Kesehatan

17 Agustus 2021

6 Manfaat Daun Insulin untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Cegah Obesitas

Daun ini bisa menurunkan kadar gula darah penderita diabetes
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Karla Farhana

Daun insulin, anak tangga, dan bendera Spiral adalah beberapa nama yang telah diberikan kepada Costus Igneus Nak, yang juga dikenal dengan nama botani sebagai Chamaecostus cuspidatus. Ternyata ada banyak manfaat daun insulin untuk kesehatan, lho.

Tanaman asli Amerika Selatan dan Amerika Tengah ini, berasal dari keluarga tanaman Costaceae dan termasuk di antara genus Costus.

Terdiri dari hampir 150 spesies, Costus adalah yang terbesar dalam keluarga, dan banyak ditemukan di daerah beriklim tropis.

Meskipun berasal dari Amerika, tanaman ini dapat ditemukan tumbuh padat di taman-taman India Selatan, yang sudah dikenal dengan sebutan "Tanaman Insulin."

Lalu benarkah bahwa manfaat daun insulin dapat mengatasi diabetes, yang sulit ditemukan obatnya?

Baca Juga: Biasa Tak Sarapan? Hati-hati Gula Darah Tinggi!

Manfaat Daun Insulin untuk Kesehatan

tanaman insulin

Foto: amazon.com

Dilansir dari Defeat Diabetes Foundation, ada kumpulan studi yang dipublikasikan dan menjelaskan korelasi positif antara daun insulin dan penderita diabetes.

Daun ini kaya akan protein, zat besi, dan sejumlah komponen antioksidan seperti B-karoten dan a-tokoferol.

Dari berbagai penelitian, ditemukan bahwa kandungan daun insulin membuatnya kaya akan manfaat. Beberapa kandungan itu adalah:

  • Alpha-tocopherol
  • Beta-karoten
  • Steroid
  • Flavonoid
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Alkaloid
  • Tannin saponin

Tanaman ini, dalam kombinasi dengan konten "insulin alami" (senyawa phyto yang mensimulasikan aksi metabolisme insulin ketika dicerna), membantu kemampuan C. igneus untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Mengonsumsi daun insulin banyak diyakini dapat menurunkan kadar gula darah tinggi. Pernyataan ini diperkuat oleh sebuah penelitian

Effect of the insulin plant (Costus igneus) leaves on dexamethasone-induced hyperglycemia yang secara spesifik meneliti manfaat daun insulin terhadap kadar gula darah diabetes di India. Penelitian tersebut juga membandingkan efektivitas tanaman insulin ini dengan keampuhan obat diabetes.

Jurnal yang dipublikasikan oleh US National Library of Medicine menyatakan bahwa konsumsi daun insulin ini diyakini dapat menurunkan kadar glukosa darah, dan penderita diabetes yang mengkonsumsi daun tanaman ini juga mengalami penurunan kadar glukosa darahnya.

Baca Juga: 6 Gejala Diabetes pada Wanita yang Mudah Dikenali

Berikut ini adalah manfaat daun insulin lainnya yang harus Moms ketahui. Yuk disimak!

1. Anti-bakteri

Ekstrak daun insulin juga diketahui bersifat anti-bakteri terhadap beberapa jenis bakteri seperti Bacillus megaterium, Micrococcus luteus, Staphylococcus aureus, Streptococcus lactis, dan Salmonella typhimurium.

Dalam penelitian, daun insulin membatasi pertumbuhan mikroba tidak lebih dari konsentrasi tertentu.

2. Miliki Efek Diuretik

Sebuah studi menemukan bahwasannya tanaman insulin ini mempunyai efek diuretik yang begitu mirip dengan furosemide, yakni obat yang biasa digunakan guna mengobati adema dan tekanan darah tinggi pada manusia.

Adanya efek diuretik tersebut akan mampu membuat ginjal mengeluarkan garan serta cairan tubuh yang tak dibutuhkan.

Cairan yang berlebihan tersebut akan dikeluarkan melalui urine. Tentu saja hal ini dapat menjadi pertimbangan dalam penggunaan manfaat daun insulin.

Baca Juga: Manfaat Tes Glukosa Pada Bayi Baru Lahir

3. Cegah Penyakit Kardiovaskular

Manfaat selanjutnya yang bisa Moms dapatkan dari daun insulin ini adalah dapat mencegah penyakit kardiovaskular. Ekstrak daun insulin dipercaya mampu membuat kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh menurun.

Dengan begitu, Moms akan memiliki risiko penyakit kardiovaskular seperti jantung koroner, serangan jantung hingga stroke yang sangat kecil.

4. Mengendalikan kadar gula darah

Seperti namanya, daun insulin dikenal berkhasiat mengendalikan kadar gula darah berkat kandungan di dalamnya.

Daun insulin bisa menurunkan kadar gula darah mendekati normal jika dikonsumsi secara berkala, namun tetap harus di bawah pengawasan dokter.

Baca Juga: Ibu Hamil Diabetes, Bisakah Menurun Pada Bayi? Benarkah Diabetes Diwariskan Silang

5. Melawan radikal bebas

Akar dan daun insulin memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Senyawa bioaktif quercetin dan diosgenin di dalam daun insulin ini memiliki efek antioksidan dan bisa membantu mengatasi gangguan hati, pankreas dan ginjal.

Meski ada berbagai kemungkinan manfaat daun insulin untuk kesehatan, namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan khasiat dan keamanannya.

6. Cegah dan Obati Diabetes

Daun insulin ini juga sangat dikenal lantaran manfaatnya dalam mengobati diabetes. Hal tersebut lantaran daun ini memiliki kandungan efek anti-hiperglikemik yang bermanfaat guna mencegah serta mengobati penyakit diabetes atau kencing manis.

Perlu diketahui bahwa daun insulin ini juga memiliki kandungan senyawa aloksa yang mampu merangsang dan memperbaiki kemampuan sel beta pankreas untuk menghasilkan hormon insulin sehingga dapat mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

Perlu diingat, daun insulin tidak dapat menggantikan pengobatan medis. Jika Moms mengalami diabetes, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu sebelum mengonsumsi obat herbal dengan bahan dasar daun insulin, sebagai pendamping pengobatan medis.

Baca Juga: Ini Cara Mengatasi Gestational Diabetes Saat Hamil

Cara Mengkonsumsi Daun Insulin

daun-insulin.jpg

Foto: pinterest.com

Dikutip dari laman Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta, daun insulin bisa dikonsumsi dengan merebus lima lembar daun insulin beserta air bersih dua gelas. Proses merebus ini sampai air menyusut setengahnya.

Konsumsi air rebusan dua kali sehari, masing-masing satu setengah gelas. Jika kadar gula darah stabil, maka mengonsumsi daun insulin bisa dihentikan.

Selain itu, cara mengonsumsi daun insulin yang lain adalah lima daun dijemur terbalik hingga kering. Daun yang kering tadi digerus sampai menjadi serbuk sebanyak 15 gram.

Larutkan serbuk dalam 600 ml air mendidih hingga berwarna hijau. Minum air larutan sebanyak tiga kali, yakni pagi, siang, dan malam hari.

Namun, dalam penelitian The National Diabetes Education Program, Changing the Way Diabetes Is Treated, cara mengatasi kadar gula darah bagi diabetes terbaik adalah dengan membatasi asupan gula, garam, dan lemak. Selain itu, konsumsi obat-obatan sesuai dengan petunjuk dokter.

Penelitian Mengenai Daun Insulin

tanaman insulin

Foto: wellthy.care

Produk tanaman insulin ini telah digunakan dalam pengobatan tradisional dan sistem penyembuhan tradisional, serta sedang dievaluasi untuk efek hipoglikemiknya.

Penelitian ini direncanakan untuk mengevaluasi efek kepekaan insulin dari tanaman insulin (Costus igeus) pada hiperglikemia yang diinduksi deksametason pada tikus albino jantan.

Dalam penelitian ini, ada peningkatan kadar glukosa puasa dan postprandial dengan 10 mg/kg per hari deksametason bila dibandingkan dengan kontrol normal.

Pengurangan kadar gula darah puasa dan postprandial dengan daun tanaman insulin dalam hiperglikemia imbas deksametason sebanding dengan yang diperoleh dengan Glibenclamide.

Berdasarkan laman US National Library of Medicine, daun insulin (Costus igeus) mengurangi kadar gula darah puasa dan postprandial, serta membawa mereka ke bawah menuju normal, pada hiperglikemia yang diinduksi deksametason pada tikus.

Pengurangan puasa dan kadar gula darah postprandial dengan daun tanaman insulin sebanding dengan yang diperoleh dengan Glibenclamide 500 ug/kg pada 250 mg/kg per hari dan 500 mg/kg per hari daun bubuk tanaman insulin (Costus igeus ).

Baca Juga: 3 Gejala Diabetes yang Mudah Dikenali

Itu dia Moms beragam manfaat daun insulin untuk kesehatan. Semoga dapat membantu, ya!

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2924971/
  • https://care.diabetesjournals.org/content/24/4/617
  • https://druginfo.nlm.nih.gov/drugportal/name/Insulin+lispro
  • https://defeatdiabetes.org/resources/understanding-diabetes/diabetes-abcs/insulin-and-glucose/
  • https://dinkes.jogjaprov.go.id/berita/detail/daun-insulin-gempur-diabetes-daun-insulin-gempur-diabetes
  • https://herbpathy.com/Uses-and-Benefits-of-Insulin-Plant-Cid4821
  • https://www.nourishdoc.com/nutrition/insulin-plant-benefits-precautions-for-diabetes
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait