Gaya Hidup

GAYA HIDUP
19 Februari 2020

Manfaat dan Dampak Crossfit, Olahraga yang Digemari Ashraf Sinclair

Yuk, kita mengenal CrossFit.
placeholder

Foto: instagram.com/ashrafsinclair

placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Kabar duka menyelimuti dunia hiburan Tanah Air. Suami Bunga Citra Lestari, Ashraf Sinclair, meninggal akibat serangan jantung pada Selasa (18/02/2020).

Kabar meninggalnya Ashraf Sinclair yang mendadak ini membuat publik terkejut dan tidak percaya. Apalagi Ashraf dikenal sebagai sosok yang rajin menjalani hidup sehat seperti olahraga yang teratur.

Salah satu olahraga yang tekun dijalani Ashraf adalah CrossFit. Jenis olahraga ini sudah ditekuninya sejak tahun 2012 lalu.

Bahkan dikabarkan bahwa sehari sebelum meninggal dunia, ayah dari Noah Sinclair ini masih sempat mengikuti latihan CrossFit di pusat kebugaran yang tak jauh dari rumahnya.

Apa sebenarnya manfaat dan dampak CrossFit yang ditekuni oleh Ashraf? Kita simak di bawah yuk.

Baca Juga: Selain Ashraf, Ini 5 Artis yang Kena Serangan Jantung Mendadak

Apa itu CrossFit?

CrossFit, Ashraf Sinclair

Foto: fitandme.com

CrossFit merupakan salah satu program olahraga yang kini tengah hits. Jenis olahraga ini menggabungkan banyak gerakan dari berbagai jenis olahraga, seperti senam, powerlifting, angkat beban, dan mendayung.

Berdasarkan Orthopaedic Journal of Sports Medicine, CrossFit telah muncul sebagai latihan rutin yang sangat populer yang terdiri dari latihan plyometrik intensitas tinggi, senam, dan olimpiade yang dilakukan secara berurutan.

CrossFit merupakan bentuk high-intensity power fitness (HIPT) atau olahraga dengan intensitas tinggi, yang diciptakan oleh mantan pesenam Greg Glassman untuk memaksimalkan gerakan yang dilakukan saat berolahraga dalam waktu yang lebih sedikit.

Baca Juga: 6 Momen Keakraban Ashraf dan Noah Sinclair, Hangat dan Mengharukan

Manfaat CrossFit

CrossFit, Ashraf Sinclair

Foto: azumio.com

Karena merupakan bentuk olahraga yang memadukan berbagai jenis gerakan olahraga, maka CrossFit memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh.

1. Meningkatkan Kekuatan Fisik

Gerakan intensitas tinggi di CrossFit dapat membantu kita menambah kekuatan otot dan stamina tubuh. Menambahkan berat tambahan ke latihan kita dapat lebih meningkatkan otot dengan menambahkan beban pada otot.

2. Membakar Kalori dan Menjaga Berat Badan

Latihan CrossFit dapat membantu kita membakar lebih banyak kalori daripada latihan lainnya. Rata-rata, latihan ini bisa membakar 15 hingga 18 kalori per menit. Kita juga bisa terus membakar kalori selama periode pemulihan.

3. Tingkatkan Ketangkasan, Keseimbangan, dan Fleksibilitas

Latihan CrossFit sering mencakup latihan fungsional, atau latihan yang meniru gerakan yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Gerakan fungsional, seperti squat, ayunan kettlebell, atau tekanan overhead, dapat membantu meningkatkan ketangkasan, keseimbangan, dan fleksibilitas.

Selain itu juga dapat mengurangi risiko cedera dan meningkatkan kualitas hidup seiring bertambahnya usia.

Itu dia beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari latihan CrossFit. Lalu apa dampaknya pada tubuh kita?

Baca Juga: Berjodoh hingga Akhir Hayat, Seperti Ini Perjalanan Cinta BCL dan Ashraf Sinclair

Dampak CrossFit

CrossFit, Ashraf Sinclair

Foto: nexushealthclinic.com

Olahraga yang digemari Ashraf ini merupakan bentuk latihan dengan intensitas tinggi. Risiko cedera bisa mengintai kita kapan saja, semakin kita meningkatkan intensitas latihan atau jumlah beban yang diangkat.

Beberapa cedera CrossFit yang umum terjadi termasuk:

Jika Moms baru mengenal CrossFit, adalah ide yang cerdas untuk mencoba secara bertahap dengan didampingi oleh pelatih profesional yang dapat memastikan kita melakukan latihan dengan benar.

Memiliki bentuk latihan yang tidak benar, bergerak terlalu cepat, atau mengangkat lebih dari yang bisa kita tangani semuanya dapat menyebabkan cedera.

Selain itu dalam melakukan latihan CrossFit, kondisi tubuh juga menjadi poin penting yang harus selalu diperhatikan, karena memerlukan kondisi yang sehat dan bugar.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait