Kesehatan

17 Oktober 2020

Mirip Ceri, Ini 9 Manfaat Buah Kersen yang Wajib Diketahui!

Buah kersen memang sangat mirip dengan buah ceri dan punya banyak manfaat untuk kesehatan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Intan Aprilia

Pernahkah mendengar tentang buah kersen? Mungkin Moms sewaktu kecil pernah memetik buah ini bersama teman-teman, namun kebanyakan orang mengenal buah ini buah ceri.

Ya, buah kersen memang sangat mirip dengan buah ceri, tapi buah kersen dan ceri adalah dua jenis yang berbeda.

Dengan nama latin Muntingia calabura, buah ini memang tidak seterkenal buah ceri. Apalagi buah ini juga umumnya hanya ditemui di Asia dan Amerika Latin, sehingga membuat buah kersen tidaklah terkenal.

Namun, manfaat buah kersen tidak bisa Moms anggap sepele. Pasalnya, sudah banyak peneliti dan ahli gizi yang menemukan manfaat dari buah kecil dengan rasa manis ini.

Baca Juga: 19 Buah untuk Ibu Hamil yang Segar dan Menyehatkan

Manfaat buah kersen tak perlu dikhawatirkan lagi, meskipun ia memiliki ukuran yang sangat kecil.

Manfaat dari buah kersen ini bisa bertindak sebagai pencegahan penyakit tertentu. Penasaran apa saja manfaat buah kersen untuk kesehatan? Mari simak ulasannya berikut ini!

Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan

Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan

Foto: krishijagran.com

Buah kecil dengan rasa yang manis ini ternyata memiliki segudang manfaat untuk tubuh, seperti:

1. Melawan Pilek dan Flu

Buah kersen adalah sumber vitamin C yang sangat baik, ia mengandung 150 miligram vitamin C hanya dalam 100 gram.

Mengutip artikel dalam Natural Hub, vitamin C dapat membantu mempersingkat durasi pilek dan bahkan menawarkan perlindungan terhadapnya.

Sebuah tinjauan 2013 juga menemukan bahwa vitamin C bisa mengurangi durasi pilek hingga 8 persen pada orang dewasa dan 14 persen pada anak-anak.

Karena flu rata-rata berlangsung sekitar seminggu, ini berarti asupan vitamin C bisa mengurangi durasi pilek menjadi satu hari lebih sedikit.

Saat makanan kaya vitamin C seperti buah kersen dikonsumsi, maka kandungan vitamin C ini akan merangsang sistem kekebalan tubuh.

Kemudian hal ini akan memungkinkan tubuh untuk melawan patogen yang menyerang secara lebih efisien.

2. Manfaat Buah Kersen untuk Diabetes

Buah kersen memang manis, tapi ia tidak akan menaikkan kadar gula darah dalam tubuhmu. Malah ia memiliki kemampuan menurunkan gula darah pada pengidap diabetes.

Makan buah kersen secara teratur dapat membantu menstabilkan kadar gula darah dan mungkin menurunkan dosis suntikan untuk penderita diabetes.

Dalam sebuah studi 2011 yang diterbitkan di Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine, para peneliti menyelidiki efek 500 miligram ekstrak buah kersen pada tes toleransi glukosa oral, metode yang membantu mendiagnosis diabetes pada tikus diabetes.

Para peneliti menemukan pra-pengobatan dengan ekstrak 500 mg ekstrak buah kersen menyebabkan penurunan yang signifikan dalam peningkatan kadar gula darah dalam waktu satu jam.

Ini berarti manfaat buah kersen untuk diabetes benar adanya, dan patut dicoba.

Baca Juga: 3 Makanan untuk Ibu Hamil dengan Diabetes Gestasional

3. Mengatasi Masalah Ulkus Lambung

Efek buah kersen pada aktivitas pencernaan nyatanya juga telah sebanding dengan efek omeprazole, yakni obat yang digunakan untuk mengobati sakit maag, tukak lambung, dan penyakit gastroesophageal reflux (GERD).

Sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam jurnal Clinical & Experimental Pharmacology juga menemukan bahwa tikus yang diobati dengan ekstrak (250 mg dan 500 mg) sebelum pemberian etanol absolut, telah mengurangi area pembentukan tukak lambung.

Para peneliti percaya ekstrak tersebut menekan pembentukan ulkus karena sifat anti-peradangannya.

Buah kersen akan menetralkan asam lambung dan memberikan lapisan pelindung pada mukosa lambung sehingga keasaman kandungan lambung akan menurun.

4. Meringankan Asam Urat

Bentuk arthritis yang menyakitkan ini biasanya berkembang akibat konsumsi terlalu banyak jenis makanan dan terlalu sedikit air. Untungnya buah kersen bisa diandalkan untuk mengatasinya.

Asam urat di persendian, yang menyebabkan peradangan, dapat dikurangi dengan buah berkat sifat anti-inflamasi yang dimiliki buah kersen.

Jadi, makan sembilan hingga 12 buah beri, sebanyak tiga kali sehari, akan membantu meredakan rasa sakit akibat asam urat.

5. Buah Kersen Memiliki Sifat Antibakteri

Salah satu perhatian besar dunia kedokteran saat ini adalah bahwa semua jenis bakteri menjadi kebal terhadap antibiotik yang dihasilkan.

Manusia telah menggunakan antibiotik secara berlebihan hingga bakteri telah bermutasi, menumbuhkan strain yang lebih kuat dan lebih resisten.

Untungnya buah kersen juga bisa diandalkan untuk menjadi antibiotik alami yang akan melawan staph, bakteri usus, sepsis, dan difteri.

Namun, pengujian lebih lanjut mungkin diperlukan untuk membuktikan nilainya dalam memerangi bentuk infeksi lain.

Baca Juga: 3 Perbedaan Nutrisi Buah Utuh dan Jus Buah, Signifikan!

6. Memiliki Sifat Antioksidan yang Kuat

Oksidasi adalah proses kimiawi dalam tubuh yang akan melepaskan radikal bebas.

Radikal bebas yang merusak ini membentuk rantai dan dianggap sebagai penyebab kanker dan penyakit berbahaya lainnya.

Untuk membunuh radikal bebas, dibutuhkan antioksidan seperti yang ada dalam buah kersen. Dalam buah ini terdapat sekitar 24 senyawa flavonoid dan fenolik yang berbeda.

7. Buah Kersen Mengandung Nutrisi Penting

Manfaat buah kersen datang karena buah itu sendiri mengandung serat, karbohidrat, protein, kalsium, fosfor, zat besi, dan vitamin B (yang merupakan peningkat suasana hati yang bagus).

Dengan jenis manfaat nutrisi yang sangat baik ini, tidak heran jika buah kersen menjadi buah yang disukai banyak orang.

Moms bisa memakan buahnya mentah, membuat selai dan jeli, atau menggunakannya untuk memanggang.

Mungkin buah ini agak sulit ditemukan, namun buah ini tersedia banyak di situs jual beli online dalam bentuk cair atau dalam satu atau sekelompok suplemen. Dan menurut ahli gizi, ini sama bermanfaatnya dengan buah itu sendiri.

8. Bisa Hilangkan Jerawat

Ternyata buah kersen juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir jerawat lho. Buah kersen bisa Moms aplikasikan sebagai masker wajah.

Caranya, haluskan buah kersen lalu, oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Atau, Moms juga bisa langsung mengaplikasikan manfaat buah kersen untuk kecantikan dengan memencet buahnya lalu aplikasikan bagian biji dan air di dalamnya untuk langsung dioleskan pada kulit wajah.

Moms bisa mencoba melakukan perawatan ini rutin setiap sebelum tidur malam. Namun, jika kondisi tidak membaik atau malah bikin gejala semakin berat, mungkin penggunaannya harus dihentikan.

9. Mengurangi Kram Perut Ibu Hamil

Manfaat buah kersen juga bisa dirasakan oleh ibu hamil. Buah ini bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mengurangi kram pada perut.

Dalam proses kehamilan, ibu hamil pasti akan mengalami kondisi kram perut, untuknya air rebusan buah kersen bisa mengusir kondisi ini.

Baca Juga: 7 Kombinasi Buah-Buahan yang Bagus untuk MPASI

Tak Hanya Buah, Manfaat Teh Daun Kersen juga Baik untuk Tubuh

Tak Hanya Buah, Manfaat Teh Daun Kersen juga Baik untuk Tubuh

Foto: fitfoodiesmantra.com

Sejak dahulu, orang-orang tak hanya memanfaatkan buah kersen, melainkan juga daunnya.

Daunnya bisa dikeringkan, dihancurkan, dan kemudian dibuatkan teh. Nah, berikut ini adalah manfaat teh daun kersen yang perlu Moms ketahui:

1. Manfaat Teh Daun Kersen untuk Kesehatan Jantung

Tak hanya buahnya, minum teh yang terbuat dari daun pohon buah kersen juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Ini karena asam nitrat pada daun teh ini memiliki kemampuan mengendurkan pembuluh darah, sehingga dapat memperlancar aliran darah.

Oleh karena itu, daun buah kersen dapat melindungi kesehatan jantung dan juga mencegah arteriosklerosis.

Sebuah studi tahun 2009 yang diterbitkan di Singapore Medical Journal juga menemukan bahwa ekstrak daun buah kersen memiliki efek perlindungan dalam serum dan jaringan jantung.

Ekstrak tersebut berhasil menurunkan aktivitas enzim penanda yang berdampak negatif pada kesehatan jantung dan kadar asam urat, yakni unsur limbah yang terbentuk secara alami dalam tubuh.

Penting untuk diingat bahwa kadar asam urat yang tinggi dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan penyakit ginjal.

2. Bertindak sebagai Penghambat Nyeri

Meskipun buahnya sendiri merupakan pereda nyeri, teh daun kersen sebenarnya juga efektif memblokir reseptor nyeri.

Cara kerjanya begini, Moms memiliki sel saraf (neuron) di seluruh tubuh. Ketika mereka menerima rangsangan rasa sakit, mereka mengirim pesan ke sumsum tulang belakang dan otak.

Di sini, teh akan memblokir pesan-pesan itu agar tidak terkirim, mirip dengan cara opium melakukannya, tetapi tanpa efek samping yang buruk.

Sama seperti makan buahnya, teh sangat bagus untuk sakit kepala, sakit asam urat, dan nyeri sendi rematik lainnya.

3. Sedang DIteliti Sebagai Pencegah Kanker

Penelitian sejauh ini menduga bahwa daun pohon kersen memiliki khasiat yang berfungsi untuk mengurangi dan mencegah pertumbuhan tumor kanker.

Namun, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian akan hal ini untuk membultikannya, terlebih lagi pada masyarakat kuno kanker bukanlah masalah kesehatan utama.

Tentu, mereka tidak memiliki semua bahaya lingkungan seperti yang ada hari ini, tapi mereka yang berada di iklim hangat menggunakan banyak dari tanaman umum ini secara teratur.

4. Memiliki Manfaat Anti-Inflamasi yang Kuat

Masalah yang paling umum dengan peradangan biasanya muncul dalam bentuk pembengkakan sendi dan jaringan serta demam. Untungnya teh kersen mengurangi hal-hal seperti itu.

Jadi, tak ada salahnya untuk mulai mencoba minuman sehat ini. Jika Moms takut rasanya menjadi pahit, bisa coba menambahkan madu ke dalamnya.

5. Mengurangi Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi disebabkan oleh banyak hal dalam masyarakat modern, seperti merokok, garam, diet tinggi lemak, dan keturunan.

Ketika pembuluh darah menyempit karena hal-hal ini, darah akan lebih sulit bergerak ke seluruh tubuh dan memberikan tekanan pada pembuluh darah.

Jadi, istilah tekanan darah tinggi, merupakan kondisi berbahaya yang bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Di dalam teh daun kersen terdapat banyak oksida nitrat, bahan kimia alami yang melemaskan pembuluh darah sehingga darah dapat mengalir dengan leluasa, sehingga mengurangi tekanan darah tinggi.

Baca Juga: 7 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan dan Wajah

Fakta Menarik Mengenai Buah Kersen

Fakta Menarik Mengenai Buah Kersen

Foto: healthfacts.xyz

Buah ini memang bukan merupakan buah yang populer, tetapi ada beberapa fakta unik yang mungkin perlu Moms ketahui:

  • Pohon buah kersen dulu ditanam di Florida selatan untuk memberi keteduhan bagi tanaman pembibitan. Namun kini mereka sekarang jarang ditanam di sana.
  • Pohon buah kersen tumbuh lebih baik daripada pohon lainnya di udara yang sangat tercemar di wilayah metropolitan Manila. Ini sangat penting untuk reboisasi di Filipina karena ia dapat tumbuh di tempat yang tidak dapat ditanami pohon lain.
  • Buah kersen sangat populer di Meksiko dan dapat ditemukan di hampir semua pasar Meksiko.
  • Tidak seperti Meksiko, buah kersen tidak umum di Brasil. Mereka dianggap terlalu kecil untuk menguntungkan secara komersial sehingga jarang dijual. Sebaliknya, orang Brasil cenderung menanam pohon ini di dekat sungai tempat bunga dan buah jatuh ke air dan digunakan sebagai umpan untuk menarik ikan.
  • Buah umumnya dikonsumsi dengan tiga cara berbeda: langsung dari pohon, selai, atau teh.
  • Karena hanya tumbuh di daerah tropis, buah kersen tumbuh sepanjang tahun.

Di Indonesia, buah ini bisa juga tumbuh liar dan tidak terlalu banyak yang sengaja menanamnya untuk menikmati buahnya. Namun, di toko online, harga buah ini juga tidak murah. Terkadang pohonnya tumbuh untuk membuat lingkungan lebih teduh.

Baca Juga: Selain Untuk Kebersihan, Ini Alasan Penting Moms Mencuci Buah dan Sayur

Bila Moms hendak mengonsumsi buah kersen, jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu ya supaya terhindar dari bakteri yang mungkin masih menempel.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait