Kesehatan

1 Mei 2021

23+ Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan dan Ibu Hamil, Catat!

Buah asli Indonesia yang memiliki banyak manfaat yang baik ibu hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms, ternyata selain enak, ada banyak sekali manfaat buah rambutan untuk kesehatan. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Rambutan atau dalam Bahasa latih disebut Nephelium lappaceum adalah buah yang berasal dari kawasan Asia Tenggara. Sesuai dengan namanya, kulit buah rambutan memiliki rambut yang menyerupai hewan laut bulu babi. Sementara daging buah rambutan mirip dengan leci dan kelengkeng, yaitu berwarna putih bening dan terdapat biji di tengahnya.

Buah yang satu ini sangat mudah didapatkan di pasar dan dibanderol dengan harga yang cukup murah. Ada beberapa varietas rambutan dengan jumlah terbanyak terdapat di Indonesia, yaitu dengan 22 varietas. Buah rambutan memiliki rasa yang manis dan sangat cocok dikonsumsi saat cuaca panas.

Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan

xx manfaat buah rambutan

Foto: Orami Photo Stock

Selain memiliki rasa yang manis dan enak untuk dikonsumsi, rambutan juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Rambutan mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh.

Menurut data informasi nutrisi dari USDA, dalam 150 gram rambutan mengandung nutrisi seperti protein, vitamin C, calcium, magnesium, potassium, folat dan vitamin A. Tak hanya itu, rambutan juga mengandung berbagai jenis polyphenols yang memberikan manfaat untuk kesehatan.

Rambutan yang segar mengandung kadar gula yang bervariasi tergantung tingkat kematanagnya. Semakin matang buah rambutan, kandungan gula yang ada di dalamnya juga akan semakin naik.

1. Menjaga Sistem Imun dalam Tubuh

Manfaat buah rambutan yang pertama adalah untuk menjaga sistem imun dalam tubuh. Buah rambutan kaya akan vitamin, mineral dan senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan.

Nutritional Biochemistry jurnal menunjukan bahwa dalam 100 gram buah rambutan memiliki 1,3 – 2 gram serat atau setara dengan jumlah serat yang ada di dalam apel, jeruk, dan buah pir.

Buah rambutan juga kaya akan vitamin C yang dapat memudahkan tubuh untuk menyerap zat besi. Tak hanya itu, vitamin C dapat bertindak sebagai antioksidan dan dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel. Konsumsi 5-6 buah rambutan akan memenuhi 50% kebutuhan vitamin C harian. Vitamin C merupakan salah satu zat yang dapat menjaga imunitas dalam tubuh, sehingga terhindar dari berbagai virus penyebab penyakit.

Rambutan juga mengandung banyak copper atau mineral tembaga yang berperan dalam pertumbuhan dan pemeliharaan sel tulang, otak dan jantung. Buah ini juga mengandung berbagai jenis mineral lain, seperti mangan, fosfor, kalium, magnesium, dan zinc. Konsumsi 100 gram rambutan akan memenuhi sekitar 20% kebutuhan copper harian.

Baca Juga: Ibu Hamil Makan Rambutan, Bolehkah?

Selain dagingnya, kulit dan biji buah rambutan juga kaya akan nutrisi. Namun, kebanyakan orang tidak memakannya karena memang belum ada penelitian lebih lanjut mengenai keamanan konsumsi biji dan kulit buah rambutan.

2. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Manfaat buah rambutan yang selanjutnya adalah untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Kandungan serat yang tinggi dalam buah rambutan bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan.

Sekitar setengah dari serat yang ada di dalam daging buah rambutan tidak larut, sehingga dapat langsung melewati usus tanpa perlu dicerna. Serat tidak larut dapat menambah kotoran dalam tinja dan membantu mempercepat kerja usu dan dapat mengurangi sembelit.

Sementara serat yang larut dapat menjadi makanan untuk bakteri baik di dalam usus. Nantinya, bakteri ini dapat memproduksi asam lemak seperti asetat, propionat, dan butirat.

Jurnal Gastroenterology menjelaskan bahwa rantai asam lemak yang dihasilkan dari bakteri di dalam usus dapat peradangan dan memperbaiki gejala gangguan usus, termasuk sindrom iritasi usus besar, penyakit Crohn dan colitis ulserativa.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah rambutan yang selanjutnya adalah untuk menurunkan berat badan. Sama seperti kebanyakan buah lainnya, rambutan juga dapat membantu Moms yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Dalam 100 gram buah rambutan mengandung 75 gram kalori dan 2 gram serat.

Nutrition Review menyebutkan bahwa kandungan serat yang tinggi dalam buah rambutan dapat memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan serat larut yang ada di dalam buah rambutan akan membentuk gel di usus. Gel inilah yang memberikan efek kenyang lebih lama, karena dapat memperlambat penyerapan nutrisi di dalam usus.

Selain itu, rambutan mengandung banyak air dan dapat membantu sehingga tubuh selalu terhidrasi.

4. Membantu Mengatasi Infeksi

Manfaat buah rambutan yang selanjutnya adalah untuk mengatasi infeksi. Rambutan juga dipercaya dapat membantu melawan infeksi di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C di dalam buah rambutan dapat mendorong produksi sel darah putih yang berfungsi untuk meredakan infeksi.

Selain itu, selama ratusan tahun kulit rambutan sering dijadikan obat untuk melawan infeksi. Sebuah studi di laboratorium menjunjukan bahwa, kulit rambutan mengandung senyawa yang dapat melindungi tubuh dari virus dan bakteri.

Baca Juga: 6 Makanan Sehat yang Bantu Lawan Infeksi Virus

5. Menurunkan Risiko Diabetes

Manfaat buah rambutan yang selanjutnya adalah untuk menurunkan risiko diabetes. Jurnal Nutriens menyebutkan bahwa senyawa fenolik yang ada di dalam kulit rambutan dapat menurunkan kadar gula darah. Namun, penelitian tersebut hanya diuji menggunakan tikus bukan terhadap manusia. Untuk membuktikan khasiat dari kandungan senyawa tersebut masih diperlukan pengujian terhadap manusia.

6. Mencegah Tumbuhnya Sel Kanker dalam Tubuh

Manfaat buah rambutan yang selanjutnya adalah untuk mencegah tumbuhnya sel kanker. Rambutan mengandung beberapa antioksidan, termasuk antosianin, senyawa fenolik, dan senyawa metanol. Meskipun tidak ada penelitian jangka panjang pada manusia yang mengkonfirmasi efek antikanker pada rambutan.

Namun, antioksidan dalam buah dan sayuran telah lama dikaitkan dengan pencegahan kanker. Memilih rambutan yang yang masih segar dapat memberikan konsentrasi antioksidan yang besar untuk tubuh. Sehingga tubuh dapat terlindungi dari penyakit kanker.

Baca Juga: 6 Pekerjaan yang Bisa Meningkatkan Risiko Kanker di Dalam Tubuh

7. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat buah rambutan yang selanjutnya adalah untuk meningkatkan kesehatan tulang. Pengeroposan tulang merupakan risiko yang pasti akan dihadapi oleh semua orang, seiring bertambahnya usia. Namun, hal tersebut dapat dihindari dengan mengganti pola hidup yang lebih sehat dengan olahraga dan konsumsi makanan sehat.

Konsumsi buah-buahan, seperti rambutan, dapat memberikan efek terhadap kesehatan dan kepadatan tulang. Hal ini dikarenakan buah rambutan mengandung kaliu, yang dapat menjaga kepadatan tulang. Dengan mengurangi ekskresi kalsium melalui urin, rambutan dapat membantu mencegah perombakan tulang dan osteoporosis.

8. Menurunkan Risiko Penyakit Batu Ginjal

Manfaat buah rambutan yang selanjutnya adalah untuk menurunkan risiko penyakit batu ginjal. Selain membantu menjaga kepadatan tulang, buah rambutan juga dapat mencegah penyakit batu ginjal. Konsumsi kalium yang lebih besar, melalui buah-buahan seperti rambutan, meningkatkan resorpsi kalsium di ginjal.

Hipotesis ini telah didukung oleh beberapa studi observasi yang mengutip asupan kalium yang lebih tinggi dengan tingkat perkembangan batu ginjal yang lebih rendah.

9. Membantu Kesehatan Jantung

Manfaat buah rambutan yang selanjutnya adalah untuk membantu kesehatan jantung. Seperti banyak buah lainnya, rambutan memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan jantung. Rambutan menyediakan potassium yang dapat menurunkan tekanan darah, Selain itu, serat yang terkandung dalam bua rambutan juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Folat dan vitamin B lainnya dalam rambutan meredam tingkat peradangan (homosistein), sehingga mengurangi risiko stroke hingga 25% .Kandungan vitamin C rambutan membantu menangkal radikal bebas yang merusak arteri dari waktu ke waktu.

10. Peremajaan Kulit

Manfaat buah rambutan lainnya adalah untuk peremajaan kulit. Kulit adalah organ tubuh yang sangat halus. Ini mendefinisikan penampilan sehingga menciptakan esensi dari merawatnya. Dalam rambutan, Moma akan menemukan protein dan mineral penting lainnya yang dapat membantu menutrisi kulit lho.

Protein dalam buah rambutan membantu menggantikan sel-sel mati di permukaan dengan yang baru. Intinya, kulit Moms akan tetap sehat dan segar.

Selain itu, masalah jerawat pasti akan teratasi. Oleh karena itu, Moms tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menghidupkan kulit. Rambutan bisa menjadi solusi pamungkas masalah kulit dengan menjadikan konsumsinya sebagai gaya hidup.

11. Membuat Rambut jadi Sehat

Manfaat buah rambutan lainnya adalah untuk kesehatan rambut. Rambutan membuat rambut lebih terlihat mewah dan tentunya sehat. Ini karena buahnya mengandung seng dan protein yang mengarah pada kesehatan dan pertumbuhan rambut yang lebih baik.

Mendapatkan rambutan lebih murah daripada membeli losion rambut dan sampo. Mengkonsumsi buah secara teratur memberikan hasil yang sama seperti menggunakan krim dan sampo yang mahal.

12. Obat untuk Penyakit Kecil seperti Bibir Kering dan Mulut Sariawan

Manfaat buah rambutan lainnya adalah untuk mengobati bibir kering dan sariawa. Orang yang makan dengan jumlah sedikit vitamin C menderita penyakit kecil seperti bibir kering dan mulut licin. Untungnya, Moms tidak perlu pergi ke rumah sakit untuk dirawat karena kondisi seperti itu.

Mengkonsumsi rambutan akan melepaskan vitamin C dalam jumlah besar ke dalam tubuh sehingga berfungsi sebagai obat untuk penyakit seperti itu. Selain itu, vitamin C efektif melawan sakit tenggorokan di antara penyakit lainnya.

Rambutan mungkin lebih kecil dari lemon, tetapi jumlah vitamin C di dalamnya cukup untuk membantu Moms menyingkirkan penyakit sederhana. Konsumsi saja saat segar dan matang untuk mendapatkan manfaat buah rambutan yang maksimal.

13. Meningkatkan Kesehatan Mata

Manfaat buah rambutan lainnya adalah untuk mneningkatkan kesehatan mata. Studi menunjukkan bahwa kekurangan vitamin A dalam tubuh dikaitkan dengan masalah mata. Kekurangannya menyebabkan komplikasi mata ringan, tetapi jika tidak diobati, kompleksitasnya menjadi lebih mematikan.

Untuk memastikan mata tetap sehat, Moms bisa mengambil langkah mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. dalam pengertian ini; rambutan akan menjadi pilihan terbaik. Kandungan vitamin A yang tinggi pada buah ini dapat meringankan Moms dari masalah mata.

Konsumsi rambutan secara teratur menjamin penglihatan yang jernih dan mata yang sehat. Akan lebih sehat jika Moms menambahkan sumber vitamin A lain ke dalam makanan, tetapi pastikan Anda memiliki 2 hingga 5 rambutan sebagai makanan penutup.

14. Pencegahan Anemia

Manfaat buah rambutan lainnya adalah untuk mencegah anemia. Anemia bukanlah kata yang asing bagi anak perempuan yang pernah mengalami menstruasi. Ini bukan kondisi yang sangat umum, dan terkadang, tidak terdeteksi. Selain itu, ini bukanlah kondisi yang sangat berbahaya, tetapi lebih baik tetap aman dengan menghindari komplikasi tersebut.

Jika Moms ingin menghindari hari-hari yang kusam, melelahkan, dan melemah akibat kehilangan eritrosit yang berlebihan, rambutan bisa menjadi obat yang efektif.

Rambutan mengandung sejumlah besar zat besi yang diperlukan untuk pembentukan zat besi. Mengkonsumsi rambutan akan memberi Moms zat besi yang dibutuhkan untuk meremajakan eritrosit tubuh, sehingga melindungi Moms dari anemia.

15. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat buah rambutan lainnya adalah untuk menurunkan tekanan darah. Saat ini banyak orang, terutama para lansia, yang menderita tekanan darah tinggi. Peningkatan tekanan darah meningkatkan risiko tertular penyakit seperti penyakit jantung yang dapat dengan mudah menyebabkan kematian.

Bahkan di usia muda, seseorang bisa saja menderita tekanan darah tinggi yang berkaitan dengan kondisi dan penyakit yang merugikan tubuh.

Untuk menghindari risiko tekanan darah tinggi, mengonsumsi rambutan bisa sangat membantu. Buah ini mengandung mineral yang membantu mencegah serangan jantung dengan bertindak sebagai obat alami.

16. Obat untuk Diare

Manfaat buah rambutan lainnya adalah untuk obat diare. Makanan yang kita konsumsi bisa terinfeksi kuman penyebab penyakit. Beberapa penyakit tersebut antara lain diare.

Menderita diare dapat melumpuhkan kegiatan harian Moms dan jika tidak ditangani, bahkan dapat menyebabkan kematian. Dengan kandungannya, rambutan bertindak sebagai sarana untuk menghindari kekacauan yang disebabkan oleh diare.

Baca Juga: Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Manfaat Buah Rambutan untuk Ibu Hamil

xx manfaat buah rambutan

Foto: Orami Photo Stock

Selain untuk kesehatan tubuh, buah rambutan juga punya manfaat untuk ibu hamil. Buah rambutan mengandung zat besi, fosfor dan nutrisi penting untuk mencegah mual, membersihkan ginjal dan memperbaiki sistem pencernaah ibu hamil.

Selain itu, rambutan juga membantu sikulasi darah yang dapat mencegah pembengkakan tangan dan kaki atau edema pada ibu hamil. Yuk moms, simak manfaat buah rambutan untuk ibu hamil.

17. Meredakan Mual dan Pusing

Manfaat buah rambutan untuk ibu hamil yang pertama adalah meredakan mual dan pusing. Mual dan pusing sering dialami oleh ibu hamil khususnya pada trimester pertama. Konsumsi buah rambutan dapat membantu meredakan gejala ini. Rasa manis dalam buah rambutan dapat membantu perut moms lebih tenang selama masa awal kehamilan.

18. Sumber Utama Zat Besi

Manfaat buah rambutan untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah sebagai sumber utama zat besi. Rambutan merupakan buah yang kaya akan zat besi. Buah ini dapat menjadi camilan bagi ibu hamil untuk menjaga kadar hemoglobin agar tetap terkendali. Selain itu, zat besi juga dapat mengurangi kelelahan pada ibu hamil.

Baca Juga: Jangan Disepelekan! Ini 7 Manfaat Zat Besi untuk Kesehatan Tubuh

19. Sumber Vitamin E

Manfaat buah rambutan untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah sebagai sumber vitamin E. Kandungan Vitamin E dalam buah rambutan membantu mencegah penuaan dini, jerawat, kulit gatal dan kusam pada warna kulit selama kehamilan. Selain itu, vitamin E juga dapat membantu mengurangi stretch mark setelah melahirkan.

20. Mengontrol Tekanan Darah dan Kolesterol

Manfaat buah rambutan untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah mengontrol tekanan darah dan kolesterol. Rambutan dapat meningkatkan sirkulasi dan mengontrol tekanan darah di dalam tubuh. Sehingga dapat membantu mengurangi pembengkakan tangan dan kaki atau edema selama proses kehamilan. Konsumsi rambutan juga bagus untuk mengatasi masalah kesehatan ibu hamil daripada memberikan obat-obatan.

21. Membantu Pencernaan

Manfaat buah rambutan untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah membantu kesehatan pencernaan bumil. Konsumsi rambutan secara teratur membantu melancarkan saluran pencernaan dan membantu mengurangi masalah buang air besar, diare dan sembelit pada ibu hamil.

Fosfor yang ada dalam buah ini membersihkan ginjal dan juga membantu tubuh memperbaiki jaringan yang rusak. Sehingga dapat membantu ibu hamil agar pencernaannya semakin lancer.

Baca Juga: Hati-Hati dengan Tekanan Darah Rendah Saat Hamil!

22. Membantu Proses Detoks Alami

Manfaat buah rambutan untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah membantu proses detoks alami. Salah satu penyebab utama penyakit adalah racun yang ada di dalam tubuh.

Selain banyak konsumsi air putih, ibu hamil juga disarankan untuk konsumsi buah-buahan, rambutan salah satunya. Karena buah atau sayuran sangat bermanfaat untuk menghilangkan racun dari tubuh kita dan juga menghilangkan logam berat dalam tubuh. Dengan konsumsi makanan tersebut proses detoxifikasi akan berjalan secara alami.

23. Mengurangi Risiko Penyakit Terhadap Ibu Hamil

Manfaat buah rambutan untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah mengurangi risiko penyakit pada ibu hamil. Rambutan membantu pencernaan dan mengurangi sembelit dan diare dengan kandungan fosfornya. Ini membantu ibu hamil untuk melawan flu, sakit kepala dan demam dan tetap sehat selama kehamilan.

Namun, saat mengalami gejala ini Moms tidak boleh sembarangan untuk konsumsi obat-obatan, sehingga dapat menggantinya dengan konsumsi buah-buahan seperti rambutan agar gejala penyakit tersebut dapat hilang tanpa konsumsi obat.

Baca Juga: 5 Penyakit Langganan Ibu Hamil yang Wajib Diwaspadai

24. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh pada Ibu Hamil

Manfaat buah rambutan untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah meningkatkan kekebalan tubuh bumil. Wanita hamil memiliki sistem kekebalan atau imunitas yang lemah sehingga rentan terhadap beberapa penyakit, gangguan, dan infeksi.

Rambutan mengandung tembaga yang dapat produksi sel darah putih untuk melawan mikroorganisme penyebab penyakit. Jadi, tidak ada salahnya untuk menjadikan rambutan sebagai camilan selama hamil ya Moms!

Baca Juga: Kiat Mengurangi Gatal Perut Ibu Hamil

Apakah Aman Bagi Ibu Hamil Mengonsumsi Buah Rambutan?

manfaat buah rambutan

Foto: Orami Photo Stock

Melansir parenting.firstcry.com ibu hamil diperbolehkan konsumsi buah rambutan. Namun, saat akan memakan buah rambutan perlu diperhatikan tingkat kematangan buah tersebut. Karena rambutan yang terlalu matang mengandung alcohol dan terbukti berbahaya bagi ibu dan janin. Rambutan yang terlalu matang juga mengandung kadar gula yang tinggi sehingga data menaikan risiko diabetes gestasional.

Selain pada ibu hamil, rambutan juga dapat memberikan efek samping jika terlalu banyak dikonsumsi. Karena pada sebagian orang yang menderita sindrom iritasi usus khususnya, rambutan dapat memberikan efek flare-up. Jika mengalami gangguan setelah konsumsi buah rambutan sebaiknya Moms langsung menghubungi ahli gizi atau gastroenterolohi untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut Moms!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait