Kesehatan

3 April 2021

Ini Ragam Manfaat Buah Belimbing, Salah Satunya Terkait Kanker Moms!

Buah belimbing memiliki berbagai manfaat, salah satunya mendukung kesehatan jantung
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Amelia Puteri

Moms, yuk cari tahu manfaat buah belimbing untuk kesehatan, dan manfaat belimbing wuluh untuk ibu hamil.

Kadang ada rasa bosan saat harus memakan buah, meski buah termasuk dalam kategori makanan sehat. Itu bisa saja terjadi saat Moms hanya mencoba buah yang itu-itu saja.

Untungnya, ada banyak buah lezat lainnya untuk menambah variasi dalam makanan Moms, salah satunya buah belimbing. Ada segudang manfaat buah belimbing yang bisa dicari tahu, lho!

Buah belimbing yang memiliki rasa asam dan manis ini memiliki bentuk unik seperti bintang dengan lima titik saat dipotong-potong.

Kulitnya yang bisa dimakan dan dagingnya memiliki rasa asam yang ringan dan segar, membuatnya semakin banyak peminat karena bisa dimakan utuh atau menjadi tambahan dengan makanan lain.

Buah belimbing biasanya akan berwarna kuning atau hijau dan memiliki dua jenis, yakni varietas asam yang lebih kecil dan lebih manis yang memiliki ukuran lebih besar.

Belimbing memiliki beragam jenis yang bervariasi dalam hal warna, ukuran, dan tingkatan rasa manis. Beberapa varietas belimbing ada yang memiliki rasa manis dan ada pula yang asam. Varietas tertentu mengandung biji yang dapat dimakan, meskipun kebanyakan orang lebih suka membuangnya.

Kebanyakan varietas belimbing berasal dari Florida, Taiwan, Malaysia, Indonesia, atau Hawaii. Beberapa contohnya termasuk Erlin, Demak, Pasi, Golden Star, Maha, atau Cheng Chui

Buah belimbing terbaik adalah yang berwarna kuning cerah dan tegas. Buah belimbing hijau menunjukkan bahwa buah tersebut belum matang dan kurang enak jika dikonsumsi.

Buah belimbing dapat disimpan dalam kantong plastik dan disimpan di lemari es dan bisa tahan dengan kondisi yang baik hingga 21 hari. Sebelumnya, cuci bersih buah belimbing dengan air yang mengalir sebelum mengiris atau memmotongnya.

Buah belimbing yang telah potong sebaiknya diletakkan kembali di lemari es dalam wadah tertutup dan bisa tetap dikonsumsi dalam beberapa hari selanjutnya.

Lalu, seperti apa nutrisi dan manfaat buah belimbing? Cari tahu lebih lanjut lewat artikel berikut ini.

Baca Juga: Benarkah Makan Belimbing Saat Hamil Sangat Bermanfaat?

Nutrisi dalam Buah Belimbing

6 Manfaat Buah Belimbing -1

Foto: Orami Photo Stock

Menurut US Department of Agriculture (USDA) dalam 1 cangkir atau 132g buah belimbing mengandung:

  • Kalori: 41
  • Lemak: 0.4g
  • Sodium: 2.6mg
  • Karbohidrat: 8,9g
  • Serat: 3.7g
  • Gula: 5.3g
  • Protein: 1.4g
  • Karbohidrat: 9 gram
  • Lemak: 1/2 gram per cangkir
  • Protein: 1,4 gram

Buah juga belimbing merupakan sumber potasium, magnesium, kalsium, folat, selenium, tembaga, dan seng yang baik. Sedikit lemak pada belimbing termasuk beberapa vitamin yang larut dalam lemak, seperti vitamin E dan beta karoten.

Meski rendah kalori, buah belimbing tinggi serat dan vitamin C. Ini adalah buah yang sangat bergizi mengingat kandungan kalorinya yang rendah, dan cocok untuk Moms yang sedang menjalankan diet.

Buah belimbing juga mengandung zat lain yang membuatnya semakin sehat untuk dikonsumsi. Seperti quercetin, asam galat, dan epikatekin. Senyawa ini memiliki sifat antioksidan yang kuat dan memiliki berbagai manfaat kesehatan.

Senyawa tanaman dalam buah belimbing telah terbukti mengurangi risiko perlemakan hati dan kolesterol pada tikus, menurut penelitian di International Journal of Food Science and Nutrition.

Penelitian Advances In Pharmacological Science pada tikus juga mempelajari kemampuan buah belimbing dalam mencegah kanker hati.

Terlebih lagi, beberapa bukti dari penelitian pada hewan menunjukkan bahwa gula dalam buah belimbing dapat mengurangi peradangan, dikutip International Journal of Biological Macromolecules.

Malia Frey Malia Frey, seorang ahli diet, pelatih kesehatan bersertifikat, spesialis manajemen berat badan, pelatih pribadi, dan spesialis nutrisi kebugaran mengatakan meskipun buah belimbing menimbulkan bahaya bagi penderita penyakit ginjal, namun bagi yang lain belimbing adalah pilihan bergizi yang memiliki banyak manfaat kesehatan.

Berikut ini beberapa manfaat buah belimbing.

1. Membantu Mencegah Kanker

Manfaat buah belimbing bisa membantu cegah kanker. Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Dovepress membuat evaluasi terkait ada atau tidaknya perubahan dalam tubuh saat rutin mengkonsumsi buah belimbing.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti membandingkan sampel darah peserta tes setelah 2 minggu dan 4 minggu adanya peningkatan konsumsi buah belimbing.

Meskipun butuh waktu 4 minggu penuh untuk mencapai perbedaan terbesar, status antioksidan membaik karena peserta makan lebih banyak buah belimbing, khususnya meningkatkan kadar vitamin A dan C.

“Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian lagi, studi pendahuluan ini menunjukkan bahwa buah belimbing dapat melindungi Anda dari perkembangan kanker dengan melengkapi tubuh dengan senyawa penangkal radikal bebas,” kata dia.

2. Membantu Penyembuhan Luka

Mendapatkan cukup vitamin C sangat penting untuk produksi kolagen dan kemampuan tubuh untuk memperbaiki kerusakan jaringan dan luka lho, Moms.

Dengan lebih dari 45 miligram per cangkir, manfaat buah belimbing mempu memenuhi kebutuhan 75–90 miligram vitamin C per hari yang disarankan dan Buah belimbing adalah sumber vitamin C yang baik.

Vitamin C dapat membersihkan racun di dalam tubuh, dan kualitas anti-peradangannya membantu mengatasi kondisi kulit seperti dermatitis. Ini juga membantu tubuh melawan flu.

Mengkonsumsi sumber vitamin C yang kaya dapat secara signifikan membangun toleransi terhadap dingin dan kekuatan melawan infeksi.

Selain itu, vitamin C juga dibutuhkan tubuh untuk membuat kolagen yang terdapat di tulang, otot, dan tulang rawan. Ini juga membantu dalam menyerap nutrisi penting lainnya seperti zat besi.

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan penyakit kudis, kulit buruk, penyembuhan jaringan lambat dan kelelahan. Memasukkan buah belimbing dalam makanan akan memastikan kadar vitamin C selalu optimal.

Baca Juga: Mengenal Dermatomiositis, Penyakit Yang Sebabkan Radang Pada Kulit dan Otot

3. Mendukung Kesehatan Jantung

Manfaat buah belimbing memiliki beberapa nutrisi yang berkontribusi pada sistem kardiovaskular yang sehat.

Kalium yang terkandung dalam buah belimbing akan bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah, serat membantu menurunkan kolesterol, dan vitamin C, serta melindungi dari kerusakan oksidatif, menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh National Institute of Health .

4. Menjaga Sistem Pencernaan dengan Baik

Manfaat buah belimbing merupakan sumber serat yang baik, dengan hampir 4 gram per cangkir.

Serat sangat penting untuk memperbaiki sistem pencernaan, karena dapat membantu memindahkan makanan melalui saluran pencernaan dan mencegah sembelit dengan baik.

Rekomendasi harian untuk asupan serat adalah antara 25–35 gram. Menambahkan buah belimbing sebagai camilan atau makanan berat akan bermanfaat untuk memiliki sistem pencernaan yang baik.

Penyerapan nutrisi dalam pencernaan juga akan meningkatkan mobilitas yang mendukung aktivitas harian.

Baca Juga: Memilih Nutrisi Berkualitas untuk Pencernaan Si Kecil

5. Meningkatkan Kontrol Gula Darah

Buah dan sayuran segar sangat bermanfaat untuk manajemen diabetes. Ini juga menjadi manfaat buah belimbing selanjutnya.

Serat yang terdapat dalam buah segar, beku, atau kering termasuk dalam buah belimbing, akan memperlambat proses pencernaan makanan dan membantu mencegah lonjakan cepat dalam gula darah.

Selain itu, manfaat buah belimbing termasuk sebagai makanan rendah kalori namun padat nutrisi yang dapat mendukung pengelolaan berat badan yang sehat, dan juga membantu mencegah perkembangan resistensi insulin.

Mengonsumsi buah belimbing akan bermanfaat untuk membantu mengurangi risiko diabetes dan mengendalikan gula darah.

6. Kurangi Risiko Alergi

Alergi makanan mungkin terjadi untuk semua jenis makanan, meskipun sebenarnya buah belimbing bukanlah alergen yang umum terjadi.

Alergi makanan biasanya menunjukkan tanda-tanda seperti gatal-gatal, sesak napas, pembengkakan pada lidah, pusing, atau bahkan anafilaksis.

Gejala-gejala tersebut dapat muncul segera atau hingga 2 jam setelah makan makanan yang dianggap sebagai makanan allergen tersebut. “Jika Anda mencurigai alergi pada buah belimbing, temui dokter alergi untuk melakukan evaluasi yang lebih lengkap,” ujar Malia.

Baca Juga: Keripik Buah, Alternatif Camilan Sehat di Rumah

Manfaat Buah Belimbing Saat Hamil

6 Manfaat Buah Belimbing -2

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms merasa bimbang saat akan mencoba buah belimbing apalagi saat hamil, kini tidak perlu risau. Moms kini bisa menikmati memakan buah belimbing bahkan saat hamil tanpa harus khawatir.

Kandungan nutrisinya yang tinggi juga akan membantu menikmati kehamilan yang sehat.

Kandungan mineral, vitamin, asam folat, dan nutrisi lain dalam buah belimbing akan memberi stamina yang dibutuhkan selama kehamilan.

Minum jus belimbing yang segar juga mencegah dan menyembuhkan infeksi tenggorokan dan mulut secara efektif saat hamil.

Selain itu, manfaat buah belimbing juga dapat membantu Moms mencegah beberapa masalah kesehatan yang biasa terjadi saat kehamilan. Beberapa manfaat mengkonsumsi buah belimbing saat hamil yakni.

7. Penguat Imunitas

Salah satu manfaat buah belimbing selama kehamilan adalah membantu meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh. Buah belimbing dapat membantu sistem kekebalan tubuh untuk melawan beberapa bakteri dan virus berbahaya.

Selain itu, kandungan vitamin C-nya yang tinggi membantu memberikan asupan antiokasidan yang cukup selama kehamilan.

Antiokasidan secara efektif menghambat oksidasi dan mencegah produksi radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah ini meminimalkan kerusakan akibat radikal bebas yang baik selama kehamilan.

8. Mampu Meningkatkan Kesehatan Mata

Manfaat buah belimbing adalah sumber vitamin A alami yang sangat baik. Vitamin A merupakan vitamin penting untuk menjaga kesehatan mata.

Jadi, makan vitamin A selama kehamilan menyehatkan mata dan melindunginya dari infeksi dan gangguan secara efektif.

Selain itu, manfaat buah belimbing ini juga dapat membantu meningkatkan kekuatan penglihatan mata. Buah belimbing adalah obat yang efektif untuk mengobati sakit mata saat hamil.

9. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Masalah pada saluran pencernaan bisa mengganggu Moms untuk menikmati waktu kehamilan. Manfaat buah belimbing dapat membantu penyembuhan beberapa gangguan pencernaan secara efektif.

Konsumsi buah belimbing yang mermanfaat untuk membantu mengobati diare, gangguan lambung, dan sembelit. Konsultasikan dengan dokter tentang jumlah buah belimbing yang tepat, dilansir penelitian di National Center for Biotechnology Information.

Baca Juga: Waspada! Gangguan Pencernaan Bisa Hambat si Kecil Tumbuh Hebat

10. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Kandungan kalium pada buah belimbing sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi selama masa kehamilan. Hipertensi saat kehamilan sangat berbahaya karena dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Manfaat buah belimbing juga akan membantu meminimalkan tekanan darah tinggi secara signifikan dan mencegah risiko stroke atau masalah lain yang terkait dengan jantung.

11. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah belimbing sangat efektif melindungi Moms dan janin dari perkembangan sel kanker selama kehamilan. Ini menjadi manfaat buah belimbing untuk ibu hamil yang lain.

12. Meningkatkan Kelancaran Buang Air Kecil

Manfaat buah belimbing bertindak sebagai diuretik dari zaman kuno. Menambahkan sedikit madu ke jus buah belimbing dan meminumnya akan meningkatkan kelancaran fungsi proses kemih saat sedang hamil.

13. Mengurangi Kolesterol

Manfaat buah belimbing jika dikonsumsi secara teratur selama kehamilan bermanfaat untuk membantu meminimalkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Ini juga akan mencegah risiko perkembangan masalah kesehatan karena kadar kolesterol yang tinggi.

Baca Juga: Seperti Apa Kadar Gula Darah Normal? Ketahui Faktanya Berikut Ini!

Manfaat Buah Belimbing Wuluh untuk Ibu Hamil

belimbing wuluh untuk ibu hamil.jpg

Foto: tanamanmart.com

Selain buah belimbing, Moms tentu familiar dengan belimbing wuluh yang banyak tersedia di Indonesia.

Belimbing wuluh atau Bilimbi, umumnya dikenal sebagai pohon ketimun atau pohon kemerah-merahan, dan merupakan pohon penghasil buah dan merupakan kerabat dekat belimbing.

Jika Moms ingin mengonsumsi belimbing wuluh untuk ibu hamil, ada beberapa manfaat belimbing yang bisa Moms rasakan. Apa saja? Berikut ini daftarnya.

14. Mengatur Kadar Gula Darah

Mengutip NetMeds, Belimbing wuluh untuk ibu hamil memiliki kualitas yang berharga untuk mengontrol kadar gula darah, dengan memantau aktivitas insulin dalam tubuh.

Kandungan flavonoid dan serat makanan yang kaya dalam belimbing wuluh bekerja untuk mencegah lonjakan kadar glukosa darah secara tiba-tiba setelah makan, sehingga membantu mengendalikan gejala diabetes.

Tentunya sayang jika Moms melewatkan manfaat buah belimbing ini.

15. Membantu Mengelola Hipertensi

Buah belimbing wuluh untuk ibu hamil kaya akan kandungan antioksidan dan protein, menjadikannya obat alami yang luar biasa untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Apalagi, ibu hamil harus menjaga tekanan darah agar terhindar dari risiko preeklamsia.

Untuk merasakan manfaat buah belimbing wuluh, Moms bisa merebus buah dalam air panas, yang sangat membantu menurunkan tekanan pada pembuluh darah, dengan melebarkan arteri, vena dan kapiler serta mengendurkan otot jantung.

16. Menyembuhkan Batuk dan Pilek

Manfaat buah belimbing wuluh untuk ibu hamil juga dapat menyembuhkan batuk dan pilek. Kandungan vitamin C yang besar dalam buah ini memberikan manfaat luar biasa untuk mengoptimalkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Hal ini kemudian dapat mengobati batuk dan pilek karena perubahan musim dan alergi, memperkuat mekanisme pertahanan tubuh.

Itu dia Moms, ragam manfaat buah belimbing, dan manfaat belimbing wuluh untuk ibu hamil.

Bukan hanya enak dan menyegarkan, manfaat buah belimbing dapat dianggap sebagai bonus yang menyehatkan. Yuk, mulai konsumsi buah belimbing, Moms!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait