Kesehatan

24 Januari 2021

9+ Manfaat Buah Jamblang untuk Kesehatan yang Sayang Bila Dilewatkan

Buah satu ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Intan Aprilia

Apakah Moms pernah melihat buah jamblang? Buah jamblang atau buah duwet memang cukup populer di sejumlah daerah di Indonesia,

Buah jamblang (Syzygium cumini) juga merupakan buah yang banyak ditemukan di kawasan Asia Selatan, seperti India, Bangladesh, Pakistan, dan Sri Lanka.

Buah jamblang juga dikenal dengan banyak nama, seperti jamblang, jambolan, plum hitam, plum jawa, hingga blackberry Indian.

Saat pertama kali melihat buah ini, mungkin Moms akan mengiranya sebagai anggur hitam, akan tetapi buah jamblang ini masuk ke dalam suku jambu-jambuan.

Manfaat buah jamblang juga ternyata banyak. Ia bisa dikonsumsi langsung atau dijadikan bahan dalam pengobatan herbal atau tradisional.

Ada banyak penyakit yang diklaim bisa diatasi hanya dengan mengonsumsi rutin buah jamblang. Namun, salah satu manfaat yang cukup populer dari buah ini adalah khasiatnya dalam memerangi penyakit diabetes.

Manfaat buah jamblang diyakini datang dari berbagai jenis vitamin, mineral dan nutrisi di dalamnya.

Baca Juga: 11 Manfaat Buah Matoa Bagi Kesehatan, Moms Perlu Tahu!

Selain itu, buah ini juga dikenal sebagai salah satu buah dengan kandungan kalori paling rendah. Beberapa vitamin dalam buah jamblang adalah vitamin C, riboflavin, thiamin, folat, niacin, pyridoxine, asam pantotenat, dan kolin.

Buah ini juga mengandung asam lemak omega-3, asam lemak omega-6, serat makanan, natrium dan kalium, yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Selain itu buah ini juga mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, zat besi, protein, seng, tembaga dan selenium. Bagian terbaik dari buah jamblang adalah tidak ada kolesterol sama sekali di dalamnya.

Daripada penasaran, yuk simak beberapa manfaat buah jamblang untuk kesehatan berikut ini:

Manfaat Buah Jamblang untuk Kesehatan

Manfaat Buah Jamblang untuk Kesehatan.jpg

Foto: freepik.com

Beberapa manfaat buah jamblang untuk kesehatan yang sangat sayang untuk dilewatkan antara lain:

1. Mencegah Risiko Diabetes

Manfaat buah jamblang yang paling terkenal adalah kemampuannya dalam mencegah diabetes.

Mengutip Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine, buah jamblang sangat kaya akan serat makanan dan fitokimia, yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita secara keseluruhan dan juga membantu mencegah risiko diabetes karena serat membantu meningkatkan produksi insulin dalam tubuh kita.

Ia akan bekerja dengan cara memperlambat penyerapan gula di dalam tubuh sehingga ini membantu mengurangi gula dalam darah.

Penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi makanan kaya serat, seperti buah jamblang bisa membantu mengatur kadar gula darah.

Jamblang sangat rendah indeks glikemiknya, artinya konsumsi buah jamblang tidak akan mempengaruhi kadar gula, sehingga bagi yang mengidap diabetes dapat mengonsumsi buah manis yang nikmat ini tanpa khawatir.

2. Meningkatkan Aliran Darah

Karena banyaknya kandungan vitamin dan mineral yang berbeda, seperti zat besi dan kalium, manfaat buah jamblang yang bisa kita daparkan adalah meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Alhasil, sel-sel tubuh akan mendapatkan jumlah oksigen dan nutrisi yang tepat.

Baca Juga: 9+ Manfaat Buah Pepaya yang Sudah Terbukti Secara Ilmiah, Catat Ya!

3. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Buah jamblang juga sangat kaya akan flavonoid dan serat makanan, yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

Penelitian dari Nutrition Reviews misalnya, telah membuktikan bahwa konsumsi buah jamblang yang kaya akan flavonoid sangat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat dari tubuh dan meningkatkan kolesterol baik dari tubuh.

LDL atau kolesterol jahat merupakan penyebab utama berbagai jenis penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung, stroke jantung, dan masih banyak lagi.

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa manfaat buah jamblang sangat baik untuk mempercepat proses penyembuhan dalam tubuh, salah satunya untuk pemulihan luka, karena sifat antijamur dan antibiotiknya.

Konsumsi buah jamblang juga tidak hanya membantu dalam penyembuhan luka, tetapi juga membantu dalam proses regenerasi jaringan.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah jamblang sangat kaya akan vitamin C bersama dengan sifat antijamur dan antibiotik, sehingga ia akan sangat membantu meningkatkan kekebalan dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit jamur dan bakteri.

Mengutip Nutrients, vitamin C ini akan membantu meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh kita yang melindungi tubuh dari zat asing seperti bakteri dan virus.

Vitamin C juga akan membantu mencegah kerusakan oksidatif pada sel tubuh manusia akibat radikal bebas.

Baca Juga: Makanan Kaya Antioksidan Bantu Tingkatkan Kesuburan, Ini Penjelasannya!

6. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Buah jamblang juga mengandung serat makanan dalam jumlah tinggi, yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dan mencegah masalah yang berhubungan dengan pencernaan, seperti sembelit, gas, kram, diare, kembung, dan lain-lain.

Serat yang ada dalam buah jamblang akan menambah volume perut dan memastikan kotoran di dalam tubuh akan digerakan ke luar.

Selain itu vitamin C yang terdapat pada buah jamblang sangat bermanfaat dalam mencegah radikal bebas untuk melakukan kerusakan oksidatif pada sel sistem pencernaan, sehingga dengan rutin konsumsi buah jamblang, risiko berbagai jenis kanker seperti kanker usus besar akan terhindar.

7. Meningkatkan Fungsi Otak

Buah jamblang juga sangat kaya akan zat besi yang sangat bermanfaat bagi otak. Zat besi ini akan membantu meningkatkan produksi hemoglobin, yang mengikat oksigen dan nutrisi dalam darah, sehingga otak akan mendapatkan jumlah oksigen dan nutrisi yang tepat untuk berfungsi dengan baik.

Penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi buah jamblang secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan demensia.

8. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Karena banyaknya mineral yang terdapat pada buah jamblang, seperti kalsium, fosfor, mangan dan magnesium konsumsi buah ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang kita dan untuk menjaga tulang kita tetap kuat dan sehat.

Kalsium dan fosfor adalah elemen utama dari struktur tulang dan juga membantu meningkatkan kepadatan tulang.

Selain itu, penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi buah jamblang secara rutin dapat menjaga kekuatan tulang dan mencegah risiko osteoporosis.

9. Mencegah Risiko Anemia

Moms yang menderita anemia bisa mendapatkan manfaat buah jamblang bila mengonsumsinya secara rutin.

Anemia merupakan penyakit kekurangan zat besi dalam tubuh dan buah jamblang sangat kaya akan kandungan zat besi.

Jamblang memberikan cukup zat besi dalam tubuh untuk mencegah penyakit anemia dan gejala anemia, seperti kelelahan, lemas , sakit kepala, pusing, detak jantung tidak teratur, dan masih banyak lagi.

10. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Karena tingginya jumlah sifat antioksidan dan antibakteri yang ditemukan di buah jamblang, maka ia sangat baik untuk kulit dan juga membantu mencegah berbagai jenis masalah terkait kulit.

Sifat antioksidan buah jamblang akan membantu melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan oksidan pada sel kulit. Ini adalah penyebab utama dari berbagai jenis penyakit terkait kulit seperti keriput, dan tanda-tanda penuaan.

Manfaat buah jamblang untuk kulit juga datang dari sifat antibakteri. Ini akan membantu melindungi kulit dari zat asing seperti virus dan bakteri, yang merupakan penyebab utama penyakit kulit atau masalah kulit lain seperti infeksi bakteri, jerawat, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Tak Perlu Dikupas, 5 Buah Ini Kulitnya Bermanfaat untuk Kesehatan

Efek Samping Buah Jamblang

Manfaat Buah Jamblang Lainnya.jpg

Foto: freepik.com

Manfaat buah jamblang memang sangat banyak dan ia cenderung aman bagi kebanyakan orang jika dikonsumsi secara wajar.

Sejauh ini, belum ada efek samping membahayakan yang dilaporkan setelah konsumsi daging buah jamblang.

Namun, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan saat mengonsumsi buah duwet, termasuk ekstrak buah, biji, daun, atau kulit kayunya.

Belum ada informasi yang dapat dipercaya terkait keamanan ekstrak buah jamblang untuk ibu hamil dan menyusui, sehingga konsumsi buah jamblang secara berlebihan atau dalam bentuk ekstrak/suplemen/teh yang tidak diketahui keamanannya, sangat tidak dianjurkan.

Jika Moms mengonsumsi ekstrak buah jamblang, coba sebaiknya pantau kadar gula darah secara cermat. Khususnya saat mengosumsi ekstrak biji dan kulit buah jamblang.

Karena adanya kemungkinan ekstrak biji dan kulit dahan menurunkan kadar gula dalam darah, sebaiknya hentikan konsumsi ekstrak buah jamblang dua minggu sebelum jadwal operasi.

Pasalnya, ada beberapa kekhawatiran terkait kemungkinan gangguan kontrol gula darah selama dan setelah operasi.

Jika Moms tertarik mengonsumsi buah ini atau suplemennya, Moms bisa mencarinya dengan mudah di berbagai toko online, dan pastikan suplemennya sudah terdaftar oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Baca Juga: Tak Hanya Segar, Ini 9 Manfaat Infused Water Timun untuk Kesehatan

Namun pastikan untuk tidak mengonsumsi buah ini secara berlebihan untuk menghindari dampak yang tidak diinginkan. Lagipula, alangkah lebih baik jika Moms mendiskusikan dahulu dengan dokter saat hendak mengonsumsi suplemen apa pun.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait