Kesehatan

KESEHATAN
28 Oktober 2020

9 Manfaat Buah Kelapa, Ternyata Dapat Mengurangi Stres, Lho!

Air hingga dagingnya semuanya punya manfaat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Putriana
Disunting oleh Amelia Puteri

Sudah sejak lama manfaat buah kelapa diakui oleh dunia. Hampir seluruh bagian tanaman yang banyak tumbuh di negara tropis ini dapat dimanfaatkan.

Mulai dari akar, batang pohon, daun, hingga buahnya baik kelapa muda maupun kelapa tua. Bicara soal manfaat buah kelapa, seluruh bagian buahnya pun dapat dikonsumsi dan diolah.

Seperti air kelapa yang menyegarkan dan dapat diminum langsung hingga daging buahnya.

Daging buah kelapa muda biasanya dinikmati langsung bersama air kelapa, namun tak jarang diolah menjadi berbagai makanan dan minuman. Sedangkan daging buah pada kelapa tua biasanya diolah menjadi santan.

Lalu, apa saja yang menjadi manfaat buah kelapa? Simak penjelasan lebih lanjut berikut ini.

Manfaat Buah Kelapa untuk Kesehatan

Buah yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil kelapa.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Selain rasanya yang nikmat dan mudah diolah menjadi berbagai makanan dan minuman, ternyata daging buah kelapa menyimpan banyak manfaat yang sangat baik bagi kesehatan dan juga kecantikan, lho.

Bahkan sudah banyak penelitian yang dilakukan terhadap buah kelapa menunjukkan hasil positif, seperti tujuh manfaat buah kelapa di bawah ini.

Baca Juga: 17 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil yang Menakjubkan!

1. Kaya Akan Nutrisi

photo-1597269155313-7639e0dc7d9d.jpg

Foto: unspalsh.com

Manfaat buah kelapa tak luput dari banyaknya kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Tidak seperti kebanyakan buah lain yang mengandung karbohidrat tinggi, sebagian besar kelapa terdiri dari lemak.

Buah kelapa juga mengandung protein, sejumlah mineral penting, dan sebagian kecil vitamin B. Namun, mereka bukanlah sumber utama dari sebagian besar vitamin lainnya.

Mineral dalam kelapa mempunyai banyak fungsi untuk tubuh kita. Seperti salah satunya kandungan mangan yang penting untuk kesehatan tulang dan metabolisme karbohidrat, protein, dan kolesterol.

Buah kelapa juga kaya akan mineral tembaga dan zat besi yang membantu pembentukan sel darah merah, serta selenium yaitu antioksidan penting yang berperan melindungi sel-sel tubuh.

Sebagai gambaran, berikut adalah daftar nutrisi untuk 1 cangkir atau 80 gram daging kelapa mentah berdasarkan data Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA).

  • Kalori: 283
  • Protein: 3 gram
  • Karbohidrat: 10 gram
  • Lemak: 27 gram
  • Gula: 5 gram
  • Serat: 7 gram
  • Mangan: 60% dari Angka Kebutuhan Gizi (AKG)
  • Selenium: 15% dari AKG
  • Tembaga: 44% dari AKG
  • Fosfor: 13% dari AKG
  • Kalium: 6% dari AKG
  • Zat besi: 11% dari AKG
  • Seng: 10% dari AKG

Sebagian besar lemak dalam buah kelapa berbentuk medium-chain triglycerides (MCT). Metabolisme MCT di dalam tubuh berbeda dari jenis lemak lainnya, yakni dengan menyerapnya langsung dari usus kecil dan dengan cepat menggunakannya sebagai sumber energi.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam MDPI tentang manfaat MCT pada orang dengan obesitas menemukan bahwa lemak ini dapat meningkatkan pembakaran lemak tubuh saat dimakan sebagai pengganti lemak jenuh rantai panjang dari makanan hewani.

Selain itu, daging buah kelapa kaya akan beberapa mineral penting, terutama mangan dan tembaga. Mangan mendukung fungsi enzim dan metabolisme lemak, sedangkan tembaga membantu pembentukan tulang dan kesehatan jantung.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

photo-1589990199295-f12e8e109784.jpg

Foto: unspalsh.com

Manfaat buah kelapa selanjutnya adalah membantu memelihara kesehatan organ jantung, terutama ekstrak minyak kelapa. Hal ini ditunjukkan oleh beberapa penelitian, salah satunya studi yang dipublikasikan BMJ Open.

Penelitian ini melibatkan 91 orang yang diminta untuk mengonsumsi 50 ml dari salah satu jenis minyak di antara minyak zaitun, minyak kelapa, atau unsalted butter.

Hasilnya, kelompok orang yang mengonsumsi minyak kelapa menunjukkan peningkatan jumlah kolesterol baik (HDL) dalam darah.

Studi lainnya dilakukan oleh Journal of Nutrition and Metabolism selama delapan minggu.

Hasilnya, peserta yang mengonsumsi 200 gram bubur santan menunjukkan penurunan signifikan pada kadar kolesterol jahat (LDL) dan kenaikan pada kadar kolesterol baik (HDL), dibandingkan dengan kelompok yang mengonsumsi bubur dengan susu kedelai.

Secara keseluruhan, penelitian-penelitan tersbeut menyimpulkan bahwa buah kelapa memiliki efek untuk menetralkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Studi berbeda yang dilakukan Nutrition Reviews pada 1.837 wanita Filipina, menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi lebih banyak minyak kelapa tidak hanya memiliki tingkat kolesterol baik (HDL) yang lebih tinggi, tetapi juga tingkat kolesterol dan trigliserida (LDL) yang lebih tinggi.

Baca Juga: 4 Manfaat Kesehatan Cuka Apel untuk Bayi, Simak di Sini!

3. Kaya Antioksidan untuk Menangkal Radikal Bebas

photo-1519909818144-6b0f1cb425f8.jpg

Foto: unspalsh.com

Manfaat buah kelapa lainnya adalah kaya akan antioksidan. Daging kelapa mengandung senyawa fenolik, yaitu antioksidan yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan oksidatif.

Senyawa fenolik utama yang diidentifikasi oleh International Journal of Food Properties terdapat dalam daging buah kelapa meliputi asam galat, asam caffeic, asam salisilat, dan asam p-kumarat.

Tes laboratorium pada daging kelapa menunjukkan bahwa buah ini memiliki aktivitas antioksidan dan pembasmi radikal bebas.

Polifenol yang ditemukan di dalam buah kelapa dapat mencegah oksidasi kolesterol jahat (LDL), sehingga kecil kemungkinannya menyebabkan plak di arteri yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Beberapa penelitian menggunakan tabung dan hewan juga menunjukkan bahwa antioksidan yang ditemukan dalam minyak kelapa dapat membantu melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif dan kemoterapi.

4. Baik untuk Diet dan Membantu Menurunkan Berat badan

manfaat buah kelapa-2

Foto: Orami Photo Stock

Berat badan yang terkontrol adalah manfaat buah kelapa lainnya yang bisa Moms dapatkan.

Berdasarkan hasil studi para peneliti dari University of Quebec at Montreal, mengkonsumsi minyak kelapa murni yang diekstrak dari daging kelapa diketahui dapat mengurangi lemak perut.

Minyak kelapa diklaim baik untuk diet karena salah satunya mengandung medium-chain triglycerides (MCT). MCT dalam buah ini dapat meningkatkan perasaan kenyang, pembakaran kalori, dan pembakaran lemak, yang semuanya dapat mendukung penurunan berat badan.

Selain itu, kandungan serat daging kelapa yang tinggi dapat meningkatkan rasa kenyang sehingga membantu mencegah makan berlebihan.

ISRN Pharmacology pernah melakukan penelitian pada 20 orang Malaysia dengan obesitas. Hasilnya, ditemukan penurunan ukuran pinggang partisipan pria rata-rata sekitar 3 cm setelah mereka mengonsumsi 30 ml minyak kelapa murni setiap hari selama 4 minggu.

Sayangnya, partisipan wanita tidak mengalami penurunan yang signifikan.

Namun, dalam satu penelitian lain yang lebih lama pada tahun 2009, menyebutkan bahwa wanita yang mengonsumsi 30 ml minyak kelapa olahan setiap hari selama 12 minggu mengalami pengurangan ukuran pinggang rata-rata 1,4 cm dari sebelumnya.

Sebuah studi yang dipublikasikan Journal of Complementary and Integrative Medicine di tahun 2017 membuktikan manfaat buah kelapa untuk menurunkan berat badan.

Peserta yang melengkapi diet standar dengan mengonsumsi 100 gram kelapa segar setiap hari selama 90 hari menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan, dibandingkan dengan konsumsi kacang tanah atau minyak kacang dalam jumlah yang sama.

Baca Juga: Belum Banyak yang Tahu, Ternyata Ini Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan

5. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

3 Masalah Pencernaan.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat buah kelapa untuk mengatasi konstipasi dapat dimungkinkan karena buah kelapa sangat kaya akan serat. Hal inilah yang membantu melancarkan buang air besar, serta menjaga keadaan usus dan sistem pencernaan Moms agar tetap sehat.

Karena buah ini juga tinggi lemak, manfaat buah kelapa lainnya adalah dapat membantu tubuh menyerap nutrisi yang larut dalam lemak, termasuk vitamin A, D, E, dan K.

Selain itu, MCT dalam daging kelapa telah terbukti memelihara bakteri baik dalam usus yang dapat melindungi sistem pencernaan dari peradangan hingga kondisi seperti sindrom metabolik.

Terlebih lagi, minyak kelapa dapat mengurangi pertumbuhan jamur berbahaya, seperti Candida albicans yang dapat menyebabkan infeksi serius.

6. Membantu Menjaga Kadar Gula Darah

photo-1509685446001-c340df69aa67.jpg

Foto: unsplash.com

Kelapa rendah karbohidrat dan tinggi serat dan lemak, sehingga manfaat buah kelapa salah satunya dapat membantu menstabilkan gula darah.

Salah satu penelitian Chemico-Biological Interactions pada tikus menemukan bahwa kelapa memiliki efek antidiabetes, kemungkinan karena kandungan argininnya.

Arginin adalah asam amino yang penting bagi fungsi sel pankreas, yakni organ yang melepaskan hormon insulin untuk mengatur kadar gula darah.

Tikus dengan diabetes diberi makan protein yang terbuat dari daging kelapa. Hasilnya gula darah, kadar insulin, dan penanda metabolisme glukosa lainnya jauh lebih baik daripada tikus yang tidak makan protein kelapa.

Selain itu, sel beta di pankreas mulai memproduksi lebih banyak insulin, yakni hormon yang membantu mengatur gula darah. Para peneliti menduga peningkatan fungsi sel beta juga disebabkan oleh tingginya jumlah arginin yang ditemukan dalam kelapa.

Baca Juga: Ini Dia 13 Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil yang Luar Biasa

7. Membantu Pembentukan Produksi ASI

manfaat buah kelapa-3

Foto: Orami Photo Stock

Ibu hamil dan menyusui juga dapat meraskan manfaat buah kelapa yang luar biasa. Manfaat buah kelapa untuk ibu hamil adalah dapat membantu produksi ASI.

Menurut American Journal of Clinical Nutrition, persediaan ASI untuk Si Kecil akan semakin kaya nutrisi jika Moms rajin mengonsumsi minyak kelapa secara teratur selama masa kehamilan.

Hal ini mungkin terjadi karena kandungan asam laurat di dalam minyak kelapa dapat membantu pembentukan ASI sepanjang fase kehamilan dan menyusui.

8. Membantu Mengatasi Stres

manfaat buah kelapa-4

Foto: Orami Photo Stock

Minyak kelapa atau virgin coconut oil (VCO) telah dikonsumsi di seluruh dunia karena berbagai manfaat buah kelapa bagi kesehatan. Beberapa manfaat buah kelapa yang diesktrak menjadi minyak ini telah dievaluasi secara ilmiah.

Asam lemak rantai menengah atau medium-chain fatty acids diketahui bersifat antidepresan potensial. Namun, efek ini belum dievaluasi dalam minyak kelapa yang kaya akan polifenol dan asam lemak rantai menengah.

Experimental and Therapeutic Medicine melakukan penelitian untuk menguji efek antistres dan antioksidan VCO in vivo menggunakan tikus yang diinduksi hormon stres.

Mereka kemudian dievaluasi menggunakan tes berenang dan menahan suhu dingin ekstrem. Hasilnya, VCO mampu memulihkan stres pada tikus pasca berenang.

Selain itu, tikus yang diobati dengan VCO ditemukan menunjukkan kadar antioksidan otak yang lebih tinggi. Kadar kolesterol serum, trigliserida, glukosa dan kortikosteron juga lebih rendah pada tikus yang diberi VCO.

Hasil ini menunjukkan nilai potensial VCO sebagai minyak fungsional antistress.

Baca Juga: 14 Manfaat Buah Kolang-kaling untuk Kesehatan, Bisa Menguatkan Tulang

9. Menjaga Kesehatan Kulit

photo-1588413333412-82148535db53.jpg

Foto: unspalsh.com

Manfaat buah kelapa lainnya yakni menjaga kelembapan kulit. Menggunakan ekstrak minyak kelapa murni atau VCO ke pada kulit dapat memelindungi dan memiliki efek anti-inflamasi.

Menurut penelitian dari Food and Chemical Toxicology, minyak kelapa murni dapat mengurangi efek peradangan dari sengatan sinar UVB.

Hasil ini menunjukkan efek antiinflamasi CCE terhadap peradangan yang disebabkan radiasi UVB. Selain itu, kelompok partisipan yang menggunakan VCO menunjukkan peningkatan kadar kolagen dan hyaluronan sintase-3

Meski kita sudah tahu banyaknya manfaat buah kelapa termasuk minyak kelapa, namun bukan berarti konssumsinya bisa berlebihan.

Minyak kelapa mengandung lebih dari 80 persen lemak jenuh, dan beberapa ahli telah mengaitkan lemak jenuh dengan penyakit kardiovaskular.

Pedoman Diet untuk Orang Amerika 2015-2020 merekomendasikan untuk membatasi konsumsi lemak jenuh hingga kurang dari 10% kalori sehari. Artyinya, seseorang yang mengikuti diet 2000 kalori per hari boleh mengonsumsi tidak lebih dari 20 gram lemak jenuh setiap hari.

Itu dia Moms, ragam manfaat buah kelapa yang bisa diketahui. Semoga berguna!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait