Kesehatan

KESEHATAN
12 Maret 2021

11 Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan, Apa Saja?

Selain menyegarkan, ternyata ada banyak manfaat buah duku untuk kesehatan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Adeline Wahyu

Banyaknya jenis buah yang dapat dikonsumsi dan memiliki manfaat kesehatan tentunya akan menambah pilihan bagi Moms untuk mengenalkannya untuk disajikan di rumah sebagai camilan sehat.

Apakah Moms pernah membeli buah duku untuk persediaan buah di rumah?

Dilansir Health Benefit Times, buah duku yang biasa dikenal dalam bahasa Inggris sebagai langsat atau lanzones, adalah spesies pohon dalam famili Mahoni dengan buah-buahan yang dibudidayakan secara komersial untuk dikonsumsi banyak orang.

Baca Juga: Dampak Camilan Anak yang Tidak Sehat, Catat!

Mengenal Buah Duku

Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan -1.jpg

Foto: Indoindians.com

Buah duku berukuran kecil sampai sedang, dengan diameter rata-rata 2 sampai 7 sentimeter dan berbentuk elips atau bulat. Buah-buahan ini sangat mirip kentang kecil dan dikelompokkan dalam kelompok yang mirip dengan anggur.

Buah duku awalnya berwarna hijau kusam yang jika matang berubah menjadi kuning, kuning keemasan atau kuning jingga pucat.

Kulitnya yang tebal keras, kasar, dan kecokelatan hingga kuning pucat, memiliki bintik-bintik coklat dan seperti bernoda saat buah matang.

Di bawah permukaan kulitnya, terdapat lapisan putih, kenyal yang mudah dipisahkan dan dikupas, serta dagingnya tebal, putih bening, dan biasanya dibagi menjadi 1-5 segmen.

Buahnya terasa berair, empuk, dan lembut dengan tekstur yang mirip dengan anggur, dan dagingnya mungkin tanpa biji atau mengandung sedikit biji yang rasanya pahit jika tergigit.

Buah duku sangat asam saat belum matang. Namun jika telah matang, buah duku akan terasa rasa asam dengan dominan manis.

Buah duku akan terasa segar jika langsung dimakan saat matang, atau bisa juga diolah menjadi permen, diawetkan dalam sirup, dan diolah menjadi anggur.

Ada dua varietas buah duku yang berbeda, yakni:

  • L. domesticum var. pubescens. Ini adalah duku liar khas yang terlihat seperti pohon yang agak ramping, terbuka dengan cabang berbulu dan hampir bulat, buah-buahan berkulit tebal memiliki banyak getah susu.
  • Var. domesticum. Ini yang merupakan pohon yang lebih kuat, bagian atasnya lebar dan berdaun lebat dengan selebaran yang berurat mencolok; buahnya, yang terbawa sedikit ke dalam satu kelompok, berbentuk lonjong bulat telur atau elipsoid, dengan kulit tipis kecoklatan, hanya sedikit aromatik dan mengandung sedikit atau tidak ada getah susu.

Bukan Cuma buahnya, ternyata beberapa bagaian lain dari duku bisa digunakan untuk menunjang kesehatan. Misalnya bisa melawan diare dan kejang usus. Kulit keringnya juga digunakan untuk pengobatan diare, malaria, dan demam.

Kulit kayunya adalah tapal pada sengatan kalajengking. Rebusannya juga dapat digunakan untuk disentri dan malaria. Kulit kering dibakar untuk mengusir nyamuk seperti nyamuk aides aegepty. Beberapa di antaranya akan dijelaskan dalam manfaat buah duku untuk kesehatan di bawah ini.

Baca Juga: 11 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan yang Harus Moms Ketahui

Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan

Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan -2.jpg

Foto: Pinterest.com

Seperti buah-buahan lain, tentunya akan ada manfaat buah duku untuk kesehatan yang bisa dirasakan. Mulai dari penyakit ringan, hingga penyakit berat. Apa saja?

1. Pencegah Kanker

Penelitian Journal of Pharmaceutical, Biological and Chemical Sciences mencatat, manfaat buah duku untuk kesehatan lainnya adalah sebagai pencegah kanker. Salah satunya karena buah duku mengandung antioksidan alami yang tinggi.

Studi ini menemukan bahwa hanya ekstrak metanol yang menghambat aktivitas proliferasi sel kanker. Ekstrak metanol dari buah duku ternyata lebih berhasil menghambat perkembangbiakan sel HT29 dibandingkan dengan ekstrak Etanol dan Etil Asetat.

2. Membantu Proses Diet

Saat ingin menurunkan berat badan, manfaat buah duku untuk kesehatan dapat dijadikan pilihan. Sebab, setiap diet bergantung pada pembakaran lebih banyak kalori daripada jumlah asupan kalori.

Untuk melakukan ini, diperlukan metabolisme tubuh yang baik dan buah duku melakukan hal itu.

Buah langsat mengandung riboflavin yang membantu tubuh melepaskan energi dari karbohidrat. Artinya, tubuh akan menjadi lebih efisien karena dengan sedikit makanan tapi mendapatkan lebih banyak energi untuk melakukan semua aktivitas.

Buah duku dapat membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh dengan mengeluarkan energi yang jauh lebih efisien. Hal tersebut menjadikan buah langsat cocok untuk menjadi camilan sehat yang akan membantu proses diet tersebut.

3. Bisa Mengurangi Demam

Manfaat buah duku untuk kesehatan lainnya terdapat pada bijinya yang bisa mengurangi demam. Biasanya, bijinya selalu dibuang karena rasanya yang pahit. Namun jika diolah lebih dulu dengan dihancurkan diekstraksi kemudian diseduh air panas, ini akan mengobati demam.

Untuk menghancurkan biji langsat, Moms perlu mengeringkannya terlebih dahulu. Setelah bijinya cukup kering untuk dipanggang kemudian hancurkan bijinya. Setelah itu, seduh biji duku yang sudah dihaluskan dengan air hangat.

4. Menjadi Pengusir Nyamuk

Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa zat yang terdapat pada kulit buah duku tidak disukai oleh nyamuk, sehingga menjadikannya sebagai pengusir nyamuk yang sangat baik. Salah satunya seperti penelitian yang dilakukan oleh Jurnal Kesehatan Global.

Untuk menggunakan duku sebagai pengusir nyamuk, Moms perlu mengolahnya terlebih dahulu. Moms bisa mengeringkan kulit duku kemudian membakarnya.

Aroma kulit duku yang terbakar dapat mengusir nyamuk dan terbukti lebih aman untuk bernafas dibandingkan dengan pengusir nyamuk yang beredar di pasaran.

5. Mengobati Gigitan Serangga dan Kalajengking

Manfaat buah duku untuk kesehatan lainnya adalah mengobati gigitan serangga, bahkan kalajengking. Jika Moms sering melihat banyak serangga ata bahkan kalajengking di sekitar rumah, Moms bisa mempersiapkan membuat obat dari buah duku.

Pohon duku khususnya kulit batangnya dapat digunakan sebagai obat untuk mengobati gigitan serangga ataupun gigitan kalajengking.

Caranya, mengambil pati yang disimpan di kulit pohon. Pati kemudian dioleskan pada bagian yang digigit serangga atau kalajengking dan dibiarkan mengering.

Baca Juga: Ini Cara Membersihkan Sayur dan Buah

6. Mengobati Disentri

Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan -3.jpg

Foto: Jendhamuni.com

Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa manfaat buah duku untuk kesehatan, terutama pada ekstrak kulit pohon duku berguna untuk mengobati penyakit disentri, setelah sebelumnya banyak juga budaya lokal yang menggunakan pohon duku untuk mengobati disentri.

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Pharmacognosy Journal yang berjudul ‘Efek Sitotoksisitas dan Studi Morfologi Ekstrak Duku Berbeda (Lansium domesticum corr.) Terhadap Garis Sel Adenokarsinoma Kolorektal Manusia (HT-29)’.

7. Mengatasi Radikal Bebas

Sebelumnya telah dibahas bahwa manfaat buah duku untuk kesehatan salah satunya adalah dapat membantu mencegah kanker, terutama yang berhubungan dengan kanker pencernaan seperti kanker usus besar sebagian karena kemampuan duku untuk mengusir radikal bebas di dalam tubuh.

Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada DNA sel yang menyebabkan kegagalan reproduksi sel. Ini menyebabkan banyak penyakit kronis seperti kanker tadi.

Dengan mengonsumsi buah duku, Moms dapat menjauhkan diri dan anggota keluarga lainnya dari penyakit lain yang disebabkan oleh radikal bebas yang mungkin mengintai kesehatan.

8. Sumber Karbohidrat

Meskipun Moms mungkin lebih familiar dengan rasa asam manis dari buah duku, namun fakta lain menunjukkan bahwa buah langsat ternyata mengandung lebih banyak karbohidrat, sehingga bila dikonsumsi secara baik akan sangat baik untuk kesehatan.

Untuk setiap 100 gram buah duku, terdapat sekitar 10 gram karbohidrat. Oleh karena itu, manfaat buah duku untuk kesehatan sebelumnya telah dibahas karena baik untuk membantu seseorang yang sedang menjalankan diet.

9. Menjadi Obat Tetes Mata

Punya sesuatu yang mengganggu mata tetapi tidak memiliki obat tetes mata? Ekstrak buah duku rupanya dapat membantu menggantikan kebutuhan obat tetes mata. Sebab jika didiamkan terlalu lama, kondisi mata akan terganggu.

Caranya, daun buah duku dapat dipadukan dengan kulit batang pohon duku yang kemudian diseduh. Setelah cairan diperoleh dari seduhan, cairan tersebut dapat digunakan sebagai obat tetes mata untuk peradangan pada mata.

10. Membantu Melawan Diabetes

Manfaat buah duku untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat membantu melawan diabetes. Sebab, buah duku mengandung tiamin yang dapat digunakan oleh tubuh untuk menurunkan kadar glukosa darah.

Dengan menurunkan kadar glukosa dalam darah, ini dapat membantu mencegah diabetes mellitus.

Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan ciri-ciri berupa tingginya kadar gula (glukosa) darah. Glukosa yang menumpuk di dalam darah akibat tidak diserap sel tubuh dengan baik dapat menimbulkan berbagai gangguan pada organ tubuh.

11. Membantu Sistem Pencernaan

Seperti semua buah, buah duku mengandung serat yang membantu sistem pencernaan dalam mencerna protein dan lemak dari makanan yang telah dikonsumsi. Memiliki saluran pencernaan baik akan mendukung memiliki tubuh yang sehat.

Ini juga membantu pembentukan limbah dan mencegah sakit perut yang sangat tidak menyenangkan karena sembelit yang dapat menjadi penyakit yang bisa berbahaya bagi kesehatan, terutama kesehatan pencernaan.

Inilah beberapa manfaat buah duku untuk kesehatan yang dapat membuat gaya hidup lebih baik. Selain mudah ditemukan di pasaran, rasanya yang manis juga akan menjadi favorit seluruh anggota keluarga di rumah.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait