Kesehatan

KESEHATAN
3 Januari 2021

10+ Manfaat Bunga Kenanga untuk Kesehatan, Rambut dan Kecantikan

Kalau Moms ingin punya rambut berkilau dan kulit cantik, bisa mencoba manfaat bunga kenanga nih Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Bunga kenanga identik dengan warna kuning dan banyak terdapat di negara sekitar Samudra Hindia, termasuk Indonesia. Aroma bunga yang dikenal dengan nama ylang ulang campuran antara wangi buah dan wangi bunga.

Jenis bunga satu ini sering diolah menjadi minyak esensial dengan sejuta manfaat untuk tubuh. Jurnal Hindawi menjelaskan bahwa bunga kenanga merupakan salah satu tanaman yang dieksploitasi secara besar-besaran untuk minyak atsiri yang merupakan bahan baku penting untuk industri wewangian dan kosmetik.

Selain memiliki aroma yang sedap, manfaat bunga kenanga juga banyak untuk kesehatan. Jurnal Revista da Escola de Enfermagem USP menemukan bahwa manfaat bunga kenanga dapat mengurangi kecemasan dan meningkatkan kepercayaan diri ketika dioleskan ke kulit. Hal ini telah dibuktikan juga oleh Journal of Korean Academy of Nursing.

Baca Juga: 4 Manfaat Bunga Melati untuk Kesehatan, Tak Disangka!

Manfaat Bunga Kenanga untuk Kesehatan

Penelitian lain menemukan bahwa menghirup aroma bunga kenanga memiliki efek sedatif yang sangat signifikan. Selain itu, menghirup aroma bunga kenanga juga bisa mengurangi tingkat tekanan darah sistolik dan diastolik serta detak jantung pada pria dewasa.

Bunga kenanga juga mengandung linalool, senyawa yang memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan anti-inflamasi. Hal itu terbukti efektif untuk mengurangi infeksi jamur Candida albicans.

Di banyak belahan dunia, bunga kenanga ditumbuk menjadi pasta dan digunakan sebagai inhalan untuk mengobati asma. Selain itu, di negara-negara Asia bunga kenanga yang dikeringkan juga dapat mengobati gejala penyakit malaria.

Tak hanya itu, bunga kenanga juga bisa digunakan untuk obat tradisional untuk meningkatkan hasrat seksual dan mengurangi kecemasan seksual.

Selain yang sudah disebutkan, masih ada lagi manfaat bunga kenanga untuk kesehatan. Berikut manfaat bunga kenanga untuk kesehatan.

1. Afrodisiak yang Baik

XX Manfaat Bunga Kenanga

foto: freepik.com

Afrodisiak adalah istilah untuk berbagai jenis makanan, minuman, ramuan atau obat yang dipercaya dapat meningkatkan birahi. Manfaat bunga kenanga sebagai afrodisiak ini sering ditemukan di Eau de toiettes dan parfum karena aromanya yang kuat dan dapat merangsang perhatian dari lawan jenis.

Aroma bunga kenanga juga diyakini dapat meningkatkan libido dan daya tarik Moms. Di beberapa wilayah Asia, bunga kenanga juga sering digunakan dalam upacara pernikahan untuk melambangkan cinta.

Jika ingin merasakan bunga kenanga sebagai afrodisiak, Moms bisa mencampur minyak esensial bunga kenanga dengan mawar, neroli atau melati.

2. Pereda Stres dan Depresi

XX Manfaat Bunga Kenanga

foto: freepik.com

Manfaat bunga kenanga juga bisa dirasakan oleh Moms saat sedang shock karena dapat mengurangi stress dan memperlambat detak jantung. Biasanya manfaat ini bisa dirasakan seseorang setelah diubah menjadi minyak esensial.

Selain meredakan gejala stress, aroma bunga kenanga juga sangat baik bagi seseorang yang menderita depresi. Karena aroma yang dikeluarkan dari minyak bunga kenanga diyakini dapat menyeimbangkan kembali energi dan memberikan efek tenang.

Manfaat bunga kenanga ini banyak digunakan dalam pengobatan kuno untuk melawan suasana hati yang tertekan.

3. Digunakan sebagai Antiseptik

XX Manfaat Bunga Kenanga

foto: freepik.com

Bunga kenanga yang sudah diubah menjadi minyak esensial juga bisa digunakan sebagai antiseptik. Kandungan yang ada di dalam bunga kenanga, dipercaya dapat melindungi luka luar dari virus, bakteri dan jamur.

Selain itu minyak bunga kenanga juga sering digunakan untuk proses penyembuhan luka yang sudah diinfeksi. Moms, jangan lupa untuk selalu menyediakan minyak bunga kenanga di rumah ya.

Baca Juga: Perbedaan Obat Antiseptik Luka Salep, Spray, dan Larutan, Jangan Sampai Salah!

4. Membuat Tidur Lebih Nyeyak

XX Manfaat Bunga Kenanga

foto: freepik.com

Manfaat bunga kenanga yang utama adalah memberikan efek rileks pada tubuh. Moms yang memiliki gangguan tidur atau insomsia. Sifat menenangkan yang ada di dalam bunga kenanga dapat mengurasi efek kecemasan sehingga Moms bisa tidur lebih nyenyk di malam hari.

Untuk mendapatkan manfaat bunga kenanga, Moms hanya perlu meneteskan beberapa minyak esensial dari bunga kenanga ke bantal. Setelah itu, lihat reaksinya Moms pasti akan lebih mudah memejamkan mata.

5. Mengobati Penyakit Eczema

XX Manfaat Bunga Kenanga

foto: freepik.com

Eczema atau eksim adalah kondisi yang menyebabkan kulit meradang, gatal, pecah-pecah dan kasar. Penyebab umum masalah ini adalah dermatitis atopik.

Beberapa masalah eksim dapat dikurangi dengan memberikan minyak esensial bunga kenanga. Karena sifat anti inflamasi dapat membantu meredakan iritasi kulit dan kemerahan serta mengobati eksim pada kulit.

6. Mengatasi Ganguan Saluran Pencernaan

XX Manfaat Bunga Kenanga

foto: freepik.com

Manfaat bunga kenanga juga bisa dirasakan saat Moms memiliki masalah dengan saluran pencernaan. Hal ini dikarenakan salah satu kandungan bunga kenanga dapat memberikan efek tenang dapat memperlancar saluran pencernaan Moms.

Tak hanya itu, sifat anti inflamasi atau peradangan dan tinggi kandungan serat membuat bunga kenanga menjadi salah satu obat ampuh untuk mengatasi gangguani di saluran pencernaan, termasuk infeksi. Moms hanya perlu menghirup munyak esensial dari bunga kenanga saat mengalami gangguan pencernaan.

7. Mengobati Pneumonia

XX Manfaat Bunga Kenanga

foto: freepik.com

Pneumonia adalah infeksi atau radang yang terjadi pada kantung udara di paru-paru. Kantung udara bisa berisi cairan atau nanah, menyebabkan batuk berdahak atau bernanah, demam, menggigil, dan kesulitan bernapas.

Di kawasan Pulau Mariana Utara bunga kenanga dan batangnya digunakan untuk mengobati pneumonia.

8. Mengobati Asam Urat

XX Manfaat Bunga Kenanga

foto: freepik.com

Asam urat adalah bentuk arthritis umum dan kompleks yang dapat menyerang siapa saja. Gejalanya ditandai dengan serangan nyeri yang tiba-tiba dan parah, bengkak, kemerahan dan nyeri pada persendian, seringkali persendian di pangkal jempol kaki.

Masalah ini dapat diatasi dengan minyak esensial berbahan bunga kenanga. Cara ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat di India. Orang India juga mencoba manfaat bunga kenanga untuk mengatasi sakit kepala dan peradangan pada mata.

9. Mengobati Rematik

XX Manfaat Bunga Kenanga

foto: freepik.com

Penyakit rematik, termasuk sebagian besar bentuk artritis dan spondyloarthropathies (kondisi radang tulang belakang), biasanya menyakitkan, kronis, dan progresif, yang berarti semakin memburuk dari waktu ke waktu.

Walaupun penyakit ini kebanyakan diderita oleh lansia, tetapi tidak sedikit Moms yang masih muda juga mengalami masalah ini. Moms tidak perlu khawatir lagi, karena masalah ini dapat diatasi dengan menggunakan minyak bunga kenanga.

Selain membantu mengatasi rematik, mengoleskan minyak bunga kenanga juga dapat memberikan efek relaksasi pada Moms

Baca Juga: Apakah Mandi Malam Bikin Rematik?

Manfaat Bunga Kenanga untuk Kecantikan

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan, bunga kenanga juga bermanfaat untuk kecantikan. Banyak manfaat bunga kenanga untuk kecantikan yang bisa Moms rasakan. Berikut manfaat bunga kenanga untuk kecantikan.

10. Mengobati Jerawat

XX Manfaat Bunga Kenanga

foto: freepik.com

Jerawat adalah kondisi kulit yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat minyak dan sel kulit mati. Hal ini menjadi penyebab timbulnya komedo putih, komedo atau jerawat. Jerawat paling umum terjadi di kalangan remaja, meski menyerang orang-orang dari segala usia.

Banyak cara untuk mengobati jerawat, salah satunya dengan mencoba manfaat bunga kenanga. Bahkan, beberapa orang percaya bahwa kandungan yang ada di dalam bunga kenanga dapat menyembuhkan jenis jerawat membandel dan disertai dengan kemerahan.

Moms hanya perlu mengoleskan minyak bunga kenanga pada area kulit berjerawat untuk membantu mengeringkan jerawat membandel. Selain itu, mengoleskan minyak bunga kenanga juga bisa mengurangi efek kemerahan, membunuh bakteri dan memudarkan bekas jerawat di wajah.

11. Mencerahkan dan Meregenerasi Kulit

XX Manfaat Bunga Kenanga

foto: freepik.com

Moms juga bisa merasakan manfaat bunga kenanga untuk kecantikan kulit. Caranya, Moms hanya perlu mencampurkan minyak bunga kenanga dengan lulur sebelum diaplikasiakan pada tubuh. Setelah itu, Moms oleskan ke seluruh tubuh sambil dipijat dan digosok dengan lembut.

Rajin mengaplikasikan campuran minyak bunga kenanga dan lulur pada kulit dapat membantu mencerahkan, meregenerasi dan membuat kulit lebih lembut. Selain itu, penambahan minyak bunga kenanga juga dapat mengurangi terjadinya iritasi pada kulit.

12. Mengatasi Gangguan Kulit Akibat Jamur

XX Manfaat Bunga Kenanga

foto: freepik.com

Bunga kenanga mengandung senyawa linalool yang memiliki anti bakteri, anti jamur dan anti inflamasi. Beberapa penelitian menjelaskan bahwa senyawa linalool sangat efektif untuk meredakan infeksi jamur Candida albicans.

Candida albicans adalah jamur yang dapat menyebabkan infeksi kulit, infeksi mukosa, atau infeksi sistemik, terutama pada pasien dengan gangguan kekebalan atau neutropenik.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatasi Jamur Selangkangan?

13. Manfaat Bunga Kenanga untuk Rambut

Rambut merupakan mahkota bagi Moms. Saat rambut kelihatan kusam dan tidak berkilau, seketika kepercayaan diri Moms akan menurun. Namun, Moms tidak perlu khawatir akan hal tersebut. Karena Moms bisa mencoba manfaat bunga kenanga untuk rambut. Berikut manfaat bunga kenanga untuk rambut yang harus Moms coba.

14. Merawat Kulit Kepala Kering

XX Manfaat Bunga Kenanga

foto: freepik.com

Kulit kepala kering terjadi ketika kulit kepala tidak memiliki cukup minyak untuk dilumasi. Seperti masalah kulit kering lainnya, hal ini dapat menyebabkan gatal, pengelupasan, dan iritasi. Hal ini juga dapat menyebabkan rambut terlihat kering, karena minyak dari kulit kepala membantu merawat rambut.

Jika Moms mengalami masalah kulit kepala kering, Moms bisa mencoba manfaat bunga kenanga. Karena bunga kenanga yang sudah diekstrak dipercaya mampu merangsang produksi minyak di kulit kepala. Sehingga, produksi minyak di rambut dapat kembali normal dan rambut bisa kembali lembap ya Moms.

Cara menggunakannya juga cukup mudah, Moms bisa mencari shampoo yang mengandung ekstrak bunga kenanga. Kemudian aplikasikan ke kepala minimal satu kali sehari ya Moms agar kelembapak kulit kepala bisa terjaga dan rambut selalu indah.

15. Menghaluskan Rambut

XX Manfaat Bunga Kenanga

foto: freepik.com

Setiap wanita pasti ingin memiliki rambut halus dan indah ya Moms. Biasanya Moms akan melakukan apa saja demi mendapatkan rambut yang indah karena bagaikan mahkota bagi setiap wanita.

Nah Moms, kalau ingin memiliki rambut halus dan berkilau, bisa mencoba manfaat bunga kenanga. Karena selain membantu mengatasi kulit kering, bunga kenanga juga dapat membantu menghaluskan rambut Moms.

Cara juga cukup mudah, Moms hanya perlu mengapilkasikan ekstrak bunga kenanga ke rambut secara rutin. Jangan lupa untuk memilih bunga kenanga yang sudah tua ya Moms agar mendapat hasil yang lebih memuskan.

Efek Samping dari Bunga Kenanga

Walaupun memiliki banyak manfaat, tetapi bunga kenanga juga mengandung allergen seperti isoeugeniol. Senyawa ini disebutkan dapat menyebabkan iritasi pada kulit bagi orang yang rentan terhadapnya.

Selain itu, ekstrak bunga kenanga juga harus dijauhkan dari binatang peliharaan. Karena terdapat kadungan rabun yang berbahaya bagi anjing dan kucing, sehingga Moms harus menjauhkan dari peliharaan agar mereka tidak menghirup atau menjilatnya.

Bunga kenanga dianggap aman bila digunakan sebagai bahan tambahan makanan. Namun, jika Moms alergi terhadap bahan-bahannya, sebaiknya harus dihindari.

Baca Juga: Efek Samping Bercinta Saat Haid

Moms demikian penjelasan mengenai manfaat bunga kenanga dan efek samping untuk tubuh. Selain memiliki manfaat untuk kesehatan, bunga kenanga juga memiliki manfaat untuk kecantikan dan juga rambut Moms.

Artikel Terkait