Fashion & Beauty

FASHION & BEAUTY
11 November 2020

Bikin Kulit Cerah, Yuk Simak Manfaat dan Cara Membuat Masker Jeruk Nipis!

Pernah mencoba masker jeruk nipis? Simak manfaatnya berikut ini, Moms.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Memakai masker alami untuk menjaga kesehatan kulit, kenapa tidak? Jeruk nipis menjadi salah satu bahan alami yang sering digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat.

Masker jeruk nipis memang terdengar menarik, ya, Moms. Sebenarnya, aman atau tidak memakai masker jeruk nipis?

Perlu dipahami, apabila Moms memiliki kulit sensitif, maka harus berhati-hati ketika menggunakan masker jeruk nipis.

Penggunaan jeruk nipis juga tidak bisa berlebihan karena bisa menyebabkan masalah lain seperti iritasi, kulit kering atau sensitivitas yang meningkat karena matahari.

Nah, lantas bagaimana caranya agar masker jeruk nipis bisa digunakan? Pertama, ketahui jenis kulit dan pemicu biasanya Moms jerawatan.

Jika kulit Moms termasuk aman dalam menggunakan masker alami, maka masker jeruk nipis patut dicoba. Lengkapnya, berikut ini penjelasannya.

Baca Juga: 6 Masker Wajah Alami untuk Kulit Berminyak, Bisa Dibuat di Rumah!

Manfaat Masker Jeruk Nipis untuk Kulit

Dilansir dari Farmaka dari Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran, jeruk nipis memiliki kandungan yang banyak dan baik untuk kesehatan.

Jeruk nipis atau Citrus aurantifolia s. menjadi salah satu tanaman yoga yang banyak digunakan oleh masyarakat sebagai bumbu masak dan obat-obatan.

Kandungan jeruk nipis yang baik untuk kesehatan tubuh, yaitu berbagai vitamin dan nutrisi lainnya. Di antaranya yaitu vitamin A, vitamin E, vitamin K, kalsium, folat, magnesium, kalium, kolin, fosfor, dan betaine.

Jeruk nipis memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri. Jeruk nipis juga mengandung flavonoid, yang pada akhirnya mampu memberikan ketahanan tubuh dari bahaya radikal bebas.

Jeruk nipis yang juga termasuk ke dalam salah satu jenis jeruk pun mengandung antioksidan dan vitamin C. Jadi, apa saja manfaat masker jeruk nipis untuk kulit?

1. Memudarkan Bekas Jerawat

manfaat masker jeruk nipis untuk bekas jerawat

Foto: Orami Photo Stock

Di dalam dunia skincare, pasti sudah tidak asing lagi dengan manfaat dari vitamin C. Jurnal Nutrients sudah menyebutkan, konsentrasi tinggi vitamin C pada makanan atau produk perawatan kulit mampu menstimulasi sintesis kolagen dan membantu perlindungan antioksidan terhadap UV. Hasilnya, kulit semakin cerah, elastis, dan awet muda.

Nah, Moms sudah melihat berbagai kandungan dari jeruk nipis yang baik untuk kesehatan tubuh dan kulit. Hal ini juga yang membuktikan bahwa masker jeruk nipis mampu membantu menghilangkan bekas jerawat.

Selain antioksidan dan vitamin C, jeruk nipis juga punya L-ascorbic yaitu zat alami yang bisa mengeringkan jerawat dan antibakteri yang melawan bakteri penghasil jerawat.

2. Mencegah Penuaan Dini

mencegah penuaan dini

Foto: Orami Photo Stock

Dengan bertambahnya usia dan paparan sinar UV, melanin yang memberi warna pada kulit akan menumpuk di kulit Moms.

Lambat laun, hal ini akan menimbulkan bintik hitam dan tanda-tanda penuaan lainnya. Penuaan wajah memang tidak bisa dihindari seiring bertambahnya usia, namun Moms dapat mencegah terjadinya penuaan dini.

Menggosok kulit dengan kulit jeruk nipis atau mengoleskan masker jeruk nipis yang mengandung potongan kulit jeruk nipis dapat secara signifikan mengurangi hiperpigmentasi ini. Hasilnya, masker jeruk nipis mampu mencegah penuaan dini.

3. Mengencangkan Pori-pori Wajah

mengencangkan pori-pori wajah

Foto: Orami Photo Stock

Moms, punya masalah pori-pori wajah yang cenderung besar? Nah, sebenarnya pori-pori di wajah tidak bisa dihilangkan, namun bisa diperkencang sehingga terlihat lebih kecil.

Astringents efektif dalam menyebabkan pengencangan otot sementara. Itulah alasan mengapa sering digunakan dalam produk kecantikan dan perawatan kulit untuk memperbaiki penampilan kulit wajah.

Masker jeruk nipis memiliki sifat astringent dan bisa digunakan untuk mengencangkan pori-pori.

Masker jeruk nipis juga mampu mengurangi produksi minyak untuk sementara waktu untuk memberikan kulit yang lebih cerah dan segar.

Baca Juga: 4 Masker Wajah dari Bahan Alami untuk Kulit Kering

4. Mengangkat Sel Kulit Mati

pengangkatan sel kulit mati

Foto: Orami Photo Stock

Asam sitrat yang ada dalam kulit jeruk nipis dapat mengangkat sel-sel kulit mati.

Masker jeruk nipis sering digunakan sebagai pengobatan rumahan untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit wajah.

Manfaat lainnya dari masker jeruk nipis adalah membantu menjadikan kulit lebih bercahaya.

Ternyata, tidak hanya masker jeruk nipis saja yang punya khasiat ini! Minum segelas air hangat dengan sedikit madu dan perasan jeruk nipis di pagi hari mampu menjadikan kulit lebih glowing, lho, Moms.

Manfaat masker jeruk nipis selain untuk kulit, juga bisa digunakan untuk mencerahkan ketiak, mengatasi masalah ketombe di rambut, dan merangsang pertumbuhan rambut.

Tertarik untuk mencoba masker jeruk nipis, namun belum tahu cara memulainya? Tidak perlu khawatir, ya, Moms.

Setelah ulasan ini, Orami akan menjelaskan mengenai cara membuat masker jeruk nipis.

Semua bahan-bahannya mudah ditemukan dan bisa diberikan campuran yang sesuai dengan kebutuhan kulit masing-masing.

Cara Memakai Masker Jeruk Nipis

cara membuat masker jeruk nipis

Foto: Orami Photo Stock

Cara membuat masker jeruk nipis sebenarnya sangat sederhana. Bahan-bahan yang diperlukan yaitu perasan jeruk nipis dan air hangat. Berikut ini cara memakai masker jeruk nipis, yaitu:

1. Cara Pertama:

  • Sebelum mengoleskan jeruk nipis ke wajah, pastikan wajah sudah bersih, kering, dan lembap.
  • Oleskan perasan air jeruk nipis ke seluruh bagian wajah.
  • Lalu, diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

2. Cara Kedua:

  • Pastikan wajah sudah bersih, kering, dan lembap sebelum memakai masker jeruk nipis.
  • Rendam cotton bud selama beberapa detik dalam perasan jeruk nipis.
  • Kemudian, oleskan ke wajah.
  • Gunakan cotton bud dan mengoleskan jeruk nipis hanya ke jerawat atau bekas jerawat.

Hindari terlalu lama mendiamkan masker jeruk nipis karena berpotensi untuk membuat iritasi kulit.

Usai memakai masker jeruk nipis, usahakan untuk tidak langsung keluar rumah dan berada di bawah matahari langsung. Sebab, kulit masih sensitif dan perlu pendinginan terlebih dulu.

Jika Moms ingin menambahkan bahan lainnya, coba tambahkan madu, yoghurt, atau mentimun.

Nah, setiap dari bahan-bahan tersebut punya manfaat yang berbeda-beda, ya. Lakukan masker jeruk nipis paling tidak 3 kali seminggu secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Baca Juga: 4 Masker Alami Untuk Mengencangkan Kulit Wajah

Berbagai Resep Masker Jeruk Nipis

Seperti disebutkan di atas, ada beberapa bahan campuran untuk masker jeruk nipis yang dapat Moms coba. Di antaranya, yaitu:

1. Masker Jeruk Nipis dan Madu

jeruk nipis dan madu

Foto: Orami Photo Stock

Madu sudah terkenal cocok digunakan untuk pemilik wajah kering dan manfaatnya mampu memberikan hidrasi pada kulit.

Nah, campurkan masker jeruk nipis dan madu bisa membuat kulit wajah terhidrasi dalam waktu lama. Selain itu, masker ini juga memberikan antioksidan sehingga meminimalisir kerusakan pada kulit.

Campuran masker jeruk nipis dan madu akan mendetoksifikasi wajah Moms sehingga turut menghilangkan bekas jerawat.

Aplikasikan pada wajah setiap hari untuk mendapatkan hasil yang optimal dan kulit lebih bersinar. Moms juga bisa menambahkan minyak zaitun untuk memberikan manfaat tambahan.

2. Masker Jeruk Nipis dan Yoghurt

jeruk nipis dan yoghurt

Foto: Orami Photo Stock

Moms, pernahkah mencoba masker jeruk nipis yang dicampurkan dengan yoghurt? Melihat dari dua kandungan ini saja, Moms akan terkejut dengan manfaat yang bisa diberikan untuk kesehatan kulit.

Yoghurt dikenal ampuh mengencangkan kulit kendur. Hal ini karena yoghurt mengandung lactic acid yang dapat mengecilkan pori-pori dan mengencangkan kulit.

Nah, pastikan Moms untuk menggunakan yogurt tanpa rasa dan gula, ya. Jadi, gabungan antara masker jeruk nipis dan yoghurt tidak hanya mampu menyamarkan bekas jerawat, namun juga menjaga kulit tetap awet muda.

Cara membuatnya mudah, Moms juga sediakan 2 sendok makan plain yoghurt dan perasan air jeruk nipis. Lalu, campurkan keduanya dan oleskan ke seluruh wajah. Diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Gunakan masker jeruk nipis dan yoghurt ini 3-4 kali dalam seminggu untuk hasil yang lebih maksimal.

3. Masker Jeruk Nipis dan Putih Telur

jeruk nipis dan putih telur

Foto: Orami Photo Stock

Sudah tahu belum manfaat putih telur untuk kesehatan kulit? Putih telur mampu membersihkan kulit dengan cara mengangkat kotoran di wajah.

Putih telur juga mampu menyerap kelebihan minyak yang seringnya menjadi penyebab jerawat. Manfaat ini didapatkan ketika menjadikan putih telur sebagai masker.

Maka dari itu, tidak mengherankan kalau kalau campuran putih telur dan jeruk nipis bisa digunakan juga untuk membantu menghilangkan bekas jerawat.

Caranya mudah, Moms cukup mencampurkan perasan air jeruk nipis dan putih telur dengan blender. Lalu, aplikasikan pada wajah dan tunggu hingga kering. Setelah itu, bersihkan wajah dengan air hangat.

Aplikasikan kombinasi jeruk nipis dan putih telur ini secara rutin, 2-3 hari sekali untuk hasil yang optimal.

Baca Juga: 5 Masker Wajah Alami Ini Mudah Dibuat Sendiri di Rumah

4. Masker Jeruk Nipis dan Mentimun

jeruk nipis dan mentimun

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat mentimun untuk kesehatan kulit adalah mampu melembapkan wajah secara alami. Sebab, kandungan mineral dalam mentimun juga dapat meredakan peradangan pada kulit.

Mentimun juga bermanfaat untuk mencerahkan wajah dan menghilangkan komedo membandel pada kulit wajah. Masker mentimun mampu mengontrol produksi minyak di wajah.

Nah, apabila masker jeruk nipis digabungkan dengan mentimun, maka hasil yang akan didapatkan ikut bertambah.

Gabungan dua bahan ini efektif untuk meluruhkan kotoran di wajah, menyamarkan bekas jerawat, melembapkan wajah, serta bersifat sebagai antioksidan dan antibakteri.

Cara membuatnya, ambil mentimun dan jeruk nipis. Lalu, haluskan mentimun dan campurkan dengan perasan air jeruk nipis. Aduk sampai merata, kemudian oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan.

Diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas wajah dengan air dingin. Hasilnya, wajah akan lebih segar dan lembap.

5. Masker Jeruk Nipis dan Sea Salt

jeruk nipis dan sea salt

Foto: Orami Photo Stock

Garam laut (sea salt) adalah bahan ampelas alami yang memiliki hasil luar biasa bila digabungkan dengan jeruk nipis. Gunakan campuran ini sebagai scrub untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat.

Campuran masker jeruk nipis dan sea salt juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Nah, cara membuatnya adalah campurkan jeruk nipis dan garam laut secukupnya hingga berbentuk pasta.

Kemudian, aplikasikan ke wajah dan leher. Gosok pelan dengan gerakan melingkar. Tunggu 8-10 menit sebelum membilasnya dengan air dingin. Sifat masker ini adalah mengeksfoliasi secara alami, jadi sebaiknya tidak digunakan lebih dari 2 kali dalam seminggu.

Baca Juga: 9 Masker Alami untuk Kulit Kombinasi yang Mudah Dibuat

Itulah informasi tentang manfaat masker jeruk nipis yang bisa Moms ketahui dan cara membuatnya. Ingat, sebelum mencoba berbagai masker dari bahan alami, selalu sesuaikan dengan kondisi kulit masing-masing, ya, Moms.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait