Kesehatan

KESEHATAN
25 Oktober 2020

11+ Manfaat Buah Strawberry untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Buah yang populer sebagai olahan berbagai makanan penutup ini ternyata menyimpan banyak manfaat super!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Amelia Puteri

Siapa yang tidak suka buah strawberry? Penampilannya yang imut dengan warna merah membuat buah ini cukup populer.

Rasa asam dan manis pada buah strawberry membuah buah ini sering dijadikan olahan jus, smoothie, berbagai topping, ataupun makanan penutup.

Menjadi salah satu buah yang banyak dijadikan olahan makanan, apa saja manfaat buah strawberry? Nah, Moms bisa mencari tahu lewat artikel berikut ini!

Manfaat Buah Strawberry

Selain enak dan segar, buah strawberry rupanya memberikan banyak manfaat bagi tubuh, baik untuk balita hingga orang dewasa.

Buah strawberry memiliki banyak nutrisi penting. Kandungan paling banyak dalam buah strawberry adalah Vitamin C, yang berfungsi sebagai antioksidan untuk membantu sistem kekebalan tubuh dan kesehatan kulit.

Setelah vitamin C, manfaat buah strawberry juga mengandung mangan, folat (Vitamin B9), potassium, serta beberapa vitamin dan mineral.

Berkat kandungan nutrisinya, manfaat buah strawberry untuk kesehatan secara umum di antaranya adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh, melawan penyakit kanker, mengurangi resiko sakit jantung dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Tekanan Darah Normal Ibu Hamil, Ini Penjelasan dan Cara Menjaganya

Manfaat Buah Strawberry Untuk Ibu Hamil

Penting bagi moms untuk mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang lengkap saat sedang hamil. Buah strawberry menjadi buah yang paling banyak diidamkan ketika masa kehamilan.

Rasanya yang manis dan asam dipercaya mampu mengurangi mual di dalam perut. Tapi sebenarnya, bolehkah Moms makan buah strawberry ketika sedang hamil?

Menurut UC Davis Health System, California, mengatakan bahwa buah strawberry mengandung Vitamin C yang tinggi. Nutrisi ini dapat membantu perkembangan bayi dan juga membantu Moms untuk menyerap jumlah zat besi yang diperlukan.

Tidak hanya itu, buah asam manis ini adalah sumber karbohidrat yang baik sehingga menjadi sumber energi instan bagi tubuh. Banyaknya kandungan nutrisi penting pada buah strawberry menawarkan beberapa manfaat baik untuk ibu hamil.

1. Mengurangi Cacat Lahir Pada Bayi

manfaat buah strawberry-1

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat buah strawberry secara alami memiliki kandungan asam folat. Hasil studi menunjukkan bahwa asupan 400 mcg asam folat setiap hari dapat mengurangi resiko cacat lahir hingga 50%.

2. Mencegah Anemia pada Ibu Hamil

Seorang wanita hamil sangat rentan terserang anemia, karena wanita hamil cenderung mengalami penurunan sel darah merah di dalam tubuhnya.

Manfaat buah strawberry kaya akan vitamin C yang dapat membantu menyerap zat besi lebih baik untuk membentuk sel darah merah.

Baca Juga: Seberapa Penting Periksa Gula Darah Saat Hamil?

3. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Makan strawberry dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat buah strawberry untuk ibu hamil selanjutnya yaitu dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin dan mineral dalam buah strawberry dapat membantu menjaga kesehatan sistem imun dan mencegah berbagai penyakit.

4. Menjaga Tekanan Darah

Selama masa kehamilan, tubuh akan mengalami banyak perubahan fisik untuk mengakomodasi pertumbuhan dan perkembangan janin. Ini lah yang menyebabkan tekanan darah ibu hamil cenderung naik.

Kalium pada buah strawberry dapat menjaga tekanan darah tetap normal. Dalam Potassium and the Diet, selama masa kehamilan wanita membutuhkan kalium sebanyak 4700 mg dari AKG (Angka Kecukupan Gizi harian).

Kalium memiliki sifat sebagai pelemas dinding pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi dari kram otot. Ini menjadi manfaat buah strawberry lainnya.

Sejumlah penelitian juga menunjukan adanya hubungan antara asupan kalium yang rendah mengakibatkan tekanan darah serta resiko terserang penyakit stroke yang lebih tinggi.

5. Keseimbangan Hormon

Buah strawberry dapat membantu keseimbangan hormon saat hamil

Foto: freepik.com

Manfaat buah strawberry untuk ibu hamil lainnya adalah mampu mengatasi berbagai macam gangguan seperti regulasi hormon, pertumbuhan janin, atau gangguan pencernaan.

Hal ini karena buah strawberry mengandung Vitamin B6 dan serat yang tinggi.

Baca Juga: Ingin Segera Hamil? 7 Makanan Ini Bisa Mempercepat Kehamilan

Manfaat Buah Strawberry Untuk Kesehatan

Memiliki bentuk seperti hati, buah strawberry seakan memberikan pertanda bahwa ia memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Penuh dengan vitamin, serat, serta polifenol (antioksidan tingkat tinggi) menjadikan buah ini cukup terbukti ampuh untuk mencegah berbagai macam penyakit.

Buah strawberry juga termasuk makanan yang rendah kalori, bebas natrium, lemak dan juga kolesterol jahat.

Satu porsi strawberry atau sekitar 8 buah strawberry memberikan Vitamin C jauh lebih banyak dibandingkan dengan jeruk. Kira-kira apa saja manfaat buah strawberry untuk kesehatan? Berikut penjelasannya.

6. Memperkuat Kekebalan Tubuh

Buah strawberry kaya antioksidan

Foto: freepik.com

Manfaat buah strawberry untuk kesehatan yang pertama adalah buah strawberry mampu memperkuat sistem imun di dalam tubuh. Dalam beberapa penelitian, buah strawberry terbukti sebagai sumber vitamin C yang cukup banyak.

Vitamin C memiliki peran penting dalam menjaga kekebalan tubuh karena mampu menangkal berbagai macam penyakit.

Dalam Vitamin C and Immune Function, tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin C sendiri, sehingga sangat dianjurkan bagi manusia untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C.

Dalam jurnal yang sama, dikatakan vitamin C merupakan pencipta antioksidan yang baik agar tubuh mampu terlindungi dari paparan radikal bebas.

Antioksidan juga mampu melawan munculnya stress oksidatif yang mampu membawa tubuh pada berbagai macam penyakit kronis.

7. Menyehatkan Mata

Manfaat buah strawberry juga mampu menyehatkan mata. Kandungan antioksidan pada buah strawberry dapat membantu mencegah katarak yang dapat menyebabkan kebutaan pada usia tua.

Tidak hanya membutuhkan Vitamin A, mata kita juga membutuhkan Vitamin C untuk melindunginya dari paparan sinar matahari yang merupakan paparan radikal bebas dan dapat merusak protein pada lensa mata.

Vitamin C juga berperan penting dalam memperkuat kornea dan retina mata.

Baca Juga: 3 Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Mata Selain Wortel

8. Mencegah Kanker

Antioksidan dalam strawberry mampu mencegah kanker

Foto: freepik.com

Bukan rahasia lagi jika buah strawberry merupakan buah yang kaya akan antioksidan, berkat inilah buah strawberry dapat mencegah dan melawan kanker.

Nutrisi yang ditemukan dalam buah strawberry, khususnya Vitamin C, folat, dan flavonoid, melawan radikal bebas yang pada akhirnya menciptakan garis pertahanan yang kuat untuk mencegah kanker dan pertumbuhan tumor.

Kandungan fitokimia Asam Ellagic juga ditemukan pada buah strawberry. Asam Ellagic telah terbukti menghasilkan sifat anti kanker seperti menekan pertumbuhan sel kanker.

9. Menurunkan Kolesterol

Menurut Heart and Stroke Foundation, penyakit jantung adalah salah satu penyebab utama kematian di kalangan wanita di Kanada. Buah strawberry juga dapat mejaga kesehatan jantung.

Menurut salah satu studi, asam Ellagic dan flavonoid pada buah strawberry memberikan efek antioksidan yang dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung dengan beberapa cara.

Salah satunya termasuk melawan efek low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat dalam darah, yang menyebabkan penumpukan plak di arteri pembuluh darah. Cara kedua adalah dengan memberikan efek anti-inflamasi, yang juga baik untuk jantung.

Maka, dapat disimpulkan bahwa manfaat buah strawberry juga dapat mengurangi kerusakan sel dari stres oksidatif, serta lipid darah yang keduanya berperan dalam penyakit jantung dan diabetes.

Baca Juga: Yummy! Ini Dia Manfaat Buah Strawberry untuk Balita yang Luar Biasa

10. Mencegah Peradangan

Buah strawberry adalah pencegah peradangan yang alami

Foto: freepik.com

Manfaat buah strawberry sebagai pencegah peradangan didapat dari kandungan antioksidan dan fitokimia. Kedua kandungan ini juga dapat membantu mengurangi peradangan pada persendian, yang dapat berpotensi menjadi arthritis.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health menunjukkan bahwa wanita yang makan 16 atau lebih buah strawberry per-minggu memiliki 14% lebih kecil kemungkinan untuk mengalami peningkatan kadar protein C-reaktif (CPR) atau indikasi peradangan dalam tubuh.

11. Mengatur Tekanan Darah

Adapun manfaat buah strawberry untuk kesehatan tekanan darah, berkat kandungan antosianin yang merupakan bentuk senyawa flavonoid.

Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa orang dengan asupan antosianin tertinggi terutama dari strawberry atau blueberry mengalami 8% penurunan resiko tekanan darah tinggi.

Selain itu, buah strawberry juga mengandung kalium yang dapat membantu mengatur tekanan darah dan bahkan dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan bertindak sebagai penyangga terhadap efek negatif natrium.

Baca Juga: 5 Manfaat Kulit Kentang untuk Kesehatan, untuk Tulang Hingga Jantung!

12. Memenuhi Asupan Serat

Serat dalam buah strawberry baik untuk kesehatan

Foto: freepik.com

Ketidaknyamanan akibat masalah pencernaan juga dapat diatasi dengan buah strawberry. Beberapa penyakit pencernaan seperti sembelit, peradangan usus, dan lainnya, dapat merupakan tanda bahwa tubuh kekurangan asupan serat.

Serat adalah kebutuhan esensial untuk pencernaan yang sehat. Buah strawberry mengandung sekitar 2 gram serat per porsi. Serat juga dapat membantu melawan diabetes tipe 2.

13. Menjaga Berat Badan

Manfaat buah strawberry dapat menjaga berat badan para Moms. Buah strawberry merupakan buah yang rendah kalori (sekitar 28 kalori per porsi), bebas lemak, rendah natrium dan juga gula.

Buah strawberry juga tinggi kandungan antioksidan dan enzim anti-inflamasi disertai cukup serat untuk mencegah berat badan bertambah.

14. Mencegah Kerutan

Buah strawberry baik untuk kecantikan kulit

Foto: freepik.com

Manfaat buah strawberry untuk kesehatan terakhir adalah buah strawberry mampu mencegah kerutan pada wajah.

Buah strawberry mengandung vitamin C yang tinggi dan berperan penting untuk produksi kolagen, yang berfungsi meningkatkan elastisitas dan ketahanan kulit.

Tubuh manusia akan kehilangan kolagen seiring dengan bertambahnya usia, untuk itu makan makanan yang kaya akan Vitamin C dapat menghasilkan kulit yang lebih sehat dan tampak lebih muda.

Akan tetapi, Vitamin C bukanlah satu-satunya penghalau kerutan alami yang ditemukan dalam buah ini.

Para peneliti di Universitas Hallym di Korea Selatan menyimpulkan bahwa Asam Ellagic secara nyata mencegah kerusakan kolagen dan respon inflamasi (dua faktor utama penyebab keriput pada sel kulit manusia) setelah terus terpapar sinar UV-B yang merusak kulit.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Kulit Wanita

Efek Samping Buah Strawberry

Hati-hati terlalu banyak makan buah strawberry

Foto: freepik.com

Sama seperti hal pada umumnya, buah strawberry sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan, karena alih-alih mendapatkan manfaat buah strawberry baik untuk tubuh, justru akan membawa beberapa efek samping. Timbul alergi misalnya, walaupun jarang terjadi.

Meskipun banyak yang menyukai buah satu ini, namun tidak sedikit pula mereka yang mengalami alergi dengan buah strawberry.

Buah strawberry dapat menyebabkan reaksi alergi pada orang yang sensitif terhadap keluarga Rosaceae, seperti aprikot, almond, plum, persik, pir, dan apel.

Buah strawberry juga berisiko mengandung residu pestisida. Setiap tahun, Environmental Working Group (EWG) membuat daftar buah dan sayuran dengan tingkat residu pestisida tertinggi, yang dikenal sebagai Dirty Dozen.

Faktanya, buah strawberry sering menempati urutan teratas dalam daftar. EWG menyarankan agar orang membeli buah strawberry organik untuk mengurangi risiko paparan pestisida.

Efek samping buah strawberry lainnya terletak pada kandungan kalium. Terlalu banyak kalium yang masuk ke dalam tubuh dapat berbahaya bagi seseorang yang memiliki masalah ginjal.

Jika ginjal tidak dapat mengeluarkan kelebihan kalium dari darah, hal ini dapat menyebabkan hiperkalemia, atau kadar kalium yang tinggi. Gejalanya yaitu muntah, kesulitan bernapas, dan jantung berdebar-debar.

Buah cantik nan populer satu ini tidak sulit dicari di pasaran. Beberapa perkebunan bahkan memberikan akses kepada pengunjung untuk memetik buah strawberry sendiri sebagai tujuan wisata.

Yuk, nikmati segarnya buah strawberry sambil memetik manfaat buah strawberry!

Artikel Terkait