Kesehatan

19 Januari 2021

11+ Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan, Enak dan Berkhasiat!

Tahukah Moms jika daun bawang ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Dina Vionetta

Daun bawang menjadi salah satu bumbu pelengkap masakan dan biasanya ditambahkan agar aroma masakan lebih harum dan menggugah selera.

Dalam penggunaannya, daun bawang biasanya diiris tipis untuk campuran telur dadar, sup, salad, atau dimakan mentah bersama lumpia.

Melansir dari UCLA Encyclopedia of Egyptology sekitar abad 300 SM, daun bawang telah digunakan sebagai salah satu makanan diet bagi para warga Mesir kuno.

Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya spesimen serta ukiran kering yang menyerupai daun bawah di situs arkeolog Mesir.

Kemudian, bangsa Romawi turut menyebarkan keberadaan daun bawang ke bagian dunia lain saat mereka menginvasi dan menaklukkan negeri asing seperti Inggris dan Australia.

Jenis daun bawang yang paling umum digunakan dan ditemui di Indonesia ialah lokio dan kucai.

Keduanya memiliki ciri yang berbeda, tapi sama-sama memiliki batang berbentuk silinder putih panjang dan bulat dengan daun lebar, hijau, juga saling tumpang tindih.

Selain itu, tahukah Moms jika manfaat daun bawang untuk kesehatan ternyata banyak, lho.

Ya, daun bawah kaya akan vitamin A, C, dan K serta mengandung banyak serat yang yang baik untuk pencernaan. Selain itu masih ada segudang khasiat lainnya yang terkandung dalam daun bawang.

Baca Juga: Enggak Nyangka, 5 Khasiat Bawang Ini Bisa Melawan Penyakit di Tubuh

Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan

Daun bawang juga mengandung mineral seperti zat besi yang baik untuk sel darah merah, mangan untuk perkembangan fungsi saraf dan otak, serta sumber energi yang baik bagi tubuh.

Berikut ini sejumlah manfaat daun bawang bagi kesehatan lainnya yang bisa Moms temukan ketika rutin mengonsumsi daun bawang.

1. Mengurangi Peradangan dan Meningkatkan Kesehatan Jantung

manfaat daun bawang untuk Mengurangi Peradangan dan Meningkatkan Kesehatan Jantung

Foto: pixabay.com

Daun bawang merupakan varietas dari alliums yakni keluarga sayuran yang terdiri dari bawang merah dan bawang putih.

Penelitian berjudul Cardiovascular Health Benefits of Specific Vegetable Types: A Narrative Review mengaitkannya dengan rendahnya risiko penyakit jantung dan stroke.

Sementara itu, penelitian lain menjelaskan bahwa daun bawang mengandung beberapa senyawa bermanfaat yang dianggap dapat menurunkan risiko peradangan dan melindungi kesehatan jantung.

Misalnya, kandungan kaempferol pada daun bawang memiliki sifat anti-inflamasi. Makanan kaya kaempferol dapat mengurangi risiko serangan jantung atau kematian yang lebih rendah.

Selain itu, manfaat daun bawang lainnya adalah untuk kesehatan jantung. Daun bawang sumber allicin dan tiosulfinat, yaitu senyawa sulfur yang berkhasiat bagi jantung dengan cara mengurangi kolesterol, tekanan darah, dan pembentukan gumpalan darah.

Baca Juga: 7 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

2. Menurunkan Berat Badan

Seperti kebanyakan sayuran lainnya, daun bawang juga ampuh dijadikan sebagai makanan diet. Sebanyak 100 gram daun bawang hanya mengandung 31 kalori.

Dalam jurnal berjudul Health Benefits of Fruits and Vegetables dijelaskan bahwa daun bawang adalah sumber air dan serat yang baik dan dapat mencegah rasa lapar, serta meningkatkan rasa kenyang.

Daun bawang juga mengandung serat larut yang membentuk gel dalam usus. Hal ini efektif untuk mengurangi rasa lapar dan nafsu makan secara alami.

Selain itu, penelitian berjudul Relationship of fruit and vegetable intake with adiposity: a systematic review secara konsisten mengaitkan diet dengan menyantap banyak sayuran dengan penurunan berat badan yang stabil dan konsisten.

Dengan menambahkan daun bawang ke makanan, akan meningkatkan asupan keseluruhan sayuran yang mana akan memberikan efek diet yang maksimal.

3. Melindungi dari Kanker

Manfaat daun bawang selanjutnya adalah mencegah dan melawan sel kanker. Kaempferol dalam daun bawang dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kronis, terutama kanker.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh US National Library of Medicine mengungkapkan kaempferol dapat melawan kanker dengan mengurangi peradangan, membunuh sel kanker, dan mencegah sel-sel ini menyebar.

Daun bawang juga merupakan sumber allicin yang baik. Serupa dengan senyawa belerang yang memiliki sifat anti-kanker.

Sementara itu, penelitian pada tahun 2000 mengungkapkan bahwa daun bawang yang tumbuh di tanah kaya selenium berkhasiat menurunkan sel kanker pada tikus.

Terlebih lagi, penelitian pada manusia menunjukkan bahwa mereka yang secara teratur mengonsumsi allium, termasuk daun bawang, mungkin memiliki risiko kanker lambung hingga 46% lebih rendah daripada mereka yang jarang memakannya.

Baca Juga: Benarkah Jus Bawang Bombay Bisa Mengatasi Rambut Rontok?

4. Melancarkan Pencernaan

manfaat daun bawang untuk pencernaan

Foto: pixabay.com

Sebagai sumber serat larut termasuk di antaranya probiotik, manfaat daun bawang bisa menjaga kesehatan usus dan melancarkan pencernaan.

Dalam kinerjanya, prebiotik menghasilkan rantai pendek (SCFA), seperti asetat, propionat, dan butirat. SCFA dapat mengurangi peradangan dan memperkuat kesehatan usus.

Penelitian oleh Journal of Nutrition menunjukkan bahwa diet kaya probiotik dapat membantu penyerapan nutrisi penting tubuh Anda, yang dapat meningkatkan kesehatan secara menyeluruh.

5. Menurunkan Kadar Gula Darah

Kadar gula yang tinggi adalah awal mula berbagai penyakit kronis, salah satunya diabetes.

Senyawa sulfur dalam allium yang terkandung dalam daun bawang, telah terbukti efektif menurunkan kadar gula darah.

Untuk bisa menikmati khasiatnya, Moms bisa menggunakan cara ini ketika menyantap daun bawang.

Pertama, siapkan 1 tangkai daun bawang utuh dengan akar dan air mineral. Lalu, bersihkan daun bawang secara menyeluruh dan masukkan ke dalam wadah berisi air mineral dan tutup rapat.

Kemudian, biarkan ramuan tersebut seharian lalu saring setelah 24 jam dan minumlah ramuan tersebut keesokan harinya. Ulangi hal ini setiap hari untuk hasil yang terbaik.

Moms juga bisa menyantap daun bawang dengan cara dimasak, dimakan mentah, atau pun digunakan sebagai lauk pendamping dalam makanan.

Baca Juga: Ini Manfaat Kimchi untuk Kesehatan dan Cara Mudah Membuatnya

6. Melawan Infeksi

Senyawa belerang dan kaempferol yang ada pada daun bawang juga berfungsi untuk melindungi diri dari infeksi jamur, virus, juga bakteri.

Meski begitu, masih diperlukan riset lebih lanjut untuk mengetahui daun bawang ampuh untuk melawan infeksi secara lebih lengkap dan terperinci.

7. Meningkatkan Kinerja dan Fungsi Otak

Fungsi dan kinerja otak bisa meningkat secara drastis merupakan manfaat daun bawang yang masih belum banyak diketahui.

Hal ini karena senyawa belerang dalam daun bawang terbukti ampuh melindungi otak dari berbagai penyakit yang mengakibatkan penurunan fungsi otak karena faktor usia.

Selain itu, senyawa belerang tersebut juga berfungsi mengurangi penurunan fungsi otak dan penyakit mental lainnya.

8. Antioksidan

manfaat daun bawang sebagai antioksidan

Foto: pexels.com

Daun bawang kaya antioksidan karena mengandung polifenol dan senyawa sulfur.

Antioksidan berfungsi melawan oksidasi yang bisa merusak sek dan menyebabkan penyakit diabetes, kanker, serta jantung.

Selain itu, daun bawang adalah sumber kaempferol yang sangat bagus untuk kesehatan.

Daun bawang juga memiliki allicin yang baik dan bersifat antimikroba juga ampuh untuk menurunkan kolesterol hingga antikanker.

Baca Juga: Tak Hanya Mencegah Kanker, Ini 4 Manfaat Lain Rajin Mengonsumsi Bawang

9. Bernutrisi Tinggi

Daun bawang kaya nutrisi, rendah kalori, dan tinggi vitamin juga mineral.

Dalam 100 gram daun bawang terdapat 31 kalori yang mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Daun bawang memiliki kandungan karotenoid provitamin A, termasuk beta karoten yang tinggi.

Tubuh akan mengubah karotenoid ini menjadi vitamin A, yang penting untuk penglihatan, fungsi kekebalan, reproduksi, dan memperbaiki kinerja sel-sel dalam tubuh.

Selain itu, daun bawang adalah sumber vitamin K1 yang baik, yang diperlukan untuk pembekuan darah dan kesehatan jantung.

Tak hanya itu, daun bawang juga memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk membentuk imun tubuh, memperbaiki jaringan yang rusak, menyerap zat besi secara sempurna, hingga memproduksi kolagen.

Faktanya, daun bawang memiliki kandungan vitamin C dua kali lebih banyak dari jeruk.

Fungsi lainnya yang terkandung dalam daun bawang ialah membantu mengurangi gejala sindrom pramenstruasi (PMS) dan meningkatkan kesehatan tiroid.

Baca Juga: Pedas Gurih Sambal Bawang, Begini Cara Membuatnya

10. Mencerahkan dan Meremajakan Kulit

Selain untuk kesehatan, kandungan vitamin dan gizi yang ada pada daun bawang juga kaya manfaat untuk kecantikan.

Mulai dari rambut, wajah dan kulit. Berikut sejumlah kandungan dan manfaat daun bawang untuk kecantikan yang bisa Moms praktikkan di rumah.

Vitamin C pada daun bawang juga berguna mencegah terjadinya pigmentasi sekaligus mencerahkan kulit.

Bahkan, daun bawang berkhasiat untuk menghilangkan sel-sel kulit mati layaknya facial foam yang Moms gunakan, tentunya dengan cara yang lebih alami karena tanpa bahan kimia maupun pengawet.

Meski begitu, jangan sering-sering mengaplikasikan ramuan daun bawang ke wajah ya, Moms.

Karena sifatnya yang keras untuk wajah sehingga dikhawatirkan jika terlalu sering akan menimbulkan ruam.

11. Penuaan Dini

manfaat daun bawang untuk kecantikan

Foto: pixabay.com

Manfaat daun bawang untuk kecantikan lainnya ialah mencegah penuaan dini. Hal ini karena kandungan vitamin A, vitamin E, dan vitamin K dapat menangkal radikal bebeas pada kulit wajah sehingga baik untuk mencegah penuaan dini.

Radikal bebas ini adalah salah satu tantangan yang harus dihadapi ketika Moms kerap beraktivitas di luar rumah dan sering terkena asap kendaraan.

Baca Juga: 5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesuburan Pria, Dads Wajib Tahu!

12. Mengatasi Kerusakan Rambut

Siapa yang menyangka bahwa ternyata manfaat daun bawang bisa untuk mengatasi kerusakan rambut seperti rambut bercabang dan kering.

Caranya, siapkan beberapa lembar daun bawang, kemudian potong kecil dan rebus dengan air selama 30 menit.

Selanjutnya, angkat daun bawang lalu tiriskan dan celupkan ke air es selama 2 menit. Lalu blender daun bawang hingga lembut dan oleskan ke rambut juga kulit kepala secara menyeluruh.

Selanjutnya, bungkus dengan handuk hangat. Jika sudah dirasa meresap ke kulit kepala, cuci rambut dengan shampo dan conditioner.

Nah, itulah kandungan nutrisi dan manfaat daun bawang untuk kesehatan juga kecantikan. Apakah Moms tertarik untuk mulai mengonsumsi daun bawang secara rutin?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait