Kesehatan

5 Januari 2021

Tidak Hanya untuk Busui, Ini 9 Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan

Berguna untuk vitalitas pria!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Intan Aprilia

Daun katuk yang dikenal dalam Bahasa Latin sebagai Sauropus androgynus, merupakan salah satu tanaman yang banyak ditemui di Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Daun katuk termasuk dalam suku phyllanthaceae atau subtibus fluegge inae masih berkerabat dengan tanaman berry dan cermai.

Karakteristik tanaman ini ialah tinggi pohonnya bisa mencapai 2-3 meter. Daunnya tumbuh secara acak, bentuk daunnya lonjong meruncing, tulang daun menyirip tepi daun rata dan gagang tumpul.

Selain itu, warna daun katuk hijau, namun saat usianya sudah tua ia berubah menjadi kecokelatan. Warna bunga daun katuk adalah ungu

Karena keberadaannya yang mudah tumbuh di mana saja, daun katuk kerap disalahartikan sebagai tanaman atau rumput liar yang tak memiliki khasiat. Sebaliknya, daun katuk punya segudang manfaat untuk kesehatan terutama pada pria dan ibu hamil.

Baca Juga: Pentingnya Daun Katuk untuk Melancarkan dan Menghasilkan ASI Eksklusif

Di Indonesia, ada dua jenis tanaman katuk yakni katuk merah dan katuk hijau. Katuk merah biasanya ditemui di hutan belantara.

Katuk merah dianggap unik dan kerap dijadikan tanaman peliharaan karena warnanya yang khas dengan campuran hijau yang kemerah-merahan.

Sedangkan katuk hijau banyak digunakan untuk dikonsumsi karena mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan, ekstrak daun katuk telah digunakan sebagai bahan fortifikasi pada produk makanan untuk ibu menyusui.

Sebelum melihat lebih jauh khasiat daun katuk ini bagi kesehatan, ada baiknya untuk mengetahui kandungan nutrisi dan vitamin dalam daun katuk.

Nutrisi yang terdapat pada daun katuk antara lain vitamin A, B, dan C, lemak, protein, kalsium, zat besi, dan fosfor. Tak hanya itu, daun katuk juga kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Penasaran apa saja manfaat daun katuk untuk kesehatan? Simak ulasannya di bawah ini!

Manfaat Daun Katuk bagi Pria

manfaat daun katuk bagi pria.jpg

Foto: rsudashari.pemalangkab.go.id

Siapa yang menyangka bahwa daun katuk ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan pria terutama dalam meningkatkan vitalitas, hormon hingga kualitas sperma pria.

Bagi Dads yang memiliki gangguan vitalitas, bisa mencoba mengonsumsi daun katuk sebagai pengobatan alternatif. Berikut manfaat daun katuk bagi pria.

1. Vitalitas Seksual

Daun katuk kaya akan senyawa fitokimia yang bisa meningkatkan mutu dan jumlah sperma sekaligus membangkitkan vitalitas seksual.

Menurut penelitian yang melibatkan kelinci jantan untuk mengetahui apakah daun katuk benar-benar bermanfaat untuk vitalitas pria berjudul Effect Katuk Leaves As An Aphrodisiac For The Libido of Male Rabbit dijelaskan bahwa kandungan afrodisiak dalam daun katuk dianggap sebagai perangsang seksual alami yang ampuh meningkatkan libido yang rendah.

Senyawa aktif dalam daun katuk yang dapat meningkatkan gairah seksual adalah saponin, flavonoid, dan alkaloid.

Senyawa ini memiliki mekanisme kerja untuk meningkatkan kadar testosteron, sehingga daun katuk dapat digunakan sebagai afrodisiak.

Baca Juga: Ini 7 Makanan yang Dapat Menambah Vitalitas Pria

2. Meningkatkan Hormon Pria

Menurut penelitian berjudul Potential of Katuk Leaf as Aphrodisiac dijelaskan bahwa dalam daun katuk terdapat pula senyawa biosintesis steroid hormon yakni Androstan-17-one dan 3-ethyl-3-hydroxy-5 alpha yang berperan sebagai prekursor dalam sintesis senyawa hormon steroid (progesteron, estradiol, testosteron dan glukokortikoid).

Kandungan tersebut mampu mendorong perilaku seksual dengan meningkatkan libido dan ereksi penis, sehingga manfaat daun katuk salah satunya adalah meningkatkan gairah seks pada pria.

Selain itu, peningkatan libido dapat disebabkan oleh adanya peningkatan angka konsentrasi dari beberapa hormon pituitari dan serum testosteron, sehingga merangsang sintesis reseptor dopamin dan perilaku seksual.

Minat seksual juga dapat dipicu dari efek kerja senyawa flavonoid dan saponin dalam daun katuk.

3. Detoksifikasi

Daun katuk juga bermanfaat untuk detoksifikasi atau membuang racun dalam tubuh dari zat-zat berbahaya.

Hal ini terjadi karena adanya kandungan klorofil yang tinggi pada daun katuk sehingga mampu membersihkan racun dan sel-sel pada jaringan tubuh.

Asupan klorofil yang mencukupi dapat digunakan untuk untuk mengoptimalkan fungsi metabilsem, imunitas, detoksifikasi, serta menyeimbangkan sistem hormonal.

Merujuk pada penelitian yang dilakukan oleh Vlad dkk dengan melibatkan tikus, pemberian 90 hari asupan klorofil dapat menurunkan kolesterol, trigliserida, dan lipid pada darah tikus.

Baca Juga: 8 Manfaat Apel untuk Ibu Hamil; Cegah Cacat Lahir hingga Detoksifikasi

Manfaat Daun Katuk bagi Ibu Hamil

khasiat daun katuk untuk ibu hamil.jpg

Foto: go-dok.com

Selain bermanfaat untuk vitalitas pria, daun katuk juga memiliki banyak nutrisi dan gizi yang baik untuk ibu hamil juga menyusui.

Mulai dari perkembangan janin, hingga sebagai makanan ASI booster untuk kelancaran Moms ketika menyusui setelah melahirkan si buah hati. Berikut ini lima manfaat daun katuk untuk ibu hamil.

4. Pertumbuhan Organ Tubuh Janin

Pertumbuhan janin yang optimal dan berkembang dengan baik adalah harapan setiap ibu hamil.

Terlebih, masa kehamilan merupakan masa-masa krusial bagi tumbuh kembang si janin.

Oleh karena itu, penting untuk para ibu hamil menjaga asupan gizi dengan mengonsumsi sayur-sayuran yang kaya vitamin dan nutrisi.

Manfaat daun katuk sangat baik bagi ibu hamil. Daun katuk mengandung protein yang baik untuk pertumbuhan jaringan, plasenta, dan otak janin.

Sebab, menurut penelitian berjudul Impacts of maternal dietary protein intake on fetal survival, growth, and development dijelaskan bahwa nutrisi selama masa kehamilan, terutama asupan protein, merupakan penentu utama dalam kelangsungan hidup, pertumbuhan, dan perkembangan embrio.

Sebaliknya, asupan protein yang rendah menyebabkan janin tidak berkembang, mengalami hambatan pada pertumbuhan intra-uterus, penurunan pertumbuhan pasca kelahiran karena kekurangan asam amino spesifik yang penting untuk metabolisme dan kinerja sel.

Baca Juga: Selain ASI Booster, Tingkatkan Pasokan ASI dengan Cara yang Disarankan Konselor Laktasi

5. ASI Booster

Daun katuk juga dipercaya bermanfaat menjadi ASI booster yang baik bagi ibu pasca melahirkan.

Daun katuk efektif untuk meningkatkan produksi ASI serta kenyamanan pada busui.

Terlebih daun katuk sangat kaya dengan kandungan nutrisi, gizi, serta vitamin yang baik untuk ibu dan bayi.

Dalam jurnal berjudul The Effect of Katuk (Sauropus androgunus (L) Merr) Leaf Biscuit on Increasing Prolactine Levels of Breastfeeding Mother disebutkan bahwa prolaktin adalah salah satu hormon penting untuk meningkatkan sintesis dan sekresi ASI.

Kandungan steroid dan alkaloid pada daun katuk dipercaya bisa meningkatkan kadar prolaktin serum pada ibu menyusui.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh konsumsi daun katuk pada ibu menyusui mampu meningkatkan kadar ASI ibu.

Direkomendasikan bagi ibu menyusui untuk rutin mengonsumsi daun katuk agar bisa memberikan ASI eksklusif untuk si buah hati.

Selain itu, secara turun temurun, daun katuk telah dipercaya sebagai bahan pangan yang dapat melancarkan dan meningkatkan produksi ASI.

Sebuah penelitian lain yang dilakukan di Yogyakarta pemberian ekstrak daun katuk dengan dosis 3x300 mg selama 15 hari kepada ibu menyusui, menghasilkan peningkatan produksi ASI hingga 50 persen dalam 2-3 hari.

Sementara itu, hasil penelitian lain di Klaten juga menunjukkan hasil yang sama.

Ditemukan bahwa 70 persen ibu yang mengonsumsi ekstrak daun katuk dengan dosis 2 kapsul sehari berhasil menghasilkan ASI yang melimpah untuk bayinya, dibandingkan dengan ibu yang tidak mengonsumsi daun katuk.

6. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Manfaat daun katuk selanjutnya adalah memperkuat daya tahan tubuh ibu hamil.

Daya tahan tubuh yang baik tentu sangat dibutuhkan oleh ibu hamil agar kesehatan selalu terjaga dan tak mudah diserang penyakit.

Daun katuk mengandung vitamin C yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian tubuh. Bahkan kandungan vitamin C tersebut melebihi buah jeruk atau jambu biji.

Melansir dari Vitamin C and Immune Function, khasiat vitamin C dalam daun katuk bahkan tidak berkurang meski sudah diolah dengan cara direbus.

Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C ampuh untuk memperkuat daya tahan tubuh. Selain itu, vitamin C berkontribusi pada pertahanan kekebalan tubuh dan menjadikan organ tubuh berfungsi optimal.

Sebaliknya, tubuh yang kekurangan vitamin C bisa menyebabkan gangguan kekebalan dan rentan terhadap penyakit maupun infeksi.

Baca Juga: Supaya Tidak Sakit, Tingkatkan Imunitas Tubuh Dengan 3 Bahan Ini

Manfaat Daun Katuk bagi Kesehatan

manfaat katuk untuk kesehatan.jpg

Foto: detik.com

Selain untuk vitalitas pria dan kesehatan ibu hamil, daun katuk juga memiliki khasiat secara umum bagi kesehatan.

Terlebih kandungan vitaminnya yang lengkap menjadikan daun katuk sebagai sayuran yang lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, gizi, dan vitamin dalam tubuh. Berikut ini manfaat daun katuk untuk kesehatan.

7. Diabetes

Penelitian berjudul Cholesterol, Glucose and Blood Cells Count of Rabbit Doe Fed Katuk (Sauropus Androgynus L. Merr) Leaf Meal as Supplementation mengungkapkan bahwa mengonsumsi daun katuk secara teratur akan berdampak pada penurunan kadar gula dalam darah manuia.

Sebab, mereka yang rutin memakan daun katuk memilik kadar glikemik darah lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi daun katuk.

Hal dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa penambahan tepung daun katuk dapat menurunkan kolesterol (50.67–48.34 mg / dl) dan glukosa (119–115 mg / dl) serta meningkatkan eritrosit (6.17–6.25x106 / mm3) selama 3 minggu percobaan.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa konsumsi daun katuk dapat menurunkan kolesterol dan glukosa serta meningkatkan eritrosit.

Baca Juga: Gejala Diabetes Pada Anak dan Pengobatannya

8. Meredakan Flu

Kandungan vitamin C yang melimpah pada daun katuk tak hanya menjaga dan menambah imunitas tubuh namun juga bermanfaat untuk meredakan flu.

Sebab, daun katuk mengandung efedrin sehingga imun tubuh lebih kuat dalam melawan bakteri dan virus-virus jahat.

Selama bertahun-tahun, vitamin C diteliti sebagai pengobatan yang berkhasiat untuk menyembuhkan dan mencegah masuk angin dan tanda-tanda flu.

Dalam sebuah studi pada Juli 2007, para peneliti ingin mengetahui apakah mengonsumsi 200 miligram atau lebih vitamin C setiap hari dapat mengurangi frekuensi, durasi, atau keparahan pilek.

Setelah meninjau 60 tahun penelitian klinis, mereka menemukan bahwa ketika dikonsumsi setelah masuk angin, suplemen vitamin C tidak membuat pilek lebih pendek atau kurang parah.

Ketika diminum setiap hari, vitamin C sedikit memperpendek durasi pilek - 8% pada orang dewasa dan 14% pada anak-anak.

9. Mengobati Luka

Sebuah studi yang dipublikasikan oleh Journal of Natural Remedies mengungkapkan bahwa daun katuk terbukti dapat mengobati luka pada permukaan kulit. Sebuah tes dilakukan dengan cara memberikan 5 persen ekstrak daun katuk pada luka ke tikus jantan dan betina.

Hasilnya, ekstrak daun katuk tersebut dapat meningkatkan kontraksi pada luka, menutup luka, bahkan menyembuhkannya dan membuat jaringan kulit lebih kuat.

Baca Juga: Luka Lecet Karena Bra Berkawat, Ini Cara Mengobatinya

Itulah manfaat daun katuk untuk kesehatan, vitalitas pria, hingga ibu hamil. Apakah Moms tertarik mencoba mengonsumsi daun katuk secara rutin?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait