Kesehatan

KESEHATAN
22 Oktober 2020

8+ Manfaat Buah Langsat untuk Kesehatan, Kandungannya Bermanfaat Tinggi!

Sudah pernah makan buah langsat? Ternyata, ini deretan manfaat buah langsat untuk kesehatan.
placeholder

Foto: freepik.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Dina Vionetta

Moms, pernah mencoba buah langsat? Atau justru masih asing dengan buah satu ini? Jika belum pernah, sesekali cobalah buah yang juga disebut lanzones fruit ini.

Buah langsat dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan. Apabila dilihat dengan kasat mata, buah langsat memang mirip sekali dengan buah duku.

Keduanya sama-sama mempunyai kulit luar berwarna cokelat muda. Meski begitu, keduanya adalah buah yang berbeda.

Buah langsat rasanya asam-asam manis dan lebih asam daripada duku. Buah langsat bergetah tinggi dan memiliki kulit yang tipis.

Sementara itu, buah duku memiliki daging yang lebih tebal dibandingkan buah langsat dan rasanya lebih manis dibandingkan dengan buah langsat.

Nah, berikut ini ulasan tentang manfaat buah langsat yang juga bisa dikonsumsi oleh ibu hamil.

Baca Juga: 5 Buah-buahan untuk Kulit Glowing, Yuk Mulai Dikonsumsi!

Kandungan yang Terdapat dalam Buah Langsat

Kandungan dalam Buah Langsat.jpg

Foto: tastecraze.com

Studi dari Purdue University menjelaskan, ada beberapa kandungan yang terdapat dalam buah langsat yang perlu dipahami, yaitu:

1. Kaya Serat

Buah langsat mengandung serat dalam jumlah yang baik. Sebanyak 100 gram langsat mengandung 0,8 gram serat. Nah, serat ini tentunya baik untuk membantu mengontrol kadar kolesterol dan berat badan seseorang.

2. Kalori dalam Langsat

Ingin makan cemilan tanpa takut berat badan naik? Nah, buah-buahan menjadi pilihan terbaik.

Buah langsat bisa menjadi cemilan sehat yang cukup mengenyangkan. Setidaknya, 100 gram buah langsat mengandung 57 kalori.

Selain itu, buah langsat tidak memiliki lemak jenuh sehingga baik untuk kesehatan tubuh Moms.

3. Kandungan Gula Alami

Buah langsat sangat menyegarkan dan mengandung gula sederhana, fruktosa, dan sukrosa yang mampu membantu meningkatkan energi.

Selain itu, kandungan ini juga dapat membantu merevitalisasi melalui elektrolit, mineral, dan vitamin.

4. Sumber Vitamin B Kompleks

Tahukah Moms kalau buah langsat ini mengandung sumber vitamin B kompleks yang baik untuk tubuh.

Sebut saja ada kandungan thiamin, riboflavin, niacin, dan folat.

Vitamin ini penting karena berfungsi sebagai faktor pendamping untuk membantu tubuh memetabolisme karbohidrat, protein, dan lemak.

5. Mengandung Kalium

Menjadi buah tropis yang berair, ternyata langsat juga mengandung kalium atau potasium dalam jumlah yang baik.

Perlu Moms pahami, kekurangan potasium memengaruhi kesehatan secara keseluruhan. Sebab, mineral ini penting untuk berfungsinya otot, termasuk jantung.

Itulah beberapa kandungan utama dalam buah langsat. Nah, ada kandungan vitamin dan mineral lainnya yang terdapat dalam buah langsat.

Di antaranya seperti kalsium, fosfor, dan zat besi. Kandungan vitamin C yang menjadi sumber antioksidan juga terdapat dalam buah langsat.

Namun, kandungan tidak sebesar seperti yang sudah diungkapkan dalam poin-poin di atas, ya, Moms.

Meski begitu, bisa kita lihat kalau buah langsat ini sangat menjanjikan dan bisa menjadi menu buah-buahan yang dikonsumsi harian.

Baca Juga: 5 Buah-Buahan yang Harus Dihindari saat Hamil, Ini Daftarnya

Manfaat Buah Langsat untuk Ibu Hamil

Seberapa banyak seorang ibu hamil membutuhkan buah dan sayuran? Dilansir dari laman Baby Center, para ahli merekomendasikan Moms untuk mengonsumsi lima porsi buah dan sayuran setiap hari.

Pembagiannya bisa tiga porsi sayuran berwarna hijau, dan dua porsi buah lainnya untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

Atau, disesuaikan dengan kebutuhan Moms masing-masing. Nah, apabila Moms belum pernah mencoba buah langsat saat hamil, inilah saat yang tepat.

Sebab, ada beberapa manfaat buah langsat yang bisa didapatkan oleh ibu hamil, yaitu:

1. Membantu Kesehatan Pencernaan

Membantu Kesehatan Pencernaan

Foto: Orami Photo Stock

Kesehatan pencernaan saat hamil itu sangat perlu perhatian karena beberapa gangguan sering terjadi. Sebut saja seperti sembelit, perut terasa kembung, hingga mengalami diare.

Hal ini wajar terjadi karena seiring berubahnya hormon dalam tubuh Moms, maka tubuh juga bisa mengalami beberapa perubahan.

Nah, salah satu cara untuk menjaga kesehatan pencernaan saat hamil adalah memerhatikan pola makan yang sehat.

Buah langsat bisa menjadi pilihan karena mengandung serat yang cukup untuk mencegah terjadinya masalah pencernaan seperti sembelit dan obstruksi usus besar.

Selain itu, sebaiknya kurangi mengonsumsi makanan berlemak, pedas, dan gorengan untuk menghindari masalah pencernaan.

Cukupi konsumsi makanan bernutrisi dari buah, sayur, ikan, dan daging rendah lemak. Perbanyak juga asupan cairan dalam tubuh agar terhindar dari dehidrasi.

“Makan 5-6 kali sehari dalam porsi kecil dapat mencegah terjadinya masalah pencernaan. Jangan terjebak dengan anggapan kalau lagi hamil harus makan sebanyak-banyaknya. Makan secukupnya dan tetap penuhi nutrisi yang seimbang,” ungkap Dr. Aine O’Connor, ilmuwan dari British Nutrition Foundation.

2. Mampu Menurunkan Kolesterol yang Tinggi

menurunkan kolesterol tinggi saat hamil

Foto: Orami Photo Stock

Mengapa ibu hamil rentan mengalami kenaikan kolesterol? Sebenarnya, hal ini wajar terjadi karena kadar kolesterol yang cukup tinggi selama kehamilan diperlukan untuk membuat hormon steroid, seperti estrogen dan progesteron, yang penting untuk menjaga kesehatan janin selama masa kehamilan.

Nah, kadar kolesterol ini cenderung meningkat secara alami selama trimester kedua. Puncaknya akan terjadi selama trimester ketiga dan biasanya kembali normal sekitar empat minggu setelah melahirkan.

Maka dari itu, selalu rutin untuk mengecek kolesterol saat hamil dan usahakan menjaga kolesterol tetap dalam batasan normal.

Hati-hati, kolesterol tinggi selama kehamilan dapat menyebabkan hipertensi yang diinduksi kehamilan sehingga bisa berdampak buruk pada bayi dan ibunya.

Salah satu cara untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dengan makan buah langsat. Buah langsat juga baik dikonsumsi karena tidak mengandung lemak jenuh dan kaya serat.

Baca Juga: 6 Masalah Kesehatan di Pagi Hari Ini Bisa Diatasi dengan Makan Buah-buahan

3. Menjaga Kesehatan Gigi

menjaga kesehatan gigi

Foto: Orami Photo Stock

Seberapa sering Moms memikirkan kesehatan gigi dan gusi saat hamil? Sering diabaikan, padahal hal ini penting sekali, lho!

Saat terjadi perubahan hormon saat hamil, maka kekebalan tubuh juga terganggu. Hal ini yang sebabkan tubuh kurang terlindung dari bakteri, termasuk menyerang gigi dan gusi.

Cara untuk mencegah sakit gigi saat hamil adalah menyikat gigi minimal dua kali sehari. American Academy of Pediatrics juga menyarankan untuk semua wanita hamil mendapatkan perawatan gigi saat hamil.

Tujuannya untuk mencegah terjadi masalah gigi dan gusi yang tidak diinginkan.

Selain itu, apa lagi yang sebaiknya Moms lakukan? Pola makan sangat berpengaruh pada kesehatan gigi saat hamil.

Memang benar adanya, ibu hamil biasanya ngidam makanan manis yang cenderung mengandung gula berlebih.

Namun, sebaiknya Moms perbanyak makanan atau cemilan yang mengandung gula alami, seperti buah-buahan.

Kandungan fosfor yang dimiliki buah langsat juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan gigi dan terbukti dalam masalah kesehatan gigi seperti mencegah sakit gigi, menguatkan gigi, dan mencerahkan gigi secara alami.

4. Meningkatkan Pertumbuhan Janin

mendukung pertumbuhan janin

Foto: Orami Photo Stock

Buah langsat disebutkan mengandung vitamin B kompleks, salah satunya adalah folat. Sudah bukan hal yang baru bahwa asam folat sangat dibutuhkan Moms saat hamil.

Manfaat asam folat untuk ibu hamil adalah mencegah cacat tabung saraf dan membantu perkembangan saraf janin.

Asam folat juga mampu meningkatkan produksi sel darah merah di tubuh Moms. Hal ini penting karena ibu hamil umumnya rentan mengalami anemia defisiensi besi.

Jadi, buah langsat mendukung pertumbuhan janin dan menjaga kesehatan Moms selama masa kehamilan.

5. Menjaga Daya Tahan Tubuh saat Hamil

Menjaga Daya Tahan Tubuh saat Hamil

Foto: Orami Photo Stock

Daya tahan tubuh Moms selama hamil perlu dijaga dengan baik agar terhindar dari kelelahan. Nah, Moms bisa mengonsumsi buah langsat untuk mendukung daya tahan tubuh karena buah ini mengandung vitamin C.

Vitamin C juga diperlukan untuk meningkatkan kesehatan kulit, lho! Jika diperlukan, Moms bisa mendapatkan suplemen tambahan yang biasanya dikonsumsi sesuai anjuran dokter.

Itulah beberapa manfaat buah langsat yang bisa didapatkan ibu hamil. Hal yang perlu diperhatikan, hindari mengunyah dari biji buah langsat.

Atau, apabila Moms masih ragu, bisa langsung ditanyakan pada dokter kandungan.

Baca Juga: 5 Buah untuk Bantu Redakan Radang Tenggorokan yang Bisa Dicoba

Manfaat Buah Langsat untuk Kesehatan

Tidak hanya untuk ibu hamil, buah langsat juga bisa dikonsumsi oleh siapa saja dari berbagai rentang usia. Berikut ini manfaat buah langsat untuk kesehatan tubuh, yaitu:

1. Mengatasi Rasa Kelelahan

mengatasi kelelahan

Foto: Orami Photo Stock

Tahukah Moms kalau buah langsat mengandung zat besi yang tinggi melebihi buah apel dan jeruk?

Maka dari itu, cobalah untuk mengonsumsi buah langsat untuk memenuhi kebutuhan zat besi setiap harinya. Zat besi dapat membantu mengatasi kelelahan tanpa sebab pada pria maupun wanita.

Bahkan pada seseorang yang tidak mengalami anemia, kadar zat besi yang rendah masih dapat mengurangi tingkat energi dalam tubuh.

Perlu dipahami, kelelahan karena kekurangan zat besi dapat menyebabkan rasa kantuk yang berlebihan dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Zat besi juga dibutuhkan untuk membantu menyediakan oksigen yang diperlukan untuk kontraksi otot.

Zat besi berperan penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Hal ini terkait dengan ketersediaan hemoglobin yang menyediakan oksigen ke sel, jaringan, dan organ tubuh yang rusak.

2. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

mengatasi tekanan darah tinggi

Foto: Orami Photo Stock

Buah langsat diketahui mengandung kalium yang tinggi. Apa saja manfaat yang bisa didapatkan? Dilansir dari Harvard Health Publishing, kalium ini penting untuk kesehatan.

Kalium mampu mengatasi tekanan darah yang tinggi, hingga mencegah terjadinya stroke. Kalium juga bermanfaat untuk memelihara kesehatan saraf dan kekuatan otot.

Jika Moms ingin pilihan buah lainnya yang mengandung kalium tinggi, bisa mencoba buah pisang sebagai asupan nutrisi yang baik.

Baca Juga: 7 Buah-buahan yang Aman Dikonsumsi Penderita GERD

3. Mengatasi Diare

mengatasi diare

Foto: Orami Photo Stock

Bagi Moms atau anggota keluarga lainnya yang saat ini mengalami diare, sangat penting untuk menjaga pola makan yang sehat.

Nah, Moms bisa mencoba untuk makan buah langsat sebagai asupan nutrisi yang mampu mengatasi diare.

Buah langsat mengandung serat, vitamin C, dan mineral yang cukup banyak sehingga membantu diare cepat pulih.

Selain itu, selalu cukupkan asupan cairan dalam tubuh agar terhindar dari dehidrasi, ya, Moms.

4. Mengatasi Gatal Akibat Gigitan Serangga

mengatasi rasa gatal akibat gigitan serangga

Foto: Orami Photo Stock

Selain buahnya yang bermanfaat, nyatanya kulit buah langsat juga memiliki manfaat tersendiri.

Manfaat kulit buah langsat kerap digunakan untuk mengatasi rasa gatal akibat gigitan serangga dan menghaluskan kulit secara alami.

Caranya mudah, Moms cukup mengoleskan kulit buah langsat pada area kulit yang gatal.

Namun, hati-hati apabila menggunakan kulit buah langsat pada area kulit yang sensitif, ya!

Jika rasa gatal juga tidak berkurang, Moms bisa mencoba pengobatan lainnya.

Itulah beberapa hal yang perlu dipahami tentang manfaat buah langsat. Jadi, tertarik untuk mencobanya?

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait