Gratis Ongkir minimum Rp 300.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




ASI & MPASI | Jan 15, 2018

8 Manfaat Buah Naga Sebagai MPASI Bayi

Bagikan


Manfaat Buah Naga Sebagai MPASI Bayi

Kaya akan vitamin C serta mineral lainnya, buah naga menawarkan beragam manfaat untuk kesehatan. Manfaat buah naga untuk anak termasuk melawan batuk dan flu. Selain itu, buah naga mampu melawan kanker dan rendah kolesterol, sehingga baik untuk anak.

Baca Juga : MPASI Pertama, Sebaiknya Buah Atau Serelia, Ya?

Nah, bagi Si Kecil yang sudah mendapatkan MPASI, Moms bisa menyiapkan buah naga sebagai makanan kaya nutrisi yang juga bermanfaat untuk kesehatannya. Yuk, simak apa saja, sih, manfaat buah naga untuk tubuh Si Kecil?

Antioksidan

Buah naga mengandung antioksidan tinggi yang dikenal dengan fenol. Antioksidan ini berguna melindungi sel membran anak dari serangan radikal bebas. Antioksidan dari buah naga juga mampu melindunginya dari serangan penyakit umum.

Melindungi jantung

MPASI buah naga berdampak baik pada kesehatan jantung Si Kecil. Kandungan vitamin dan juga mineral di dalamnya melindungi dan memperkuat jantung. Jika buah hati Moms bukan termasuk anak yang aktif, jantungnya mungkin akan beresiko mengalami gangguan. Mengonsumsi buah naga membantu memastikan jantungnya tetap sehat.

Baca juga: Kapan Bayi Siap Makan?

Kaya vitamin C

Vitamin C dibutuhkan dalam perkembangan tulang, otot dan gigi. Vitamin C juga membantu perkembangan pembuluh darah Si Kecil yang sedang tumbuh. Ditambah lagi, vitamin C di dalam buah naga merupakan sumber yang bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Tinggi serat

Serat yang terkandung di dalam buah naga sangatlah tinggi. Ini akan membantu Si Kecil memiliki sistem pencernaan yang sehat. Dengan sistem pencernaan yang sehat, sangat berguna untuk mencegah terjadinya sembelit.

Manfaat serat dalam buah naga termasuk berfungsi menjaga keseimbangan kadar gula darah dan membantu si kecil untuk meningkatkan berat badan secara sehat.

Baca Juga : Kapan Waktu Tepat Bayi Boleh Makan Pedas dan Daging?

Membangun tulang yang kuat

Buah naga kaya kandungan mineral seperti halnya potassium. Potassium bersama senyawa flavanoid dan fenolik lainnya membantu Si Kecil untuk membangun tulang yang kuat. Termasuk melindunginya dari kecenderungan arthritis di masa depan.

Mengandung vitamin A

Kandungan vitamin A yang terdapat dalam buah naga sangatlah tinggi. Ini akan membantu kulit Si Kecil tetap sehat. Vitamin A juga bagus untuk kesehatan mata sekaligus membantu anak terhindar dari berbagai macam serangan infeksi.

Menjaga kesehatan ginjal

Kemampuan detoksifikasi yang dimiliki buah naga membantu terhindar dari serangan berbagai jenis racun. Manfaatnya yakni menjaga kebersihan dan kesehatan ginjal dari elemen racun dan menjaga saluran kemih tetap sehat.

Baca Juga : Buah Anggur, Camilan Sehat untuk Bayi

Menenangkan saraf

Buah naga yang kaya kandungan potassium bermanfaat menjaga kesehatan fungsi jantung dan sistem saraf. Dalam masa pertumbuhan, sangat penting menjaga kesehatan tubuh Si Kecil dan terbebas dari lemak.

Hingga saat ini belum ditemukan efek negatif dalam pemberian buah naga untuk bayi (sebagai MPASI). Buah naga mengandung gizi tinggi dan memang dikenal mampu memberikan warna pada urin dan kotoran manusia.

Namun, dibalik manfaatnya tadi, Moms juga harus bisa melihat cocok tidaknya buah-buahan yang diberikan pada Si Kecil. Jangan diteruskan jika melihat ada reaksi abnormal.

Misalnya, hentikan pemberian buah naga untuk sementara waktu jika melihat urin Si Kecil berwarna merah setelah mengonsumsi buah naga dan lihat apakah ada perbedaannya. Kemudian jika melihat gejala lain seperti nyeri berkemih atau demam yang menyertai, segera periksakan ke dokter untuk mengetahui permasalahannya.

Jadi, untuk mencegah reaksi alergi maupun hal lainnya, sebelum mulai memberikan MPASI pada anak, jangan lupa konsultasikan dulu pada ahlinya, ya!

(RGW)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.