3-5 tahun

22 Februari 2021

8 Manfaat Buah Naga untuk Anak, Baik untuk Pencernaan!

Sebagai antioksidan yang baik untuk Si Kecil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Intan Aprilia

Si Kecil sulit makan buah? Mungkin Moms perlu memberikannya buah naga.

Buah yang terlihat eksotis dan ajaib ini tidak hanya dapat membuat cerah piring makanan namun Moms juga perlu mengetahui sejuta manfaat buah naga untuk anak.

Buah naga memang termasuk buah yang asli dibudidayakan secara komersial di Asia Tenggara.

Hal ini membuat buah naga gampang sekali ditemui di pasar, supermarket, atau tempat belanja lainnya sepanjang tahun. Lalu, apa sih manfaat buah naga untuk anak?

Manfaat Buah Naga untuk Anak

Setelah memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan, Si Kecil biasanya sudah dianggap telah bisa mengonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI).

Dalam usia ini, Si Kecil pun sudah bisa menyangga kepalanya, duduk tegang dan menggerakan makanan di dalam mulut menggunakan lidah.

Hal tersebutlah yang membuat usia 6 bulan dianggap waktu yang ideal bagi orang tua untuk mulai mengenalkan makanan yang bisa mendukung asupan ASI Si Kecil.

Meski demikian, Moms tidak boleh sembarang memilih bahan makanan untuk disajikan dan dikonsumsi Si Kecil, ya!

Memperkenalkan MPASI untuk buah hati memang harus dilakukan secara cermat. Tentu saja hal ini penting guna menjaga gizi seimbang dan kesehatan Si Kecil.

Jika ingin memulai untuk melakukan MPASI, Moms perlu memulainya dengan satu jenis makanan yang mudah dicerna, seperti buah naga.

Seperti yang sudah diketahui, buah-buahan adalah makanan yang sebaiknya dikonsumsi terlebih dahulu. Hal tersebut dikarenakan buah memiliki tekstur lembut yang sangat mudah untuk dicerna oleh bayi.

Tak sampai sana, buah-buahan pun tentunya mengandung berbagai zat yang bergizi tinggi seperti vitamin dan mineral yang sangat baik untuk mendukung pertumbuhan Si Kecil.

Baca Juga: 12 Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil, Perlu Tahu!

Ditambah lagi, buah-buahan biasanya memiliki rasa yang manis sehingga bisa sangat mudah untuk disukai oleh Si Kecil.

Buah naga memiliki tampilan berbentuk oval yang unik, dengan kulit merah-merah muda dan daun hijau bergelombang.

Dagingnya bisa berwarna putih, merah muda, atau magenta dengan biji kecil-kecil berwarna hitam yang dapat dikonsumsi secara bersamaan.

Selain jadi favorit karena rasanya yang manis, buah naga juga disukai karena khasiatnya mencegah diabetes.

Dikutip dari jurnal Plos One, konsumsi buah naga yang cukup dapat menghindari risiko prediabetes turunan. Selain itu, konsumsi buah naga secara teratur juga bisa memperlancar BAB, Moms.

Lalu, bagaimana manfaat buah naga untuk anak? Apakah buah naga sama menyehatkannya bagi anak seperti bagi orang dewasa? Simak di bawah ini, ya.

1. Rendah Kalori, Kolesterol, dan Lemak

5 Khasiat Buah Naga untuk Kesehatan Anak 1.jpg

Foto: freepik.com

Buah naga mengandung sekitar 60 kalori per 100 gram dagingnya. Hal ini menjadikan buah naga salah satu buah rendah kalori yang mengandung lebih sedikit gula dan karbohidrat daripada buah-buahan tropis lainnya.

Mengutip dari Science Direct, buah naga kaya akan kandungan seperti polifenol, karoten, dan betacyanin yang menjadi salah satu manfaat buah naga untuk anak.

Baca Juga: 3 Resep Jus Buah dan Sayur yang Mudah dan Enak

2. Tinggi Vitamin, Mineral, dan Antioksidan

Manfaat buah naga untuk anak selanjutnya adalah kaya akan vitamin C. Di mana, jumlah kandungan vitamin C buah naga 3 kali lebih tinggi dari jumlah kandungan vitamin C pada wortel, lho.

Kandungan vitamin C yang tinggi sangat penting bagi anak-anak karena dipercaya bisa membantu tumbuh kembang tulangnya.

Selain itu, vitamin C juga menjadi salah satu manfaat buah naga untuk anak terutama pada kesehatan kulit dan sistem peredaran darahnya

Vitamin C pada buah naga juga meningkatkan kekebalan tubuh dan bertindak sebagai antioksidan untuk menghilangkan racun berbahaya dari tubuh.

Berdasarkan British Journal of Pharmacology, antioksidan dalam buah naga baik untuk meningkatkan jumlah sel darah merah, membantu mencegah anemia, dan mendukung pertumbuhan rambut yang sehat pada anak.

Buah naga juga tinggi akan vitamin A, B1, B2 dan B3, serta sumber zat besi yang sangat baik bagi tubuh.

3. Membantu Memperlancar Sistem Pencernaan

5 Khasiat Buah Naga untuk Kesehatan Anak 3.jpg

Foto: freepik.com

Usus manusia adalah rumah bagi sekitar 100 triliun mikroorganisme yang beragam, termasuk lebih dari 400 spesies bakteri.

Banyak peneliti percaya komunitas mikroorganisme ini dapat memengaruhi kesehatan orang dewasa, juga anak-anak.

Manfaat buah naga untuk anak selanjutnya adalah meningkatkan keseimbangan bakteri baik dalam usus.

Prebiotik adalah jenis serat spesifik yang mendorong pertumbuhan bakteri sehat pada usus.

Mengonsumsi prebiotik secara teratur dapat mengurangi risiko infeksi pada saluran pencernaan dan diare pada Si Kecil.

Ini karena prebiotik meningkatkan pertumbuhan bakteri baik, yang menurut jurnal yang dipublikasikan di Life Sciences Research Organization, dapat mengalahkan bakteri jahat.

Baca Juga: 7 Camilan yang Mengandung Probiotik, Baik untuk Pencernaan Anak

4. Memperkuat Sistem Imun

Manfaat buah naga untuk anak juga dipercaya bisa memperkuat sistem imunnya.

Kemampuan tubuh anak untuk melawan infeksi umumnya ditentukan oleh beberapa faktor termasuk kualitas makanan yang dikonsumsi.

Vitamin C dan karotenoid dalam buah naga pada dasarnya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak dan mencegah infeksi dengan melindungi sel darah putih dari kerusakan.

Sel-sel darah putih dalam sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan zat-zat berbahaya.

Sebagai sumber antioksidan, vitamin C, dan karotenoid, manfaat buah naga untuk anak juga dapat menetralkan radikal bebas dan mempertahankan sel darah putih Si Kecil dari bahaya.

5. Mencegah Penyakit Berbahaya

5 Khasiat Buah Naga untuk Kesehatan Anak 5.jpeg

Foto: unsplash.com

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang menyebabkan kerusakan sel, peradangan, dan berbagai macam penyakit.

Salah satu cara untuk memeranginya adalah dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan seperti buah naga.

Antioksidan bekerja dengan menetralkan radikal bebas, sehingga mencegah kerusakan sel dan peradangan.

Studi tahun 2016 menunjukkan bahwa diet tinggi antioksidan dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dan radang sendi.

Buah naga mengandung beberapa jenis antioksidan kuat termasuk vitamin C, betalains, dan karotenoid. Jadi, manfaat buah naga untuk anak juga bisa mencegah Si Kecil terjangkit penyakit berbahaya.

Antioksidan ini bekerja paling baik ketika dimakan secara alami dalam makanan, bukan dalam bentuk pil atau suplemen.

Baca Juga: Ini Caranya Membuat Anak Suka Makan Sayur dan Buah

6. Menenangkan Saraf

Buah naga mengandung potassium tinggi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan fungsi jantung dan sistem saraf.

Pada masa pertumbuhan, sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh Si Kecil agar terbebas dari lemak.

Sampai saat ini belum ditemukan efek negatif pada pemberian buah naga untuk anak.

Di dalam buah naga, mengandung gizi tinggi dan sudah dikenal dapat memberikan warna pada urin atau kotoran manusia. Waah, ternyata Moms bisa menemukan sejuta manfaat buah naga untuk anak, ya!

7. Mencegah Anemia

5 Khasiat Buah Naga untuk Kesehatan Anak 4.jpeg

Foto: unsplash.com

Anemia pada anak seringkali terjadi dikarenakan tubuhnya sulit untuk menyerap zat besi atau tidak mendapatkan asupan zat besi dari pola makan yang cukup.

Manfaat buah naga untuk anak juga bisa didapatkan dari kombinasi kandungan zat besi serta vitamin C, yang dapat membantu mencukupi kebutuhan zat besi harian anak.

Sekaligus dapat meningkatkan penyerapan zat besi sehingga Si Kecil bisa terlindungi dari penyakit anemia.

8. Menguatkan Tulang

Biasanya, Moms akan memberikan susu pertumbuhan untuk memberikan mineral penting dalam mendukung kesehatan dan perkembangan tulang.

Namun, tahukah Moms bahwa manfaat buah naga untuk anak juga bisa menguatkan tulang?

Jadi, Moms juga dapat memberikan buah naga yang faktanya kaya akan kalsium, magnesium, fosfor sekaligus.

Ketiga adalah kandungan mineral yang mempunyai peran penting untuk menjaga kesehatan, memberikan kekuatan, dan menguatkan tulang.

Tetapi, di balik manfaatnya tadi, Moms juga harus bisa melihat apakah cocok atau tidak setiap buah-buahan yang Moms berikan pada Si Kecil. Jika melihat ada reaksi abnormal, sebaiknya jangan diteruskan.

Misalnya, Moms harus menghentikan pemberian buah naga untuk sementara waktu ketika melihat urine Si Kecil berwarna merah setelah menyantap buah naga dan lihat perbedaannya.

Lalu, jika melihat gejala lain seperti Si Kecil merasa nyeri berkemih atau demam, segera periksakan ke dokter untuk bisa mengetahui permasalahnnya.

Baca Juga: Bermanfaat bagi Anak, Ini 5 Cara Nikmat Menyajikan Buah Naga

Moms, itulah manfaat buah naga untuk anak. Jadi, mulai sekarang jangan ragu lagi menyediakan buah naga sebagai konsumsi buah-buahan sehari-hari, ya.

Sebagai variasi, Moms juga bisa menyajikan buah naga dalam campuran dalam es buah, potongan es loli, atau puding. Selamat mencoba, Moms!

Cara Menyajikan Buah Naga Sesuai Usia Si Kecil

5 Khasiat Buah Naga untuk Kesehatan Anak 2.jpeg

Foto: unsplash.com

Menyajikan buah naga atau buah lainnya untuk Si Kecil pastilah berbeda. Jadi, jangan sampai salah menyiapkan buah naga untuk MPASI Si Kecil ya, Moms! Berikut cara penyajian buah naga sesuai dengan umur bayi.

1. 6 bulan – 12 bulan

MPASI dimulai ketika Si Kecil berusia 6 bulan. Pada umur 6 hingga 12 bulan, kupaslah buah naga dan potong sekitar setengah atau seperempat bagian dari buah utuh.

Jika Si Kecil sudah bisa memegang sendiri makanan dengan tangannya, Moms bisa juga memotong buah naga kecil-kecil sehingga buah hati bisa makan sendiri buah naga dengan mudah.

2. 12 bulan – 18 bulan

Saat sudah memasuki usia 12 bulan hingga 18 bulan, Moms sudah mulai boleh memotong buah naga dengan ukuran yang pas untuk dimasukkan ke dalam mulut Si Kecil.

Karena cengkraman Si Kecil sudah mulai kuat, pada usia ini Moms juga sudah bisa mengajarkan atau membiarkan sang buah hati menggunakan garpu, loh!

3. 18 bulan – 24 bulan

Pada usia 18 hingga 24 bulan, biasanya anak-anak sudah bisa mengigit buah naga dengan baik dan efisien.

Jika Moms merasa Si Kecil sudah siap, Moms bisa memberikan potongan buah naga dengan ukuran yang lebih besar!

Dalam memberikan potongan buah naga, pastikan untuk memberikan ukuran yang tepat untuk Si Kecil ya, Moms!

Hal ini berguna untuk mencegah Si Kecil mengalami tersedak saat mengonsumsi buah naga!

Baca Juga: 7 Makanan Sumber Protein untuk Bayi 6-12 Bulan

Nah, sekarang Moms sudah memahami manfaat buah naga untuk anak, bukan? Jika Moms masih memiliki pertanyaan seputar manfaat buah naga untuk anak atau resep MPASI buah naga, yuk bagikan di kolom komentar!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait