Kesehatan

15 Mei 2021

7 Manfaat Daun Bidara, Baik untuk Lambung

Ada banyak manfaat daun bidara yang mungkin belum Moms tahu.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Adeline Wahyu

Jika Moms belum pernah mendengar tentang manfaat daun bidara, maka sebaiknya simak ulasan kali ini. Daun ini berasal dari pohon bidara, yang merupakan pohon penghasil buah bidara.

Pohon ini umumnya hidup di daerah yang kering dan tingginya bisa mencapai 15 meter, dengan diameter 40 cm atau bahkan lebih.

Karena bisa hidup di daerah yang kering, jadi jangan heran jika pemilik nama latin Ziziphus mauritiana ini bisa hidup dengan baik di daerah yang panas. Jika Moms melihat tumbuhan ini mungkin tidak akan mengenalinya.

Pohon bidara tumbuh menyerupai semak belukar dan memiliki banyak cabang dan ada duri tiap bagian kayunya. Sedangkan daunnya sendiri berbentuk elips atau lonjong dan berwarna hijau agak mengkilap.

Daun bidara mengandung komposisi kimiawi yang terdiri dari protein dan asam amino, flavonoid, alkaloid, glikosida, terpenoid, saponin, serat, tanin, dan senyawa fenolik.

Ada banyak jenis daun bidara, salah satunya yang paling populer adalah daun bidara arab. Nah, ingin tahu apa saja manfaat daun bidara secara umum untuk kesehatan? Simak ulasan berikut, ya!

Baca Juga: DIY Menghitamkan Rambut dengan Daun Urang Aring

Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan Tubuh

Ada banyak manfaat daun bidara untuk kesehatan tubuh.

Melansir dari jurnal Tropical Journal of Pharmaceutical Research, daun bidara memiliki sifat anti-diabetes, antiinflamasi, anti-plasmodial, dan antimikroba, serta hemolitik, obat penenang, anxiolytic, sifat diuretik, analgesik, dan antioksidan.

Sifat-sifat inilah yang bisa membantu Moms mendapatkan berbagai macam manfaat kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat daun bidara yang perlu dipahami, yaitu:

1. Baik untuk Kesehatan Lambung

manfaat daun bidara

Foto: healthbenefitstimes.com

Manfaat daun bidara yang pertama adalah mengatasi permasalahan pada lambung.

Bagi Moms atau keluarga yang memiliki riwayat penyakit lambung atau maag, daun ini bisa dijadikan obat alami yang baik.

Daun ini bisa mengobati penyakit di lambung karena tidak akan memicu asam lambung naik.

Nah, cara menggunakannya adalah Moms dapat mengonsumsi teh daun bidara sebagai obat alami untuk kesehatan lambung. Teh daun bidara yang dikonsumsi secara rutin juga dipercaya baik menjaga kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

manfaat daun bidara

Foto: garden.org

Manfaat daun bidara berikutnya, yaitu dipercaya mampu mempercepat penyembuhan luka.

Hal ini dikarenakan daun bidara memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang membantu penyembuhan luka seperti luka sayatan, lecet, atau akibat goresan.

Perlu dipahami, daun bidara juga memiliki senyawa glikosida. Maka dari itu, manfaat daun bidara dipercaya dapat membantu menyembuhkan luka bakar dan membantu menghilangkan bekas luka pada kulit. Daun ini mampu mempercepat regenerasi kulit.

Cara menggunakannya, yaitu dengan merebus daun bidara. Setelah itu, Moms dapat mengoleskan air rebusan daun bidara secara merata pada area kulit yang terluka. Namun, pengobatan dengan bahan alami mungkin bisa memicu berbagai reaksi. Nah, beberapa kulit mungkin akan lebih sensitif sehingga Moms harus tetap berhati-hati dengan risiko iritasi kulit, ya.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

3. Mengatasi Gangguan Tidur

Mengatasi Gangguan Tidur.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Sering mengalami sulit tidur di malam hari? Ada baiknya Moms mencoba untuk minum teh daun bidara. Manfaat daun bidara untuk kesehatan ternyata juga mampu mengatasi gangguan sulit tidur atau insomnia.

Alasannya karena daun bidara mengandung saponin yang mampu memberikan efek menenangkan tubuh sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur.

Selain itu, daun bidara juga antiinflamasi sehingga akan mencegah terjadinya peradangan dalam tubuh. Dengan demikian, tubuh Moms akan semakin tenang menjelang waktu tidur.

4. Dapat Menjadi Penyubur Rambut

Dapat Menjadi Penyubur Rambut.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Rambut rontok adalah salah satu masalah yang kerap dijumpai oleh wanita. Ternyata, ada beberapa bahan alami yang dapat menjadi obatnya, lho, Moms! Salah satunya adalah daun bidara arab.

Manfaat daun bidara arab ternyata berpotensi sebagai penyubur rambut. Dilansir dari laman Pusat Penerbitan Universitas Islam Bandung, manfaat daun bidara arab sebagai penyubur rambut karena memiliki kandungan beberapa senyawa kimia yang bermanfaat.

Senyawa-senyawa tersebut, di antaranya adalah alkaloid, flavonoid, riboflavin, saponin, dan polifenol yang mana semuanya dapat memiliki aktivitas sebagai penyubur rambut. Nah, bagaimana cara menggunakan daun bidara arab sebagai obat untuk penyubur rambut?

Caranya mudah saja. Moms dapat menggunakan daun bidara arab dengan menjadikan rebusan airnya sebagai hair tonic. Gunakan secara rutin setiap hari dan hasilnya adalah rambut lebih kuat, pertumbuhan rambut berjalan lebih baik, dan mencegah rambut dari kerontokan.

Manfaat daun bidara arab untuk penyubur rambut akan bekerja maksimal apabila Moms juga mencukupi kebutuhan vitamin B. Vitamin satu ini juga sangat berperan pada pertumbuhan rambut, lho!

“Vitamin B bahkan sudah terbukti dapat mencegah rambut rontok dan penipisan rambut pada wanita yang baru melahiran, sehingga sangat ideal digunakan pascapersalinan,” ungkap Dr. Olivia R. Khouri, obgyn dari New York.

Baca Juga: Tidak Cuma Dari Dedaunan, 5 Teh Bunga Ini Juga Lezat dan Bermanfaat Untuk Kesehatan

5. Menyembuhkan Jerawat

manfaat daun bidara

Foto: everydayhealth.com

Jerawat adalah masalah kulit yang sering meresahkan, ya, Moms! Nah, manfaat daun bidara ternyata juga mampu merawat kulit, salah satunya adalah menyembuhkan jerawat.

Selain itu, manfaat daun bidara untuk kulit juga mampu mencegah penuaan dini, mengatasi kerutan di wajah, serta membantu menyamarkan lingkar mata yang menghitam.

Daun bidara juga disebutkan mampu menjaga wajah tetap lembap, sehingga daun ini juga cocok digunakan bagi mereka yang memiliki kulit yang kering.

Caranya mendapatkan manfaat daun bidara untuk kulit ini cukup mudah. Ambillah beberapa lembar daun bidara, kemudian tumbuk halus.

Lalu, Moms dapat menambahkan sedikit air dan campur sampai agak kental. Kemudian, Moms bisa mengolesinya pada wajah berjerawat seperti masker. Saat sudah kering, cucilah wajah tanpa menggunakan sabun dan dibilas sampai bersih.

Baca Juga: 8 Cara Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alami

6. Menurunkan Kolesterol

manfaat daun bidara

Foto: groworganic.com

Manfaat daun bidara untuk kesehatan berikutnya, yaitu mampu membantu menurunkan kolesterol yang tinggi.

Kolesterol jahat atau yang disebut juga low-density lipoprotein (LDL) dalam darah bisa turun jika Moms mengonsumsi serat yang larut dalam air.

Serat yang dimaksud ini bisa didapatkan dari air rebusan daun bidara.

Manfaat daun bidara ini bisa mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan dan membuangnya keluarnya melalui feses. Cara mendapatkan manfaat daun bidara ini bisa dengan mengonsumsi air rebusan daun bidara.

Baca Juga: 14 Manfaat Daun Dewa yang Dapat Mengobati Stroke

7. Mengatasi Siklus Haid yang Tidak Lancar

manfaat daun bidara

Foto: flo.health

Wanita terkadang sering bermasalah dengan siklus menstruasinya. Kondisi ini kerap terjadi karena ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Nah, manfaat daun bidara ternyata mampu mengatasi siklus haid yang tidak lancar.

Dengan mengonsumsi daun bidara, kesimbangan hormon akan terjaga, sehingga baik dikonsumsi untuk memperlancar haid. Moms dapat mengonsumsi daun bidara dengan menjadikannya sebagai teh.

Nah, sudah tidak penasaran lagi dengan manfaat daun bidara, kan?

Itulah penjelasan mengenai beberapa manfaat dari daun bidara yang bisa dirasakan. Pastikan daun bidara yang digunakan bebas bahan kimia dan bersih. Selamat mencoba, ya!

  • https://www.ajol.info/index.php/tjpr/article/viewFile/136321/125811
  • http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/farmasi/article/view/23997
  • https://www.mongabay.co.id/2020/11/01/bidara-tanaman-kaya-manfaat-bagi-kesehatan/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait