Kesehatan

KESEHATAN
24 Desember 2020

9+ Manfaat Daun Gedi untuk Kesehatan, Bisa Meningkatkan Kekebalan Tubuh!

Bukan hanya nikmat untuk diolah menjadi makanan, daun gedi ternyata menyimpan banyak manfaat kesehatan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Bagi Moms yang suka atau sering memasak bubur Manado, tentu tidak asing mendengar sayuran bernama daun gedi. Tapi, tahukan Moms manfaat daun gedi?

Daun gedi atau tanaman yang memiliki nama ilmiah Abelmoschus manihot L. ini adalah tanaman dengan daun berwarna hijau tua yang bentuknya seperti maple.

Daun gedi berukuran panjang dan 'berjari', dengan pinggiran sedikit bergerigi dan ujungnya lancip. Setiap daun gedi, bisa tumbuh hingga 25 sentimeter. Mereka muncul di batang tunggal yang berair pada tanaman Gedi, yang merupakan tanaman tahunan dengan batang yang tumbuh hingga ketinggian 1,2-1,8 meter.

Daun Gedi memang salah satu varietas yang banyak ditemukan di Indonesia dan Sulawesi, untuk digunakan sebagai bahan sayuran. Teksturnya mungkin berlendir saat dimasak, tetapi daun Gedi dihargai karena merupakan tanaman yang sangat enak dan memiliki manfaat besar bagi kesehatan.

Dikutip dari salah satu sumber, daun gedi mengandung protein, zat besi, kalsium, magnesium, mangan, kalium, asam amino, vitamin A, vitamin C, dan antioksidan. Penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa-senyawa tersebut memiliki efek analgesik, anti-inflamasi dan anti-kejang.

Dikutip dari World Vegetable Center, banyak orang di Pasifik tidak menyadari bahwa daun gedi adalah salah satu sayuran tradisional paling bergizi di Oceania.

“Sayuran hijau asli ini dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan defisiensi mikronutrien dalam pola makan masyarakat Kepulauan Pasifik, yang menderita penyakit tidak menular tertinggi di dunia, terkait pola makan,” kata Sairusi Bulai, Penjabat Direktur Secretariat of the Pacific Community (SPC).

Baca Juga: 15+ Manfaat Urang Aring, Bukan Hanya untuk Rambut Lho!

Manfaat Daun Gedi untuk Kesehatan

Mengingat banyak manfaatnya bagi kesehatan dan mengobati penyakit, jadi apa saja manfaat daun gedi yang bisa Moms dapatkan dari mengonsumsinya? Berikut ulasannya.

1. Manfaat Daun Gedi untuk Menyembuhkan Penyakit Ginjal

Mengenal-Kanker-Ginjal,-Mulai-dari-Penyebab-Hingga-Pencegahannya.jpg

Daun gedi mengandung senyawa flafonoid, polyfenol, saponin, dan tannin yang dapat membantu dalam penyembuhan berbagai macam penyakit seperti gangguan saat buang air kecil atau batu ginjal.

Dikutip dari halaman situs blog tentang pengobatan herbal, manfaat daun gedi untuk penderita penyakit ginjal ini direkomendasikan oleh salah satu pengobatan tradisional.

Kerusakan ginjal menyebabkan produk limbah dan cairan menumpuk dalam tubuh. Kondisi tersebut menyebabkan beberapa masalah, seperti pembengkakan di pergelangan kaki, muntah, lemah, susah tidur, dan sesak napas.

2. Manfaat Daun Gedi untuk Kekebalan Tubuh

Cara Sistem Kekebalan Tubuh Melawan Bakteri dan Virus - 2.jpg

Daun gedi juga mengandung vitamin A dan vitamin C yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu dalam membantu menjaga sistem kekebalan tubuh seseorang.

Hal ini sangat penting karena sistem kekebalan tubuh yang baik dapat menjaga seseorang dari penularan penyakit atau kuman, terutama saat wabah virus Covid-19 masih menjadi masalah utama.

3. Manfaat Daun Gedi untuk Sistem Pencernaan

Awas,-X-Hal-Ini-Bisa-Mengganggu-Kesehatan-Pencernaan-Anak-Hero.jpg

Seperti sayuran hijau lainnya, daun gedi kaya akan serat yang sangat baik untuk sistem pencernaan. Pencernaan berfungsi memecah makanan menjadi nutrisi dan menjadikannya energi.

Mengonsumsi sayuran hijau berserat tinggi seperti bayam, brokoli, dan daun gedi akan membantu mempromosikan bakteri usus yang sehat dan memudahkan gerakan usus.

Baca Juga: GERD, Gangguan Pencernaan yang Mirip Serangan Jantung

4. Manfaat Daun Gedi untuk Osteoporosis

Diet Mediterania Bisa Kurangi Risiko Osteoporosis

Manfaat daun gedi yang lain adalah mencegah osteo porosis atau pengeroposan tulang. Ini sangat bermanfaat tentu saja bagi orang lanjut usia yang sering mengalami masalah serupa.

Daun gedi adalah bagian dari bahan pangan atau bukan obat kimia, sehingga harus dikonsumsi secara rutin layaknya mengonsumsi sayur yang dimakan setiap hari agar manfaatnya benar-benar terasa.

5. Manfaat Daun Gedi untuk Mengatasi Sembelit Bagi Ibu Hamil

Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil mengatasi sembelit.jpg

Sembelit adalah masalah biasa semasa hamil dan sekitar 30-40 persen wanita hamil mengalami sembelit. Masalah sembelit pada ibu hamil diakibatkan oleh tekanan oleh uterus yang semakin membesar ke atas rektum, serta hormon-hormon kehamilan yang memperlambat proses pencernaan. Tidak hanya itu, vitamin zat besi yang dikonsumsi hamil juga menjadi pemicu sembelit.

Oleh karena itu, daun gedi dapat membantu ibu hamil mengatasi sembelit dengan mengonsumsinya secara rutin. Daun gedi juga tidak mempunyai efek samping negatif pada Si Kecil di dalam perut.

Bahkan sebaliknya, daun gedi akan membantu meningkatkan kesehatan ibu dan janin karena kandungan vitamin yang cukup tinggi.

6. Manfaat Daun Gedi untuk Luka Pada Kulit

Tips Memudarkan Bekas Luka Bakar yang Memutih

Manfaat daun gedi untuk mengobati kulit atau luka luar secara alami, merupakan khasiat yang sudah dikenal sejak zaman dulu.

Konon, daun gedi hanya perlu diolah dengan cara ditumbuk dan dioleskan atau dibungkus untuk menutup luka yang ingin diobati dan sudah mengering.

7. Manfaat Daun Gedi untuk Anemia

Yuk-Kenalan,-Apa-Itu-Anemia-Sel-Sabit-.jpg

Zat besi diperlukan tubuh untuk menghasilkan komponen sel darah merah yang dikenal sebagai hemoglobin. Saat tubuh mengalami anemia defisiensi besi, maka sel darah merah juga akan mengalami kekurangan pasokan hemoglobin yang berfungsi mengangkut oksigen dalam sel darah merah untuk disebarkan ke seluruh jaringan tubuh.

Ini hal yang penting karena tanpa pasokan oksigen yang cukup dalam darah, tubuh tidak mendapat oksigen yang cukup sehingga dapat mengakibatkan letih, lelah, bahkan sesak napas.

Untungnya, daun gedi memiliki kandungan zat besi yang tinggi, sehingga dapat membantu pembentukan sel darah merah dan bermanfaat bagi seseorang yang menderita anemia, terutama bila dikonsumsi secara rutin.

Baca Juga: 6 Tanda Penyakit Anemia yang Mungkin Tidak Moms Sadari

8. Manfaat Daun Gedi untuk Mengatasi Maag

penyakit yang menyebabkan nyeri dada - 1 Maag.jpg

Bagi Moms yang menderita sakit maag, ternyata juga dapat memanfaatkan bantuan dari daun gedi. Tanaman yang mirip daun singkong ini rupanya dipercaya dapat membantu mencegah dan menyembuhkan iritasi pada lambung yang biasa terjadi pada penderita maag.

9. Manfaat Daun Gedi Untuk Mengatasi Hipertensi

Waspadai-diabetes-dan-hipertensi-pada-orang-yang-lahir-dengan-IVF-Hero.jpg

Menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi, juga sangat efektif dengan mengonsumsi daun gedi. Manfaat ini berasal dari kandungan daun gedi yang berupa polifenol atau tanin terkondensasi, flavoid, dan fenolik yang terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah penyakit yang diam-diam dapat menyebabkan komplikasi bahkan kematian jika tidak ditangani.

Hipertensi didiagnosis jika pembacaan terhadap tekanan darah sistolik mencapai lebih dari sama dengan 140 mmHg dan atau pembacaan tekanan darah diastolik adalah lebih dari sama dengan 90 mmHg.

10. Manfaat Daun Gedi untuk Melancarkan Menstruasi

Masalah-Darah-Menstruasi-Menggumpal.jpg

Banyak yang percaya bahwa daun gedi yang direbus, memiliki sifat emenagogue atau melancarkan sirkulasi darah. Jika Moms kerap mengalami menstruasi yang tidak lancar, maka dapat mencoba mengonsumsi daun gedi.

Seperti manfaatnya melancarkan menstruasi, daun gedi juga dipercaya dapat membantu Moms yang masih dalam masa nifas agar darah kotor segera keluar dari tubuh. Namum, tentu saja akan lebih baik jika penggunaanya disertai dengan konsultasi dokter.

Baca Juga: 6 Manfaat Mengejutkan dari Menstruasi

Cara Mengolah Daun Gedi

5 Manfaat Memasak untuk Kesehatan Mental, Bisa Turunkan Stres!

Untuk menggunakan daun gedi, pertama-tama cabut daun dari batangnya. Potong kecil-kecil dan makan mentah atau dimasak. Jika dimasak, daun gedi tidak perlu dimasak lebih dari 5 - 7 menit, karena seperti kebanyakan sayuran berdaun, daun gedi sangat mudah rusak.

Daun gedi dapat dikonsumsi mentah seperti untuk salad atau lalapan. Namun, banyak juga yang mengolahnya dengan ditumis seperti bayam atau diolah dalam sup dan semur. Daun gedi biasanya dipadukan dengan santan atau krim, mentega, cabai, bawang merah, dan bawang putih.

Efek Negatif Daun Gedi

Beberapa Obat Susah BAB Sesuai Resep Dokter

Daun gedi adalah bagian dari sayuran dan biasa digunakan untuk pengobatan herbal. Namun, seperti yang sudah disebutkan di atas, penelitian tentang manfaat daun gedi bagi kesehatan dan menyembuhkan berbagai macam penyakit tersebut masih membutuhkan penelitian pendukung.

Dengan memanfaatkan daun gedi untuk beberapa penyakit di atas, bukan berarti seseorang boleh mengabaikan pengobatan medis dari dokter.

Penggunaan daun gedi untuk kesehatan akan lebih baik jika dilakukan dengan meminta saran dokter, agar menghindari kondisi-kondisi tertentu yang mungkin tidak diinginkan.

Baca Juga: 4 Manfaat Bayam untuk Kesehatan

Nah, itulah beberapa manfaat daun gedi untuk kesehatan lengkap dengan cara mengolahnya.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait