Kesehatan

KESEHATAN
23 Agustus 2020

5 Manfaat Buah Pinang Bagi Wanita, Apakah Moms Sudah Tahu?

Buah pinang bermanfaat meningkatkan kesehatan seksual para wanita
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Amelia Puteri

Tanaman pinang yang kita ketahui sebagai pohon panjat pinang ini tidak hanya terkenal di dalam negeri, tetapi juga luar negeri.

Banyak negara luar yang mempelajari dan memanfaatkan setiap bagian dari tanaman dengan buah berwarna merah atau oren ini. Karena itu, Moms perlu tahu apa saja manfaat buah pinang yang mungkin belum diketahui.

Seperti yang dikutip dari jurnal berjudul Species Profiles for Pacific Island Agroforestry, tanaman dengan nama ilmiah Areca catechu L. ini dapat menghasilkan berbagai produk dari setiap bagian pohon tersebut.

Batang pohon yang dapat tumbuh setinggi 30 meter (100 kaki) digunakan sebagai bahan konstruksi; di Jawa, tunas (jantung palem) dikonsumsi sebagai lalap atau acar meski memberikan rasa pahit; kacang, sekam, tunas muda, kuncup, daun, dan akarnya digunakan untuk berbagai bahan dasar pembuatan obat; dan bagian-bagian lain juga dapat dimanfaatkan untuk menunjang kebutuhan manusia.

Selain itu, buah yang dikenal dengan sebutan areca nut dan betel nut palm ini memiliki kandungan nutrisi yang tidak dimiliki buah lainnya.

Berdasarkan buku The Flower of Paradise, buah pinang memiliki sedikit kandungan karbohidrat, protein, vitamin A, kalsium, fosfor, dan besi. Diasumsikan jika mengonsumsi 12 atau lebih buah pinang per hari dapat mengisi nutrisi harian yang diperlukan seseorang.

Yuk, cari tahu apa saja manfaat buah pinang bagi wanita berikut ini.

Manfaat Buah Pinang bagi Wanita

Buah yang dihasilkan dari tanaman tropis ini memiliki nutrisi yang diperlukan tubuh. Buah pinang juga memiliki kandungan zat baik lainnya yang bermanfaat bagi para wanita, nih. Apa saja ya manfaat buah pinang bagi wanita? Simak ulasan berikut ini, Moms.

1. Mengatasi Keputihan

manfaat buah pinang 1.jpg

Foto: freepik.com

Mengutip Lybrate, ketidakseimbangan estrogen dalam tubuh menyebabkan Leucorrhea, atau yang lebih dikenal sebagai keputihan. Salah satu manfaat buah pinang dapat membantu mengatasi hal ini.

Keputihan memang merupakan hal wajar, tetapi jika sampai membuat vagina terasa gatal dan menimbulkan bau yang tidak sedap, bisa jadi keputihan berubah jadi sebuah infeksi.

Moms bisa menghaluskan biji pinang muda lalu merebusnya. Nah, air rebusan ini kemudian bisa digunakan untuk membasuh vagina secara rutin guna mengobati keputihan dan bau tak sedap.

Baca Juga: Manfaat Buah Delima untuk Kecantikan Kulit, Wajib Tahu!

2. Mengurangi Kram Perut

manfaat buah pinang 2.jpg

Foto: freepik.com

Selain dapat mengatasi keputihan, manfaat buah pinang juga bisa membantu Moms mengurangi kram perut sebelum atau saat menstruasi.

Dengan kandungan nutrisinya, buah pinang dapat memperbaiki ketidakseimbangan hormon yang terjadi dalam tubuh. Buku The Way of Ayurvedic Herbs juga menyebutkan pinang dapat digunakan sebagai solusi dari masalah kram saat menstruasi.

Campurkan bubuk buah pinang dengan jahe, biji wijen, dan madu sampai mengental membentuk pasta. Lalu, ambil 1 sendok pasta ini dan campur dengan 5-6 tetes susu.

Konsumsilah ramuan ini secara rutin 2 kali sehari sebelum dan saat menstruasi.

3. Meningkatkan Hasrat Seksual

manfaat buah pinang 3.jpg

Foto: freepik.com

Manfaat buah pinang lainnya juga bisa untuk meningkatkan hasrat seksual, Moms. Kandungan alkaloid dalam buah pinang berfungsi sebagai afrodisiak, yakni zat untuk meningkatkan gairah seksual.

Selain baik dikonsumsi oleh para wanita, Moms juga bisa memberikan buah pinang untuk pasangan jika mau gairah seksualnya ikut meningkat pula.

Namun, tetap perhatikan kadar konsumsi buah pinang, sebab terlalu banyak menyantap buah pinang juga bisa menimbulkan masalah pencernaan, seperti diare, mual, dan perut melilit.

Baca Juga: Dikenal Sebagai Buah Biksu, Ketahui 5 Manfaat Buah Lo Han Kuo untuk Kesehatan

4. Merapatkan Vagina

manfaat buah pinang 4.jpeg

Foto: unsplash.com

Bagi Moms yang sudah lama menikah, biasanya Moms akan mencari beberapa cara untuk merapatkan vagina kembali. Nah, salah satu manfaat buah pinang bagi wanita yang lainnya ialah bisa merapatkan vagina.

Moms bisa mencari pinang muda, kemudian mencabut kecil-kecil kulitnya, lalu campur dengan biji gambir yang sudah dihaluskan dan daun sirih mudah. Lalu, rebus campuran ini dan gunakan airnya untuk membilas area vagina setiap hari.

Baca Juga: Cari Tahu Disini, 9 Manfaat Buah Melon Untuk Anak

5. Bahan Kosmetik Alami

manfaat buah pinang 5.jpg

Foto: freepik.com

Selain berkhasiat bagi kehidupan seksual wanita, manfaat buah pinang untuk wanita juga bisa digunakan untuk alat kecantikan, nih. Apalagi jika Moms banyak memiliki alergi pada kandungan kosmetik. Bahan-bahan alami seperti buah pinang bisa jadi solusinya.

Antioksidan, penghambatan tirosinase dan bakteri, serta pengujian toksisitas sel yang aman membuat ekstrak dari buah pinang dapat dikembangkan dan digunakan sebagai bahan kosmetik.

Mengutip Bangkok Cosmetic, data farmakologis menunjukkan kemampuan ekstrak buah ini dapat menghambat S. aureus, S. epidermidis, P. acnes, yang merupakan penyebab utama terjadinya jerawat.

Karena itu, pinang memiliki potensi tinggi sebagai zat bioaktif dalam industri kosmetik dan produk kecantikan.

Itulah manfaat buah pinang bagi wanita, Moms. Setelah membacanya, apakah Moms tertarik untuk mengonsumsinya?

Artikel Terkait