Kesehatan

13 Oktober 2021

7 Manfaat Daun Karuk untuk Kesehatan, Salah Satunya Meredakan Migrain!

Daun karuk juga bisa mengatasi asma lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Daun Karuk merupakan salah satu obat herbal tradisional yang dipercaya dapat menyembuhkan batuk. Tanaman ini dapat tumbuh di iklim tropis dengan media tanah basah.

Memiliki daun berwarna hijau dan ukuran serta bentuknya kecil, kadang ada juga yang keliru dan menganggapnya sama dengan daun sirih.

Kandungan yang dimilikinya dapat menjelaskan mengapa tanaman herbal yang satu ini sangat ampuh untuk mengobati batuk dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Baca Juga: Manfaat Daun Stevia, Pemanis Alami yang Rendah Kalori dan Aman Dikonsumsi

Kandungan Daun Karuk

Daun Karuk -1.jpg

Foto: Freepik.com

Daun Karuk yang biasa disebut bersama buah pinang atau pinang memiliki nilai yang khas sejak zaman dahulu.

Daun ini dikenal sebagai Paan dalam bahasa Hindi, Tambula dan Nagavalli dalam bahasa Sansekerta, Vetrilai dalam bahasa Tamil, Tamalapaku dalam bahasa Telegu, Veeleyada Yele dalam bahasa Kannada.

Juga Vettila dalam bahasa Malayalnm, Naagarvel na paan dalam bahasa Gujarati, Wild Pepper, sirih lada, kadok dan lain sebagainya.

Daun ini merupakan tanaman lokal dari Asia Selatan dan Tenggara. Tanaman cemara ini dikenal populer di berbagai bagian India, Bangladesh, dan negara tetangga lainnya.

Kandungan yang dimiliki oleh daun Karuk sangat luar biasa. Saat diolah, daun ini dapat mengobati beberapa macam penyakit, terutama dalam hal kandungan anti-bakteri yang dimiliki.

Prosiding Farmasi Unisba misalnya, telah melakukan penelitian untuk mengetahui senyawa fenolat dan flavonoid yang dapat mempengaruhi aktivitas daun Karuk.

Pada beberapa literatur disebutkan bahwa daun karuk berpotensi sebagai antioksidan, antibakteri, antijamur, sitoprotektif dan antinosiseptif.

Senyawa fenolat yang juga terdapat pada daun Karuk adalah senyawa asam galat, asam tanat, naringin dan quercetin.

Selain itu juga terdapat senyawa terdapat asam 4-etoksi 2-hidroksi,-3,5- dimetoksi sinamat, yang merupakan senyawa turunan asam sinamat.

Kandungan kimia dan nutrisi dalam daun karuk yakni:

  • Kalori 85
  • Lemak 1g 1%
  • Jumlah Karbohidrat 6g 12%
  • Serat Makanan 2g 1%
  • Protein 3g 1%
  • Vitamin A 0%
  • Vitamin C 0%
  • Kalsium 230mg
  • Besi 11mg
  • Antioksidan
  • Asam Fenol
  • Flovanoid
  • Alkaloid
  • Asam amino
  • Vitamin
  • Mineral
  • Saponin
  • Polifenol
  • Monoterpen
  • Seskuiterpen

Beberapa cara dilakuan untuk mendapatkan manfaat dari daun ini. Misalnya menjadi tambahan bahan aktif dalam berbagai makanan.

Selain itu, rebusan yang dibuat dengan merebus daunnya diketahui menghasilkan efek dalam berbagai pengobatan. Ini juga dikonsumsi sebagai 'paan' di India dan Pakistan.

Secara tradisional, daun ini dapat digunakan untuk mengobati penyakit batuk, karminativa, peluruh air seni dan juga batu ampedu, dilansir Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI )

Daun Karuk termasuk tanaman yang mengandung zat antioksidasi tinggi. Tanaman Karuk biasa tumbuh liar di kebun atau tanah yang lembap.

Sepintas, daun ini mirip tanaman cabe Jawa namu tidak merambat. Buahnya pun nyaris mirip. Tanaman sejenis perdu yang tidak dapat tumbuh tinggi ini mudah dibudidayakan, baik dalam pot maupun langsung di tanah.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan, Dapat Sembuhkan Luka

Manfaat Daun Karuk untuk Kesehatan

Daun Karuk -2.jpg

Foto: Uforest.org

Beberapa manfaat dari daun Karuk di bawah ini beberapa di antaranya telah melalui tahap penelitian, meskipun masih ada beberapa yang masih dipercaya secara tradisional. Beberapa di antaranya yakni:

1. Mengobati Batuk

Dalam Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada, tercatat bahwa daun karuk merupakan tanaman semak famili Piperaceaeyang biasa digunakan sebagai obat tradisional untuk obat batuk dan asma.

Di Indonesia, penelitian mengenai daun karuk masih belum banyak dilakukan, terutama terhadap sifat anti-bakteri yang dimilikinya.

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, hasilnya menunjukkan bahwa ekstrak etanol dalam daun Karuk (Piper sarmentosum Roxb) mempunyai aktivitas anti-bakteri terhadap Streptococcus pyogenes yang merupakan bakteri penyebab batuk dan asma.

Salah satu caranya yakni dengan iris halus daun Karuk dan direbus bersama daun tulasi, kulit kayu manis, jahe, cengkeh dan kapulaga dalam sedikit air.

2. Mengobati Asma

Repository Universitas pelita Harapan (UPH) mencatat bahwa di Indonesia, daun Karuk sering digunakan sebagai obat alami dan mampu menyembuhkan infeksi saluran pernapasan akut.

Oleh karena itu diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui pengaruh ekstrak daun karuk terhadap aktivitas antibakteri Staphylococcus aureus dan Pseudomonas aeruginosa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan minuman formulasi ekstrak daun karuk yang memiliki daya antibakteri kuat dengan perbandingan air jeruk nipis: madu 1:2 dan dosis ekstrak 3 MBC membantu menyembuhkan asma.

3. Menurunkan Tekanan Darah

BMC Complementary Medicine and Therapies mencatat bahwa stres oksidatif dan rendahnya ketersediaan oksida nitrat, menyebabkan peningkatan ketegangan dinding pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah.

Daun Karuk memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan sangat bermanfaat dalam memperbaiki penyakit kardiovaskular khususnya hipertensi.

Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa daun Karuk memberikan dapat mengurangi kerusakan stres oksidatif, dan menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

4. Memiliki Sifat Diuretik

Daun Karuk dikenal bersifat diuretik sehingga cenderung merangsang buang air kecil yang dapat membantu proses detoksifikasi.

Jus daun daun Karuk yang dicampur dengan susu manis diklaim dapat membantu merangsang buang air kecil dan juga membantu menjaga kadar air dalam tubuh.

5. Dapat Menyembuhkan Kolik

Daun Karuk yang diolesi minyak jarak, dihangatkan dengan lembut dan setelah itu dioleskan ke perut bayi baru ampuh untuk pengobatan sakit perut.

Hal ini dipercaya secara tradisional dan turun temurun untuk memberikan bantuan cepat saat bayi memiliki penyakit kolik.

6. Membantu Mencegah Kerusakan Gigi

Air rebusan sebanyak 5-6 lembar daun Karuk dapat digunakan untuk membersihkan mulut pada pagi dan malam hari.

Air rebusan ini diklaim dapat mengurangi bau mulut, serta memperkuat gusi dan menghindari pembusukan gigi yang pada akhirnya dapat membantu sebagai pencegah kerusakan gigi.

7. Membantu Mengobati Migrain

Daun Karuk memiliki sifat penghilang rasa sakit dan juga memberikan efek dingin. Di Malaysia, daun ini digunakan untuk mengobati migrain, radang sendi dan nyeri sendi.

Daun katuk yang diolah menjadi pasta dapat dioleskan di atas bagian tubuh yang sedang merasakan radang sendi atau bagian kepala yang terasa migrain yang dapat menenangkannya.

Dengan banyaknya manfaat yang dimiliki daun Karuk, jangan lupa untuk selalu membuat prosesnya sesteril mungkin untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

  • http://lipi.go.id/berita/gejala-sesak-napas-karuk-obatnya/1325
  • http://healthyfruitsandvegs.blogspot.com/2015/09/health-benefits-of-karuk-leaf-for-cough.html
  • http://repository.uph.edu/1791/
  • https://ejurnal.stikes-bth.ac.id/index.php/P3M_JKBTH/article/view/206
  • http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/farmasi/article/view/23842
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4367816/
  • https://ayushology.com/health-benefits-of-herbs/health-benefits-of-piper-sarmentosum/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait