Kesehatan

15 Oktober 2020

9 Manfaat Buah Bidara untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

Buah bidara memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan sering dijadikan sebagai bahan baku obat herbal
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Amelia Puteri

Buah merupakan salah satu satu sumber nutrisi yang memiliki manfaat untuk tubuh, termasuk buah bidara. Dalam Bahasa Inggris, buah bidara disebut Jujube.

Buah bidara merupakan buah yang berasal dari Asia Selatan yang terkenal di seluruh dunia. Dalam Bahasa latin buah berukuran kecil ini disebut Ziziphus jujube.

Buah kecil berwarna merah ini tumbuh subur di daerah kering dan banyak terdapat di kawasan Asia Selatan seperti India. Lalu, apa saja yang menjadi manfaat buah bidara?

Tekstur dari buah berwarna merah ini kenyal dan rasanya sangat manis. Beberapa orang sering menyebut buah ini sebagai kurma India atau cinta karena memang bentuk dan rasanya dianggap mirip dengan kurma.

Namun, saat masih dalam keadaan mentah, rasa buah bidara sering dianggap lebih mirip dengan apel.

Banyak cara untuk mengonsumsi buah bidara, bahkan hampir sama seperti buah-buahan lainnya. Buah bidara juga dapat dikonsumsi langsung sebagai camilan bergizi khususnya bagi Moms yang sedang menjalankan program diet.

Karena, buah bidara tidak mengandung lemak dan kaya akan serat, sehingga dapat memberikan efek kenyang lebih lama.

Namun, perlu diingat, saat akan konsumsi buah ini sebaiknya buang terlebih dahulu biji yang ada di dalamnya karena akan terasa pahit dan tidak enak untuk dimakan.

Cari tahu lebih lanjut tentang manfaat buah bidara berikut ini, Moms.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Bidara. Ternyata Baik untuk Lambung!

Manfaat Buah Bidara untuk Kesehatan

Di kawasan Asia, buah bidara biasanya akan diolah menjadi manisan kering dan dijadikan sebagai campuran makanan penutup atau dikonsumsi langsung sebagai permen.

Hanya saja, Moms juga harus ingat bahwa buah kering mengandung kalori lebih tinggi dibandingkan dengan buah segar meskipun masih memiliki manfaat saat dikonsumsi.

Selain dijadikan sebagai manisan atau permen, buah bidara juga sering diolah menjadi makanan seperti cuka, jus, selai dan juga madu di beberapa negara Asia.

Sementara di India, buah ini merupakan salah satu hidangan wajib dalam festival tahunan Maha Shivratri.

Meskipun buah bidara sudah sangat terkenal di seluruh dunia,tetapi masih ada negara seperti Amerika Serikat masih sulit untuk mendapatkan buah kecil berwarna merah ini.

Berikut ini manfaat buah bidara untuk kesehatan

1. Sering Digunakan Sebagai Obat Herbal

manfaat buah bidara-1

Foto: Orami Photo Stock

Selain rasanya yang enak, buah bidara juga sering dijadikan bahan baku herbal obat dalam pengobatan alternatif atau tradisional.

Dalam jurnal Evid Based Complement Alternat Med disebutkan bahwa selain dikonsumsi langsung sebagai buah, manfaat buah bidara juga sering dinikmati setelah diolah menjadi jamu herbal.

Praktisi pengobatan alternative percaya bahwa buah bidara dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi kecemasan.

2. Berdampak Positif untuk Kesehatan Manusia

Walaupun ukurannya kecil, ada banyak sekali manfaat buah bidara untuk kesehatan.

Dalam jurnal berjudul An Integrated Characterization of Jujube ( Ziziphus jujuba Mill.) Grown in the North Adriatic Region yang dipublikasikan dalam National Library of Medicine disebutkan bahwa sebagai tanaman hortikultura buah bidara sangat menguntungkan karena dapat beradaptasi dengan kondisi kering, tekanan biotik dan abiotik serta berdampak positif untuk kesehatan manusia.

Menurut data U.S Department of Agriculture menyebutkan buah bidara mengandung protein, karbohidrat, serat, vitamin C dan Potassium. Selain itu, buah ini juga mengandung kalsium dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

3. Melindungi Tubuh dari Paparan Radikal Bebas

xx manfaat buah bidara

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat buah bidara kaya akan beberapa senyawa antioksidan, seperti flavonoid, polisakarida dan asam triterpenat. Buah ini juga mengandung vitamin C yang juga berguna sebagai antioksidan.

Antioksidan merupakan senyawa yang dapat mencegah dan memperbaiki tubuh yang disebabkan oleh paparan radikal bebas yang berlebihan.

Terlalu sering terpapar radikal bebas, dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti diabetes tipe-2, penyakit jantung, kanker dan penyakit kronis lainnya.

Sebuah penelitian pada hewan menunjukan bahwa aktifitas antioksidan flavonoid dalam buah bidara dapat membantu mengurangi stress dan peradangan di hati yang sebabkan oleh radikal bebas.

4. Membantu Meningkatkan Kualitas Tidur dan Fungsi Otak

Dalam pengobatan alternatif, manfaat buah bidara sering digunakan untuk mengingkatkan kualitas tidur dan fungsi otak.

Hal ini pun dibuktikan melalui penelitian ilmia dan menunjukan bahwa kandungan senyawa antioksidan yang ada di dalam buah bidara memang memiliki efek terhadap kualitas tidur dan juga fungsi otak manusia.

Jurnal Evid Based Complement Alternat Med menyebutkan bahwa ekstrak dari biji dan buah bidara terbukti dapat meningkatkan waktu dan kualitas tidur.

Selain itu, para praktisi pengobatan alternatif atau tradisional juga sering menggunakan buah bidara sebagai obat untuk mengurangi gangguan kecemasan.

Seperti yang diketahui, salah satu gejala gangguan kecemasan adalah insomnia atau gangguan tidur. Sementara buah bidara dapat membantu memperbaiki kualitas tidur seseorang dan juga fungsi otak.

Lebih lanjut, penelitian pada yang dilakukan hewan dan juga di dalam laboratorium menunjukkan bahwa manfaat buah bidara dapat meningkatkan daya ingat dan membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan senyawa perusak saraf.

Penelitian lain yang dilakukan pada tikus menunjukkan biji buah bidara yang biasanya tidak pernah dikonsumsi juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

Ekstrak biji buah bidara dapat membantu mengobati demensia yang disebabkan oleh Alzheimer.

Sayangnya, untuk membuktikan manfaat buah bidara untuk kesehatan masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terhadap manusia.

Sehingga dapat diketahui bagaimana ekstrak buah bidara ini dapat mempengaruhi fungsi otak dan sistem saraf manusia.

Baca Juga: Manfaat Kacang untuk Meningkatkan Fungsi Otak

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh dan Melawan Sel Kanker

xx manfaat buah bidara

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat buah bidara lainnya untuk kesehatan adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan sel kanker.

Sebuah tabungan di laboratorium mencatat bahwa kandungan gula alami atau polisakarida yang ada di dalam buah bidara bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat menangkis radikal bebas, menetralkan sel berbahaya dan mengurangi peradangan.

Jurnal European Heart menyebutkan bahwa penurunan tingkat peradangan karena radikal bebas dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti diabetes tipe-2.

Studi lain menemukan bahwa kandungan lignin atau sejenis serat yang bersifat antioksidan di dalam buah bidara dapat meningkatkan produksi sel kekebalan dan sel-sel ini dapat mempercepat proses penetralan senyawa berbahaya yang ada di dalam tubuh.

Sementara itu, penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukan bahwa ekstrak buah bidara dapat meningkatkan sel kekebalalan yang disebut sebagai sel pembunih alami.

Sel ini dipercaya dapat menahan masuknya sel berbahaya ke dalam tubuh.

Manfaat buah bidara juga kaya akan vitamin C yang dipercaya dapat menjadi obat antikanker. Sebuah penelitian dengan tikus menunjukan bahwa vitamin C kadar tinggi dapat membunuh sel kanker tiroid.

Sementara, tes di dalam laboratorium menunjukan bahwa ekstrak buah bidara dapat membubuh beberapa jenis tipe kanker lain, seperti kanker ovarium, serviks, payudara, usus, dan juga kanker kulit.

Para peneliti percaya bahwa ekstrak buah bidara kaya akan anti oksidan dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Namun, sebagian besar penelitian ini dilakukan pada hewan atau tabung reaksi di laboratorium, sehingga diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia sebelum kesimpulan yang tegas dapat ditarik.

6. Membantu Proses Pencernaan

Manfaat buah bidara kaya akan serat dan karbohidrat yang menjadi sumber energi dan membantu meningkatkan metabolisme untuk menjalani hari.

Kandungan serat yang tinggi dalam buah bidara dapat membantu meningkatkan percernaan. Sekitar 50 persen karbohidrat dalam buah ini berasal dari serat yang bermanafaat untuk pencernaan.

Kandungan nutrisi seperti vitamin dan mineral yang ada di dalam buah bidara dapat membantu melembutkan dan menambah kotoran pada tinja.

Sehingga dapat mempercepat pergerakan makanan melalui saluran pencernaan dan mengurangi sembelit.

Manfaat buah bidara lainnya adalah dapat memperkuat lapisan perut dan usus, mengurangi risiko kerusakan akibat bisul, cedera dan bakteri berbahaya yang mungkin ada di dalam usus Moms.

Penelitian yang dilakukan menggunakan tikus menunjukan bahwa ekstrak polisakarida dapat memperkuat lapisan usus dan kolitosis yang memperbaiki gejala gangguan pencernaan Moms.

Terakhir, serat dalam buah bidara dapat berfungsi sebagai makanan bagi bakteri baik dalam usus Moms. Hal ini tentunya dapat membantu mengurangi bakteri jahat yang ada di dalam usus dan membantu pencernaan.

7. Membantu meningkatkan aliran dalam darah

xx manfaat buah bidara

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat buah bidara juga mengandung mineral seperti kalium, fosfor, mangan, besi, dan seng. Semua kandungan mineral ini diperlukan untuk menjaga kesehatan jantung yang baik.

Zat besi membantu meningkatkan jumlah hemoglobin yang pada darah sehingga dapat mencegah anemia. Selain itu, mineral juga ini penting untuk mengatur aliran darah di dalam tubuh.

The Journal of Nutrition menyebutkan bahwa dibutuhkan strategi untuk menurunkan tekanan darah. Salah satunya adalah dengan menambah asupan kalium untuk menekan risiko hipertensi khususnya untuk orang dewasa.

8. Membuat Kulit Lebih Bercahaya

Moms yang ingin memiliki kulit sehat dan bercahaya dapat mengkonsumsi buah bidara. Karena, kandungan vitamin C dan antioksidan yang ada di dalam buah ini dipercaya dapat mengurangi efek penuaan pada kulit.

Ini menjadi manfaat buah bidara yang juga tak kalah penting.

Antioksidan dipercaya dapat melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel yang ada di dalam kulit. Sementara, vitamin C dapat membantu mencerahkan kulit wajah sehin]gga semakin sehat dan bebas jerawat pada kulit.

Tak hanya itu, kandungan vitamin C dalam buah bidara juga mampu memperbaiki kulit kusam akibat sering terpapar sinar matahari.

Baca Juga: 4 Makanan yang Ampuh Menangkal Radikal Bebas Akibat Polusi Udara

9. Baik untuk Kesehatan tulang

manfaat buah bidara-2

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat buah bidara juga dipercaya baik untuk kesehatan tulang. Melansir Times of India, buah bidara kering merupakan sumber kalsium dan fosfor yang baik untuk membantu mengembangkan dan menjaga kepadaatan tulang.

Selain itu, penderita radang sendi juga disarankan untuk mengkonsumsi buah bidara. Karena buah kecil ini memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meredakan dan mengurangi pembengkakan pada persendian.

Meskipun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, tetapi buah bidara dapat memberikan efek samping dalam kondisi tertentu seperti ketika mengalami penyakit mental dan harus konsumsi obat-obatan.

Mengutip Healthline, orang yang sedang mengkonsumsi obat antidepresan seperti venlafaxine atau serotonin-norepinefrin reuptake inhibitor (SSNRI) sebaiknya tidak mengkonsumsi buah bidara.

Karena buah ini dapat memengaruhi kerja obat-obatan ini.

Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan dengan menggunakan sebuah tikus membuktikan bahwa ekstrak buah bidara dapat memperkuat efek obat kejang tertentu, seperti fenitonin, fenobarbiton dan karbamazepin.

Bagaimana Moms, sudah tahu kan manfaat buah bidara untuk kesehatan? Jangan lupa untuk dicoba di rumah, ya!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait