3-12 bulan

11 Agustus 2021

7+ Manfaat Baby Class untuk Mendukung Tumbuh Kembang Si Kecil, Yuk Intip!

Cari tahu juga rekomendasi baby class di Jakarta
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Siapa yang tak ingin bayinya berkegiatan yang beragam serta menyenangkan seperti belajar, merangkak, berjalan hingga bermain alat musik? Maka, jawabannya adalah baby class. Maksud baby class di sini bukanlah sekolah formal pada umumnya.

Sebuah jurnal ilmiah dari Developmental Science and Annals of the New York Academy of Sciences menemukan bahwa bayi berusia satu tahun yang berpartisipasi dalam kelas musik interaktif dengan orang tua mereka lebih banyak tersenyum, berkomunikasi lebih baik, dan menunjukkan respons otak yang lebih awal dan lebih canggih terhadap musik.

Baby class atau sekolah untuk bayi memang memiliki banyak manfaat di antaranya melatih motorik bayi, melatih bersosialisasi, dan melatih kemampuan sensorik. Sekolah sejak dini memang dianjurkan, namun semuanya bergantung pada perkembangan masing-masing bayi.

Baca Juga: Stimulasi Sensorik dan Motorik Si Kecil, Saya Lakukan Baby Sensory Class Sendiri di Rumah

Manfaat Baby Class

Ilustrasi baby class

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum mengetahui rekomendasi, tak ada salahnya mencari tahu manfaat baby class yaitu:

1. Mendorong Sosialisasi

Penelitian menunjukkan bahwa selama periode postpartum, Moms mengalami berbagai tekanan psikologis. Dukungan sosial telah terbukti efektif dalam membantu para Moms mengatasi hal ini. Kelas adalah cara bagi ibu baru untuk bertemu ibu lain, yang membina dan membangun jaringan dukungan. Berada bersama ibu dan bayi lain juga mendorong lingkungan yang menyenangkan, memberi Moms ruang dan waktu untuk terhubung satu sama lain dalam suasana yang tidak membuat stres.

Selain itu, kelas tidak hanya bermanfaat bagi ibu tetapi yang terpenting ada si Kecil. Dengan bertemu dalam baby class, Si Kecil berarti akan mengenali wajah baru serta mendengar suara yang berbeda. Hal ini juga memungkinan manfaat baby class untuk mendorong bayi melihat bagaimana orang lain bereaksi terhadap perilaku mereka yang sangat mudah bergaul.

2. Tingkatkan Kemandirian dan Pengembangan Emosional

Manfaat baby class juga adanya permainan interaktif yang dapat membantu bayi menjadi ingin tahu tentang lingkungan mereka, memungkinkan mereka untuk mengeksplorasi dan mengembangkan rasa kemandirian mereka. Mereka menjadi sangat aktif dan bergerak, membantu mereka memperkuat otot-otot tubuh mereka. Ini dapat membantu mengembangkan keterampilan motorik mereka dalam merangkak, berdiri dan berjalan.

Selain mengembangkan kemandirian untuk bayi, kelas dapat membantu memberi manfaat bagi Moms dengan melepaskan hormon yang cenderung memengaruhi emosi selama periode yang menantang namun bermanfaat ini. Jadi, manfaat baby class juga dapat membantu melepaskan endorfin, hormon yang bertanggung jawab untuk mengurangi stres, membuat Moms merasa positif luar dan dalam.

3. Perkembangan Sensorik

Banyak juga baby class yang mengedepankan perkembangan sensorik untuk Si Kecil. Dengan begitu, manfaat baby class juga membuat Si Kecil dihadapkan pada berbagai warna dan objek yang merangsang secara visual untuk membantu penghlihatan mereka, mereka akan mendengar berbagai macam music yang mungkin belum pernah Moms mainkan di rumah dan merasakan banyak materi baru yang berbeda untuk membantu aktivitas mereka.

4. Perkembangan Motorik

Membuat Si Kecil bergerak melalui permainan baik untuk semua bidang perkembangan mereka, terutama pengembangan keterampilan motorik. Bermain di baby class dapat membantu memperkuat otot leher dan tubuh bagian atas yang dibutuhkan bayi untuk menopang kepalanya dan bergerak.

Ini juga membantu mereka berlatih meraih dan menggenggam serta memperkuat otot yang diperlukan untuk gerakan seperti berguling, merangkak, dan menarik diri untuk berdiri.

Baca Juga: Tanda-tanda Perkembangan Bayi 8 Bulan dan Cara Stimulasinya

5. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Di baby class, seorang anak dapat mengambil bagian dalam berbagai kegiatan yang akan membantu membangun kepercayaan diri. Si Kecil mungkin didorong untuk mempraktikkan pengambilan keputusan, permainan kooperatif, dan permainan mandiri.

Mereka juga akan mengalami pujian dan penguatan positif yang akan mendorong self-talk yang positif. Penting bagi anak-anak untuk belajar menjadi kuat agar mampu membela diri sendiri tetapi juga baik hati.

6. Stimulasi Otak

Kegiatan seperti membaca, menyanyi dan bercerita, merupakan semua bentuk interaksi yang dapat mempengaruhi perkembangan anak. Saat bermain, Si Kecil terlibat dalam melihat, mendengarkan, menyentuh, merasakan, dan bergerak yang memungkinkan mereka terhubung dengan apa yang dilihat, didengar, dicicipi, atau disentuh.

Bermain dapat membantu dalam merangsang perkembangan otak anak dengan mempengaruhi perkembangan kognitif, fisik, motorik, sosial, dan emosional melalui koneksi sensorik.

7. Meningkatkan Bonding antara Orang Tua dan Anak

Sebagai ibu dengan bayi baru di rumah, rasanya kita selalu terburu-buru dari satu tugas ke tugas lainnya. Baik itu memasak, membersihkan, mencuci pakaian, memberi makan, atau mengajak bayi tidur siang. Ditambah lagi, kita biasanya melakukan semua ini saat kurang tidur.

Sangat penting untuk dapat menjauh dari daftar tugas yang tak ada habisnya dan menghabiskan waktu hanya berfokus pada Si Kecil dan meninggalkan tekanan kehidupan sehari-hari di rumah.

Dengan menghadiri kelas, Moms menghilangkan keharusan untuk membuat atau mengatur aktivitas dan hanya bisa fokus hanya pada aktivitas tersebut.

8. Meningkatkan Keterampilan Bahasa

Perkembangan bahasa merupakan bagian penting dari perkembangan anak. Ini mendukung kemampuan Si Kecil untuk berkomunikasi dan mengekspresikan serta memahami perasaan. Cara terbaik untuk mendorong perkembangan bicara dan bahasa Si Kecil adalah dengan banyak berbicara bersama tentang hal-hal yang menarik minatnya

Dalam banyak hal bahasa mirip dengan lagu dan bernyanyi bersama di baby class dapat meningkatkan perkembangan bahasa. Bernyanyi dengan Si Kecil dapat membantu mengembangkan keterampilan bahasa dan literasi awal, seperti diskriminasi pendengaran, kesadaran fonologis, pengembangan kosa kata, dan memori pendengaran.

Baca Juga: 4 Permainan Sensori untuk Stimulasi Indera Penglihatan Bayi 0-12 Bulan, Yuk Coba!

Rekomendasi Baby Class

Ilustrasi baby class

Foto: Orami Photo Stock

Berikut ini beberapa rekomendasi baby class yang bisa Moms coba untuk Si Kecil:

1. Canzona Music School

Musik membuat perbedaan besar pada otak bayi. Satu studi dari Institute of Learning and Brain Sciences mendeteksi bahwa setelah bayi mendengarkan musik, korteks pendengaran dan prefrontal mereka terlihat berbeda. Ini adalah wilayah otak yang bertanggung jawab untuk memproses musik dan ucapan.

Tidak hanya itu ketika anak-anak kecil berinteraksi dengan orang lain, efek positif dari mendengarkan musik telah terlihat meluas ke ciri-ciri kepribadian, seperti membantu dan kooperatif.

Berkaca dari manfaat tersebut, bagi Moms yang ingin mengajarkan music sejak dini kepada Si Kecil, maka ikuti kelas baby class di Canzona Music School. Berlokasi di Kencana Tower Business Park, Kebon Jeruk, Jakarta Barat ini membuka sekolah musik untuk bayi mulai usia tiga hingga 18 bulan.

Selama di sekolah, bayi akan diajarkan bagaimana cara bermain alat musik secara sederhana serta mendorong bayi berimajinasi dan mengembangkan kemampuan motoriknya. Perlu Mama ketahui bahwa Canzona Music School adalah satu-satunya sekolah musik untuk bayi di Indonesia.

Untuk menjamin kesehatan bayi dan anak-anak, Canzona Music School mewajibkan para pengajar untuk menjalankan tes Covid-19 secara rutin. Mama juga dianjurkan menghubungi telepon 085921066441 untuk mengecek jam operasional setiap kelas. Pasalnya, jam operasional telah disesuaikan dengan aturan pemerintah selama PPKM untuk meminimalkan penyebaran virus corona.

Baca Juga: Bedak Bayi yang Tepat Bisa Membantu Tingkatkan Bonding dan Stimulasi Otak Si Kecil

2. KindyROO Kemang

KindyROO didirikan sebagai pendidikan orangtua preventif, menyenangkan, pusat pembelajaran yang mengkhususkan diri dalam pendidikan perkembangan untuk bayi dari enam minggu untuk anak-anak dari lima tahun.

Dilansir dari website KindyROO, baby class ini bukan sekadar "gym" atau "playgroup" untuk bayi dan anak-anak. Kami adalah pusat pendidikan yang bertujuan membantu orang tua untuk belajar tentang pentingnya pengembangan anak usia dini untuk pembelajaran sekolah nanti.

Awal masa bayi dipengaruhi oleh serangkaian refleks bawaan. Program baby class dari KindyROO ini dibangun di atas refleks bawaan untuk mendorong kesadaran spasial, keseimbangan dan koordinasi, pengembangan berurutan, keterampilan motorik kasar dan halus serta pengembangan pendengaran dan visual.

Bila Moms berdomisili di daerah Kemang dan sekitarnya di Jakarta Selatan, maka bisa mencoba baby class di KindyROO di Kemang Square Lantai 3. Baby class ini menawarkan pengajaran untuk membantu memahami perkembangan bayi mulai dari perkembangan fisik serta emosional.

Selama pandemi, KindyROO Kemang membuka kelas online atau tatap muka secara langsung. Moms bisa menghubungi telepon 085778383883 untuk mengetahui ketentuan mengikuti kelas secara tatap muka. Sementara itu, pembelajaran secara tatap muka akan dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan.

3. Tiny Toes Academy

Tiny Toes Academy adalah taman kanak-kanak dan prasekolah multi-budaya yang dinamis yang berkomitmen untuk menjadi yang terbaik dalam perkembangan holistik setiap anak. Tiny Toes Academy percaya bahwa anak-anak belajar yang terbaik ketika mereka terlibat aktif dalam konstruksi pengetahuan. Baby Class ini ingin mendorong mereka untuk mengambil risiko, belajar dari kegagalan dalam komunitas penerimaan dan mencapai potensi mereka yang lebih tinggi berdasarkan laman tinytoesacademy.id.

Berlokasi di Jalan Martimbang V nomor 4, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Tiny Toes Academy menawarkan lingkungan multi-budaya yang menyenangkan. Sama seperti baby class lainnya, Tiny Toes Academy mengutamakan kesehatan bayi dan anak-anak yang mengikuti pembelajaran. Para pengajar telah menjalankan tes Covid-19 terlebih dahulu dan dipastikan hasilnya telah negatif.

Tes Covid-19 dilakukan secara reguler untuk menjamin kesehatan para pengajar dan murid. Sementara itu, pembelajaran bisa dilakukan secara online atau tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan. Moms bisa menghubungi kontak 0217262232 atau email ke ttacademyjakarta@gmail.com

Baca Juga: 8 Permainan Indoor untuk Melatih Motorik Bayi

4. Sekolah Alam Rumah Cilandak

Aktivitas perkembangan bayi di Jakarta yang selanjutnya adalah sekolah alam. Mau anak enggak cuma main gagdet dan nge-mall saja? Moms bisa mendaftarkan Si Kecil untuk ikut baby class-nya Rumah Anak Cilandak, nih. Sesuai tagline-nya, yakni Sekolah Alam, di sini bayi usia 6-20 bulan akan diajak bereksplorasi di luar ruangan.

Untuk baby class, orang tua akan tetap mendampingi sehingga Moms juga bisa menambah pengetahuan untuk mengajari anak di rumah mengenai stimulasi motorik yang baik.

Di Rumah Anak Cilandak yang berlokasi di Jl. BDN 1 No 47AB, Cilandak, Jakarta Selatan ini akan mengajak Si Kecil bermain di taman kelinci, bermain dengan burung dan ikan, sensory play, tes tumbuh kembang, serta mendapatkan baby spa treatment.

Sekolah alam di sini sudah dibuka untuk bayi berusia enam hingga 20 bulan. Bayi akan diajak bereksplorasi di luar ruangan dan mengenal hewan-hewan seperti burung dan ikan secara langsung. Untuk program baby class, Mama masih dapat mendampingi si Kecil, lho.

Sehingga sekolah ini bisa menjadi alternatif kegiatan bersama si Kecil selain bermain gadget atau jalan-jalan ke mal.

Selama pandemi Covid-19, Moms bisa memilih untuk belajar secara tatap muka atau online. Bagi Mama yang memilih untuk mengikuti kelas secara langsung, maka Moms dan si Kecil wajib mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Sementara, bagi Mama yang memilih mengikuti kelas online, pembelajaran akan diunggah melalui website oleh para pengajar. Kontak Rumah Anak Cilandak ini di 081219677130.

5. Aquatic Baby Indonesia

Aktivitas untuk perkembangan bayi di Jakarta yang selanjutnya adalah kelas renang bayi. Moms mau Si Kecil jago berenang sejak dini? Yuk, ikutan kelas renang untuk bayi di Aquatic Baby Indonesia. Tempat kursus ini membuka kelas renang bayi mulai usia 4 bulan hingga 2 tahun, serta balita usia 3 hingga 4 tahun.

Kenapa harus berenang saat bayi? menurut swimming.org, Berenang membantu meningkatkan koordinasi dan keseimbangan. Karena sebagian besar tubuh bayi Anda ditopang oleh air, fokus utama mereka adalah menjaga keseimbangan. Secara keseluruhan, bayi yang berenang memiliki keseimbangan yang jauh lebih baik di luar kolam.

Metode pengajaran pertama kali dirintis di Australia. Aquababies didirikan di Inggris Raya (UK) pada tahun 1993 oleh Julie Ann James, yang disertifikasi oleh Asosiasi Perenang Australia (ASA) dan Asosiasi Guru Renang (STA).

Lalu, pada 2017 Aquababies Indonesia didirikan pada tahun 2017, dengan cabang pertamanya di Jakarta.Sekarang , Aquababies telah mengajar bayi berenang di lebih dari 16 negara di seluruh dunia termasuk Australia, Irlandia, Spanyol, Polandia, Turki, Yordania, Malta, Siprus, Thailand, Cina, dan Indonesia. Moms bisa mencoba menghubungi 081808422188. Alamat Aquatic Baby Indonesia yaitu di Jalan Sawo nomor 29, Menteng, Jakarta Pusat.

Baca Juga: 4 Jenis Permainan untuk Mengasah Kemampuan Motorik Balita

Itu dia beberapa manfaat dan rekomendasi baby class yang bisa Moms coba ikuti untuk perkembangan bayi. Selamat mencoba!

  • http://www.rumahanakcilandak.com/
  • https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/87551233020210020601?journalCode=upda
  • https://www.pnas.org/content/pnas/113/19/5212.full.pdf - Instute of Learning and Brain Science
  • https://www.unicef.org/parenting/child-development/baby-music-soundtrack-to-development
  • https://www.orami.co.id/magazine/5-rekomendasi-aktivitas-di-jakarta-yang-baik-untuk-perkembangan-bayi/
  • https://www.instagram.com/canzonamusicschool/?hl=id
  • https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/jmf.13.2.94.101
  • https://www.kindyrooindonesia.com/
  • https://tinytoesacademy.id/contact-us/
  • https://www.instagram.com/tinytoesacademyjakarta/?hl=id
  • https://www.instagram.com/aquaticbabyid/?hl=id
  • https://aquababiesindonesia.id/contact/
  • https://www.swimming.org/learntoswim/the-benefits-of-baby-swimming/
  • https://www.whatson4kids.com.au/7-benefits-of-baby-toddler-classes/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait