Kesehatan

28 Desember 2020

10 Manfaat Bunga Teratai, dari Kesehatan Hingga Kecantikan

Ternyata bunga teratai ampuh mengatasi jerawat dan baik untuk kulit
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Putriana
Disunting oleh Amelia Puteri

Bunga teratai atau lotus telah lama digunakan sebagai bahan masakan maupun pengobatan tradisional di Asia Timur dan Asia Tenggara. Tanaman yang mempunyai usia panjang ini punya lebih dari 100 spesies.

Mungkin jenis yang paling Moms tahu adalah single-flower lotus dengan jumlah kelopak sekitar dua belas buah. Jenis lainnya termasuk dalam double-flower lotus, di mana jumlah kelopaknya bisa lebih dari seratus buah.

Meskipun umumnya dilihat sebagai hiasan, tetapi nyatanya ada ragam manfaat bunga teratai untuk kesehatan dan kecantikan, lho!

Penasaran? Yuk, cari tahu apa saja manfaatnya berikut ini.

Baca Juga: 21+ Manfaat Bunga Lawang untuk Kesehatan, Salah Satunya Melancarkan ASI

Manfaat Bunga Teratai yang Tak Terduga

photo-1530027644375-9c83053d392e.jpg

Foto: unsplash.com

Dewasa kini, teratai juga banyak dipelihara sebagai tanaman hias di pekarangan rumah atau kolam. Selain bunganya, bagian lain dari bunga teratai seperti batang, daun, dan akarnya juga memiliki banyak manfaat.

Ini dia 10 manfaat bunga teratai bagi kesehatan dan juga kecantikan.

1. Sebagai Obat Diare

Salah satu manfaat bunga teratai yang paling umum dalam pengobatan tradisional Tiongkok adalah untuk menghentikan diare.

Cara meracik obat alami ini adalah dengan merendam biji teratai dalam air hangat selama beberapa jam lalu tambahkan gula batu sebelum diminum.

Penelitian dalam Jurnal Sains dan Teknologi Farmasi Indonesia yang dilakukan sekelompok peneliti di Indonesia menunjukan bahwa biji teratai putih efektif untuk meredakan gejala diare.

Meski masih diuji oleh objek lain selain manusia, hasil penelitian ini selaras dengan pengobatan alternatif yang telah lama dilakukan di Tiongkok.

Mereka melakukan uji aktivitas antidiare dalam ekstrak etanol biji teratai putih terhadap tikus jantan. Dari hasil karakterisasi simplisia biji teratai putih diperoleh kadar abu total (3,83%), kadar abu tidak larut asam (2,90%), kadar abu larut air (0,80%), susut pengeringan (9,42%), kadar sari larut etanol (3,86%), kadar sari larut air (20,48%), dan kadar air (9,99%).

Hasil skrining fitokimia menunjukkan adanya senyawa alkaloid, fenolat, tanin, flavonoid, monoterpen & seskuiterpen, steroid dan triterpenoid, kuinon, serta saponin.

Kesimpulannya, semakin besar dosis ekstrak etanol biji teratai putih menghasilkan aktivitas antidiare yang semakin kuat.

Tapi sebaiknya jangan hanya mengandalkan pengobatan tradisional ini saja utnuk mengatasi diare karena penyebab diare bermacam-macam.

Bisa karena infeksi virus, bakteri, alergi makanan, efek samping obat-obatan, atau malnutrisi.

Bila Moms hanya bergantung pada manfaat bunga teratai padahal diarenya disebabkan oleh infeksi bakteri yang butuh antibiotik, maka diare akan tetap berulang.

2. Menetralkan Gula Darah

Ada banyak makanan yang secara alami dapat menetralkan kadar gula darah dan lemak darah. Salah satunya adalah bagian akar teratai.

Manfaat bunga teratai terutama pada bagian akarnya mengandung serat dan karbohidrat kompleks yang bisa membantu mengelola dua komponen yang memicu penyakit kardiovaskular.

Karbohidrat kompleks mengandung lebih banyak nutrisi daripada karbohidrat sederhana.

Mereka lebih tinggi serat dan dicerna lebih lambat. Hal ini juga membuat gizi yang terkandung di dalamnya jadi lebih banyak. Artinya, hal bisa jadi pilihan yang baik untuk mengontrol berat badan.

Karbohidrat kompleks seperti serat dan pati juga ideal untuk penderita diabetes tipe 2 karena membantu mengelola lonjakan gula darah setelah makan.

Serat sangat penting karena meningkatkan keteraturan usus dan membantu mengontrol kolesterol.

Baca Juga: 4 Manfaat Bunga Melati untuk Kesehatan, Tak Disangka!

3. Mengontrol Tekanan Darah

pertanyaan-yang-sering-diajukan-orang-tua-terkait-tekanan-darah-tinggi-pada-anak-Hero.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu zat gizi yang banyak ditemukan pada manfaat bunga teratai adalah kalium. Zat ini diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan serta membantu menjaga pembuluh darah tetap terbuka lebar.

Mineral ini tergolong elektrolit karena sangat reaktif dalam air. Ketika dilarutkan dalam air, menghasilkan ion bermuatan positif. Sifat khusus ini memungkinkannya menghantarkan listrik, yang penting untuk banyak proses di seluruh tubuh.

Menariknya, diet kaya kalium dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan yang kuat. Ini dapat membantu mengurangi tekanan darah dan retensi air, melindungi dari stroke dan membantu mencegah osteoporosis dan batu ginjal.

Salah satu studi yang dipublikasikan di The British Medical Journal di Amerika Serikat menunjukan bukti bahwa peningkatan asupan kalium mengurangi tekanan darah pada orang dengan hipertensi.

Hal ini juga tidak memiliki efek buruk pada konsentrasi lipid darah, konsentrasi katekolamin, atau fungsi ginjal pada orang dewasa.

Asupan kalium yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko stroke 24% lebih rendah. Jadi, salah satu manfaat Teratai adalah membantu menjaga tekanan darah tetap seimbang dalam batas normal.

4. Mengatasi Masalah Pencernaan

Serat dan karbohidrat kompleks yang ditemukan pada akar teratai dapat membantu memelihara sistem pencernaan tetap sehat.

Serat juga sangat baik dalam meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus. Pasalnya, beberapa jenis serat diketahui menyediakan sumber makanan bagi bakteri baik di dalam usus, dan membantu mereka berkembang biak.

Bakteri-bakteri ini kemudian akan memproduksi berbagai senyawa yang melindungi kesehatan usus. Maka, dengan mengonsumsi serat cukup, artinya kita turut meningkatkan kesehatan serta melindungi sistem pencernaan.

Apabila Moms sering mengalami masalah pencernaan, terutama sembelit, Moms bisa mencoba mengonsumsi bahan makanan yang satu ini.

Baca Juga: Skincare dengan Ekstrak Bunga, Ini Manfaatnya

5. Meringankan Peradangan

Peradangan biasanya disertai dengan sensasi panas dan nyeri. Sebuah studi dalam Journal of Ethnopharmacol tahun 2013 menyebut, biji dari varietas teratai merah dan putih dapat membantu mengatasi sensasi peradangan tersebut.

Manfaat bunga teratai tersebut berasal dari senyawa plumule yang diketahui memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan yang tinggi, sehingga bisa meredakan gejala peradangan dan membuat tubuh kembali nyaman.

Teratai banyak digunakan sebagai pengobatan tradisional Tiongkok. Di antara komponen aktif dalam plumula teratai, polisakarida menunjukkan potensi yang menjanjikan, karena efek anti-inflamasinya yang kuat.

Namun, mekanisme anti-inflamasi polisakarida yang dimurnikan dari batang teratai masih belum diketahui.

6. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Ini Tips Berjemur Matahari Pagi untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Batang tanaman teratai kaya akan vitamin C yang bisa membantu menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Untuk mendapatkan manfaat teratai yang satu ini, Moms bisa merebus akar dan batangnya selama 10 menit lalu mengonsumsinya.

Salah satu alasan utama orang mengonsumsi suplemen vitamin C adalah untuk meningkatkan kekebalan mereka, karena vitamin C terlibat dalam banyak bagian sistem kekebalan.

Pertama, vitamin C membantu mendorong produksi sel darah putih yang dikenal sebagai limfosit dan fagosit, yang membantu melindungi tubuh dari infeksi .

Kedua, vitamin C membantu sel darah putih ini berfungsi lebih efektif sekaligus melindunginya dari kerusakan oleh molekul yang berpotensi berbahaya, seperti radikal bebas.

Ketiga, vitamin C merupakan bagian penting dari sistem pertahanan kulit. Secara aktif diangkut ke kulit, di mana ia dapat bertindak sebagai antioksidan dan membantu memperkuat penghalang kulit.

Penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin C dapat mempersingkat waktu penyembuhan luka. Terlebih lagi, tingkat vitamin C yang rendah telah dikaitkan dengan hasil kesehatan yang buruk.

Misalnya, orang yang menderita pneumonia cenderung memiliki kadar vitamin C yang lebih rendah, dan suplemen vitamin C telah terbukti mempersingkat waktu pemulihan.

Baca Juga: 16 Manfaat Bunga Kamboja untuk Kecantikan dan Kesehatan

7. Meredakan Nyeri Haid

Sebagai manfaat bunga teratai, daun dan ekstrak akar teratai sudah lama dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional Tiongkok untuk membantu melancarkan siklus menstruasi, menghentikan perdarahan berlebih, dan meredakan nyeri haid.

Biasanya, akar, daun, dan batangnya dijadikan jus atau sup untuk dikonsumsi menjelang waktu menstruasi. Namun, sayangnya tidak banyak penelitian ilmiah yang mendukung klaim tersebut.

8. Menghilangkan Jerawat

Manfaat teratai untuk wajah dan kecantikan juga bisa dirasakan. Menambahkan teratai ke dalam minuman teh hijau. Ini dipercaya bisa membantu mengurangi sebum yang berlebih penyebab jerawat.

Sebuah penelitian di Amerika Serikat mengungkap keampuhan teh hijau dan manfaat bunga teratai untuk mengatasi masalah jerawat. Teh hijau dan teratai mengandung beberapa senyawa antioksidan sinergis.

Penelitian ini bertujuan untuk menilai kemanjuran dari teh hijau dan teh hijau ditambah beberapa emulsi teratai.

Hasilnya, terjadi penurunan sekresi sebum yang stabil dan signifikan secara statistik dalam 60 hari pengobatan, baik pengobatan mono (teh hijau saja) maupun kombinasi (teh hijau ditambah teratai).

Namun, imbangi juga dengan kebiasaan untuk merawat wajah. Beberapa di antaranya dengan rajin membersihkan muka, tidak sering menyentuh wajah dengan tangan yang kotor, serta menggunakan obat jerawat agar jerawat yang membandel bisa segera hilang.

Dengan begitu, manfaat bunga teratai tersebut bisa maksimal. Bila tak tertarik untuk mencampur teratai ke dalam teh hijau, Moms bisa mencari alternatif dengan memakai produk perawatan kecantikan yang mengandung ekstrak teratai.

9. Menyeimbangkan Berat Badan

6 Alasan Susah Turun Berat Badan

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat bunga teratai dalam menjaga berat badan adalah karena bunga teratai mengandung banyak nutrisi, tapi rendah kalori. Oleh karena itu, bahan makanan ini menyehatkan tanpa menambah kalori secara berlebihan.

Kandungan seratnya yang tinggi membantu mempertahankan rasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi kemungkinan ngemil di antara waktu makan utama.

Selain itu, komponen aktif dalam daun teratai terbukti memiliki efek mengurangi lemak dan menurunkan berat badan.

Ekstrak air daun teratai juga diketahui memiliki efek penurun lemak yang signifikan. Mengonsumsi ekstrak air daun teratai akan menurunkan kadar lemak dalam darah dan juga kolesterol jahat (LDL) menurun secara signifikan.

Sebaliknya, kadar kolesterol baik (HDL) akan meningkat secara signifikan. Hal ini menyebabkan viskositas atau kekentalan darah akan berkurang.

Daun teratai juga mengandung berbagai alkaloid pengurang lemak yang dapat secara efektif membentuk lapisan membran isolasi lemak pada dinding usus tubuh manusia.

Dengan demikian, hal ini dapat mencegah penyerapan lemak dan mengurangi penumpukan lemak.

Baca Juga: 11+ Manfaat Bunga Telang, Bisa Obati Asma dan Lancarkan Menstruasi!

10. Menyehatkan Kulit

Kandungan vitamin A, yang banyak ditemukan pada manfaat bunga teratai, diketahui bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut. Vitamin A sendiri memiliki sifat antioksidan serta baik untuk penyembuhan luka.

Popularitas manfaat bunga teratai di bidang kecantikan juga cukup luas. Kandungan antioksidannya disebut-sebut dapat melindungi kulit dari paparan radiasi ultraviolet sinar matahari dan membantu menangkal radikal bebas.

Itu tadi adalah 10 manfaat bunga teratai untuk kesehatan dan kecantikan.

Tanaman teratai yang kaya manfaat telah diperbolehkan untuk digunakan, baik sebagai bahan makanan maupun pengobatan, oleh Kementrian Kesehatan Tiongkok.

Dari segi keamanan dan efek samping, teratai dianggap cukup aman dikonsumsi sebagai makanan atau minuman. Meski demikian, data tentang penggunaannya sebagai obat masih terbatas.

Jadi, jika ingin memperoleh manfaat teratai untuk kesehatan, Moms bisa menyantapnya dalam bentuk masakan.

Informasi soal manfaat bunga teratai ini tentunya bukan hal baru dalam dunia pengobatan. Tetapi penelitian ilmiah lebih lanjut masih harus dilakukan untuk mengungkap cara kerja tanaman ini serta cara baru untuk memanfaatkannya.

Pertimbangkan untuk mencoba obat atau suplemen lotus sederhana untuk pendekatan penyembuhan alami. Pastikan untuk berbicara dengan dokter Moms sebelum mencoba menggunakan bunga teratai sebagai obat herbal.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait