Pernikahan & Seks

27 Agustus 2021

Tak Hanya Mencegah Kehamilan, Cari Tahu Manfaat dan Bahaya Kondom

Juga efektif untuk mencegah kehamilan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Karla Farhana

Bicara soal langkah pencegahan penyakit HIV/AIDS, kondom adalah salah satu hal yang paling pertama muncul di pikiran. Walau punya banyak manfaat sebagai alat kontrasepsi pria, tahukah Moms apa saja manfaat dan bahaya kondom?

Menurut penelitian, alat kontrasepsi ini efektif mengurangi transmisi organisme penyebab penyakit HIV/AIDS hingga 80-95%. Kondom juga dapat mencegah kehamilan hingga 98%.

Fungsi kondom tersebut ditambah kepraktisannya (bisa langsung dipakai sebelum bercinta) dan tanpa efek samping membuat alat kontrasepsi berbentuk sarung elastis ini populer.

Nah, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya tentang manfaat dan bahaya kondom. Disimak yuk, Moms!

Baca Juga: Kondom Ternyata Meningkatkan Bakteri Baik

Perhatikan Ini Saat Memilih Kondom!

manfaat kondom

Foto: Orami Photo Stock

Kondom sebenarnya terdiri dari 2 jenis, yakni kondom wanita dan kondom pria. Namun, kondom pria lebih populer dan mudah didapatkan.

Demi kenyamanan dan kepuasan bercinta, Dads perlu memilih kondom yang pas untuknya. Terkadang, ada kondom dengan ketebalan tinggi tapi tak nyaman saat dikenakan. Atau ketika terasa nyaman, tetapi tidak mampu melindungi dengan sempurna.

Ada beberapa hal yang harus Dads perhatikan dalam memilih kondom, di antaranya sensitivitas, tingkat kenyamanan, dan kemampuan kondom dalam melindungi. Sebaiknya, pilih kondom yang tipis dan tidak mengurangi kenikmatan saat berhubungan seksual.

Kondom tersebut juga harus pas dan nyaman digunakan serta tidak gampang sobek dan bocor. Kemudian, yang tidak kalah penting, kondom tersebut harus mampu menjalankan fungsi utamanya yaitu mencegah kehamilan dan menghindarkan dari penyakit menular seksual.

Bahan dasar kondom juga turut berpengaruh. Biasanya, kondom yang terbuat dari bahan lateks lebih disukai.

Namun, jangan gunakan pelumas berbahan dasar minyak karena bisa merusak kondom berbahan lateks dan polyisoprene sehingga efektivitasnya berkurang. Ada juga kondom berbahan dasar sintetis yang tipis tapi mampu melindungi dengan sempurna.

Selain itu, cara memakai kondom juga harus diperhatikan. Ketika mengeluarkan kondom dari pembungkusnya, pastikan kondom tersebut dalam keadaan baik dan tidak berlubang serta tidak kering. Sebelum berhubungan, pastikan kondom tersebut sudah terpasang dengan sempurna.

Memakai kondom sering menjadi pilihan utama bagi pasangan yang ingin menunda kehamilan serta tidak ingin tertular penyakit menular seksual seperti HIV/AIDS. Dengan kemampuannya tersebut, Moms dan Dads dapat berhubungan seksual dengan tenang tanpa rasa khawatir.

Baca Juga: 5 Variasi Kondom yang Bikin Momen di Ranjang Lebih Berkesan

Manfaat dan Bahaya Kondom

manfaat dan bahaya kondom

Foto: Orami Photo Stock

Berikut ini adalah penjelasan lengkap dikutip dari National Health Service, mengenai manfaat dan bahaya kondom yang juga wajib Moms dan Dads ketahui.

Manfaat Menggunakan Kondom

  • Mencegah Kehamilan yang Tidak Diinginkan

Jika dipasang dengan benar, penggunaan kondom setidaknya dapat mengurangi risiko kehamilan hingga 98%. Artinya, hanya 2 dari 100 orang yang mungkin hamil setelah berhubungan intim menggunakan kondom.

Namun, jika pemasangan kondom kurang baik, efektivitas dan manfaat kondom dalam mencegah kehamilan dapat turun menjadi 85%.

Kondom dapat membantu metode KB lainnya untuk bekerja lebih efektif. Sebab, tidak ada metode yang 100% efektif untuk mencegah kehamilan. Jadi, menggunakan kondom sebagai kontrasepsi tambahan merupakan ide yang baik ya, Dads. 

  • Memperpanjang Durasi Berhubungan Intim

Perlindungan itu penting, tapi kepuasan juga perlu dipertimbangkan. Kondom ternyata dapat membantu meningkatkan kualitas kehidupan seks kamu dan pasangan dengan memperpanjang durasi hubungan intim, lho.

Hal ini karena kondom memiliki banyak model, bentuk, dan tekstur yang bervariasi yang dapat meningkatkan sensasi seks bagi kedua pasangan. Meminta pasangan memasang kondom pada Mr.P-nya juga bisa menjadi bagian yang seksi dari foreplay. Kondom, bahkan dapat menunda ejakulasi, sehingga hubungan intim bisa berlangsung lebih lama.

Kamu dapat menggunakan kondom untuk seks oral, anal, dan vaginal. Manfaat kondom dapat membuat kamu fokus pada kesenangan dan kepuasan berhubungan intim dengan pasangan, tanpa khawatir tentang kehamilan atau penyakit menular seksual (PMS).

Baca Juga: IUD, Kontrasepsi Aman untuk Wanita Tinggi Resiko Kanker Payudara

  • Higienis

Salah satu alasan mengapa hubungan intim perlu menggunakan kondom adalah lebih sehat dan higienis. Manfaat kondom ini membuat hubungan intim menjadi lebih bersih dan lebih aman.

Selain itu, menggunakan kondom berarti mencegah penularan penyakit menular seksual, seperti gonore, trikomoniasis, herpes, sifilis, dan lainnya.

  • Harganya Terjangkau dan Mudah Didapatkan

Dads bisa mendapatkan kondom dengan sangat mudah di berbagai toko, online marketplace, dan di apotik.

Selain itu, harganya tidak mahal dan bisa didapatkan tanpa menggunakan resep atau identitas diri.

Jadi, bisa dibilang kondom adalah alat perlindungan yang praktis dan terjangkau, tetapi dapat memberikan perlindungan besar.

Baca Juga: Hal yang Wajib Diperhatikan Agar Aman Melakukan Seks Saat Kehamilan Kembar

2. Bahaya Menggunakan Kondom

Ada beberapa bahaya menggunakan kondom yang bisa mempengaruhi Dads serta Moms. Apa sajakah itu?

  • Iritasi

Bagi Moms yang memiliki alergi pada bahan karet lateks, sebaiknya hindari penggunaan kondom saat sedang berhubungan intim dengan pasangan. Efek samping penggunaan kondom ini ternyata bisa menyebabkan iritasi.

Berbagai gejala alergi bisa dirasakan seperti ruam, sensasi terbakar dan juga gatal-gatal. Jika Moms dan pasangan ingin berhubungan intim namun alergi ada latex, gunakan alternatif lain dengan cara meminum pil KB. Di pasaran juga terdapat kondom dengan bahan non-latex seperti linen, sutera atau kulit. Namun sayangnya, jenis kondom seperti ini mudah sobek.

  • Kurang Bergairah

Melansir sebuah penelitian dari Healthline, para wanita mengaku jika penggunaan kondom terlalu sering bisa berdampak pada turunnya mood dan gairah seks mereka. Sedangkan mereka yang tidak pernah menggunakan kondom saat berhubungan intim mengaku jauh lebih senang dan bergairah.

Penggunaan kondom yang lebih sering akan memengaruhi gaya hidup seseorang dan menyebabkan wanita merasa tidak bahagia karena menganggap kurangnya hubungan seksual yang stabil.

Faktor lain yang menentukan wanita menjadi kurang bergairah adalah minimnya jumlah paparan sperma yang diterima oleh wanita sehingga menyebabkan menurunya hormon serotonin dan endorfin yang berkontribusi pada suasana hati.

Baca Juga: Heboh Permen Isi Kondom, Perhatikan 5 Hal Ini Saat Beli Jajanan Anak

Itu dia Moms manfaat dan bahaya kondom yang mungkin belum Moms atau Dads tahu. Semoga menambah wawasan, ya!

  • https://www.healthline.com/health/birth-control-condom#disadvantages
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/16982395/
  • https://www.plannedparenthood.org/learn/birth-control/condom/what-are-the-disadvantages-of-condoms
  • https://www.nhs.uk/conditions/contraception/male-condoms/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait