Kesehatan

5 Desember 2020

10 Manfaat Bunga Sepatu untuk Kecantikan dan Kesehatan, Simak!

Tanaman yang indah sebagai hiasan sekaligus berguna bagi kesehatan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Putriana
Disunting oleh Amelia Puteri

Tanaman bunga sepatu atau kembang sepatu dikenal dengan bunganya yang besar dan berwarna-warni.

Umumnya kita akan menemui bunga ini sebagai tanaman dekoratif di taman atau halaman rumah karena keindahan bentuk dan warnanya.

Bunga sepatu memiliki ragam warna, seperti merah, kuning, putih, hingga peach.

Namun, varietas yang paling banyak ditemukan adalah Hibiscus sabdariffa, bunga sepatu berwarna merah cerah yang kerap dibudidayakan untuk keperluan medis dan kecantikan.

Lalu, apa saja yang menjadi manfaat bunga sepatu? Simak penjelasannya berikut ini, Moms.

Manfaat Bunga Sepatu untuk Kesehatan dan Kecantikan

Biasanya, bunga dan daun tanaman ini dikeringkan untuk kemudian diseduh seperti teh. Banyak yang menyebut teh bunga sepatu sebagai sour tea, karena rasanya yangs asam dan segar, mirip dengan cranberry atau teh bunga rosella.

Manfaat bunga sepatu nampaknya telah diakui sejak lama di berbagai negara sebagai obat herbal yang dapat mengatasi sejumlah kondisi medis.

Masyarakat Mesir mengonsumsi teh bunga sepatu untuk menurunkan suhu tubuh hingga mengobati penyakit jantung dan saraf.

Sedangkan di Afrika, manfaat bunga sepatu sebagai teh dipercaya dapat mengobati sembelit, kanker, penyakit hati, dan gejala pilek.

Selain itu, sepuluh manfaat bunga sepatu lainnya bisa Moms simak dalam artikel berikut ini.

1. Menurunkan Tekanan Darah

photo-1586888816349-650da6a1dcc9.jpg

Foto: unsplash.com

Salah satu manfaat bunga sepatu yang paling terkenal adalah dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi teh kembang sepatu dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan Journal of Nutrition, 65 orang dengan tekanan darah tinggi yang minum teh bunga sepatu selama enam minggu mengalami penurunan tekanan darah sistolik yang signifikan.

Tinjauan tahun 2015 terhadap lima penelitian lain juga menemukan bahwa teh bunga sepatu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik rata-rata 7,58 mmHg dan 3,53 mmHg

Meski begitu, ada catatan bagi yang ingin merasakan manfaat kembang sepatu sebagai penurun tekanan darah.

Mereka yang mengonsumsi hydrochlorothiazide tak disarankan minum teh bunga sepatu karena dapat berinteraksi dengan obat.

2. Membantu Menurunkan Kadar Lemak Darah

Beberapa penelitian menemukan bahwa manfaat bunga sepatu dalam bentuk teh dapat membantu menurunkan kadar lemak darah, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Sebuah penelitian dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine melibatkan 60 orang penderita diabetes yang diberi teh bunga sepatu selama satu bulan.

Hasilnya, partisipan yang rutin mengonsumsi teh bunga sepatu mengalami peningkatan kolesterol baik (HDL) dan penurunan jumlah kolesterol total, kolesterol jahat (LDL), dan trigliserida.

Namun, penelitian sejumlah lain memiliki hasil yang kontra mengenai manfaat bunga sepatu terhadap kolesterol darah.

Selain itu, sebagian besar penelitian yang menunjukkan manfaat bunga sepatu untuk menurunkan lemak darah, terbatas pada pasien dengan kondisi tertentu seperti sindrom metabolik dan diabetes.

Sehingga, diperlukan penelitian berskala lebih besar untuk mengetahui manfaat bunga sepatu pada kadar kolesterol dan trigliserida darah bagi populasi manusia secara umum.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kenapa Berat Badan Naik saat Haid?

Foto: Orami Photo Stock

Beberapa penelitian menunjukkan manfaat bunga sepatu dikaitkan dengan penurunan berat badan dan mencegah obesitas.

Penelitian yang dipublikasikan Food & Function menunjukkan, 36 peserta dengan obesitas mengalami penurunan berat badan, lemak tubuh, indeks massa tubuh, dan lingkar pinggang setelah mengonsumsi teh bunga sepatu selama 12 minggu.

Penelitian lain dengan hasil serupa dilakukan oleh Journal of Ethnopharmacology. Mereka menemukan pada tikus gemuk yang diberi ekstrak bunga sepatu dalam dosis tertentu selama 60 hari mengalami penurunan berat badan.

4. Kaya akan Antioksidan dan Menangkal Radikal Bebas

Manfaat bunga sepatu selanjutnya adalah tinggi kandungan antioksidan.

Seperti yang sudah banyak orang tahu, antioksidan adalah molekul yang membantu melawan radikal bebas, yakni penyebab kerusakan pada sel kulit kita.

Teh bunga sepatu kaya akan antioksidan kuat sehingga dipercaya bisa membantu mencegah kerusakan dan penyakit yang disebabkan oleh penumpukan radikal bebas.

Dalam sebuah penelitian pada tikus, ekstrak kembang sepatu diketahui meningkatkan jumlah enzim antioksidan dan mengurangi efek berbahaya dari radikal bebas hingga 92 persen..

Namun, perlu diingat jika penelitian tersebut masih terbatas pada hewan dan menggunakan ekstrak bunga sepatu dengan dosis terkonsentrasi.

Diperlukan lebih banyak penelitian untuk melihat antioksidan dalam teh bunga sepatu dapat memengaruhi manusia.

5. Membantu Menjaga Kesehatan Organ Hati

photo-1532092810511-4e1540494c81.jpg

Foto: unsplash.com

Hati merupakan organ yang sangat penting pada manusia karena fungsi vitalnya, termasuk memproduksi protein, mengeluarkan empedu, hingga memecah lemak.

Menariknya, penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat bunga sepatu dapat meningkatkan kesehatan hati dan membantunya bekerja secara efisien.

Sebuah studi dilakukan pada 19 orang yang kelebihan berat badan dengan mengonsumsi ekstrak kembang sepatu selama 12 minggu. Hasilnya, mereka menunjukkan kondisi steatosis hati yang jauh membaik.

Steatosis hati merupakan kondisi yang ditandai dengan penumpukan lemak di hati. Jika dibiarkan dalam jangka waktu lama, hal tersebut dapat meningkatkan risiko gagal hati.

Penelitian lain dilakukan pada hewan tikus dan mendapat hasil yang mirip.

Jurnal Food & Nutrition Research melaporkan bahwa pemberian ekstrak kembang sepatu pada tikus meningkatkan konsentrasi beberapa enzim detoksifikasi obat pada organ hati hingga 65 persen.

6. Membantu Tubuh Membasmi Bakteri

Selain memiliki sifat antioksidan, beberapa penelitian tabung reaksi terhadap manfaat bunga sepatu menemukan bahwa bunga ini dapat membantu melawan infeksi bakteri.

Bakteri adalah mikroorganisme bersel tunggal yang dapat menyebabkan berbagai macam infeksi pada tubuh, mulai dari bronkitis, pneumonia, infeksi pencernaan, hingga infeksi saluran kemih.

Sebuah studi tabung reaksi yang dilakukan Journal of the Science of Food and Agriculture menemukan bahwa ekstrak kembang sepatu berhasil menghambat aktivitas E. coli, yaitu bakteri yang dapat menyebabkan masalah pada pencernaan seperti diare.

Studi tabung reaksi lain menunjukkan bahwa ekstrak bunga sepatu dapat melawan delapan strain bakteri dan sama efektifnya dengan beberapa obat yang digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri.

Namun sayangnya, belum ada penelitian pada manusia yang meninjau efek antibakteri dari teh bunga sepatu. Sehingga masih belum jelas bagaimana efeknya saat diterapkan pada manusia.

7. Mengandung Senyawa Pencegah Kanker

manfaat bunga sepatu-2

Foto: Orami Photo Stock

Ini merupakan salah stau manfaat bunga sepatu yang luar biasa bagi kesehatan manusia. Bunga sepatu mengandung polifenol tinggi, yakni senyawa yang telah terbukti memiliki sifat anti-kanker kuat.

Sebuah studi tabung reaksi telah menemukan hasil yang mengesankan terhadap potensi ekstrak kembang sepatu dalam melawan sel kanker.

Jurnal Nutrition and Cancer melaporkan hasil penelitian tabung reaksi, jika ekstrak bunga sepatu dapat menghambat pertumbuhan sel dan mengurangi invasi kanker mulut dan sel plasma.

Pada pebelitian lain ditemukan jika ekstrak bunga sepatu juga mencegah penyebaran sel kanker prostat, serta mampu menghambat sel kanker perut hingga 52 persen.

Namun perlu menjadi catatan, jika penelitian ini merupakan penelitian tabung reaksi yang menggunakan ekstrak bunga sepatu dalam jumlah tinggi.

Sehingga efek dan manfaat bunga sepatu pada manusia memerlukan tinjauan lebih dalam lagi.

8. Menjaga Keindahan dan Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Ternyata manfaat bunga sepatu tak hanya terbatas pada kesehatan, namun juga untuk kecantikan. Salah satunya manfaat bunga sepatu bagi keindahan rambut.

Namun penelitian tentang manfaat bunga sepatu bagi rambut masih terbatas pada penelitian terhadap hewan. Salah satunya studi yang dilakukan Journal of Ethnopharmacology pada tahun 2003.

Mereka mengindikasi adanya efek positif dari ekstrak daun bunga sepatu untuk mempercepat pertumbuhan rambut dan menjaga kesehatan folikel rambut pada tikus dalam laboraturium.

Sehingga efeknya pada manusia memerlukan peninjauan yang lebih luas lagi.

Meski begitu, banyak orang yang mengaku mendapatkan manfaat bunga sepatu untuk keindahan rambut mereka.

Bunga sepatu bahkan sudah lumrah digunakan di India dalam bentuk minyak rambut herbal yang dipercaya mampu mempercepat pertumbuhan rambut.

Minyak rambut herbal biasanya terdiri dari kombinasi antara ektrak herbal seperti bunga sepatu dengan berbagai macam jenis minyak tumbuuhan.

Misalnya minyak almond, minyak kelapa, jojoba oil, minyak zaitun, dan lain sebagainya.

Karena itu, tak ada salahnya jika Moms ingin mencoba menggunakan bunga sepatu yang cenderung aman bagi kulit. Cara aplikasinya pun cukup mudah, Moms.

Pertama, teteskan sejumlah minyak herbal bunga sepatu pada kulit kepala dan pijat selama kurang lebih 10 menit.

Selanjutnya, diamkan pada rambut selama 30 menit. Moms bisa membiarkannya saja, namun bisa juga menutupnya dengan handuk hangat maupun shower cap.

Terakhir, bilas hingga bersih menggunakan shampo. Selain itu, Moms juga bisa mencampurkannya dengan berbagai bahan alami lain untuk dijadikan masker rambut, seperti misalnya yoghurt.

9. Membuat Kulit Wajah Halus dan Cerah

photo-1566851723089-bf4a4bf23e96.jpg

Foto: unsplash.com

Seperti yang sudah disebutkan pada poin awal, salah satu manfaat bunga sepatu adalah mengandung antioksidan tinggi.

Kandungan antosianosida dalam kembang sepatu memiliki efek cukupsignifikan dalam meningkatkan kesehatan kulit dan menjaganya dari kerusakan radikal.

Selain itu, senyawa tersebut juga dapat mecegah proses penuaan dini pada kulit. Sifat astringen pada bunga sepatu dapat mengontrol sekresi minyak berlebih dengan mengencangkan pori-pori kulit.

Sementara, sifat anti-inflamasi kembang sepatu dipercaya bisa mengurangi peradangan dan menyembuhkan kemerahan pada kulit.

Bunga sepatu juga mengandung asam yang lembut dan memiliki sedikit efek eksfoliasi atau pengelupasan pada kulit.

Senyawa asam alami yang ada dalam bunga sepatu membantu mengangkat sel kulit mati dan meningkatkan pertumbuhan sel baru.

Sehingga manfaat bunga sepatu dapat membuat kulit nampak segar dan lebih halus. Bahkan bunga sepatu diyakini bisa membantu mengendalikan jerawat, lho!

Kulit wajah yang segar dan cantik bercahaya dengan cara alami bukan lagi sekadar impian.

10. Melembapkan Kulit Wajah

Manfaat bunga sepatu yang terakhir adalah dapat melembapkan kulit wajah. Bunga sepatu memiliki kandungan getah alami yang tinggi, yakni getah yang diproduksi oleh tanaman yang membantu penyimpanan air dan makanan.

Getah ini memiliki potensi besar sebagai pelembab kulit alami yang cenderung aman bahkan pada kulit sensitif.

Kandungan getah bunga sepatu ini dapat meningkatkan kemampuan kulit untuk mempertahankan kelembapan serta kekenyalannya.

Sifat pelembap alami pada bunga sepatu dapat menjaga kulit tetap terhidrasi, lembut dan kenyal lebih lama, serta menghindarkan kulit dari kondisi kering dan kusam.

Itu tadi adalah sepuluh manfaat bunga sepatu untuk kecantikan dan kesehatan. Ternyata banyak sekali ya Moms manfaat bunga cantik yang biasanya hanya kita lihat sebagai hiasan semata.

Saat ini minyak herbal dan esensial dari bunga sepatu sudah banyak dipasarkan. Selain itu, banyak pula produk perawatan kulit yang memakai manfaat bunga sepatu dalam kandungannya.

Itu dia Moms, ragam manfaat bunga sepatu yang bisa diketahui. Semoga berguna!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait