: Orami Photo Stock

Karena biji nangka bertindak sebagai antioksidan, ini telah terbukti dapat mencegah kanker. Faktanya, biji nangka memiliki fitonutrien dan flavonoid yang memberikan perlindungan dari kanker.

Juga, melindungi tubuh kita dari radikal bebas yang merusak DNA sel Moms serta Dads dan memproduksi sel kanker. Diduga, antioksidan yang terkandung akan menetralisirnya dan melindungi tubuh dari kerusakan.

Untuk meringkas, Moms serta Dads mungkin harus makan biji nangka karena akan memperlambat degenerasi sel-sel tubuh dan bertindak sebagai sifat anti-kanker.

14. Cegah Kanker Usus Besar

Cegah kanker usus besar

Foto: Orami Photo Stock

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, manfaat biji nangka membantu Moms serta Dads untuk mencegah risiko kanker. Kemudian, ditunjukkan bahwa bagian buah ini menurunkan risiko terkena kanker usus besar. Dengan demikian, ia menurunkan efek toksin di usus besar dan melindungi tubuh dari sel kanker usus besar. Luar biasa, bukan?

Baca Juga: 4 Manfaat Bayam untuk Kesehatan

15. Mencegah Asma

Ilustrasi asma

Foto: Orami Photo Stock

Asma umumnya dikenal sebagai masalah kesehatan pada sistem pernapasan termasuk bagian bronkus. Dalam kebanyakan kasus, orang yang menderita asma alergi terhadap partikel debu. Di sisi lain, beberapa pengobatan telah ditemukan untuk menyembuhkan penyakit ini. Namun, ada baiknya juga mengonsumsi biji nangka untuk mencegah risiko asma.

16. Cocok untuk Tulang yang Baik

Sehatkan tulang

Foto: Orami Photo Stock

Bukan hanya kalsium yang berfungsi menjaga kesehatan tulang lho Moms. Ada juga potasium. Nah, biji nangka ini ternyata mengandung potasium yang baik untuk kesehatan tulang.

Bukan hanya itu, biji nangka juga mengandung magnesium untuk membantu membangun dan memperkuat tulang serta kalium untuk meningkatkan kepadatan tulang serta mengaragi hilangnya kalsium melalui ginjal.

Itu dia beberapa manfaat biji nangka jika dikonsumsi, kira-kira Moms dan Dads mau mencoba tidak?

  • https://www.researchgate.net/publication/333735641_Jackfruit_seed_an_accompaniment_to_functional_foods
  • https://drhealthbenefits.com/food-bevarages/fruits/health-benefits-of-jackfruit-seeds
  • https://www.healthline.com/nutrition/jackfruit-seeds#uses
  • https://www.semanticscholar.org/paper/Plasma-Lipid-Profiles-and-Atherogenic-Indices-of-at-Okafor-Ezeanyika/40dc61cc216efcaa19e2609429b65a3909dd8f1e?p2df – International Journal of Biology
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6339770/ Interanational Journal of Food Science
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6339770/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3544045/ - World Journal of Gastroencology
  • https://www.hort.purdue.edu/newcrop/morton/jackfruit_ars.html
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6339770/
  • https://food.ndtv.com/health/6-remarkable-benefits-of-jackfruit-seeds-1667345
  • https://wellnessmunch.com/benefits-preservation-uses-of-jackfruit-seeds/
  • https://www.sentinelassam.com/topheadlines/here-are-some-incredible-benefits-of-jackfruit-seeds-493315
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait