Kesehatan

KESEHATAN
4 Oktober 2020

Wajib Tahu, Ini Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

Sayuran dengan warna cerah ini ternyata banyak manfaatnya lho, mulai dari pencegah kanker hingga kesehatan kulit!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Dina Vionetta

Buah bit atau dalam bahasa Inggris disebut beetroots adalah salah satu sayuran yang dikenal luas memiliki banyak sekali manfaat.

Sayur dengan warna khas seperti buah naga ini cukup populer di seluruh dunia, terutama di Inggris dan Amerika untuk digunakan dalam berbagai masakan hingga minuman.

Warna merah keunguannya pun kerap kali dimanfaatkan sebagai pewarna alami.

Buah bit termasuk tanaman dari golongan Amaranthaceae-Chenopodiaceae, dan mereka masih satu jenis dengan sayur lobak dan jenis sayuran lain yang memiliki akar.

Manfaat buah bit banyak sekali karena ia dikemas dengan vitamin esensial, mineral, dan antioksidan. Bahkan buah satu ini juga memiliki khasiat obat karena kandungan senyawa bioaktif unik yang disebut betalains.

Manfaatnya bisa Moms dapatkan dengan mengonsumsi bit utuh atau membuatnya menjadi jus segar.

Mengutip U.S. Department of Agriculture, dalam satu porsi 100 mililiter (ml) jus bit organik, yang setara dengan segelas kecil, mengandung 29 kalori, tanpa lemak, dan beberapa jenis nutrisi seperti:

  • 0,42 gram (g) protein.
  • 7,50 g karbohidrat.
  • 5,42 g gula.
  • 0,40 g serat.

Baca Juga: Manfaat Buah Bit Bagi Anak-Anak

Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

Foto: Orami Photo Stock

Untuk tahu lebih jauh manfaat buah bit untuk kesehatan secara keseluruhan, berikut ini adalah informasi mengenai manfaat buah bit dan langkah mengolahnya menjadi makanan yang lezat.

1. Cocok untuk Menurunkan Berat Badan

Buah bit memiliki nutrisi yang sangat mengesankan. Selain itu, ia juga rendah kalori dan lemak serta tinggi kandungan air sehingga cocok untuk dijadikan menu diet penurun berat badan.

Dengan meningkatkan asupan makanan rendah kalori seperti buah-buahan dan sayuran telah dikaitkan dengan penurunan berat badan.

Selain itu, meskipun kandungan kalorinya rendah, bit mengandung protein dan serat dalam jumlah sedang.

Keduanya adalah nutrisi penting untuk mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat. Serat dalam bit juga dapat membantu menurunkan berat badan dengan mengurangi nafsu makan dan meningkatkan perasaan kenyang, sehingga mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

Saat diet kamu juga tak perlu bingung bagaimana cara memenuhi kebutuhan nutrisi lain, karena buah bit mengandung hampir semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Berikut ini jenis nutrisi yang ditemukan dalam porsi 3,5 ons (100 gram) bit yang dimasak menurut Condé Nast:

  • Kalori: 44
  • Protein: 1,7 gram
  • Lemak: 0,2 gram
  • Serat: 2 gram
  • Vitamin C: 6% dari kebutuhan harian
  • Folat: 20% dari kebutuhan harian
  • Vitamin B6: 3% dari kebutuhan harian
  • Magnesium: 6% dari kebutuhan harian
  • Kalium: 9% dari kebutuhan harian
  • Fosfor: 4% dari kebutuhan harian
  • Mangan: 16% dari kebutuhan harian
  • Besi: 4% dari kebutuhan harian

2. Membantu Menjaga Tekanan Darah

Penyakit jantung, termasuk serangan jantung, gagal jantung dan stroke, merupakan salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. Dan tekanan darah tinggi adalah salah satu faktor risiko utama perkembangan kondisi ini.

Penelitian dari U.S. National Library of Medicine telah menunjukkan bahwa bit dapat secara signifikan menurunkan tekanan darah hingga 4-10 mmHg hanya dalam beberapa jam.

Efeknya juga tampak lebih besar untuk tekanan darah sistolik, atau tekanan saat jantung berkontraksi, daripada tekanan darah diastolik, atau tekanan saat jantung rileks.

Pengaruh ini diduga lebih kuat untuk bit mentah daripada bit yang dimasak.

Efek penurun tekanan darah ini kemungkinan besar disebabkan oleh konsentrasi nitrat yang tinggi dalam bit.

Di tubuh manusia, nitrat makanan akan diubah menjadi oksida nitrat, yakni molekul yang melebarkan pembuluh darah sehingga membuat tekanan darah turun.

Kadar nitrat darah tetap tinggi selama sekitar enam jam setelah makan diet nitrat.

Oleh karena itu, bit hanya memiliki efek sementara pada tekanan darah, dan konsumsi rutin diperlukan untuk mengalami penurunan tekanan darah dalam jangka panjang.

Baca Juga: 13 Makanan dengan Kandungan Antioksidan Tinggi

3. Menjaga Kesehatan Mata

Buah bit ternyata juga bisa mendatangkan manfaat untuk mata. Ini karena kandungan lutein atau zeaxanthin akan menjaga kesehatan makula dan retina pada mata.

Buah bit juga mengandung vitamin C yang bisa menjaga tingkat kelembapan serta mencerahkan penglihatan.

Nah, untuk mereka yang memiliki risiko katarak, konsumsi buah bit juga disarankan karena kandungan beta karoten di dalam buah bit yang merupakan salah satu bentuk vitamin A.

Vitamin A ini telah lama diyakini menjadi salah satu antioksidan kuat yang dibutuhkan dalam berbagai fungsi vital tubuh, termasuk mata.

4. Meningkatkan Ketahanan Fisik

Meningkatkan Ketahanan Fisik

Foto: Orami Photo Stock

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet nitrat dapat meningkatkan kinerja atletik. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika para atlet kerap mengonsumsi buah bit.

Melansir jurnal yang diterbitkan U.S. National Library of Medicine, nitrat sendiri akan memengaruhi kinerja fisik dengan meningkatkan efisiensi mitokondria, yang bertanggung jawab untuk menghasilkan energi di sel tubuh kita.

Dalam dua penelitian yang melibatkan tujuh hingga delapan pria, mengonsumsi 17 ons (500 ml) jus bit setiap hari selama enam hari ternyata mampu memperpanjang daya tahan mereka selama latihan intensitas tinggi sebesar 15-25 persen.

Makan bit juga dapat meningkatkan performa bersepeda dan atletik serta meningkatkan penggunaan oksigen hingga 20 persen.

Penting untuk dicatat bahwa kadar nitrat darah mencapai puncaknya dalam waktu 2-3 jam. Oleh karena itu, untuk memaksimalkan potensinya, sebaiknya konsumsi bit 2–3 jam sebelum pelatihan atau kompetisi.

Baca Juga: 5 Cara Mengolah Buah Bit Jadi Hidangan dan Kudapan Enak

5. Mengatasi Inflamasi dalam Tubuh

Peradangan atau inflamasi yang kronis dikaitkan dengan sejumlah penyakit, seperti obesitas, penyakit jantung, penyakit hati, dan kanker.

Nah, buah bit mengandung pigmen yang disebut betalains, yang berpotensi memiliki sejumlah sifat anti-inflamasi.

Pada penelitian yang dilakukan kepada tikus, sus bit dan ekstrak bit telah terbukti mengurangi peradangan ginjal pada tikus yang disuntik dengan bahan kimia beracun yang diketahui dapat menyebabkan cedera serius.

Namun penelitian pada manusia diperlukan untuk menentukan apakah bit dapat digunakan untuk mengurangi peradangan.

Sementara satu studi pada manusia dengan osteoartritis menunjukkan bahwa kapsul betalain yang dibuat dengan ekstrak bit mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan yang terkait dengan kondisi tersebut.

6. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Serat makanan merupakan komponen penting dari pola makan yang sehat. Asupan serat yang cukup setiap hari telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk kesehatan pencernaan.

Dalam satu cangkir bit mengandung 3,4 gram serat, sehingga bisa dikatakan bahwa buah ini adalah sumber serat yang baik.

Serat yang ada dalam buah bit akan melewati pencernaan dan menuju ke usus besar, di mana ia akan memberi makan bakteri usus baik dan membuat feses lebih mudah dikeluarkan.

Serat juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, membuat Moms tetap teratur dan mencegah kondisi pencernaan seperti sembelit, penyakit radang usus dan divertikulitis.

Hebatnya lagi, serat juga telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kronis termasuk kanker usus besar, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.

Baca Juga: Mengenal Rhinitis Alergi, Peradangan di Rongga Hidung Akibat Alergi

7. Baik untuk Kesehatan Otak

Baik untuk Kesehatan Otak

Foto: Orami Photo Stock

Fungsi mental dan kognitif bisa menurun secara alami seiring bertambahnya usia. Bagi beberapa orang, penurunan ini bisa terjadi secara signifikan dan dapat menyebabkan kondisi seperti demensia.

Tak hanya itu, penurunan aliran darah dan suplai oksigen ke juga otak dapat menyebabkan penurunan fungsi kognitif.

Menariknya, nitrat dalam buah bit juga dapat meningkatkan fungsi mental dan kognitif dengan meningkatkan pelebaran pembuluh darah.

Dengan demikian, ia mampu meningkatkan aliran darah ke otak. Bit telah terbukti meningkatkan aliran darah ke lobus frontal otak. Area ini terkait dengan proses berpikir, seperti pengambilan keputusan dan memori kerja.

Namun, tampaknya penelitian akan manfaat buah bit untuk otak masih perlu dikaji. Terutama untuk meningkatkan fungsi otak dan mengurangi risiko demensia.

8. Anti Kanker

Kanker adalah penyakit serius dan berpotensi fatal yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Untunya kandungan antioksidan dan sifat anti-inflamasi dalam buah bit bisa membantu mencegah kanker meski bukti ilmiahnya masih cukup terbatas.

Mengutip jurnal dari Journal Medicine Food, ekstrak bit telah terbukti mengurangi pembelahan dan pertumbuhan sel tumor pada hewan.

Satu studi lain dalam tabung reaksi yang menggunakan sel manusia juga menemukan bahwa ekstrak akar bit, yang mengandung pigmen betalain tinggi, mampu mengurangi pertumbuhan sel prostat dan kanker payudara.

Penting untuk dicatat bahwa penelitian ini dilakukan pada sel manusia dan tikus yang terisolasi. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah efek serupa akan ditemukan pada manusia pada umumnya.

9. Mencegah Anemia

Orang yang memiliki kadar zat besi rendah terkadang dapat mengembangkan kondisi yang disebut anemia defisiensi besi.

Untuk mencegahnya, maka diperlukan penambahan makanan dengan zat besi tinggi seperti buah bit.

Jika Moms sedang hamil atau menyusui, maka kebutuhan zat besi juga lebih tinggi dan Moms harus mewaspadai gejalanya seperti:

  • Kelelahan
  • Pusing
  • Sesak napas
  • Sakit kepala
  • Detak jantung cepat

Baca Juga: Mengenal Menorrhagia, Darah Berlebih Saat Haid yang Bisa Sebabkan Anemia

9. Melindungi Organ Hati

Jus bit mengandung antioksidan, vitamin A, vitamin B-6, dan zat besi. Senyawa ini membantu melindungi hati dari peradangan dan stres oksidatif sekaligus meningkatkan kemampuannya untuk mengeluarkan racun dari tubuh.

Mengutip Medical News Today, sebuah penelitian hewan skala kecil baru-baru ini pada tikus dengan kerusakan hati menemukan bahwa tikus yang menerima ekstrak akar bit memiliki kerusakan hati yang minimal dibandingkan dengan tikus yang tidak menerima asupan akar bit.

Namun karena masih terbatas hanya dilakukan pada tikus, efek kepada manusia masih perlu diteliti lebih dalam.

Baca Juga: Kreatif, Ini 5 Cara Mengolah Buah Bit Jadi Hidangan dan Kudapan Enak

Manfaat Buah Bit untuk Kecantikan

Manfaat Buah Bit untuk Kecantikan

Foto: Orami Photo Stock

Tak hanya untuk kesehatan secara keseluruhan, buah bit ternyata juga baik untuk kecantikan lho Moms, nah berikut manfaatnya:

1. Memberikan Rona Alami

Kandungan zat besi, fosfor, dan protein yang kaya pada buah bit ternyata juga bisa memberikan kulit merona merah jambu yang sehat nan cantik.

Selain itu, berdasarkan jurnal dari U. S. National Library of Medicine, buah bit juga kaya akan Vitamin C sehingga ia mampu mencegah pigmentasi kulit sehingga kulit tetap bersinar.

2. Menghaluskan Kulit

Moms ingin kulit tetap halus secara alami? Coba mulai rutin konsumsi buah bit.

Ini karena buah bit kata akan zat besi dan karotenoid, yang akan menyerap dengan mudah ke dalam pori-pori kulit dan melembapkannya dari dalam.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Menghaluskan Kulit Siku dan Lutut yang Kasar

3. Mencegah Jerawat

Buah bit juga kaya akan bahan antiseptik dan anti-mikroba yang mampu meredakan peradangan di daerah sekitar jerawat.

Buah bit juga mampu mengangkat minyak berlebih yang menumpuk di pori-pori kulit wajah penyebab jerawat.

4. Mencerahkan Warna Bibir

Banyak kondisi yang bisa membuat bibir jadi kering, pecah-pecah, dan berwarna gelap. Untungnya, warna cerah alami dari buah bit bisa dijadikan solusi untuk menjaga bibir tetap lembap dengan warna kemerahan yang alami.

5. Menghilangkan Kantung Mata

Kantung mata dan dark circle juga merupakan salah satu masalah yang kerap terjadi pada mereka yang sibuk.

Untungnya di dalam buah bit terkandung antioksidan yang akan memberikan efek revitalisasi pada tubuh. Efek ini akan mengusir kantung mata dan area gelap di bawah mata serta menghilangkan stres.

Baca Juga: Selain Zuriat, 7 Buah Ini Juga Bagus untuk Program Hamil

Manfaat Buah Bit untuk Kesuburan

Manfaat Buah Bit untuk Kesuburan

Foto: Orami Photo Stock

Apakah Moms juga memiliki masalah terkait kesuburan? Jangan khawatir, karena buah bit juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesuburan.

Ini karena buah bit merupakan sumber dari antioksidan resveratrol yang dianggap mampu memerangi ketidaksuburan terkait usia.

Selain itu, mengutip artikel dari Harley Street Fertility Clinic, buah bit juga kaya akan nitrat yang bisa meningkatkan aliran darah sehingga implantasi embrio ke rahim jadi lebih lancar.

Nitrat yang terkandung di dalamnya mudah diserap oleh lambung dan usus halus, sehingga konversinya menjadi oksida nitrat menjadi lebih cepat.

Khasiat buah bit untuk kesuburan bahkan diduga bisa dirasakan dalam waktu 12 hari.

Itulah beberapa manfaat buah bit untuk kesehatan, kecantikan, bahkan kesuburan. Jadi, tidak ada lagi alasan untuk tidak memasukkan buah bit ke dalam konsumsi harian ya Moms!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait