Kesehatan Umum

20 Oktober 2021

8 Manfaat Daun Kayu Manis untuk Diabetes dan Ibu Menyusui

Selain batang, daun kayu manis juga memiliki banyak manfaat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Daun kayu manis atau dikenal dengan nama Cinnamomum verum kat akan fitonutrien dan memberikan manfaat untuk tubuh. Bagian yang satu ini kaya akan bitamin dan mineral, sehingga sering diolah menjadi suplemen dalam bentuk minyak atau kapsul.

Tak hanya itu, daun kayu manis yang dikeringkan juga dapat diolah menjadi minuman lho Moms. Saat ini sudah banyak produk yang menjual teh dari daun kayu manis sebagai obat herbal.

Moms, yuk simak terus artikel berikut ini untuk mengetahui manfaat daun kayu manis untuk kesehatan.

Baca juga: Ini Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan dan Cara Menggunakannya!

Manfaat Daun Kayu Manis

Manfaat daun kayu manis

Foto: instagram.com/pon_plants

Daun kayu manis dapat digunakan untuk mengobati nyeri, infeksi saluran pernapasan, rematik, dan radang sendi. Selain itu, masih banyak manfaat daun kayu manis yang bisa Moms rasakan untuk tubuh. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Mengatasi Lelah

Lelah merupakan salah satu hal yang sering dialami setiap Moms. Hal ini dapat diatasi dengan mengoleskan minyak essensial yang mengandung daun kayu manis lho Moms.

2. Nyeri Haid

Nyeri haid adalah hal yang paling sering dialami oleh setiap Moms. Gejalan yang paling sering ditimbulkan adalah nyeri berlebihan di bagian bawah perut.

Masalah ini dapat diatasi dengan mengoleskan minyak dari daun kayu manis. Kandungan yang ada di dalamnya dapat membantu merangsang kelenjar yang ada di sekitar organ reproduksi Moms.

3. Menjaga Kesehatan Mulut

Dalam pengobatan tradisional, daun kayu manis juga digunakan untuk menjaga kesehatan mulut. Mulai dari gejala sakit gigi hingga penyegar nafas.

4. Meredakan Masalah Perut

Kandungan eugenol yang ada di dalam daun ini memliki manfaat untuk masalah perut. Mengutip Turkish Journal of Pharmatceutical Sciences eugenol adalah senyawa fenolik yang sering digunakan dalam industri farmasi, makanan dan kosmetik.

Baca juga: Perut Bayi Bunyi, Tanda Lapar Atau Suatu Masalah Kesehatan?

5. Obat Pilek dan Flu

Minyak yang terkandung dalam daun kayu manis mungkin memiliki sifat anti-bakteri dan mengandung senyawa yang mendorong pertumbuhan bakteri sehat di saluran pencernaan bagian atas yang membantu pencernaan, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Senyawa tersebut juga dapat melawan bakteri penyebab penyakit atau infeksi yang berbahaya. Tidak heran, kalau daun ini sering dijadikan bahan baku untuk obat pilek atau flu.

6. Mengatasi Masalah Kesehatan Mental

Kandungan senyawa yang ada di daun kayu manis dapat meningkatkan keseimbangan bahan kimia dan neurotransmiter di otak,

Dengan menyeimbangkan bahan kimia otak dan meningkatkan produksi neurotransmiter, seperti dopamin dan serotonin, minyak daun kayu manis dapat mengurangi gejala yang terkait dengan beberapa kondisi mental, seperti depresi, kecemasan, gugup, dan ketegangan mental.

Dopamin khususnya diakui sebagai hormon peningkat suasana hati dan berhubungan langsung dengan pikiran positif, mengurangi efek depresi dan kecemasan.

7. Pereda Nyeri

Minyak daun kayu manis juga mengandung senyawa kimia konsentrasi tinggi yang disebut cinnameldehyde, yang merupakan pereda nyeri alami yang juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi efek nyeri arthritis, atau pembengkakan pada persendian tubuh.

8. Aprodisiak

Daun ini terkadang digunakan dalam aromaterapi sebagai afrodisiak karena kemampuannya yang potensial untuk meningkatkan fungsi seksual.

Aroma pedas dan hangat yang ada didalamnya dapat digunakan untuk meredakan impotensi dan meningkatkan potensi seksual baik pada pria maupun wanita.

Minyak daun kayu manis dalam aromaterapi paling sering dicampur dengan minyak terapeutik lainnya, dibakar dalam mangkuk minyak dan dihirup untuk manfaat potensialnya.

Baca juga: 13 Manfaat Rebusan Kayu Manis, Bisa Menurunkan Berat Badan!

Untuk Apa Daun Kayu Manis?

Daun Kayu Manis untuk Apa?

Foto: instagram.com/pon_plants

Daun kayu manis kaya akan fitonutrien dan mengandung eugenol. Ini adalah sebuah senyawa yang dapat membantu masalah pencernaan termasuk sakit perut, mual, dan diare.

Daun ini juga memiliki konsentrasi cinnamaldehyde yang tinggi dan menjadi bahan utama untuk meredakan nyeri karena memiliki sifat antiinflamasi.

Selain digunakan untuk pengobatan, daun sudah dikeringkan juga sering ditambahkan saat memasak berbagai hidangan. Biasanya bahan ini sering diganti dengan daun salam.

Di Jamaika, daun kayu manis secara tradisional digunakan untuk membumbui bubur jagung. Daun ini juga digunakan sebagai bahan penyedap untuk makanan yang dipanggang dan makanan penutup.

Selain untuk dimasak, daunnya biasa direbus dan dijadikan teh herbal dan sangat enak saat dipadukan dengan cengkeh, kapulaga hijau dan berbagai rempah lainnya.

Dalam keadaan kering, daun ini akan bertahan hingga enam bulan jika disimpan dalam wadah kedap udara di tempat yang sejuk, kering, dan gelap.

Baca juga: Kenali Kondisi Mastitis, Payudara Bengkak dan Sakit pada Ibu Menyusui

Daun Kayu Manis untuk Ibu Menyusui

Daun kayu manis untuk ibu menyusui

Foto: instagram.com/tanamibumi

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, daun ini mengandung banyak manfaat untuk tubuh, termasuk pada Ibu menyusui. Journal of the Science of Food and Agriculture menjelaskan bahwa asupan daun kayu manis dapat memperlancar ASI dan meningkatkan metabolism pada ibu menyusui.

1. Meningkatkan Produksi ASI

Senyawa yang ada di dalam daun kayu manis dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI. Jadi jangan ragu untuk konsumsi ramuan dari daun daun ini jika Moms ingin menambah produksi ASI ya.

2. Menambah Rasa pada ASI

Selain itu, air susu Moms yang mengkonsumsi ini akan memiliki rasa yang lebih enak, sehingga disukai oleh si kecil. Untuk mendapatkan manfaatnya, Moms hanya perlu menambahkan bahan ini ke dalam minuman yang akan dikonsumsi. Lakukan secara rutin selama satu bulan agar terasa manfaatnya.

Baca juga: 9 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan, Baik untuk Penderita Diabetes!

Daun Kayu Manis untuk Diabetes

Daun kayu manis untuk diabetes

Foto: instagram.com/tanahairindonesia2665

Diabetes tipe 2 merupakan masalah kesehatan yang sering terjadi pada orang dewasa atau lansia. Gangguan kesehatan ini terjadi karena pankreas tidak menghasilkan cukup insulin dan sel-sel merespons insulin dengan buruk dan mengambil lebih sedikit gula.

Kandungan cinnamaldehyde yang ada dalam daun kayu manis dapat mengurangi risiko seseorang terkena diabetes tipe-2 dengan meningkatkan sensitivitas insulin. Namun, hal ini perlu ada penelitian lebih lanjut lagi.

Baca juga: Sudah Tahu Perbedaan Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2? Yuk Simak

Demikian penjelasan mengenai manfaat daun kayu manis yang perlu Moms ketahui. Semoga artikelnya bermanfaat ya.

  • https://healthyy.net/superfoods/benefits-of-cinnamon-leaves
  • https://www.livestrong.com/article/409351-green-tea-cinnamon-benefits/
  • https://specialtyproduce.com/produce/Cinnamon_Leaves_14238.php
  • https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/type-2-diabetes/symptoms-causes/syc-20351193
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait