Kesehatan

27 Februari 2021

21+ Manfaat Bunga Lawang untuk Kesehatan, Salah Satunya Melancarkan ASI

Cari tahu juga cara menggunakannya ya Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ada banyak lho manfaat bunga lawang. Bunga lawang atau dikenal pekak merupakan rempah-rempah yang berasa dari Tiongkok Selatan dan Vietnam. Tanaman yang secara ilmiah disebut Illicium Verum ini berbentuk seperti bintang yang terdiri dari delapan bagian.

Setiap ruangan berisi biji kecil berwarna cokelat, seperti warna bunganya. Nah, banyak juga manfaat bunga lawang di samping harganya yang mahal.

Menurut Journal of Saudi Society of Agricultural Sciences, manfaat bunga lawang untuk kesehatan terletak pada pasokan flavonoid dan polifenolnya yang padat. Bunga lawang telah digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok selama ribuan tahun serta baru juga diterima dalam beberapa praktik pengobatan Barat.

Peningkatan popularitasnya sebagian besar didorong oleh sifat antimikroba dan potensi farmakologisnya. Sehingga, orang-orang pun tak segan untuk mencoba beragam manfaat bunga lawang untuk kesehatan.

Manfaat Bunga Lawang

manfaat bunga lawang

Foto: Freepik.com/rawpixel.com

Biasanya bunga lawang yang dijadikan minyak kerap digunakan dalam masakan, wewangian, sabun, pasta gigi, obat kumur, dan krim kulit. Lalu, apa saja manfaat bunga lawang?

1. Pencegahan virus

Bunga lawang mengandung asam shikimic, senyawa dengan kemampuan antivirus yang kuat. Senyawa ini merupakan bahan aktif terpenting dalam sejumlah obat flu. Influenza, seperti influenza, disebabkan oleh infeksi virus.

Manfaat bunga lawang untuk kesehatan sebagai pencegah virus telah terbukti dan digunakan secara farmakologis. Beberapa penelitian tabung reaksi yang dikeluarkan oleh Journal Hindawi, menunjukkan bahwa minyak esensial bunga lawang dapat mengobati jenis infeksi virus lainnya, termasuk herpes simpleks tipe 1.

Baca Juga: 6 Ragam Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

2. Sifat Antijamur

Bunga lawang merupakan sumber yang kaya dari anethole flavonoid. Senyawa ini bertanggung jawab atas rasa rempah yang berbeda dan menawarkan manfaat antijamur yang manjur.

Beberapa penelitian pertanian dari Molecules telah menemukan bahwa trans-anethole yang berasal dari adas bintang dapat menghambat pertumbuhan jamur patogen pada tanaman tertentu yang dapat dimakan.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa senyawa bioaktif yang ditemukan dalam minyak esensial bunga lawang seperti terpene linalool, dapat menekan biofilm dan pembentukan dinding sel jamur menular pada manusia.

3. Antijamur

Menurut Korean Journal of Medical Myscience, ekstrak bunga lawang ini memiliki sifat antijamur. Bahkan, manfaat bunga lawang sebagai antijamur adalah mengendalikan jenis jamur tertentu seperti Candida Albicans.

Jamur ini adalah penyebab infeksi paling umum. Biasanya Candida albicans dapat menyebabkan penyakit kandidiasis yang tidak terkontrol dan menyebabkan penyakit kandidiasis.

Selain itu, para ilmuwan di Taiwan juga menemukan bahwa undang-undang tersebut memiliki empat senyawa antimikroba yang menangani secara efektif 70 strain bakteri yang kebal obat.

4. Berfungsi sebagai Antioksidan

Bunga lawang mengandung minyak esensial linula dan vitamin C yang merupakan sumber antioksidan. Antioksidan merupakan senyawa alami yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan racun lingkungan seperti asap rokok dan polusi udara.

Radikal bebas yang ada di dalam tubuh mempercepat proses penuaan tubuh. Akibatnya, Moms atau Dads berisiko terkena penyakit seperti jantung dan kanker yang terjadi sebelum penuaan kulit dini. Studi yang dipublikasikan di Journal chemical biologi Interaction, menunjukkan bahwa bunga Loanga bahkan bisa mengurangi perkembangan sel kanker.

5. Mengatasi Gangguan Tidur

Manfaat bunga lawang untuk kesehatan juga banyak digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan tidur. Pasalnya, pengobatan tradisional mempertimbangkan fakta bahwa bunga lawang memiliki khasiat obat penenang lembut yang membantu menenangkan saraf.

Usahakan mencerna ekstrak teh loang berbunga setiap hari. Jika gangguan tidur dapat diatasi maka kualitas kesehatan fisik dan mental akan meningkat.

6. Atasi Kembung

Bunga lawang juga dikenal bisa mengatasi kembung dan masalah pencernaan lainnya. Meteorisme, gas, dan rasa kenyang adalah gejala pencernaan yang buruk.

Dalam pengobatan tradisional di Tiongkok, Turki dan Persia, manfaat bunga lawang digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan. Tanaman ini mengurangi kram perut akibat gas.

Baca Juga: Tidak Cuma Dari Dedaunan, 5 Teh Bunga Ini Juga Lezat dan Bermanfaat Untuk Kesehatan

7. Pencegahan Peradangan

Bunga lawang merupakan antioksidan dan antiinflamasi yang kuat. Efek ini menghambat aktivasi beberapa senyawa pro-inflamasi dalam sistem kekebalan. Bunga lawang juga mencegah aterosklerosis, reumatik, bronkitis dan penyakit radang lainnya.

8. Berpusat pada Hati

Antioksidannya yang kuat memungkinkan bunga lawang mencegah akumulasi radikal bebas berbahaya dan membantu meningkatkan kesehatan jantung. Meski penelitian terbatas, beberapa penelitian menunjukkan hasil yang menjanjikan tentang potensi tanaman ini untuk sistem kardiovaskular.

Sebuah studi Hewan tahun 2015 yang diterbitkan di Sekolah Dasar BMC dan pengobatan alternatif, ekstrak etanol dari bunga lawang ditemukan dapat membantu menormalkan perubahan berat badan, tekanan darah dan kadar lipid pada tikus.

9. Penguatan Sistem Kekebalan

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Medical Virology menemukan bahwa kombinasi asam shikymic dengan vertcetine, sejenis pigmen tumbuhan alami, dapat meningkatkan produksi sel kekebalan secara signifikan. Dapat menangani berbagai gejala flu seperti demam, nyeri otot, dan kelelahan.

10. Mengontrol Kadar Gula Darah

Kandungan fenilpropanoid bunga lawang dinilai dapat menjaga kadar gula darah tetap normal. Dalam penelitian hewan tahun 2015 di India, fenilpropanoid dapat mengontrol kadar gula darah dengan mengatur beberapa enzim utama yang terlibat dalam metabolisme karbohidrat. Keunggulan ini bagus untuk penderita diabetes.

11. Meningkatkan Kesehatan Ibu Hamil

Selain meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, bunga lawang dapat membantu mengatasi berbagai penyakit selama masa kehamilan. Jadi tumbuhan herbal ini aman dan baik dikonsumsi selama kehamilan.

12. Lancarkan ASI

Selain itu, manfaat bunga lawang untuk ibu menyusui adalah meningkatkan produksi ASI. Senyawa antehole pada bunga lawang juga memiliki karakteristik yang mirip dengan hormon estrogen, yaitu dapat mengatur fungsi hormon pada wanita.

Hal ini diyakini dari sebuah studi menunjukkan bahwa bila digunakan sebagai bahan makanan dan minuman, minyak yang diekstrak dari bunga lawang ternyata dapat meningkatkan aliran ASI.

13. Sehat untuk Kulit

Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, pembungaan dapat melawan radikal bebas pada tubuh, tidak terkecuali pada kulit. Manfaat bunga lawang dapat membantu mengurangi munculnya kerutan, meningkatkan kekenyalan kulit, serta menutupi lesi dan flek pada wajah.

14. Atasi Sembelit

Bunga lawang termasuk rempah yang kaya serat. Bukan hal baru bahwa serat mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan, seperti mengatasi perut kembung, kram dan sembelit. Serat mampu mengurangi dan melunakkan tinja sehingga mencegah Moms atau Dads dari sembelit.

Sembelit yang berlangsung terlalu lama dapat berkembang menjadi wasir, yang dapat menyebabkan buang air besar berdarah dan nyeri. Satu sendok makan ekstrak bunga lawang mengandung satu gram serat atau setara dengan 3-4 persen kebutuhan harian, tergantung usia dan jenis kelamin.

Baca Juga: Tak Sekadar untuk Bayi, Ini Dia 6 Manfaat ASI untuk Ibu

15. Obati Rematik dan Nyeri Sendi

Manfaat bunga lawang untuk kesehatan namun dalam bentuk minyak essensial adalah mengobati rematik dan sakit punggung. Sebelum menggunakan minyak esensial maka harus dicampur dengan minyak pembawa dan dipijat ke area yang terkena.

16. Merangsang Pankreas

Untuk mengontrol insulin ditambah beberapa hormon, pankreas adalah organ penting. Biji bunga lawang membantu mendorong pankreas. Bila Moms atau Dads mengalami penurunan kemungkinan terkena diabetes bersama dengan masalah hormonal lainnya setelah pankreas dalam keadaan sehat.

17. Bantu Pola Diet

Biji bunga lawang kaya akan serta, antioksidan, dan mineral, yang penting untuk membakar lemak serta mendukung tubuh menjadi sehat. Manfaat bunga lawang untuk diet tepat dilakukan jika Moms ingin mengurangi timbunan lemak.

18. Turunkan Berat Badan

Salah satu manfaat bunga lawang untuk diet lainnya adalah mengurangi penumpukan racun yang ada di dalam tubuh serta mempunya fungsi untuk memperlancar sistem pencernaan. Para penderita obesitas bisa menggunakan manfaat bunga lawang untuk diet dengan menjadikannya sebagai the herbal.

19. Lawan Batuk

Manfaat bunga lawang untuk kesehatan selanjutnya adalah pengobatan alami jika Moms atau Dads mengalami gatal tenggorokan sehingga sebabkan batuk. Caranya, siapkan teh bunga lawang dan minum dengan rentan sehari tiga kali.

20. Penolak Serangga

Bahan-bahan di dalam minyak esensial bunga lawang memiliki khasiat yang menjadikannya penolak alami yang efektif melawan beberapa spesies serangga.

Serangga tidak menyukai anethole yang merupakan senyawa utama minyak atsiri bunga lawang. Studi menunjukkan bahwa anethole adalah 80 persen fumigan efektif melawan kecoa Jerman.

Anethole dan bahan minyak esensial lainnya (seperti alpha-terpinene, alpha-pinene, beta-pinene, limonene and, estragole linalool) bersama-sama dengan versi asam shikimic menciptakan pengendalian yang tahan lama terhadap berbagai populasi kecoa, tungau dan serangga lainnya.

Minyak semacam itu juga telah digunakan sebagai pestisida alami yang melindungi biji-bijian dan tanaman lainnya.

21. Meringankan Gejala Menopause

Menjelang menopause, level hormon estrogen menurun secara drastis dan beberapa Moms mengalami hal yang tidak menyenangkan pada seluruh tubuhnya.

Sehingga, makanan yang memiliki estrogenic bisa membantu meringankan gejalan menopause seperti bung lawang. Tambahkan manfaat bunga lawang ini ke menu makanan, hingga teh agar meringankan gejala menopause yang tidak mengenakkan.

22. Hindari Risiko Berbagai Kanker

Kandungan bunga lawang seperti anethole, quercetin, courmaric acid dan kaempferol, memiliki anti inflamasi yang kuat. Dengan menurunkan efek oksidatif yang merusakkan sel dalam tubuh, tentu juga menurunkan risiko kanker. Kanker memiliki karakteristik pertumbuhan sel yang abnormal.

Baca Juga: 5 Manfaat Butternut Squash Untuk Mpasi Bayi

Cara Menggunakan Bunga Lawang

manfaat bunga lawang

Foto: Orami Photo Stock

Setelah mengetahui manfaat bunga lawang. Moms juga perlu tahu cara menggunakannya. Bunga lawang memiliki rasa licorice. Bunga lawang cocok dikombinasikan dengan ketumbar, kayu manis, kapulaga, dan cengkeh.

Dalam masakannya, bunga lawang bisa digunakan utuh atau dalam bentuk bubuk halus. Bunga lawang sering digunakan dalam masakan Tiongkok klasik, Vietnam, India, dan Timur Tengah, terutama sebagai penambah rasa dalam kaldu, sup, dan kari.

Di Tiongkok dan India, bunga lawang bahkan masuk ke dalam campuran wajib bumbu-bumbu masakan. Di Tiongkok dikenal sebagai '5 spices' dan di India dikenal sebagai 'garam masala'.

Untuk mengobatan tradisional Tiongkok, bunga lawan biasanya direndam dalam air untuk membuat teh yang digunakan untuk mengobati infeksi pernapasan, mual, sembelit, dan masalah pencernaan lainnya.

Bunga lawang juga bisa menjadi tambahan yang bagus untuk hidangan manis dan makanan penutup, seperti buah panggang, pai, roti cepat saji, dan muffin.

Jika Moms belum pernah menggunakan bunga lawang untuk masakan, perlu diingat bahwa penggunaannya hanya sedikit saja karena rasanya yang cukup kuat.

Coba taburkan bubuk bunga lawang sedikit demi sedikit ke dalam muffin atau masukkan beberapa polong utuh ke dalam panci sup untuk menambah rasa hangat.

Bunga lawang umumnya dianggap aman tetapi mungkin terkontaminasi dengan bunga lawang Jepang yang sangat beracun. Untuk memastikan kemurnian bumbu yang beli, selalu periksa kembali sumbernya untuk menghindari keracunan yang tidak disengaja.

Namun, manfaat bunga lawang yang memiliki rasa licorice berbeda dapat menyempurnakan berbagai hidangan. Senyawa bioaktifnya yang kuat dapat membantu mengobati beberapa infeksi jamur, bakteri, dan virus.

Selalu periksa kembali sumber bumbu yang kalian beli untuk memastikan kemurniannya dan mulai dengan jumlah yang sedikit untuk menghindari reaksi yang merugikan serta mendapatkan berbagai manfaat bunga lawang yang sesuai.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait