Kesehatan Umum

2 November 2021

7+ Manfaat Daun Jawer Kotok untuk Kesehatan, Bisa untuk Diet!

Daun ini kaya akan kandungan antioksidan lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Karena dapat tumbuh dengan cepat, ada yang menganggap daun Jawer Kotok tidak berharga. Padahal, tumbuhan ini memiliki manfaat juga untuk kesehatan.

Memiliki daun yang menarik karena berwarna ungu, kandungan yang dimilikinya sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan mengobati beberapa penyakit.

Baca Juga: 8 Manfaat Daun Kayu Manis untuk Diabetes dan Ibu Menyusui

Mengenal Daun Jawer Kotok

Daun Jawer Kotok -1.jpeg

Foto: Myonlinenursery.com

Daun Jawer Kotok mmemiliki beberapa nama ilmiah seperti Coleus X hybridus, Coleus Blumei, Solenostemon scutellarioides.

Ini adalah tanaman tahunan asli Afrika tropis, Asia, Australia dan Kepulauan Pasifik. Jawer Kotok adalah herba tahunan yang tegak dan bercabang dan tumbuh setinggi sekitar 100 cm.

Batangnya berbentuk bujur sangkar, sedangkan daunnya berbintik-bintik dengan tepi bergigi. Daun coleus berbentuk bulat telur dengan panjang sekitar 5 sampai 10 cm.

Daun Jawer Kotok sangat unik, karena menunjukkan susunan kombinasi warna yang tak tertandingi oleh spesies tanaman lainnya.

Ini juga memiliki aroma yang mirip dengan kapur barus dan sangat harum, karena sejumlah besar minyak esensial terkandung dalam tanaman ini.

Seluruh tanaman Jawer Kotok tersedia sepanjang tahun. Daunnya banyak digunakan sebagai obat kuno yang digunakan dalam Ayurveda atau pengobatan tradisional India.

Tanaman ini merupkan anggota keluarga mint, dan populer digunakan dalam berkebun karena daunnya yang berwarna hijau dan ungu cerah.

Namun bukan hanya itu, akar Jawer Kotok telah digunakan secara tradisional sebagai obat sejak zaman kuno, dilansir Alternative Medicine Review.

Akarnya kaya akan forskolin, senyawa yang meningkatkan aktivitas siklik adenosin monofosfat (cAMP), yakni molekul pembawa pesan yang membantu mengatur metabolisme glukosa, protein, dan lipid, serta fungsi hormon seperti adrenalin.

Dosis penggunaan oral dari ekstrak daun Jawer Kotok yang direkomendasikan ini umumnya antara 100 dan 250 mg, setiap dua kali sehari.

Daun Jawer Kotok adalah spesies tanaman yang paling umum digunakan untuk pengobatan, jadi carilah suplemen berkualitas tinggi ini pada labelnya.

Baca Juga: Ketahui 9 Manfaat Daun Suliga dan Efek Sampingnya

Manfaat Daun Jawer Kotok untuk Kesehatan

Daun Jawer Kotok -2.jpeg

Foto: Gardengatemagazine.com

Melihat kandungannya, tidak salah jika tumbuhan ini merupakan tanaman herbal yang khasiatnya dipercaya sejak lama.

Salah satunya saat dikonsumsi ekstraknya atau sebagai suplemen, beberapa manfaat kesehatan dari daun jawer kotok ini yakni:

1. Daun Jawer Kotok untuk Atasi Ambeien

Termasuk kepada tumbuhan herbal, daun Jawer Kotok memiliki manfaat kesehatan bagi orang yang memiliki penyakit ambeien.

Hal ini berdasarkan penelitian, salah satunya dari Jurnal Pro Life yang menunjukkan bahwa daun tersebut dapat menyembuhkan ambeien berdasarkan kandungannya.

Daun Jawer Kotok sendiri mengandung minyak atsiri, tanin, flavonoid, eugenol, steroid, saponin, fitol, asam rosmanat, streptozocin, dan quersetin.

2. Daun Jawer Kotok untuk Bayi

Ini merupakan kepercayaan turun temurun dan dipercaya oleh banyak keluarga, bahwa daun ini juga memberikan manfaat untuk bayi terutama saat baru lahir.

Daun ini mengandung zat alkaloida, mineral, minyak terbang, dan zat pati, yang sering digunakan untuk membungkus kantung testis dari bayi laki-laki biasanya sampai bayi berumur 3 bulan.

Kebiasaan ini dilakukan agar kantung testis bayi menjadi kencang dan tidak kendur. Meski begitu, belum ada penelitian ilmiah untuk membuktikannya.

3. Daun Jawer kotok sebagai Anti Hipertensi

Daun ini mengandung senyawa ampuh yakni forskolin, yang memiliki sifat relaksan otot. Ini dapat melebarkan pembuluh darah, sehingga dapat menurunkan tekanan darah atau sifat anti-hipertensi.

Aktivitas daun ini untuk menurunkan tekanan darah telah ditunjukkan dalam penelitian Journal of Research di Ayurveda, dan ditunjukkan dengan pasien hipertensi yang mengalami peningkatan tekanan darah setelah diobati dengan ekstrak daun ini.

4. Daun Jawer Kotok Dapat Menjadi Penurun Berat Badan

Bahan kimia aktif yang ditemukan dalam ramuan daun ini dapat meningkatkan penurunan berat badan pada pasien yang dianggap obesitas.

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the International Society of Sports Nutrition, menunjukkan bahwa ForsLean, ekstrak daun in imemberi perubahan yang menguntungkan dalam komposisi tubuh.

Ini juga menunjukkan penurunan massa tubuh dan melaporkan lebih sedikit rasa lelah dan juga rasa lapar saat mengkonsumsinya.

Baca Juga: Manfaat Daun Berlangkas dan Efek Samping yang Dapat Terjadi

5. Daun Jawer Kotok Sedang Dipelajari untuk Menyembuhkan HIV

Dalam sebuah penelitian Natural Product Communication , berbagai ekstrak dari tumbuhan ini memiliki kandungan yang baik dan dicoba untuk menyembuhkan penyakit HIV.

Para peneliti telah mengidentifikasi empat diterpen, yaitu; 1-deoxyforskolin, 1,9-dideoxyforskolin, forskolin dan isoforskolin yang memiliki aktivitas dapat melawan virus HIV (NL4-3).

6. Daun Jawer Kotok dan Glaukoma

Glaukoma disebabkan oleh peningkatan tekanan intraokular atau tekanan di mata. Forskolin yang ditemukan di tanaman ini dapat menurunkan tekanan intraokular dengan aktivasi cAMP dan pengurangan aliran cairan ke mata.

Penelitian pada manusia telah menunjukkan bahwa aplikasi topikal daun ini ke mata secara efektif menurunkan tekanan intraokular.

7. Daun Jawer Kotok dan Perlindungan Hati

Daun ini juga mengandung banyak polifenol, tanin, flavonol, dan senyawa biologis aktif lainnya. Dengan demikian, ini dapat bertindak sebagai antioksidan yang kuat.

Studi pada tikus menunjukkan bahwa ekstraknya dapat melindungi hati dari kerusakan yang disebabkan oleh racun. Efek perlindungan pada hati ini memiliki banyak manfaat terapeutik yang potensial.

8. Daun Jawer Kotok dan Gula Darah

Seperti disebutkan di atas, cAMP membantu mengatur metabolisme glukosa. Forskolin juga meningkatkan sinyal yang memberitahu sel-sel pankreas untuk melepaskan insulin.

Dalam sebuah penelitian laboratorium, forskolin yang diberikan secara oral selama 8 minggu menurunkan kadar glukosa pada tikus sehat dan membantu memoderasi tingkat keparahan gula darah tinggi pada tikus diabetes.

Hasil yang menjanjikan ini menunjukkan forskolin dan coleus sebagai terapi potensial untuk diabetes pada manusia.

Jadi mulai sekarang, jangan sia-siakan jika Moms menemukan daun Jawer Kotok ini ya.

  • http://ejournal.uki.ac.id/index.php/prolife/article/view/711
  • http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3215419/
  • https://www.researchgate.net/publication/5349196_Effects_of_Coleus_Forskohlii_Supplementation_on_Body_Composition_and_Hematological_Profiles_in_Mildly_Overweight_Women
  • https://www.researchgate.net/publication/38013392_Anti-MV_Diterpenes_from_Coleus_forskohlii
  • https://universityhealthnews.com/daily/nutrition/5-health-benefits-of-the-coleus-plant-lose-weight-lower-blood-pressure-treat-glaucoma-and-more/
  • http://www.medicalhealthguide.com/herb/coleus.htm
  • https://raisethechild.wordpress.com/2011/03/08/manfaat-tanaman-jawer-kotok-untuk-bayi/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait